Ranitidin ditarik BPOM | Ranitidin Pemicu kanker | Apa obat Penggantinya?

Ranitidin Ditarik dari Peredaran

Obat Ranitidin ditarik dari pasaran oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sejak 11 Oktober 2019. Masyarakat umum mengetahui kalo Ranitidin ini adalah obat yang umum dipakai untuk pengobatan sakit maag seperti gejala tukak lambung dan tukak usus.

Pada tanggal 13 September 2019, US FDA dan EMA mengeluarkan peringatan tentang adanya temuan cemaran NDMA dalam jumlah yang relatif kecil pada sampel produk yang mengandung bahan aktif ranitidin, dimana NDMA (Nitrosodimethylamine) merupakan turunan zat Nitrosamin yang dapat terbentuk secara alami. Studi global memutuskan nilai ambang batas cemaran NDMA yang diperbolehkan adalah 96 ng/hari (acceptable daily intake), bersifat karsinogenik jika dikonsumsi di atas ambang batas secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini dijadikan dasar oleh Badan POM dalam mengawal keamanan obat yang beredar di Indonesia. Dalam rangka kehati-hatian, Badan POM telah menerbitkan Informasi Awal untuk Tenaga Profesional Kesehatan pada tanggal 17 September 2019 terkait Keamanan Produk Ranitidin yang terkontaminasi NDMA. Badan POM saat ini sedang melakukan pengambilan dan pengujian beberapa sampel produk ranitidin. Hasil uji sebagian sampel mengandung cemaran NDMA dengan jumlah yang melebihi batas yang diperbolehkan. Pengujian dan kajian risiko akan dilanjutkan terhadap seluruh produk yang mengandung ranitidin.

Obat Pengganti Ranitidin seperti golongan Proton Pump Inhibitor seperti Lanzoprazole, Omeprazole dapat dilakukan, begitu pula dengan pemberian Sitoprotectif dengan bahan baku Sucralfate. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang terapi pengobatan yang sedang dijalani menggunakan Ranitidin, untuk menghubungi dokter atau Apoteker.

Cara Sembuh Dari Stroke

SEMBUH DARI STROKESiapa bilang sakit stroke tidak bisa disembuhkan? buktinya ibu saya bisa sembuh total dari sakit stroke. Penyakit stroke memang adalah salah satu penyakit kritis yang banyak terjadi di Indonesia. Dalam pengobatannya yang terpenting adalah cepat dalam penanganan dan tepat terapi yang dilakukan.

Seperti pada kasus ibu saya, ketika sakit stroke yang menyebabkan tubuh sebelah kirinya tidak dapat berfungsi dengan normal maka kita perlu melakukan penanganan lebih lanjut dengan : pengobatan medis untuk obat stroke, terapi akupuntur yang tepat, rehabilitasi medik membuat kemampuan motoriknya dapat meningkat dengan baik.

Selain itu juga diperlukan nutrisi yang tepat untuk menyeimbangkan nutrisi tubuhnya. Tentu ketika sakit, nutrisi kita perlu menyeimbangkan baik kebutuhan nutrisi vitamin, mineral dan antioksidan. Selain itu pola hidup sehat juga sangat berpengaruh untuk mempercepat kesembuhan. Sebagai farmasis/ apoteker, saya ingin kita semua menyadari pentingnya menutrisi tubuh kita agar seimbang. Jadi ga cukup kalo hanya karbohidrat, protein, lemak dan air saja yang diperlukan tubuh, kebutuhan nutrisi vitamin dan mineral juga harus dicukupkan sesuai recommended daily allowance (RDA).

Nutritional Supplements - Lyle MacwilliamNutrisi yang saya rekomendasikan tidak disponsori oleh pihak manapun dan itu adalah berasal dari pengalaman pribadi dan juga rekomendasi dari buku Nutritional Supplements yang dapat teman-teman baca dan beli di amazon. Semua hasil risetnya bukunya berasal dari penelitian scientific yang dilakukan oleh pihak ketiga (third party).

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Ayo kita hidup sehat dan mapan secara finansial.

Mengapa Perlu Diet Rendah Serat?

Momen lebaran memang ajang yang sangat tepat untuk wisata kuliner dan mencoba berbagai macam makanan unik tetapi siapa sangka ternyata saya malah sakit perut. Bukan sakit perut biasa karena semalaman saya tidak bisa tidur karena nyeri hebat di perut bawah kanan, rasanya seperti di tusuk, sakit sekali dan masih ditambah suhu badan yang mulai hangat.

Paginya saya berobat kedokter ternyata ini bukan sakit lambung tetapi ada masalah pencernaan di usus. Diagnosanya ada infeksi peradangan usus dan dokter memberikan pengobatan:

1.Metronidazole untuk mengobati berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme protozoa dan bakteri anaerob.

2. Cefadroxil yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan dinding sel bakteri sehingga bakteri tidak dapat bertahan hidup.

3. Domperidone yang merupakan obat golongan antiemetik yang dapat meredakan rasa mual, muntah, gangguan perut, rasa tidak nyaman akibat kekenyangan, serta refluks asam lambung (GERD).

4. Ketoprofen  yang digunakan untuk meredakan gejala peradangan, seperti nyeri, akibat penyakit asam urat, artritis. Ketoprofen juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri pasca operasi dan nyeri menstruasi.

Saya menggunakan Ketoprofen saat sakit saja karena obat ini memang anti nyeri yang top banget hehehe (baru kali ini juga minum Keto biasanya asam mefenamat cukup). Just info aja kalo  Ketoprofen bekerja dengan menghambat enzim cyclo-oxygenase COX dalam menghasilkan prostaglandin. Saya bilangnya COX – Inhibitor.

Setelah mengkonsumsi obat tersebut gejala sakitnya langsung berkurang tetapi ada hal yang lebih penting lagi selain pengobatan yaitu memperbaiki pola makan dengan melakukan diet rendah serat. Bukankah kalo sakit kita harus makan banyak serat? ternyata tidak selalu loh (baru ngeh)….

Diet rendah serat bertujuan untuk mengistirahatkan sistem pencernaan yang sedang bermasalah, atau sebagai persiapan menjalani prosedur medis tertentu. Dalam kasus saya, diet ini dilakukan karena infeksi usus atau ada kemungkinan usus buntu. Beberapa pasien yang sebaiknya perlu melakukan diet rendah serat ini untuk penderita diare, sakit peradangan usus, tumor usus, ulseratif (radang pada usus besar dan rektum), operasi didaerah pencernaan.

Mengapa diet rendah serat ini perlu saya lakukan? pertama meringankan kerja sistem pencernaan (low to moderate digestion),  mengurangi jumlah feses yang dihasilkan sistem pencernaan, mengurangi makanan yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan.

Lalu apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama melakukan diet rendah serat? Saya tampilkan saja print outnya semoga bisa membantu.

diet rendah serat

Yang terpenting menu makanan lebih banyak yang direbus, tumis, panggang,  jauhi bumbu yang terlalu tajam,  minum air putih, buah-buahan pasar (pepaya, pisang, jeruk), sayuran yang rendah serat (bayam, buncis, kacang panjang, wortel, tomat), tahu tempe bacem, ikan ayam telur direbus, bubur, kentang rebus, biskuit dan roti biasa.

Setelah saya mencoba diet ini 2 hari hasilnya sudah tidak ada lagi keluhan nyeri, badan lebih enakan. Saya pernah sok kuat  mencoba sekali makan sayuran berserat (cap cay) ternyata tubuh saya langsung merespon dengan nyeri yang datang kembali, artinya usus saya belum bisa menerima. Sekarang saya teruskan diet rendah serat ini sampai sistem pencernaan normal kembali, semoga minggu depan pencernaan saya sudah pulih kembali.

Saran saya jika sistem pencernaan kita sedang berat bekerja ada baiknya kita menginstirahatkan sejenak dari dari rutinitas makanan biasanya, ganti sejenak dengan diet rendah serat selama beberapa hari. Ibarat mesin, sesekali perlu organ pencernaan seperti lambung dan usus bekerja dengan lebih santai. Setelah itu baru deh, kita balik lagi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat untuk hidup yang lebih sehat.

 

 

 

 

 

 

Cara Paling Ampuh Merawat Gigi Berlubang pada Anak

Touring Salamanca (1) (4)

Kalo anak udah sakit gigi kasihan sekali rasanya, badan jadi panas demam, rewel, susah makan dan gigi jadi bengkak. Untuk menghindari hal itu sejak dini anak harus mulai melakukan perawatan gigi. Rajin untuk sikat gigi teratur dan juga rutin untuk periksa ke dokter gigi untuk diperiksa apa ada kerusakan atau keluhan lainnya.

Divideo kali ini, Owen melakukan perawatan gigi dengan mengunjungi klinik dokter gigi. Ternyata ada gigi yang berlubang dan untuk mencegah lubangnya semakin besar sebaiknya gigi ditambal. Cara ampuh untuk merawat gigi berlubang adalah dengan menutup lubang tersebut ke dokter gigi.

Gigi bayi atau anak tentu berbeda dengan gigi dewasa, oleh karena itu dengan rajin menggosok gigi rutin sehabis makan dan sebelum tidur adalah cara merawat gigi agar tidak berlubang lagi. Selain itu juga hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi seperti permen, coklat, camilan manis dan susu manis berlebihan. Ayo kita rawat gigi sejak masih anak-anak agar senyumnya sehat dan menawan.

 

Lapangan Pekerjaan Untuk Apoteker dan Penghasilannya (Part 1)

a small compilation of fun & interesting food facts

Divideo kali ini saya akan membahas tentang hal-hal yang sering kali kali salah persepsi mengenai Apoteker. Masyarakat umumnya hanya tahu kalo pekerjaan Apoteker ya adalah “Apoteker di Apotek”. Padahal tidak, adanya banyak sekali lapangan pekerjaan untuk Apoteker dan tidak salah kok memilih farmasi karena ini jurusan kuliah yang menjanjikan.

Setelah lulus dari sarjana farmasi dan dilanjutkan ke jenjang program profesi Apoteker, kemudian para Apoteker mulai mencari lowongan kerja terbaru di bidang farmasi. Lowongan perkerjaan farmasi atau Apoteker tidak harus melulu di Apotek karena pekerjaan Apoteker itu amat sangat beragam dan luas. Apa saja?

Pertama, profesi Apoteker dapat bekerja di kementrian kesehatan Republik Indonesia. Didalam kementrian kesehatan ini peran serta Apoteker sangat penting kerena mengurus perumusan kebijakan nasional, kebijakan pelaksanaan dan kebijakan teknis di bidang kesehatan. Dengan melakukan audit, proses kebijakan kesehatan lainnya.

Badan POM RI atau BPOM mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan Obat dan Makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, ada banyak sekali yang dikerjaakan Apoteker seperti registrasi obat, pengawasan mutu obat dan pengawasan mutu pangan dan lainnya.

Kedua, profesi Apoteker juga bekerja di Rumah Sakit baik Rumah Sakit swasta, rumah sakit negeri, klinik kesehatan, klinik kecantikan terbaik di jakarta dan kota-kota lainnya di seluruh Indonesia pasti memerlukan Apoteker. Tugas Apoteker di Rumah Sakit adalah harus mampu mengelola Farmasi Rumah Sakit secara keseluruhan dan bertanggung jawab dalam administrasi, manajemen perencanaan serta kebijakan Farmasi Rumah Sakit secara terpadu, anggaran biaya, kontrol persediaan, pemeliharaan catatan dan pembuatan laporan untuk Rumah Sakit. Jadi tidak hanya sekedar mengurusi pembagian obat, resep ke pasien saja tetapi lingkupnya sangat luas. Lowongan kerja farmasi di rumah sakit ini banyak sekali loh memerlukan apoteker yang handal.

Ketiga, pekerjaan Apoteker di pabrik Farmasi atau Industri Farmasi baik dalam negeri atau asing (PMA). Apoteker di Industri obat jadi adalah industri yang menghasilkan suatu produk yang telah melalui seluruh tahap proses pembuatan, sedangkan industri bahan baku obat adalah industri yang menghasilkan bahan baku yang diperlukan pada proses pembuatan suatu obat jadi. Proses pembuatan merupakan seluruh rangkaian kegiatan yang menghasilkan suatu obat yang meliputi produksi dan pengawasan mutu mulai dari pengadaan bahan awal, proses pengolahan, pengemasan, sampai obat jadi untuk distribusi. Tugas apoteker dari mulai awal kedatangan bahan baku, produksi sampai finish produk memerlukan peran Apoteker.

Keempat Apotek, tugas Apoteker yang melakukan tugas kefarmasian meliputi pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang mempunyai keahlian dan kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

kelima Pedagang Besar farmasi, di dalam PBF peran Apoteker dalam melaksanakan tugasnya di bidang distibusi Farmasi yaitu CDOB (Cara Distribusi Obat yang Baik). Bukan hanya sekedar memiliki gudang saja tetapi dalam CDOB adalah untuk cara distribusi atau penyaluran obat dan/atau bahan obat yang bertujuan untuk memastikan mutu sepanjang jalur distribusi atau penyaluran sesuai dengan persyaratan dan tujuan penggunaannya. Baik bahan baku atau obat jadi memang harus sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Untuk tugas-dan peranan Apoteker di Indonesia lainnya serta berapa jumlah penghasilan bagi apoteker ada di video part 2 ya. Untuk nonton video lengkapnya klik disini.

 

Dexamethasone Bukan Obat Gemuk

 

shopping

Mba, minum obat Gemuk Dexamethasone selama beberapa bulan. Memang sih saya naik berat badannya cukup banyak… tetapi juga punya efek saya jadi mudah mengantuk.  Sekarang berat badan saya sudah oke dan mau berhenti minum obatnya tapi malah sejak berhenti badan jadi sering sakit, pusing seperti hilang keseimbangan,  kepala bagian belakang terasa berat sekali. Mohon solusi.

Seperti tulisan saya disini tahun 2010 dan disini tahun 2016, ternyata masih banyak ya masyarakat yang salah persepsi tentang obat ini. Sejatinya obat Dexamethasone adalah obat golongan kortikosteroid yang digunakan untuk membantu mengurangi peradangan/ pembengkakan. Catat ya! jadi obat ini didesain bukan untuk menggemukan badan.

Jadi kalo orang kurus minum obat ini berharap akan gemuk maka itu salah banget. Dexamethasone dikonsumsi tanpa pengawasan dokter dan dalam periode konsumsi yang lama memang akan menimbulkan efek samping seperti yang disebutkan diatas bahkan sering saya lihat banyak kasus “moon face” gemuk mukanya doang saat konsumsi obat ini.

Kalo sudah sudah begini bagaimana? ini ibaratnya sudah ketergantungan jadi tidak boleh langsung berhenti mendadak, caranya dengan mengurangi dosis Dexamethasone secara perlahan-lahan  sampai menjadi 0 mg perharinya.  Saya tidak tahu berapa banyak dikonsumsi per harinya. Misal sehari minum 2 x sehari , kemudian dikurangi menjadi 1 x sehari, kemudian berselang 2-3 x minggu, lalu 1 x seminggu , sampai benar-benar tidak mengkonsumsi lagi. Ada baiknya silakan berkonsultasi dengan dokter karena terapi pengurangan dosis setiap individu sangat berbeda-beda, ada yang perlu waktu beberapa minggu sampai hitungan bulan untuk bebas dari Dexamethasone.

Mulai sekarang jangan mengkonsumsi obat Dexamethasone sembarangan. Obat ini bukan untuk membuat gemuk dan menghilangkan pegal linu. Konsultasikan lebih dulu kepada dokter atau tenaga kesehatan yang berpengalaman.

Jangan gunakan cara salah untuk hasil baik, gunakan cara baik untuk hasil yang baik.  Jika memang ingin lebih padat berisi, ada  terapi sehat untuk meningkatkan masa otot dengan memperhatikan asupan makanan dengan  komposisi yang dianjurkan adalah 50% protein, 30% karbohidrat, dan 20% lemak. Untuk sumber protein hewani ini dapat diperoleh dari daging merah, ikan, telur, dan susu. selain itu untuk lebih meningkatakan masa otot juga perlu latihan beban secara teratur.

Tukangobatbersahaja : Healthy Life, Wealthy Financial

Setelah memiliki logo tukangobatbersahaja, saya juga memiliki sebuah tagline terbaru yaitu “Healthy Life, Wealthy Financial” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Hidup Sehat,  Mapan secara Finansial”. Mengapa demikian? karena setelah begitu lama sama menulis tentang healthy life disini, ternyata Tuhan membukakan sebuah hikmat baru kepada saya untuk saya juga menjadi seorang perencana keuangan yang profesional yang berlisensi.

Didalam profesi saya sebagai perencana keuangan, saya juga memiliki sebuah misi untuk setiap pribadi atau keluarga mencapai kesejahteraan dengan kemapanan financial. Karena jika kita berbicara untuk mencapai  hidup yang sehat, betapa besar saat ini biaya kesehatan yang harus dibayarkan kepada setiap individu yang sakit, baik itu untuk biaya rumah sakit, obat-obatan, biaya pemulihan dan perawatan lanjutan untuk menjaga tetap sehat (pengalaman pribadi, bahkan sudah pake BPJS pun sebagian besar pengeluaran perawatan kesehatan dibayar dari uang pribadi).

Dikutip dari World Bank, Willis Towers Watson Projection tahun 2014, Dari pembiayaan untuk kesehatan, 47% dari total perkiraan pengeluaran biaya kesehatan dibayar dengan uang sendiri. Jadi ada Rp 193,548 Milar Tingkat kesenjangan pembiayaan kesehatan di Indonesia.

resiko penyakit kritis

Saya akan lebih banyak bersuara mengenai kesenjangan pembiayaan kesehatan di Indonesia. Lihatlah apakah kita siap jika sewaktu-waktu keluarga atau orang terdekat dari kita mengalami sakit kritis, siapkah kita dengan biaya pengobatan penyakit kritis? Saat ini 4 resiko terbesar di Indonesia yaitu stroke, gagal ginjal, kanker dan serangan jantung.

Dengan semakin naiknya biaya kesehatan setiap tahunnya, hal itu akan membuat kesenjangan pembiayaan kesehatan terlihat lebih besar lagi. Jangan sampai ya, uang hasil jerih payah kita bekerja dan menabung akan habis tak tersisa karena untuk pembiayaan dan pengobatan yang sakit.

Kehadiran saya sebagai perencanaan keuangan akan memberikan solusi yang tepat untuk membantu bapak/ ibu dalam pengelolaan keuangan sehingga terhindar dari resiko kesenjangan biaya kesehatan. Hubungi saya dalam kolom “contact me” atau langsung ke email ; rina_apt@yahoo.com

Healthy Life, Wealthy Financial