Kita dan Kantin Sekolah

kantin sekolahan

Terkadang saya kangen banget dengan  ajanan kantin sewaktu sekolah.  Saya bisa membeli harum manis yang berwarna merah, bakso kecil-kecil, agar-agar warna-warni, kerupuk gendar kuning yang renyah dan murah. Warnanya cerah, bagus, menarik dan sangat menggoda untuk dibeli dan tanpa pernah saya sadari kalo semua itu berbahaya, toh sampai sekarang saya masih kelihatan  sehat-sehat saja hehehe.

Poster diatas  saya ambil dari sumber Badan POM disini, dan begitu melihatnya kita sudah mengerti maksudnya agar dapat memilah dan memilih apa yang dimakan oleh kita dan anak-anak *kalo sudah punya anak*.  Pasti semua sudah tahu tentang bahaya karsinogenik Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methalin Yellow. Kalo mau lihat bagaimana mewaspadai keamanan Jajanan anak sekolah bisa dilihat disini.

Saya tidak ingin membahas mengenai bahaya empat macam zat berbahaya *sudah pada paham dan tahu banget* tapi kenapa ya orang Indonesia yang mengkonsumsi bahan tersebut kok ga mati-mati?. Aneh memang. Tidak seperti teman saya yang “perut bule”, tidak bisa makan pedas,  makan cendol, bahkan makan yang sama dengan yang saya makan bisa langsung diare (emang dasar orang bule, sok bersih banget dan ga bisa makan pake tangan).

Kembali lagi ke kantin sekolah, Kamu punya jajanan favorit di sekolah ga? apaan sih? padahal saya yakin, kamu pasti tahu makanannya ga higienis dan jauh dari kata bersih (lihat aja tempat cuci piringnya), kenapa ya kita masih makan makanan tersebut ataukah perut kita ini sudah kebal dengan berbagai makanan yang mengandung bahan tidak sehat.

17 thoughts on “Kita dan Kantin Sekolah

  1. jajanan favorite, bakso dengan saus sambel yang banyak.. 😆
    padahal ga tau deh itu saus sambel bikin nya kayak apa dan dari apa.. wong mereknya juga ga jelas..
    yang penting enak!!! 😆

  2. gw kangen ama :
    krupuk beras , yang digoreng pake pasir, yang udah dikasih zat pewarna textile merah, trus dibumbu-in pake saos sambal encer, yang tentunya gak ada kandungan cabainya.

    murah dan pastinya tidak sehat, cuma 100perak sebungkus, pas jaman SD dulu. :mrgreen:

    sekarang, cuma bisa beli kalo ke Krawang, tapi udah 5ribu perak sebungkus besar.

  3. @ hawe69
    kaya apa sih? jadi pengen nyobain….
    Yang asti pasirnya tidak higienis dan yang goreng pake celana.

    *jitak-jitak*
    ya iya lah masa ga pake celana hehehe.

    @ deteksi
    untung saya ga kuliah disitu hehehe *dipentung mas Budi*
    Nasi pecel emang enak banget, saya juga suka :mrgreen:

  4. Karena kita tidak punya pilihan lain dengan harga yang se masuk akal itu. Saya yakin, kalau saja ada makanan murah yang higienis, pasti semua orang pilih yang lebih higienis. 🙂

  5. ya, saya sepakat bahwa membawa bekal dari rumah itu jauh lebih berhati-hati dalam mengutamakan kesehatan. tapi kadang untuk membawa perbekalan tidak semua orang itu sempat. orang tua kadang masih sibuk karena kita berangkat sekolah pagi-pagi sekali. Saya jadi inget dulu saat berangkat sekolah sekitar jam 05.30 sudah keluar dari rumah. jalan dulu menuju angkot di ujung jalan sana.

    btw, saya juga punya jajanan sekolah yang khas. harganya murah tapi bikin perut kenyang yakni bakso. dulu harganya kalo gak salah 2000. berapa tahun yang lalu ya? hm…

  6. klo daku paling suka cakweh. hehehe
    kadang bingung juga sama makanan sekarang. mw makan bakso ada boraks, makan ayam ternyata tikus, makan sapi dagingnya daging rusak, makan mie formalin. apa dongggg?

  7. @ mas stein
    makanya kuliahnya ditempat saya. kampus borju bukan duafa hehehe *jitak dan dipentung*

    @ ray rizaldy
    saya ga mengandung racun… tapi bukan untuk dimakan *halah-halah*. Tenang aja, orang indonesia perutnya kuat dan tahan lama (teruji dan terbukti). :mrgreen:

    @ bestaffiliate
    hehehe itulah hidup 😀

    @ antown
    saya juga mau dibawain bekel tiap hari…
    kirimin ya…

    nanti saya traktir bakso 2000 hehehe
    *ga pake saos, tidak pake sambel, tidak pake mie, tidak pake bakso* polos

  8. Salam
    Waktu SD suka makan “aci” itu penganan yg dibikin dari sagu trus dikasih bumbu pedas, waktu SMP, baksi kali ya, klo SMU siy gorengan tahu pake saus dan sambal, waktu kul paling makan nasi sekumplitnya aja di kampus..tp msh terkenang jajanan SD siy..asli kangen dulu masih jaman 5 perak 😀

  9. sewaktu SMP dulu makan favorit ku Nasi Kuning!!
    dikantin sih kurang higienis,,tapi apa mau dikata..kalo soal perut pasti langsung di embat..
    kalo nasi kuning berbahaya gak ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s