Mengobati Ketombe Dengan Benar

Pengobatan ketombe dapat dilakukan dengan shampo yang mengandung selesulfida 2.5%, Zinc-pirithion 2% dan piroctone olamine (octopirox). Pada kasus hebat dapat (eczema seborois), dianjurkan gel ketokonazole 2%.  Sumber Obat-obat Penting, hal 99.

Siapa yang tidak kenal ketombe, serpihan-serpihan putih yang bertebaran pada kulit kepada sering membuat kita tidak percaya diri dan menimbulkan gatal-gatal *garuk-garuk pake baju hitam siapa takut*. Meski sudah keramas dengan benar, memang ada sebagian orang yang mudah sekali terkena si dandruff. Selidik punya selidik, ternyata adanya stress, derajat asam, imun lemah, reaksi abnormal kulit kepala dan kadar lemak dari kulit menjadi penyebab terjadinya ketombe. Wah, pantas saja teman saya yang gemuk sering ketombean…

my hairBagaimana memilih shampo anti ketombe yang tepat?
Wah, saya ga boleh menyebutkan merek hehehe (ga dapet royalti), yang penting ada kandungan seperti yang disebutkan diatas, Selenium dan ZPT (Zinc-pirithion). Biasanya sih ada kandungan selenium. Selensulfida ini berfungsi sebagai antimitotis dan menghalangi keluarnya  minyak dari kelenjar talg. Gambar diambil disini.

Tips buat yang sedang berketombe adalah dengan menghilangkan stress dan cobalah untuk  sedikit rileks. Jika timbul rasa gatal jangan digaruk-garuk, nanti malah membuat kulit semakin iritasi.

Sayangi rambut indahmu! Ariel peterpan aja bisa luluh dengan shampo :mrgreen:

update20/09/2010:
Jika berbagai macam shampo sudah tidak mempan untuk menghilangkan ketombe/ Dandruff, saya menyarankan menggunakan shampo yang ada kandungan bahan aktifnya Ketokonazole 2%. Bentuknya ada yang seperti shampo atau gel. Beberapa merek diantaranya: Fungasol-SS® Guardian Pharmatama, Ketomed® SDM Labs, Zoloral-SS® Ikpharmindo *bukan promosi tapi informasi*.

21 thoughts on “Mengobati Ketombe Dengan Benar

    • klo aqu g” co2k pake shampo zink,dan rambut aqu brmyak n berketombe,,,,,
      ap solusi ny???????????
      tq……….

      ===========================

      coba pake shampoo yang ringan aja, sperti herbal shampo.
      terimakasih.

  1. untung rambut saya cepak… tiap hari kramas, nggak ada ketombe, pikiran fresh terus… 😀
    btw, apakah ada beda komposisi sampo untuk cewek dan cowok?

  2. @ isnuansa
    pemakaian shompo anti ketombe bukan untuk tiap hari tapi ada periodenya. setelah rambut bebas ketombe sebaiknya pemakaian shampo dihentikan.
    setelah itu pakai kembali shampo normal. begitu…

    Banyak yang salah tangkap. setelah bebas ketombe malah terus dipakai biar mencegah biar ga balik lagi, sehingga rambut malah jadi kering.

    @ Achoey
    coba mylea 😀

    @ guskar
    kasihan juga ya cowok itu ga punya shampo sendiri hehehe.
    Sebenarnya Shampo apapun bisa dipakai untuk pria juga wanita, tidak ada gender dalam hal shampo.
    itu untuk marketing aja,biar ada segmen khusus pria. Paling yang berbeda hanya komposisi pewanginya aja, masa cowok mau keramas pake bau strawberry dan mawar hehehe

    @ emfajar
    tergantung shamponya apa dulu….
    Kalo memang hobi kemaras tiap hari, pilih aja yang ada tulisan light “ringan” atau shampo normal atau yang terbuat dari extract tumbuhan (macem-macem dari tanaman indonesia). aman banget meski sedikit lebih mahal.

  3. @ dhilacious
    ga terlalu mahal tapi jarang yang jual tuh. *ini bukan promosi produk ikapharmindo*.

    Saya punya tips ampuh. Mau?
    Cobalah ke Salon yang agak mahal dan ambil terapi “Hair Spa”. Disalon mahal biasanya ada paket perwatan untuk rambut rontok atau untuk rambut berketombe. tertarik?

    Cukup 3 kali perawatan bisa kelihatan hasilnya. Carinya bukan yang dipinggir jalan meski namanya sama Hair Spa.

  4. Salam
    Oh gitu ya Jeng, gw rambutnya termasuk rentan kena dandruf nie, trims infonya 🙂
    Eh klo shampo yang cocok buat anak2 yang kek gmn ya Jeng.

  5. @ Wempi
    justru kalo cuma dihilangkan bisa balik lagi…
    tapi kalo diobati dengan Selenium atau Zink Pirithion akan sembuh.

    Wempi mungkin tidak pernah tahu, kalo ketombe juga penyakit yang dapat menyebabkan gatal hebat dikulit kepala. namanya eczema seborois.

  6. @ mas stein,
    kalo saya mandiin pasti ga ketombean *timbul stress hebat*
    *ditimpuk sang istri*.

    mungkin namanya bukan ketombe, karean ketika kita mandi tubuh akan membuang kotoran yang ada dipermukaan kulit, tidak terkecuali saat keramas.

    menghilangkan daki dapat dilakukan dengan “dermabrasi” atau srubbing sehingga epitel kulit yang mati akan ikut terkelupas.

    Rambut yang hanya disiram air tidak memungkinkan sel epitel yang dikulit kepala akan ikut terkelupas akibatnya epitel mati akan tetap tinggal disana, sehari dua hari, seminggu dan akhirnya menumpuk, sehingga terlihat seperti ketombe.

    keramas ga pake shampo boleh? boleh aja tapi jangan tiap hari, rambut juga perlu dibersihkan dan dirawat. Mintalah sang istri untuk dikeramasin kaya mabak salon kecantikan plus dipijat-pijat untuk memperlancar ailiran darah dikepala dan leher.

  7. mylea ya ?

    rambutku ju9a susah neh,da nyaman pake shampoo “ituh”ech rontoks,pake yan9 ituh e dandruff aarr999hhtt..puyen9 neeh merawaT rambut…

  8. Udah berbagai macam shampoo saya gunakan tpi satupun ga ada yang bisa mengatasi ketombe saya, tpi terkadang kalo saya sedang ada di daerah lain yang berbeda iklimnya ketombeku berkurang kadang sampai hilang, knapa yah?

    =================================

    mungkin ini pengaruh hormonal, stress, pengaruh suhu dan kelembaban, mengkonsumsi oabat tertentu, kulit kepala panas dan berkeringat.
    Kenapa tidak dikondisikan tempat tingal sekarang dengan iklim yang dimaksud.
    Setahu saya, untuk ketombe membandel bisa diobati dengan Ketoconazole Dandruff Shampoo. Artinya didalam shampo tersebut terkandung bahan aktif Ketoconazole 2%.
    Atau bila perlu konsultasikan dengan dokter kulit.
    Terimakasih.

  9. rmbut sy dah bgs, lrs. tp kl pnas, keringetan trus gtal. digruk2 mlh terkelupas kulit ky ssik,gmn cr mperkuat klit kpla

    ============================================

    Coba berikan vitamin rambut, pake payung biar rambut tidak mudah kepanansan dan mengirangi keringat berlebih.
    Pake lidah buaya juga boleh 🙂

  10. iya nih ketombe bikin Bete,,gara2 ktombe rambutku rontok ny parah,,rambutku tipe berminyak,ditambah ketombe jdi rontok..shampo selsun n Rudi Hadisuwarno udah dicoba, tp ga ilang juga,, ada masukan sampo lain?/ thx

  11. udah ganti sampo anti ketombe bermacam merk.
    udah pernah gundul dan diolesin salep resep dokter dah gak mempan.
    sekarang lg nyoba sampo yg mengandung ketokonazole. dianjuran 2 kali seminggu selama 4 minggu. ini dah aku pake 3 hari berturut-turut.
    berasa tiap abis keramas kok berasa gatal dikepala ya? apakah efek samping sedang bekerja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s