Kenapa Minum Antibiotik Harus Dihabiskan?

Kita sering sekali mendengar kalo minum obat Antibiotik harus selalu dihabiskan, memangnya kenapa sih?. Antibiotik itu seperti peluru yang ditembakan kepada bibit penyakit. Ketika ditembak maka bibit penyakit akan tumbang tetapi sesungguhnya dia belum mati (cuma sekarat doang). Gambar diambil disini.

Saat sekarat bibit penyakit akan menyembuhkan diri dan menggunakan baju perang dari lebih kuat dan kebal. Untuk itulah minum obat antibiotik harus selalu dihabiskan sehingga bibit penyakit sudah mulai tumbang akan langsung mati dan tidak akan hidup lagi sampai ke akar-akarnya.

Lalu kalo minumnya tidak dihabiskan bagaimana? kan udah sembuh sakitnya?

Justru kalo langsung berhenti bibit penyakit akan kuat dan dia jadi kebal dengan antibiotik itu, jadi nanti kalo sakit seperti itu lagi udah ga bisa lagi disembuhin. Hal ini disebut resistensi antibiotik. Kalaupun harus disembuhkan bukan dengan obat yang sama tetapi dengan golongan yang lebih tinggi atau dikombinasi pengobatannya.

Terus, harus berapa hari sih minum antibiotik? Antibiotik umumnya diberikan selama seminggu. Kalo dokter hanya memberikan cuma 3 hari sebaiknya minta lagi atau beli lagi di Apotek.  kalo diminum 3 x sehari berarti butuh 20-21 tablet, kalo diminum 2 X sehari butuh 14-15 tablet.

Kapan diminumnya? umumnya penggunaan antibiotik 30 menit sesudah makan, kecuali antibiotik  Amoxicillin harus diminum sebelum makan. Apa saja sih contoh antibiotik yang biasa diminum? Amoxicillin, Ampicillin, Cefadroxil, Cefixime, Cefotaxime, Ceftriaxone. Semoga bermanfaat dan cepat sembuh.

41 thoughts on “Kenapa Minum Antibiotik Harus Dihabiskan?

  1. Waduh saya dah 2 minggu ini minum amoxilin sesudah makan… gimana dong bu??
    cuz, aku minum antibiotik atas inisiatif sendiri aja, hasil googling cari2 obat maag/gerd. takut kena H.Pilory…. pantesan sebulan ini lambungku bermasalah terus. apa gara2 salah minum antibiotik yah?

    ===========================================

    Saran saya kalo sakit berobat ke dokter, jangan berusaha menyembuhkan penyakit sendiri,
    Di interet banyak sekali informasi yang masuk, ada yang benar dan tidak. Jangan terlalu parno sakit GERD, H. Pylori, PPI, Maag, dll.

    Ke dokter itu lebih baik 😀

    • makasih infonya…
      Justru salah satu sumber di internet yang saya percaya adaalah blog mba Rina ini….

      saya memang ke dokter internis dulu… udah mahal tapi tak memuaskan: tak ada saran harus begini atau harus begitu yang bisa melegakan hati… langsung kasih resep. selesai. dan obat2 yang dia berikan pun sesuai prediksi, yakni PPI, H2 blocker dsb. (sesuai pengetahuan hasil googling saya).. tapi minus antibiotik. ya udah saya beli aja sendiri amoxilin yang murah meriah… obat2an dari dokter pun saya konsumsi.

      ==============================================

      Terimakasih sudah menggunakan blog ini sebagai referensi yang baik 😀

      Mas joko yang baik,
      Jangan berusaha mengobati diri sendiri, kita tidak bisa menegakkan diagnosa untuk penyakit sendiri. Pergi ke dokter dan konsultasi itu penting sekali.
      Lagipula begitu banyak informasi diinternet yang mau, belum tentu semua penyakit maag diobati dengan PPI, Antasida, H2 antagonis, masih ada beberapa yang belum Joko ketahui.
      Konsultasi ke dokter dan minta konsultasi dengan dokter, ajak untuk berdiskusi dengan baik, seperti konsultasi online ini.

      Semoga cepat sembuh ya. Terimakasih

  2. Saya juga setelah makan persis, katanya supaya perut sudah keisi, sehingga tdk mengganggu lambung,……..tapi ternyata amoxicilin sebelum makan?

    ======================================================

    Sesudah makan artinya 30 sesudah makan, bukan setelah makanan dipiring habis hehehe.

    Memang ada beberapa antibiotik yang dapat mengiritasi lambung tetapi untuk Amoxicillin diminum saat perut kosong.
    Semoga tidak salah lagi minum obatnya 😀

  3. Hi mbak,

    Aku mau tanya apakah badan panas/demam yang tidak sembuh dalam 24 jam….boleh diberi obat antibiotik ?…karena suhu badan panasnya akan turun jika diberi obat demam, kalau sudah habis efek obatnya, suhu badan panasnya kembali naik. Mohon diberi pencerahan

    ==============================================================

    Untuk panas demam umumnya diberikan analgesik dan antipiretik seperti Paracetamol.
    Antibiotik bukan untuk menurunkan panas. Kalo belum turun juga berikan kombinasi Paracetamol dan Ibuprofen. 3 X sehari. Jika dalam 3 hari belum sembuh juga, sebaiknya dibawa berobat ke dokter. Terimakasih

  4. mbak, saat ini sy lg terkena flu, teman sy saranin minum antibiotik (amoxicilin) 3×1….
    tp sy minumnya pas dah makan (mengingat waktu maag, dianjurkan di minum setelah makan tp ga dijelasin jeda wktnya).
    nah pas sy cari info di google ternyata klo flu qt ga bole minum antibiotik krn antibiotik (katanya) untuk banteri bkn virus…
    yg sy ingin tanyakan, apa ga masalah klo sy dah konsumsi 1 tp langsung b’henti atau sy lanjutin aja sampai 3 hari dengan dosis yg sama…??
    thx b4….

  5. waaah..saya kemaren baru saja dari dokter dan dikasih resep antibiotok amoxilin, disuruh minum sesudah makan, selang 8 jam harus diminum lagi…gitu!!waaa…mana yang bener niy??

    =======================================================

    Saya jelasin lagi ya. Dua-duanya bener kok.

    Pemberian antibiotik jika diberikan 3 x sehari berarti selang waktunya setiap 8 jam. kalo 2 x sehari berarti setiap 12 jam.
    Untuk penggunaan Antibiotik Amoxicillin memang diberikan sebelum makan untuk mendapat absorbsi maksimal

    Namun untuk menghindari “reduce GI discomfort” (ketidaknyamanan dalam lambung) maka dapat saja dikonsumsi Amoxicillin sesudah makan.
    Sekarang apakah lambungmu bermasalah atau tidak? jika ada masalah, silakan diminum sesudah makan. Terimakasih

  6. Salam kenal mb.. Gini, aku baru baikan dari sakit tipes. Rawat jalan aja. Dari awal ama dokter dikasi dionicol 3×1, blio blg max 21hari. Trnyata jdwl kntrol baru hari k 23 mlm. Trus dikasi lagi primadex forte 2×1 biar g resisten dionicol, coz masih ada sdikit kluhan. Brarti kan selang 1hari tu. Gpp kah?

  7. Aku kena Bakteri gonore ,, terus d kasih antibiotik metronidazole 2 lembar ,, dosis 3 x 500mg ,, setelah 3 hari aku ngerasa ga Ada perubahan ,, boleh ganti antibiotik gak???
    Ganti ke supertetra coz aku googling antibiotik ini lebih ampuh .
    Thx

    ==========================================

    tahu darimana kena Goonore? dari dokter atau asumsi sendiri.
    Kok diobati Metronidazole? itu kan obat untuk jamur? dosisinya siapa yang kasih??

    Mas DD yang baik,
    Mohon ya, kalo sakit itu berobat ke dokter, jangan sok diobati sendiri. Apalagi obat dan dosis yang diberikan sesuka-sukanya. Lagipula siapa yang suruh berhenti minum obat tersebut?

    Mas, kalo dalam 3 hari tidak ada perubahan jangan langsung diganti, apalagi percaya karena googling. Please deh.
    Kalo sakit sudah lebih dari 3 hari tidak ada perubahan, segeralah periksa dan berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin. HARAP DIPAHAMI!
    Terimakasih

    • jadi anti biotik yang emang ampuh untuk penyakit goonore yang mana ini mbak?

      dibantu komennya ya mbak 🙂
      thanks

      ===================================

      Untuk penyakit GO ada beberapa antibitotik yang dapat digunakan seperti golongan Penicillin, cephalosphorins. Namun pengobatan GO tidak cukup dengan mengkonsumsi antibiotik sampai tuntas (1-2 minggu) namun juga pemberian obat lainnya untuk mengurangi perdangan dan mencegah infeksi.

      Saran saya sebaiknya konsultasikan ke dokter ya. Jangan diobati sendiri karena peberian obat tidak sesuai takaran akan beresiko terhadap kesembuhanmu. Terimakasih.

  8. mbak Rina, aku mau tanya dong mbak…bagian kanan muka aku bengkak…

    awalnya sehari sebelumnya gigi taringku yang bolong ini sakit, aku minum asam mefenamat sembuh sih,

    tapi esok harinya, pipi kananku (bagian yg dekat hidung, atasnya taring) bengkak namun tdk terasa sakit…seharian aku diemin, lama2 bengkaknya sampe hampir seluruh muka kananku…

    apa aku bisa sembuhkan dgn amoxicilin ya?dugaan teman2ku, aku mengalami infeksi, aku blm ada biaya utk ke dokter gigi…

    ============================================================

    Tentu saja terjadi peradangan (bengkak) dan untuk mengobatinya dapat diberikan anti inflamasi dan juga antibiotik untuk meghilangkan infeksi yang terjadi.

    Kalo wajahmu saja sudah bengkak dan sangat tidak nyaman kenapa nunggu samapi punya uang?
    Saran saya kamu meminjam uang dari teman atau berobat ke Puskesmas terdekat untuk mendapat pertolongam. Biayanya cukup terjangkau.

    Jangan anggap enteng sakit gigi. Rasa tidak nyaman, infeksi dan susah makan juga mengunyah membuat kamu jadi tidak produktif dan mengganggu pencernaan karena asupan makanan terganggu. Segera berobat ke Puskesmas. Amoxicillin memang bsa menyembhkan tetapi apakah itu pilihan yang tepat? belum tentu, konsultasikan dengan dokter dan minum antibiotik harus dihabiskan. Terimakasih

  9. mbak kalo beli amox 500gr cara minumnya berapa kali.trims mbaak

    ========================

    Yang benar Amoxicillin 500mg.
    Diminum sebelum makan 3 x sehari (dalam perut kosong).
    Umumnya penggunaan antibiotik anatara 1-2 minggu penuh. Konsultasikan ke dokter ya.
    Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  10. Hi mba, aku dah 6 hari sakit panas, tapi ga ada flu, batuk, bersin. Sudah periksa kedokter umun 2x (beda dokter) dikasih obat amoxcilin dan parasetamol. Sudah cek darah juga hasilnya kata dokter bagus (lekosit 8200/ul). Tapi sampai hari ini masih juga panas (37,5 C) keatas.
    Apakah saya harus minum amoxcilin lagi (obat resep dokter sudah habis). Konsumsi amoxicin ada batas maksimal berapa harinya ga? takut keracunan obat ni kalo kabanyakan 😀

    Misalnya saya akan periksa lagi apakah harus ke dokter umum lagi? (sepertinya hasil dari dokter umum kurang memuaskan). Mba punya saran kira-kira saya sebaiknya ke dokter spesialis apa?
    Thanks atas responnya.

    =================================

    Minum antibiotik memenag harus dihabiskan. Jika masih belum sembuh sebaiknya ke berobat ke dokter spesialis penyakit dalam. Bisa saja obatna dikombinasi dengan yang lain atau golongan antibiotik ditingkatkan.

    Jaga kondisi tubuh ya. Minum Vitamin C 500mg selama seminggu ini agar kondisi tubuh cepat sembuh. Terimakasih

  11. Hi mba !
    sebelum sya m’konsumsi obat amoxicilin, sy mau tanya .
    klo sy minum obat amoxicilin takaran 500mg / 3 x sehari lebih dari 2 minggu berbahaya ga ?
    krna sy takut klo bakteri dalam telinga sy kembali pulih, sampai-sampai harus Operasi !
    berikan solusinya yh mba 🙂

    =============================================

    Solusinya adalah kamu harus berobat ke dokter THT.
    Jangan berusaha mengobati sendiri suatu penyakit karena kamu bukan dokter. Obat yang kita pikir benar belum tentu tepat untuk penyakitmu.
    Ke dokter adalah sebuah pilihan bijak dan tepat. Jangan mengkonsumsi obat tanpa pengawasan tenaga medis. Terimakasih

  12. Hallo mbak, beberapa minggu lalu saya sempet mencoba anal s*x sama pasangan saya namun sampek tengah perjalanan pacar saya mengeluh sakit dan kami menghentikan nya. Beberapa hari kemudian saya mengalami sakit saat urining secara tiba2, saya pergi ke puskesmas dikasih amoxilin dan ctm, tidak ada perubahan saya pergi le dokted dikasih amoxicilin 500mg dan ibu profen, saya minum sampai habis tapi mr.p tetap mengeluarkan cairan bening kayak urine. 2 hari kemudian cairan jadi kuning nanah lalu saya beli thiamicyn 1000mg sampai habis saya minum tapi gak sembuh. Kalau ke dokter takut nya mahal saya masih siswa. mohon saran. Terimakasih.

  13. klo minum antibiotik tepat nya ”AMOXICILLIN” di barengi dengan obat penurun panas apa boleh,,, soalnya saya mengalami infeksi pada luka di kaki,,,, setelah minum, ”AMOXICILLIN” panas tidak juga turun,, apakah boleh dibarengi dengan obat deman atau sejenis nya…? Makasih

  14. kak mw tny,aku ni pas kuliah g pernah namany sakit2an..
    tp pas udh kerja,setahun saya bisa minum antibiotik 4x.dan berbeda2 smua,ga saya abiskan pula.saya rasa udh sembuh…
    apa krn infeksi nosokomial jg pngaruh ya?apa krn antibiotik,jd tbuh saya mkin gampang kena virus.soalny kmren batuk,trus muntah ma diare,trus kena tipoid,selang 1bulan kena batuk ma demam,dpt lg antibiotik pdhl bru demam sehari,yaa saya minum lg.tolong pnjelasanny,mksh

  15. Siang mbak saya lagi mengalami komplijasi pnyakit saya mengalami maag yg mirip kyk gerd trus saya kedokter lekosit saya baik sedikit dri normal kt dkter inada infsi kbtulan lambung saya sangat tidak bersahabat.nyesak kedada perih di uku hti susah bernafas kdang berdevar hantung.kaki dingin.kpla sakit nyut.trus saya dijasi amixicilin.dab lansoprazole.udah ada angsuran dikit.cuma masalhnya sekarang lidah saya memuyih.pahit.kyk ada yg nrngganjal di ketongkongan saya ke dojter lgi.dari fokter saya di vonis infeksi kerongkongan.dikadi cefixime.pertnyaan saya bokehkh amoxicilin diminum bersamaan dgn cefixime.krna saya merasa ulu hti saya msi skit petih n nyesak tkutnya msi ada bkteri h pilory atw e coli mohin pencerhnnya.mksi dok

  16. Selamat siang,, maaf mbk mau tanya,, anak sya usia 2 tahun lebih 7 blan,, akhir2 ini sering sakit panas dsertai batuk berdahak,, blan kmrn hmpir 3 x panas dn sya bwa ke dokter,, stiap periksa psti sll dberi antibiotik,, tp tdk prnh dmnum sampai habis, bln ini jg sakit panas lg,, dksih penurun panas yg biasa diminum jg ga mempan,,, apa penyebabnya ya bu,, ap jg resiko jika antibiotik trlanjur tdk dmnum sampai habis??

  17. Saya terkena penyakit bronkhitis..dlu setelah berobat ke dokter terus terakhir foto thorax katanya udah gpp.nah tapi kalo habis motoran apa begadang dadanya suka sesek..terus saya minum cefadroxil,metil prednosolon,salbutamol sama loratodin.apa gpp???terus katanya kalo minum antibiotik harus sama minum vitamin biar bisa diserap tubuh.minum vitamin apa dan berapa dosisnya??terima kasih.

  18. Hallo mba rina, sy mau tanya sy ini sakit gigi pada akarnya , sy pergi kepuskesmAs dan diberi obat amoxicillin dan paracetamol,tp setelah obat itu habis sakitnya blm sembuh juga,dAn sy beli Ɩǻƍί obat itu ke apotek, sembuh tp hny sebentar berapa hari kemudian sakit Ɩǻƍί?yang jd pertanyaan ɑ̤̥̈̊ҏҩ sy hrs mengkonsumsi amoxicillin trs sedangkan kondisi sy sdg menyusui?mohon sekali bantuannya mbaa,trims

  19. bu saya sangat menharapkan jawaban dari ibu. saya sudah endoskopi dan ditemukan bakteri helicobacter pylori dan dikasi obat amoxicillin 500mg 2×2 sehari, metronidazole 500 mg 3×1 sehari dan omeprazole 20mg 2×1 sehari,, dan ternyata saat USG esok harinya saya sudah hamil 6-7 minggu padahal sebelumnya saya melakukan rontgen terlebih harus diulang (rontgen 2kali) karna salah. saya sedih karna ketidaktahuan saya yang sedang hamil dan terlanjur rontgen apalagi diulang 2 kali, jadi saya enggan minum obat karna takut akan tambah berakibat buruk dengan janin saya. Apa tindakan saya benar? karna kebetulan lambung saya sudah tidak ‘terlalu’ sakit saat awal2 pemeriksaan. Terimakasih bu, saya mohon jawabannya.

    =====================================

    Selamat untuk kehamilannya. Memang saat hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi obat-obat yang dapat mempengaruhi ke janin.
    Saran saya, setelah ini berkonsultasilah dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan dan nanti dokter yang akan memberikan informasi selanjutnya. Terimaaksih

  20. ♍ƏƏF mbA saya trkna GO udh brobat ke dokter dan di kasih antiboitik tpi obat udah abis GO sya blum smbuh jdi sya ptuskan beli sendiri di apotek anti biotinya , apa bnar amoxicillin bsa mnymbuhkn GO , mohon pnjelasannya dan cara minumnya brpa x sehari

    ========================================

    Ga bisa asal minum sembarangan antibiotik. kalo sakit GO sebaiknya berobat ke dokter spesilasi kulit kelamin.
    Jangan diobati sendiri, kamu bukan dokter! Berobat dan ikuti saran danpengobatan dari dokter.
    Terimakasih

  21. Maaff mba mau tanya obat sipilis di apotek apa yah namanya , mohon balasanya. Trims
    083863112XXX

    ======================

    Mohon jangan mencantumkan nomor handphone disini. nanti bisa digunakan oleh orang yang salah.
    Jika ingin berobat dan sembuh dari Sifilis silakan berobat dan konsultasi langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin.
    Semoga cepat sembuh. terimakasih

    • Mba.. Saya mau tanya.. Saya ibu menyusui, ingin memberi asi exclusive untuk bayi saya.. Tetapi saya terkena diare sudah 2 minggu.. Sudah ke dokter dan hasil pemeriksaan krn ada jamur.. Dan diberikan resep antibiotik flagyl forte 500mg -metronidazole.. Apakah obat ini aman untuk asi saya

      Terimakasih banyak mba

  22. mba, untuk gonorhea kan dosisnya sekali minum itu 3gr, nah konsumsinya berapa hari?
    apa hanya hari itu saja atau seperti minum obat biasa tapi dengan dosis 3gr?
    tolong dibalas ya mba.
    terimakasih

    =======================================

    Sebaiknya mas tidak mengobati diri sendiri karena bukan dokter, untuk itu berobat ke dokter ya. Jangan minum obat tanpa pengawasan dari dokter.
    Berobatlah sampai tuntas dan jangan malu. Ini untuk kesembuhan diri sendiri dan menghidari kambuh lagi. Terimakasih

  23. Mba Rina, sy terkena maag kronis dan setelah dicek darah ternyata anti h. pylory Igm positf, oleh dokter internist diberi resep selama 2 minggu, sebelum makan pariet 20mg sehari 2x 1tablet, mucosta 100mg 3xsehari 1 tablet, dan setelah makan abbotic 500mg 2x sehari 1 tablet, amoxicilin 500mg 2x sehari 2 tablet, disflatyl 40mg 3x sehari 2 tablet. Pertanyaan saya amankah minum antibiotik dosis tinggi, karena biasanya sy minum antibiotik hanya 500 mg..dan apa efeknya yah. Sebelumnya terima kasih ya mbak.

  24. Mba Rina, saya mau tanya..saya menderita mag kronis dan gerd dan radang usus sudah 1,5 thn dan dikasih obat dygest 30 mg diminum 2X sehr, inpepsa. Tapi sekarang saya sakit tenggorokan, hidung dan kuping dan sama dokter saya dikasih obat antibiotik staforin 500 mg, apakah obat ini tidak memperparah sakit saya mba? Terimakasih.

  25. Salam mbak rina.. Begini, anak sy usia 2,4 th panas dah 2 hr.
    Sudah dkasih paracetamol. Tp mertua mertua mgkombinasi amox+ctm. Amankah?

    ===========================================

    Obat yang diberikan oleh mertua nya kurang tepat.
    Untuk mengobati demam dan panas untuk anak dapat diberikan paracetamol sesuai aturan pakai.

    Amoksisilin untuk obat antibiotik dan tidak diperlukan jika anak hanya sakit panas.
    CTM (Chlorpheniramin maleat) juga tidak perlu diberikan karena obat tersebut hanya untuk alergi seperti rhinitis.

    Sebaiknya jika panas anak dalam 3 hari belum turun setelah minum paracetamol segera berobat ke dokter. Terimakasih

  26. mbk rina mau tanya sebulan yang lalu saya sakit Tipes dan sakit perut type 0 1/320 .Rwt inap.Tipes sembuh Tapi sakit perut tidak hilang 2x k dokter spesialis pnykt dalam.dan d usg.tapi perut saya tidak apa2.ada wasir sdkt tapi dak sakit cuma panas saja.kemudian saya d beri resep nosirax dan Cefixime 2x100mg.tapi hari k 2 mengkonsumsi saya diare
    4x .apa karena efek Cefixime.ato karena penyakit lain.sebelum2x memang saya bab2-3x sehari tapi padat padat lembek..sakit nya d ulu hati .tapi hasil usg gastritis negatif..

    ===========================================

    Jika dokter sudah meresepkan antibiotik Cefixime sebaiknya obat tersebut dihabiskan dan distop penggunaannya.
    Untuk Nosirax adalah obat untuk mengobati Ambeien.

    Jika sampai hari ketiga masih timbul diare, sebaiknya periksakan kembali ke dokter untuk pengobatan lanjutan. Semoga cepat sembuh ya. Terimakasih

  27. Salam kenal sebelumnya..mohon bantuanyak bak.
    Saya minum obat antibiotik jam 11 pagi kalau saya mau minum obat lain lagi jam berpak yang baik…?
    Thank’s

    =====================================================

    Memangnya diaturan pakainya 2 x sehari atau 3 x sehari.
    Berobat dimana? masa ga dikasih tahu sih.

    Aturan pakai antibiotik :
    1. Diminum harus dalam pengawasan dokter dan tidak boleh sembarangan minum antibiotik
    2. Antibitotik harus diminum sampai habis semuanya, bisanya diberikan selama seminggu penuh.
    3. Antibiotik yang tidak dihabiskan akan membuat tubuh menjadi resisten (kebal) sama antibiotik itu sehingga kalo nanti sakit lagi kemungkinan sudah tidak bisa lagi sembuh dengan obat yang sama karena tubuh sudah kebal.
    4. Jika obat diminum 3 x sehari makan jam minumnya jam 5 pagi, jam 1 siang, jam 9 malam.
    5. Jika obat diminum 2 x sehari maka jam minumnya jam 6 pagi dan jam 6 sore.

    Satu hari 24 jam, jadi kalo misal diaturan pakai minumnya 3 x sehari, maka jam minum obat jam 11 siang selanjutnya tinggal ditambahan 8 jam lagi jam sebelumnya. Terimakasih.

  28. Mba’,kemarin kaki saya infeksi karena luka. Saya minum Amoxilin 3kali 1hari. Tapi jam minumnya ga’ beraturan, kadang jaraknya 4 jam,kadang 7 jam. Sekarang dilambung saya terasa panas.

  29. mb rina,saya mau bertanya,2 hari yang lalu setelah imunisasi dpt booster anak saya usia 18 bulan demam dan timbul merah bentol,setelah cek darah ternyata bukan karna imunisasinya tapi karna alergi yg belum tahu penyebabnya,
    dokter memberikan obat antibiotik amoxcilin,tetapi baru dikasih obat paracetamol dan obat alergi saja antibiotiknya belum saya berikan,tetapi sampai besoknya anak saya sudah tidak demam dan alergi lagi,yang mau saya tanyakan,apakah tetap antibiotiknya diminum sampai habis,terima kasih mb atas jawabannya

  30. Saya berumur 15 tahun,waktu itu saya jatuh dari motor dan lutut saya terluka parah trus saya minum ampicillin yg 500 mg
    Pertanyaanya:
    Apakah ampicilin sya harus dihabiskan soalnya untuk seumuran saya dosis segitu besar

    ============================================================================

    Minum Antibiotik harus dihabiskan, jangkan disisakan meskipun sudah mulai sembuh.
    Untuk dosis Ampicilin 500mg masih wajar 1-2 x sehari. Terimakasih.

  31. Mau tanya Mbak kemarin sy minum amoxillin 1 biji karna demam dan pilek serta radang tenggorokan tp setelah sy minum muncul gatal ruam dipaha sy apa kah sy harus berhenti konsumsi amoxicillin karna baru sebiji sy minum skrg sy takut minum lg karna paha sy gatal dan ruam.tks

    ===========================================

    Menurut saya demam dan pilek tidak harus minum antibiotik.
    Saran saya sebaiknya konsultasikan ke dokter pengobatan untuk gemaal penyakitnya.
    Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s