Obat Sakit Gigi Yang Manjur

kyle-loftus-590869-unsplash

Makan es krim adalah susuatu yang sangat menyenangkan namun apa jadinya kalo kita lagi sakit gigi? sengsara banget. Udah kumur pake air garam ga sembuh sembuh, mau ke dokter gusi lagi bengkak, ya antara takut, males, khawatir nanti dicabut giginya. (sumber gambar disini)

“Ada ga sih obat yang bisa menghilangkan sakit gigi ini? boleh dong dikasih tahu?”, itu kata temen saya yang lagi sakit gigi udah beberapa hari ini.  Sebenarnya sih, saya lebih prefer kalo sakit ya ke dokter gigi dan nanti dari sana akan diberikan penanganan yang tepat untuk sakit giginya, jenis tindakan medisnya tergantung dari tingkat kerusakan giginya.

Namun jika kamu mengalami nyeri dan ngilu gigi yang sangat-sangat maka saya bisa merekomendasikan beberapa obat yang dapat meredakan nyeri giginya, yaitu :

1.Asam mefenamat 500 mg.
Asam mefenamat bergunanya untuk mengurangi nyeri dari sakit gigi, anti inflamasi ini diminum dengan dosis 2-3 x sehari. Untuk merek dan brandnya ada banyak tersedia di apotek. Kalo sudah tidak sakit obat boleh dihentikan.

2.Dexamethasone 0.75 mg.
Dexamethasone berguna untuk mengurangi bengkak-bengkak di gusi. Obat golongan kortikosteroid ini dinimum 2 x sehari dan jika sudah tidak bengkak lagi obat berhenti diminum.

3.Amoxycillin 500 mg.
Amoxycillin ini adalah obat antibo0tik golongan penicillin yang dapat mengobati infeksi bakteri. Dosisnya 2-3 x sehari dan diminum selama seminggu penuh obat harus diminum dan dihabiskan.

Sudah banyak yang sembuh dengan resep manjur ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu merawat gigi dan gusi agar terhindar dari derita sakit gigi. Smile as always.

Dexamethasone Bukan Obat Gemuk

 

shopping

Mba, minum obat Gemuk Dexamethasone selama beberapa bulan. Memang sih saya naik berat badannya cukup banyak… tetapi juga punya efek saya jadi mudah mengantuk.  Sekarang berat badan saya sudah oke dan mau berhenti minum obatnya tapi malah sejak berhenti badan jadi sering sakit, pusing seperti hilang keseimbangan,  kepala bagian belakang terasa berat sekali. Mohon solusi.

Seperti tulisan saya disini tahun 2010 dan disini tahun 2016, ternyata masih banyak ya masyarakat yang salah persepsi tentang obat ini. Sejatinya obat Dexamethasone adalah obat golongan kortikosteroid yang digunakan untuk membantu mengurangi peradangan/ pembengkakan. Catat ya! jadi obat ini didesain bukan untuk menggemukan badan.

Jadi kalo orang kurus minum obat ini berharap akan gemuk maka itu salah banget. Dexamethasone dikonsumsi tanpa pengawasan dokter dan dalam periode konsumsi yang lama memang akan menimbulkan efek samping seperti yang disebutkan diatas bahkan sering saya lihat banyak kasus “moon face” gemuk mukanya doang saat konsumsi obat ini.

Kalo sudah sudah begini bagaimana? ini ibaratnya sudah ketergantungan jadi tidak boleh langsung berhenti mendadak, caranya dengan mengurangi dosis Dexamethasone secara perlahan-lahan  sampai menjadi 0 mg perharinya.  Saya tidak tahu berapa banyak dikonsumsi per harinya. Misal sehari minum 2 x sehari , kemudian dikurangi menjadi 1 x sehari, kemudian berselang 2-3 x minggu, lalu 1 x seminggu , sampai benar-benar tidak mengkonsumsi lagi. Ada baiknya silakan berkonsultasi dengan dokter karena terapi pengurangan dosis setiap individu sangat berbeda-beda, ada yang perlu waktu beberapa minggu sampai hitungan bulan untuk bebas dari Dexamethasone.

Mulai sekarang jangan mengkonsumsi obat Dexamethasone sembarangan. Obat ini bukan untuk membuat gemuk dan menghilangkan pegal linu. Konsultasikan lebih dulu kepada dokter atau tenaga kesehatan yang berpengalaman.

Jangan gunakan cara salah untuk hasil baik, gunakan cara baik untuk hasil yang baik.  Jika memang ingin lebih padat berisi, ada  terapi sehat untuk meningkatkan masa otot dengan memperhatikan asupan makanan dengan  komposisi yang dianjurkan adalah 50% protein, 30% karbohidrat, dan 20% lemak. Untuk sumber protein hewani ini dapat diperoleh dari daging merah, ikan, telur, dan susu. selain itu untuk lebih meningkatakan masa otot juga perlu latihan beban secara teratur.

Biduran Pada Anakku

Obat Biduran

Liburan awal tahun kemarin, anak saya mengalami biduran.  Sebenarnya saya tidak tahu apa faktor pemicunya, setahu saya anak saya tidak punya riwayat alergi makanan dan kamipun menjaga asupan makanan. Asumsi saya bisa saja biduran kali ini terjadi karna faktor debu, kepanasan dan udara. (Kalo mau tahu kita alergi apa, bisa kok di test di Rumah Sakit, namanya allergen test)

Akhirnya kami memutuskan untuk segera dibawa ke IGD rumah sakit terdekat sebelum bentol-bentol merah gatal semakin menyebar di dada, punggung, lengan dan leher.  Setelah diperiksa dan menuju bagian apotek untuk menebus resep, tepat seperti yang saya duga obatnya sama persis seperti yang saya pikirkan, yaitu:

1.  Caladine Lotion. Lotion ini dioleskan 3-4 kali sehari dibagian yang gatal. Kalo anak gatal sebaiknya jangan digaruk, cukup kita elus-elus saja.

2. Kombinasi Kortikosteroid dan antihistamin.  Untuk dosisnya tergantung dari usia anak. Kombinasi ini sangat baik untuk mengurangi peradangan dan sebagai anti alerginya.

Hanya dalam waktu beberapa jam anak saya bisa sembuh dari biduran dan gatal-gatalnya. Amazing dan rasanya senang banget, semua itu karena kita bertindak cepat untuk segera berobat ke dokter. Senangnya kini kita bisa melanjutkan liburan sambil seru-seruan, foto-foto dengan gembira.

Tidak Jualan Obat : Kurus Aborsi Perkasa

Diblog saya ini, beberapa orang  atau bahkan banyak yang minta obat kurus, obat aborsi, obat perkasa pria bahkan penghilang silikon, dll. Saya mungkin sudah kaya raya kalo jualan obat begituan tetapi itu tidak sejalan dengan hati nurani, pembohongan publik dan visi misi dari blog tukangobatbersahaja[dot]com. Blog ini ada untuk membagikan ilmu pengetahuan seputar kesehatan dari kacamata seorang farmasis.

Saya jelasin satu persatu, pertama obat kurus atau pelangsing. Mereknya banyak banget baik dari bentuk tablet, kapsul, jamu, sachet, alat kesehatan, slimming tool. Sebenarnya lucu aja sih, semua hanya marketing tool untuk memberi mimpi.  Kalo pola makan dan pola hidup tidak berubah, mau makan obat apapun ga ada gunanya. Eek yoyo malah akan terjadi dan lebih gemuk.

Kedua adalah obat aborsi, Mereknya juga banyak, bahkan ada yang jualan terang terangan tetapi apakah itu aman? i tell you a big secret that is so dangerous! Jangan mau dibodohin pake obat aborsi. Memangnya masalahmu akan selesai setelah aborsi? tidak. Aborsi justru menimbulkan masalah baru karena keluarnya janin yang dipaksa dapat menimbulkan infeksi dan kerusakan rahim.  Masih ada cara terbaik selain menelan pil aborsi. Kalopun tidak terjadi infeksi dan penyakit lainnya, pikirkanlah rasa bersalah yang harus kamu alami seumur hidup. Itu semua ga sepadan.

Terkahir itu obat perkasa, biasanya sih banyak permintaan dari pria-pria yang kurang percaya diri dengan apa yang sudah dimililiki (ingin lebih besar, kuat, panjang). Banyak cara yang dilakukan seperti minum obat kuat dari kimia, obat tradisional, ektrak herbal dengan berbagai merek, sampai pake minyak untuk dioles, dipijat bahkan suntik silikon.

Saya telah mempelajari mendalam mengenai obat mempertahan ereksi ini, baik obat kimia maupun berbagai ekstrak dari tanaman. Yang menjadi kekhawatiran saya adalah efek samping lebih berbahaya dibanding kegunaannya. Gooling aja efek samping PDE5 Inhibitor seperti Sildenafil, Tadalafil. Apakah jenis tanaman ekstrak memberikan pengaruh signifikan? tidak, mereka cuma booster aja.  Yang paling bahaya kalo ikutan disuntik silikon, wah bahaya banget, ga ada pil yang bisa menyedot silikon keluar. Prihatin.

So mulai dari sekarang lebih cintai dirimu sendiri, tidak perlu pake obat-obatan untuk terlihat kurus. Pacaranlah yang sehat, no free sex maka hidupmu aman. Terakahir tubuh yang sudah dari Tuhan disayangi dan jangan dirusak.

So jangan tanya lagi obat-obatan itu karena saya tidak akan menanggapi.  Terimakasih

 

Jangan Minum Dexamethasone Sembarangan

pills

Seorang teman apoteker saya hanya bisa mengelus dada pada seorang pasien laki-laki di apotek tempatnya bekerja.

Pasien       : Mbak, ada dexamethasone ?
Apoteker   : Ada. Apa bapak tahu ini buat apa? Dexamethasone itu obat buat infamasi atau peradangan, seperti nyeri pada persendian dan peradangan dibagian tubuh.
Pasien      : Itu salah, yang bener tuh ni obat buat menambah nafsu makan dan badan tambah seger. Lagian saya itu udah minum bertahun-tahun ga masalah. Emang kenapa?
Apoteker   : Maaf itu salah. Berbahaya loh efek samping Dexamethasone, Liver dan tulang bapak bisa terganggu dalam jangka panjang. (udah sedikit emosi).
Pasien      : Saya tuh udah pake bertahun-tahun lamanya tapi ga pernah kenapa-napa sampai hari ini. Kalo urusan hidup mati itu ada ditangan Tuhan.
Apoteker   : Pak, bukanlah ebih baik mencegah daripada diobati setelah sudah parah. Bagaiman kalo saya tambahkan suplemen berisi kunyit untuk perbaikan fungí hati ya pak.
Pasien     : Ga usah. Mahal
Apoteker : geleng-geleng sambil ngelus dada.

Ternyata masih banyak yang merasa lebih pintar dan sok pintar dari ahlinya obat. Jangan sampe ya kamu salah satunya ya. Minum Dexamethasone sesuai aturan pakai dan diminum setelah makan.  Dexamethasone bukan obat Dewa.

Pemakaian Dexamethasone dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan efek samping yang sangat merugikan seperti : badan terasa letih lesu lemas, gangguan pola tidur, iritasi lambung, sakit kepala, moody, menurunkan kekebalan/ daya tahan tubuh, pengeroposan tulang nyeri persendian dan tulang dan menurunkan fungsi jaringan limfa. semoga bermanfaat.

Pengalaman Sakit Maag

prescription

Meskipun sudah menerapkan pola hidup sehat tetap saja saya bisa sakit maag. Pengalaman ini terjadi beberapa hari yang lalu. Faktor pencetusnya banyak seperti kurang istirahat, kelamaan mengendong anak, kedinginan dikantor, sempat makan bakso pedas, dan banyak pikiran. Jadilah malam itu saya tepar.

Awalnya saya pikir ini karena terlalu lama mengendong anak saya jadinya punggung saya sakit namun setelah peregangan, punggung lebih baik meski masih sakit. Perut saya sakit luar biasa seperti mulas pengen BAB, nyeri menstruasi dan kembung. Saya sudah mencoba berbagai macam posisi tidur namun masih sakit, minum air hangat juga tidak terlalu banyak membantu. Semalaman saya hampir tidak tidur dan hanya menahan sakit. Saya ingin sekali pergi ke Apotek untuk beli Ranitin dan Omeprazole namun semua apotek sudah tutup.

Ketika pagi hari jam 5.30 saya putuskan tidak ke kantor dan karena kecapekan akhirnya saya tertidur selama 2 jam. Ketika terbangun badan saya lebih sehat dan rasa sakitnya mendadak berkurang dan akhirnya bisa duduk dengan tenang. Selanjutnya saya makan pagi  dengan nasi dan tahu tempe lalu istirahat total.  Setengah jam kemudian rasa sakit saya hilang dan saya sembuh. Saya bersyukur bisa pulih dengan cepat dan siangnya saya bisa kembali ngantor, untuk meeting dan lunch bersama principal saya dari Jepang.

Saya penasaran kenapa saya bisa punya pengalaman sakit maag seperti itu, saya tidak minum obat namun saya sudah sembuh. Sakitnya cuma semalaman saja. Setelah membaca-baca literatur farmasi ternyata nama penyakit saya itu Dispepsia Non Organik. Saya jelaskan saya ya:

Dispepsia adalah gangguan pencernaan. Dispepsia dibagi dua :
1. Dispepsia Organik
Ini seperti pada umumnya penderita sakit maag seperti : Gastritis (sakit dan perdangan di lambung), GERD (refluk naiknya asam lambung ke atas), Ulkus ( Ulkus Pepetik = Luka pada lambung; Ulkus Duodenum = Luka pada usus halus), Asam lambung yang tinggi, dll.

2. Dispepsia Non Organik/ fungsional
Dispepsia yang tidak jelas penyebabnya. Kemungkinan disebabkan faktor stress, mengkonsumsi obat, makanan/ minuman tertentu yang merangsang asam lambung. Menurut saya sih karena kecapekanan dan stress penyebabnya.

Mulai sekarang mari kita lebih baik dalam menangani stress dan kalo capek jangan memaksakan diri. Untuk hidup yang lebih sehat dan bebas sakit maag.

 

Ini obat Apa?

Mbak, Mau tanya obat Lansoprazole itu obat buat apa? trus cara minumnya gimana? boleh ga buat ibu hamil. Mohon infonya. Makasih.

Pertanyaan diatas sering sekali ditanyakan kepada saya, bukan hanya Lansoprazole tetapi banyak nama-nama obat, bahkan nama obat yang baru saya dengar. Tentu dengan senang hati saya akan menjawabnya. Namun jika saya sedang sibuk ada baiknya saya kasih tahu dimana sih informasi saya mencarinya. Simak deh rahasianya. Bukan promosi website.

Ini dia, segeralah buka google dan ketik mims.com. Pilih yang negaranya Indonesia. Kalo report klik aja disini. Setelah itu akan keluar  gambar seperti dibawah ini.

Mims [dot] com

Kemudian kita ketik nama obat yang kita inginkan seperti “Lansoprazole”. Terkadang langsung terlihat informasinya namun jika informasinya tidak keluar dan diminta untuk sign in sebaiknya buat account dulu. Sebentar kok untuk buatnya. Setelah itu kita Sign In kembali dan masukan nama obat yang kita inginkan, seperti dibawah ini :

Lansoprazole 2

Lalu akan muncul semua informasi mengenai obat Lansoprazole. Mulai dari mekanisme kerja, onset, duration, farmakokinetik, distribution, Mims Class, sampai merek-merek apa saja yang beredar di Indonesia.

Saya tahu ini mungkin sulit untuk dipahami karena informasi diatas hanya dimengerti oleh oleh farmasis atau dokter. Untuk orang awam sebaiknya lihat saja di “Available Brands” saja. Saya ambil contoh acak Lancid buatan Kalbe Farma. Klik saja kemudian akan keluar informasi seperti ini :

Lansoprazole 1

Langsung ketahuan semua informasinya. Jika masih tidak tahu artinya bisa googling satu per satu katanya.  Ohh, ternyata Lasoprazole itu buat sakit maag karena asam lambung, duodenal dan GERD.

Selain itu kita juga tahu dosis pemakaian, aturan pakai yang benar dari Lansoprazole juga kategori obatnya apakah boleh atau tidak dikonsumsi untuk ibu hamil. Informasi Lansoprazole sebagi berikut :

Dosis : (jadi tahu kalo untuk GERD 30 mg diminum selama 4 minggu)
Duodenal ulcer 30 mg once daily for 4 wk. Benign gastric ulcer 30 mg once daily for 8 wk. Reflux oesophagitis 30 mg once daily for 4 wk.

Aturan Pemakaian : (harus diminum ketika perut kosong atau sebelum makan)
Should be taken on an empty stomach: Take in the morning before meals.

Pregnancy Category B: (Artinya Kategori B aman untuk ibu hamil)
Either animal-reproduction studies have not demonstrated a foetal risk but there are no controlled studies in pregnant women or animal-reproduction studies have shown an adverse effect (other than a decrease in fertility) that was not confirmed in controlled studies in women in the 1st trimester (and there is no evidence of a risk in later trimesters).

Kalo mau tahu lebih banyak tentang nama-nama obat lain kamu bisa cek sendiri ke website tersebut. Sangat berguna dan tidak perlu menunggu lama untuk segera tahu informasinya. Ayo buruan cari tahu tentang pengobatannmu.  Kalo masih binggung boleh tanya kembali. Terima kasih semoga bermanfaat