Kita dan Kantin Sekolah

kantin sekolahan

Terkadang saya kangen banget dengan  ajanan kantin sewaktu sekolah.  Saya bisa membeli harum manis yang berwarna merah, bakso kecil-kecil, agar-agar warna-warni, kerupuk gendar kuning yang renyah dan murah. Warnanya cerah, bagus, menarik dan sangat menggoda untuk dibeli dan tanpa pernah saya sadari kalo semua itu berbahaya, toh sampai sekarang saya masih kelihatan  sehat-sehat saja hehehe.

Poster diatas  saya ambil dari sumber Badan POM disini, dan begitu melihatnya kita sudah mengerti maksudnya agar dapat memilah dan memilih apa yang dimakan oleh kita dan anak-anak *kalo sudah punya anak*.  Pasti semua sudah tahu tentang bahaya karsinogenik Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methalin Yellow. Kalo mau lihat bagaimana mewaspadai keamanan Jajanan anak sekolah bisa dilihat disini.

Saya tidak ingin membahas mengenai bahaya empat macam zat berbahaya *sudah pada paham dan tahu banget* tapi kenapa ya orang Indonesia yang mengkonsumsi bahan tersebut kok ga mati-mati?. Aneh memang. Tidak seperti teman saya yang “perut bule”, tidak bisa makan pedas,  makan cendol, bahkan makan yang sama dengan yang saya makan bisa langsung diare (emang dasar orang bule, sok bersih banget dan ga bisa makan pake tangan).

Kembali lagi ke kantin sekolah, Kamu punya jajanan favorit di sekolah ga? apaan sih? padahal saya yakin, kamu pasti tahu makanannya ga higienis dan jauh dari kata bersih (lihat aja tempat cuci piringnya), kenapa ya kita masih makan makanan tersebut ataukah perut kita ini sudah kebal dengan berbagai makanan yang mengandung bahan tidak sehat.