Dexamethasone Mengobati Covid-19?

Dexamethasone Mengobati Covid-19?

Apa benar Dexamethasone dapat digunakan untuk mengobati Covid-19? pertanyaan itu banyak sekali ditanyakan kepada saya karena itu saya ingin jelaskan bahwa Dexamethasone punya beberapa fungsi.

Orang awam umumnya tahu kalo Dexamethasone bekerja sebagai anti inflamasi jadi kalo badan pegel dan bengkak minum obat Dexamethasone bisa membantu mengurangi bengkak. Namun Dexamethasone juga punya fungsi lain sebagai imunosupresan, artinya menurunkan sistem imun pada pasien Covid-19 yang sudah parah.

Saat Covid-19 masuk menginfeksi kedalam tubuh diparu-paru maka sistem Imunitas bekerja dengan mengeluarkan “banyak pasukan” untuk membunuh “benda asing virus ini”. Jika sistem imunitas bekerja dengan sangat banyak justru akan membahayakan tubuh. dengan adanya badai sitokin atau Cytokine Storm Syndrome” Untuk itu diperlukan Dexamethasone untuk menurunkan imunitas berlebih agar sistem imun yang tadinya terlalu aktif dapat ditahan.

Namun yang terjadi dibanyak masyarakat awam kala mengetahui Dexamtehasone dapat menyembuhkan Covid-19 adalah mereka mengkonsumsi Dexamethasone sebagai pencegahan Covid-19, bilangnya biar ga kena Corona minum Dexamethasone. Itu yang salah ya!

Dexamethasone bukan diminum untuk pencegahan karena bayangi aja kalo tubuh kita dikurangi sistem imunitasnya maka tubuh kita yang tadinya perlu sistem imun tinggi untuk mencegah bakteri dan virus masuk kedalam tubuh malah jadi lebih mudah masuk dan terserang karena imunitas tubuh kita jadi rendah. Jadi kita ga boleh sembarangan minum Dexamethasone, karena selain menurunkan imun, juga ada efek samping seperti badan jadi gemuk, moon face, keropos tulang, menghambat pertumbuhan, dll.

Mengkonsumsi Dexamethsone juga tidak boleh berhenti secara mendadak. Untuk itu Konsultasikanlah dengan Dokter dan Apoteker yang menangani sakitmu dan pengunaan yang tepat, dosis tepat dan waktu yang tepat dapat menolong hidupmu sehingga sehat kembali. Untuk penjelasan lengkap dapat juga langsung ke youtube channel saya disini disini . Monggo kalau mau komen, sharing pengalaman atau  dapat langsung menghubungi WA saya disini https://bit.ly/2S9tf4o

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s