Tidak Jualan Obat : Kurus Aborsi Perkasa

Diblog saya ini, beberapa orang  atau bahkan banyak yang minta obat kurus, obat aborsi, obat perkasa pria bahkan penghilang silikon, dll. Saya mungkin sudah kaya raya kalo jualan obat begituan tetapi itu tidak sejalan dengan hati nurani, pembohongan publik dan visi misi dari blog tukangobatbersahaja[dot]com. Blog ini ada untuk membagikan ilmu pengetahuan seputar kesehatan dari kacamata seorang farmasis.

Saya jelasin satu persatu, pertama obat kurus atau pelangsing. Mereknya banyak banget baik dari bentuk tablet, kapsul, jamu, sachet, alat kesehatan, slimming tool. Sebenarnya lucu aja sih, semua hanya marketing tool untuk memberi mimpi.  Kalo pola makan dan pola hidup tidak berubah, mau makan obat apapun ga ada gunanya. Eek yoyo malah akan terjadi dan lebih gemuk.

Kedua adalah obat aborsi, Mereknya juga banyak, bahkan ada yang jualan terang terangan tetapi apakah itu aman? i tell you a big secret that is so dangerous! Jangan mau dibodohin pake obat aborsi. Memangnya masalahmu akan selesai setelah aborsi? tidak. Aborsi justru menimbulkan masalah baru karena keluarnya janin yang dipaksa dapat menimbulkan infeksi dan kerusakan rahim.  Masih ada cara terbaik selain menelan pil aborsi. Kalopun tidak terjadi infeksi dan penyakit lainnya, pikirkanlah rasa bersalah yang harus kamu alami seumur hidup. Itu semua ga sepadan.

Terkahir itu obat perkasa, biasanya sih banyak permintaan dari pria-pria yang kurang percaya diri dengan apa yang sudah dimililiki (ingin lebih besar, kuat, panjang). Banyak cara yang dilakukan seperti minum obat kuat dari kimia, obat tradisional, ektrak herbal dengan berbagai merek, sampai pake minyak untuk dioles, dipijat bahkan suntik silikon.

Saya telah mempelajari mendalam mengenai obat mempertahan ereksi ini, baik obat kimia maupun berbagai ekstrak dari tanaman. Yang menjadi kekhawatiran saya adalah efek samping lebih berbahaya dibanding kegunaannya. Gooling aja efek samping PDE5 Inhibitor seperti Sildenafil, Tadalafil. Apakah jenis tanaman ekstrak memberikan pengaruh signifikan? tidak, mereka cuma booster aja.  Yang paling bahaya kalo ikutan disuntik silikon, wah bahaya banget, ga ada pil yang bisa menyedot silikon keluar. Prihatin.

So mulai dari sekarang lebih cintai dirimu sendiri, tidak perlu pake obat-obatan untuk terlihat kurus. Pacaranlah yang sehat, no free sex maka hidupmu aman. Terakahir tubuh yang sudah dari Tuhan disayangi dan jangan dirusak.

So jangan tanya lagi obat-obatan itu karena saya tidak akan menanggapi.  Terimakasih

 

Kunci Kesehatan Dengan Menutrisi Sel Tubuh

Sudah lama ya saya tidak menulis lagi disini. Saya mau sharing apa yang menjadi pemahaman baru saya mengenai kunci untuk menjaga kesehatan.

Selama ini saya percaya bahwa kalo kita mau sehat maka kita harus menjaga pola makan, bergaya hidup sehat dengan makan sehat, sayur, buah, minum air putih cukup dan olah raga teratur. Jika sakit, maka harus berobat ke dokter dan akan diberikan pengobatan farmasi untuk menyembuhkan penyakit dan saya sembuh.

Namun satu hal yang membuka tabir pemikiran saya ketika ibu saya sakit. Beliau orang selalu sehat sampai diumur 60-an dan sangat bergaya hidup sehat.  Mengapa dia bisa sakit? jawabannya karena nutrisi sel dalam tubuhnya menurun.

Matanya mengalami kekeringan setelah operasi katarak. Dokter malah memvonis hal ini tidak akan sembuh selamanya, ibu terus mengalami kekeringan pada, mata perih, kemerahan, silau  saat ada matahari. Sudah pake obat tetes dan salep dari dokter tidak terlalu banyak membantu.

Singkatnya ibu saya kembali pulih dan punya kualitas hidup yang lebih baik. Kini ia bisa melihat sinar matahari, tidak pake kacamata hitam lagi, red eyes tidak ada lagi, hanya perlu ditetesi obat tetes mata biar ga kering. apa yang saya lakukan? memberikan salep antibiotik, obat inflamasi atau lainnya? tidak. Kemungkinan besar ibu mengalami kurang nutrisi pada pengelihatannya, jadi saya berikan nutrisi mata yang mengandung Lutein, Zeaxanthin, Bilberry ext dalam bentuk tablet supplement mata Usana. Puji Tuhan dalam waktu beberapa hari dia mengalami pemulihan yang luar biasa.

So mulai sekarang, jika kamu mengalami sakit ringan/ berat, apapun itu atau sering merasa mudah capek dan mudah sakirt, bahkan yang sedang dalam pengobatan dokter dan belum sembuh, pikirkanlah apakah nutrisi tubuhmu sudah cukup? menutrisi tubuh itu seperti menyeimbangkan kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh setiap harinya.

Apa sih yang kamu makan setiap harinya? apakah sudah cukup bergizi dan bernutrisi untuk tubuh, atau jangan-jangan kita lebih banyak makan tidak sehat dan junk food hehehe.

Pahamilah bahwa tubuh itu adalah kumpulan dari milyaran bahkan trilyunan sel. Setiap sel didalam tubuh memiliki fungsi masing-masing. Untuk membuat fungsinya terus bekerja maka setiap sel perlu makan dengan diberikan nutrisi yang cukup dan seimbang.

Kunci untuk sehat adalah memberikan nutrisi sel tubuh. Bahwa setiap sel membutuhkan nutrisi seimbang dan ditambah antioksidan. Mengapa perlu ditambah lagi antioksidan? karena polusi, stress, racun, radiasi tanpa kita sadari ada disekitar kita dan sadar/tidak kita selalu terpapar olehnya. Untuk itu antioksidan juga sangat diperlukan. Antioksidan yang paling umum yaitu vitamin C

Apakah nutrisimu sudah cukup dan seimbang?

 

Hati Yang Gembira adalah Obat

pills
Teman saya memiliki ayah yang menderita kanker paru stadium 4. Semua pengobatan sudah dijalani, badannya sangat kurus, mobilitas yang terbatas karena hidupnya bergantung pada tabung oksigen. Dokter menyarankankan untuk pulang saja. Sangat menyedihkan.

Namun semua itu berubah total dalam 3 bulan yang lalu setelah dia merawat sang ayah. Kini beliau bisa lepas dari ketergantungan tabung oksigen, bisa bernafas sendiri tanpa bantuan alat dan kualitas hidupnya sudah sangat meningkat. Ketika saya tanya apa obatnya? jawabannya adalah hati yang gembira. Menurut saya hal itu terdengar klise. Namun teman saya mengatakan itu benar, dengan melepaskan semua beban hidup, ditemani keluarga yang perhatian, mendekatkan diri pada Tuhan, berdamai pada diri sendiri dan terlebih hati yang bergembira membuat semua yang hal tidak mungkin dapat terjadi.

Terkadjang kita merasa kalo orang sakit parah tidak boleh makan ini itu karena akan berdampak pada penyakitnya padahal teman dokter saya mengatakan untuk pasien stadium lanjut sebaiknya berikan saja jika itu membuat dia senang, toh dia makannya cuma sedikit dan hanya untuk memberikan sensasi di bibir sesaat, yang penting sudah pernah coba. Apapun yang terjadi tetaplah bergembira dalam hidup. Be Happy 🙂

Aneurysmal Bone Cyst : Sakit Ditelapak Kaki Ternyata Tumor

Aneurysmal Bone Cyst

Saya ingin mensharingkan pengalaman pasien laki-laki berusia 25 tahun yang mengalami sakit Aneurysmal Bone Cyst atau disingkat ABC pada telapak kaki kanan. Bagi yang tidak tahu apa penyakit ABC bisa dibaca disini atau dalam bahasa Indonesia disini.

Semua orang pasti pernah mengalami salah satu kejadian seperti terjatuh, terpleset dari tangga, cedera karena main bola/ futsal atau terjatuh dari motor. Awalnya pasien juga hanya mengalami jatuh terpleset dari tangga, ya tidak ada yang spesial. Kemudian pengobatan dimulai dengan dipijat saja dan karena tidak terlalu sakit pengobatan dihentikan.

Selang beberapa bulan, telapak kaki kanan terasa sakit dan nyeri. Gejala yang dirasakan seperti kaki keseleo, susah berjalan, sulit untuk menapak. Karena tak kunjung sembuh dicobalah ke dokter lagi, kemudian di rongent tapi katanya ga apa-apa, dan hanya diberikan obat penahan sakit.

Kemudian berobat lagi ke dokter orthopedi  di rumah sakit ternama dan hasil diagnosanya hanya menunjukkan sakit di Achilles Tendon. Biasanya ini terjadi pada atlet yang cedera pada otot kaki. Sudah diobati tetapi tidak sembuh-sembuh. Lantas mencoba ke terapi alternatif untuk dipijat berkail-kali dan tidak membuahkan hasil. Kaki tetap sakit untuk menapak dan berjalan.

Setelah lelah dan jenuh sudah berobat kesana-kesini dan tidak mendapatkan diagnosa di telapak kaki yang tepat, maka dengan keyakinan mencari pengobatan di Rumah Sakit Cipto Manggunkusumo Kencana. Saya pribadi sangat merekomendasikan RSCM Kencana karena pelayanannya, kualitas, modern, dan tentunya dengan perjanjian. Kualitasnya sangat sepadan dengan harganya.

Sebelumnya dibuatkan janji dengan dokter profesional foot & ankle spesialist, dr. Ihsan Oesman, Sp.OT. Beliau sangat ramah dan profesional. Singkatnya akhirnya diketahui bahwa penyakit ini adalah  penyakit ABC, Aneurysmal Bone Cyst. Memang penyakit ini cukup langka dengan tingkat prevalensinya yang kecil, sekitar hanya 1-6% dari semua tumor tulang primer. Biasanya untuk mendiagnosa penyakit perlu serangkaian test seperti test darah, rongent kaki, dada dan MRI untuk dapat menegakkan mendiagnosa penyakit ini.

Setelah diketahui diagnosa penyakitnya, dokter menyarankan untuk berobat di RSCM Umum dengan BPJS. Singkatnya, saat ini pasien telah menjalani proses operasi, bagian yang berisi tumor diambil  kemudian bagian yang kosong diisi dengan tulang sintetik. Hasil patologi anatomi menujukkan penyakitnya jenis tumor jinak ( ABC with GCT).

Dalam pemilihan tindakan pengobatan dapat dilakukan beberapa cara seperti steam cell, bone graft / cangkok tulang baik dari jaringan tubuh sendiri (kaki, pelvic), donor atau bahan sintetik buatan untuk pengisian tulang. Kini pasien sudah dalam masa pemulihan dan diharapkan dalam semester depan dapat beraktivitas seperti sediakala.

Dari kasus ini ada beberpa yang dapat menjadi bahan edukasi.  Pertama, penyakit ini terjadi bukan karena jatuh dari tangga dan keseleo tetapi karena malformasi vaskular dalam tulang. So sekecil apapun trauma jatuh yang pernah kamu alami jangan pernah diremehkan karena itu ada pertanda gejala sebuah penyakit.

Kedua, jangan berhenti berjuang untuk mendapatkan kesembuhan. Meskipun sudah lelah, tetaplah mencari second or third opinion dari dokter untuk mendapatkan menegakkan diagnosa dan mencari cara pengobatan yang tepat dan tuntas.

 

 

Pengalaman Sakit Maag

prescription

Meskipun sudah menerapkan pola hidup sehat tetap saja saya bisa sakit maag. Pengalaman ini terjadi beberapa hari yang lalu. Faktor pencetusnya banyak seperti kurang istirahat, kelamaan mengendong anak, kedinginan dikantor, sempat makan bakso pedas, dan banyak pikiran. Jadilah malam itu saya tepar.

Awalnya saya pikir ini karena terlalu lama mengendong anak saya jadinya punggung saya sakit namun setelah peregangan, punggung lebih baik meski masih sakit. Perut saya sakit luar biasa seperti mulas pengen BAB, nyeri menstruasi dan kembung. Saya sudah mencoba berbagai macam posisi tidur namun masih sakit, minum air hangat juga tidak terlalu banyak membantu. Semalaman saya hampir tidak tidur dan hanya menahan sakit. Saya ingin sekali pergi ke Apotek untuk beli Ranitin dan Omeprazole namun semua apotek sudah tutup.

Ketika pagi hari jam 5.30 saya putuskan tidak ke kantor dan karena kecapekan akhirnya saya tertidur selama 2 jam. Ketika terbangun badan saya lebih sehat dan rasa sakitnya mendadak berkurang dan akhirnya bisa duduk dengan tenang. Selanjutnya saya makan pagi  dengan nasi dan tahu tempe lalu istirahat total.  Setengah jam kemudian rasa sakit saya hilang dan saya sembuh. Saya bersyukur bisa pulih dengan cepat dan siangnya saya bisa kembali ngantor, untuk meeting dan lunch bersama principal saya dari Jepang.

Saya penasaran kenapa saya bisa punya pengalaman sakit maag seperti itu, saya tidak minum obat namun saya sudah sembuh. Sakitnya cuma semalaman saja. Setelah membaca-baca literatur farmasi ternyata nama penyakit saya itu Dispepsia Non Organik. Saya jelaskan saya ya:

Dispepsia adalah gangguan pencernaan. Dispepsia dibagi dua :
1. Dispepsia Organik
Ini seperti pada umumnya penderita sakit maag seperti : Gastritis (sakit dan perdangan di lambung), GERD (refluk naiknya asam lambung ke atas), Ulkus ( Ulkus Pepetik = Luka pada lambung; Ulkus Duodenum = Luka pada usus halus), Asam lambung yang tinggi, dll.

2. Dispepsia Non Organik/ fungsional
Dispepsia yang tidak jelas penyebabnya. Kemungkinan disebabkan faktor stress, mengkonsumsi obat, makanan/ minuman tertentu yang merangsang asam lambung. Menurut saya sih karena kecapekanan dan stress penyebabnya.

Mulai sekarang mari kita lebih baik dalam menangani stress dan kalo capek jangan memaksakan diri. Untuk hidup yang lebih sehat dan bebas sakit maag.

 

Mengobati Keloid Setelah Luka Bakar

beautiful face

Saya habis kena air panas 8 bulan yang lalu, 40% dari tubuh saya. Sekarang bekasnya menghitam agak merah tua dan itupun sangat gatal banget. Sama dokter dikasih resep suntik injeksi Trilac udah dua kali suntikan kok tetep aja masih gatal ya… Gimana ya solusinya.

Peristiwa diatas memang dapat dialami siapa saja. Saran saya yang pertama apabila mengalami luka bakar apakah itu kena air panas, minyak goreng, luka kena knalpot, dll, hal yang pertama dilakukan adalah mendinginkan luka bakarnya dengan disiram dengan air mineral, jika tidak ada gunakan air mengalir. Setelah itu jangan diobati sendiri apalagi pake obat yang salah seperti dikasih odol, kecap, olesin minyak. Wah itu salah banget, segera ke dokter untuk pertolongan lebih lanjut karena kita tidak tahu derajat luka bakarnya sudah sampai tingkat berapa.

Jika sudah ke dokter, gunakan obat dan salep sesuai aturan pakai. Obat tablet untuk diminum biasanya digunakan untuk mencegah infeksi, mempercepat keringnya luka. Salep yang diberikan salep biasanya ada antibiotiknya atau biar lukanya cepat kering.

Setelah sembuh, sebaiknya periksa ke dokter lagi untuk diberikan obat agar bekas lukanya tidak menimbulkan bekas seperti diberikan krim agar lukanya samar atau dicek lagi untuk mengetahui apakah punya faktor bawaan keloid.

Kebetulan saya juga punya faktor genetik pembawa keloid. Setiap ada luka yang lebar atau dalam maka permukaan bekas luka akan timbul bekas berwarna merah murah dan lama kelamaan merah menghitam. Bentuknya tipis dan lama kelamaan menonjol. Itu adalah keloid.

Biasanya, keloid baru akan muncul setelah luka sembuh dan kering sekitar 1-2 bulan. Untuk itu segeralah periksa ke dokter, semakin cepat ditangani semakin banyak kemungkinan untuk sembuh kembali. Pengobatannya masih dengan pemberian suntikan yang mengandung Triamcinolone. Mereknya banyak seperti Injeksi Trilac, Kenacort injection, dll.

Perlu diingat semakin luas permukaan keloid yang harus disembuhkan maka perlu beberapa kali atau belasan kali disuntik agar sembuh seperti sedia kala. Jika baru dua kali tentu saja belum kelihatan sembuhnya. Ingat ya, penyuntikan tidak boleh dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh dokter. Dosisnya juga harus tepat. Penyuntikan memang agak sakit mungkin agak nyeri…. tahan aja ya yang penting akan sembuh sedia kala.

Setahu saya setiap luka keloid pasti gatal (pengalaman pribadi hehehe) karena keloid ingin tumbuh dan membesar. Mohon jangan digaruk apalagi sampai terluka malah akan semakin cepat besarnya pertumbuhan luka keloid. semoga cepat sembuh ya.

 

 

 

Manfaat Magnesium Untuk Kesehatan dan Kehamilan

pills

Selama ini saya hanya tahu supplemen Kalsium yang berfungsi untuk memberikan “kesegaran” langsung dalam tubuh untuk meningkatkan semangat dalam menjalankan rutinitas setiap hari. Sampai akhirnya saya mengalami kesempatan untuk menjalani kehamilan, saya diberitahu bahwa selain Kalsium ada juga suplemen yang lebih penting untuk tubuh saya, yaitu Magnesium.

Apakah kita asing saat mendengarnya ? pasti akan teringat dengan salah satu komposisi susu biasanya terdapat zat Magnesium. Saat saya mencoba untuk mencari tahu secara dalam tentang manfaat magnesium khususnya saat saya dalam fase kehamilan, ternyata mengandung banyak manfaat untuk memelihara kesehatan saya dan janin selama kehamilan.

Magnesium termasuk sebutan Mineral Esensial yang bersifat sebagai eletrolit dan tentunya diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan pembentukkan energi pada otot – otot sistem sirkulasi. Magnesium memelihara kekuatan otot jantung dan pembuluh darah merupakan sebagain peranan penting magnesium didalam tubuh manusia.

Kinerja Magnesium dalam sirkulasi didalam tubuh manusia bukan dengan cara memaksa otot jantung dan otot pembuluh darah untuk kerja maksimal, tetapi memaksimalkan pembentukan energi yang didapat dari asupan makanan yang kita konsumsi. Sehingga Magnesium baik untuk pasien – pasien yang memiliki gangguan metabolik pembentukan energi seperti pasien diabetes, pasien jantung dan pasien hipertensi, yang mengalami penurunan pembentukkan energi didalam tubuh.

Begitu pula dalam system saraf, Magnesium memiliki peranan penting dalam proses relaksasi otot saraf. Karena Magnesium dapat menurunkan zat/ substansi kimia penyebab nyeri dan ketegangan otot yang disebut dengan neurotransmitter excitatory. Efek Magnesium menurunkan neurotransmitter excitatory inilah yang menyebabkan pengguna Magnesium merasakan rileks, khususnya pada ibu hamil, dan orang lanjut usia.

Apakah penggunaan Magnesium aman bagi ibu hamil ? justru ibu hamil memerlukan Magnesium, khususnya pada saat trimester pertama yang mengalami emesis selama periode kehamilan. Ibu hamil rentan dengan kekurangan cairan elektrolit akibat mual dan muntah , ditambah lagi ibu hamil mengalami peningkatan frekuensi urin.

Jadi bagaimana? Sesudah mengulas penggunaan Magnesium besar harapannya agar kita dapat memilah-milah apakah komposisi asupan nutrisi kita sudah sesuai dengan kebutuhan tubuh. Yuk, penuhi kebutuhan Magnesium-mu.

Penulis : Yepriyani Agustina Sembiring S,Farm, Apt
Editor : Rina Susanti, S.Farm, Apt