Tidak Pernah ML Tapi Telat Menstruasi

Saya sering mendapat pertanyaan seperti judul di atas. Banyak cewek yang tidak pernah melakukan hubungan seks, tetapi menstruasinya sering terlambat. Kadang, terlambatnya bukan lagi sehari dua hari, tetapi lebih dari sepuluh hari. Biasanya, cewek-cewek yang mengalami hal ini langsung berpikir macam-macam. Ada yang cemas karena berpikir bahwa organ reproduksinya terganggu atauย  rahimnya bermasalah. Yang lucu adalah, ada yang suka ketakutan sendiri bahwa pada saat berenang, ada sperma yang masuk, dan tiba-tiba terjadi kehamilan. Waduh…. Gambar diambil disini.

mba. aku cewe umur 19. uda telat 10 hari dari siklus normal yang 28 hari. jadi kan totalnya 38 hari. berarti ga masuk siklus normal. padahal saya ga pernah hub. badan terus bulan ini ga cape kok kuliahnya, beban mental juga ga ada deh keknya. aku emang telat tapi keputihannya uda banyak dari tanggal yang mustinya aku dapet. jadi kenapa ya??? makasih. Hasna.

Seperti yang sering saya tulis, periode menstruasi umumnya berlangsung antara 21-35 hari. Jika lebih atau kurang dari periode tersebut jangan langsung paranoid. Kenali gejala dan konsultasikan ke dokter. Terlambat menstruasi biasanya disebabkan beberapa hal:

1. Pengaruh Fisik
Saya percaya banyak cewek-cewek di luar sana yang tangguh dan perkasa. Namun, sesekali stamina mereka menurun dan ini menjadi penghambat menstruasi. Banyak hal yang menyebabkan gangguan fisik ini, misalnya, terlambat makan lalu pusing, letih lesu dan lelah. Belum lagi, segudang aktivitas, sekolah/kuliah, ujian UAN/UAS, skripsi, lembur, dinas, dan pulang malam. Semua hal-hal tersebut dapat mengakibatkan kelelahan dan dropnya stamina.

2. Pengaruh Psikis
Nah, pengaruh psikis adalah faktor yang sangat mempengaruhi siklus menstruasi. Misalnya, banyak masalah membuat kita jadi stres, cemas, keringat dingin, moody, dan susah konsentrasi. Kadang saya berpikir, “Memangnya ngaruh?” Ternyata jawabannya: yes honey! Saya pernah punya periode menstruasi 41 hari gara-gara persiapan sidang skripsi. Siapa sih yang nggak stres kalau memikirkan skripsi?

3. Pengaruh Hormonal
Fluktuasi hormon sangat mempengaruhi siklus menstruasi. Cewek itu punya dua hormon penting, estrogen dan progesteron. Asupan makanan juga berpengaruh terhadap kestabilan hormon ini. Jika ada ketidakseimbangan hormonal, maka seringkali menstruasi terganggu. Jika fisik dan psikis oke tetapi jadwal menstruasi tetap terganggu,ย  sebaiknya periksa ke dokter kandungan. Nanti, dokter akan memberi hormon replacement therapy (Estradiol, Progesterone, Allylestrenol, Lynestrenol, Levonogestrel). Obat-obat tersebut berguna untuk menstabilkan kadar hormon estrogen dan progesteron. Cukup minum obatnya sesuai aturan pakai, dan menstruasi kamu akan normal kembali.

Jika sudah lebih dari setahun kamu tetap mengalami terlambat mentruasi dan tidak ada perubahan, sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan! Hal ini penting untuk mencegah timbulnya gangguan seperti kanker, endometrial carcinoma, atau tumor jinak.

Untuk itu tetaplah menjaga gaya hidup sehat. Jangan membebani diri sendiri dengan aktivitas yang terlalu padat. Jagalah selalu kondisi fisik dan psikismu agar menstruasimu kembali normal. Bila perlu, periksakan ke dokter untuk lebih jelasnya. Semoga bermanfaat!

162 thoughts on “Tidak Pernah ML Tapi Telat Menstruasi

  1. periode menstruasi bisa sampe 41 hari?
    ck.., ck…, ck…
    * geleng-geleng kepala *

    =========================

    hehehehe
    true story jeung ๐Ÿ˜€
    kepala nyut-nyut, badan pegel-pegel demi menyelesaikan skripsi.

  2. hmm kalo kembung nya itu gara2 apa ya mbak? emg kalo telay makan ngaruh jga sama siklus menstruasi?

    ===================================

    Kembung biasanya karena banyak gas-gas didalam tubuh yang belum keluar.
    Cara menghilangkan kembung ini cukup minum tablet Simetikon, maka gas akan berkurang.

    Telat makan tidak berhubungan dengan menstruasi tetapi berhubungan dengan sisitem pencernaan.
    Telat makan maka tidak ada energi, timbul pusing, mual, kuang-kuang, lemes (mirip kaya gejala menstruasi, tetapi ini gejala laper berat hehehe).

  3. huaaa. . .
    nama saya ditaro. hihihi. jadi malu. yah akhirnya saya dateng bulan juga setelah 45 hari. sedikit menakutkan c, gara-gara ga ngerasa stres fisik maupun psikis. tapi yah yang penting dateng juga tuh menstruasi.

    =============================

    tidak perlu malu, justru saya bangga dengan Hasna. Mau bertanya dan share tentang yang dialaminya.
    *angkat topi*.

    Semoga pengalamanmu bisa jadi pelajaran berharga dan informatif.
    Akhirnya lega juga setelah 45 hari menunggu ๐Ÿ˜€

    Bonus lagu buat Hasna:
    sekian lama aku menunggu
    untuk kedatanganmu
    Datanglah kedatanganmu kurindu
    T’lah lama…..
    Telah lama ku menunggu

    ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  4. @hasna: hmm emng selama telat mens itu kamu ngerasain apa? aku lagi telat nih, gejala nya ya hampir sama kyak yg kmu blg.

    ===============================

    *pura-pura jadi Hasna*
    Tidak merasakan apa-apa tidak ada banyak pikiran juga capek. Berarti cuma hormonal aja.

  5. Adik saya telat menstruasinya jadi bisa menjalankan puasa sebulan penuh :p

    Apakah akan bermasalah di kemudian hari jika tiap kali menstruasi saya mengkonsumsi Ponstan untuk menghilangkan nyeri-nyeri yang selalu menyertainya?

    Trims.

    ============================================

    Syukur dech bisa menjalankan ibadah puasa full ๐Ÿ˜€
    Ponstan adalah obat yang kandungan bahan aktifnya asam mefenamat, yang bekerja sebagai analgesik/ pereda nyeri. Boleh saja dikonsumsi saat menstruasi.

    Yang paling penting adalah pemakainannya maksimal hanya dua tablet sehari dan jika sudah tidak nyeri sebaiknya berhenti minum obat. Umunya nyeri menstruasi hanya berlangsung hari pertama sampai kedua.
    Tidak ada efek samping sepanjang mengkonsumsi sesuai aturan pakai. terimakasih.

  6. @widy : kerasanya??? emosi naek, terus keputihannya jadi sangat banyak. tapi ga ada tuh sakit perut. dan ga ngerasa stres apapun. malah lagi seneng2nya karena kuliah masih nyantai. hehehehe.

    @mba rina : tapi aku akhirnya puasa selama sebulan tanpa bocor. huahahahaha. asiknya, jadi ga ada utang.

  7. temanku malah sampe 3 bulan sekali dapat mens.nya. udah gitu sekalinya dapat, hanya 5 hari.
    sudah diperiksa ke dokter, katanya gpp.
    tapi [menurutku] agak mengerikan sih. mungkin ga, nanti berpengaruh ke kesuburan kandungan?

    mb rina punya saran untuk temanku ini? harus diapain biar menstruasi bisa lancar tiap bulan?

    ps. usianya 25 thn, badan agak gemuk.

    makasih.

    =====================================

    kalo sudah diperiksa dokter dan tidak apa-apa berarti temanmu sehat.
    Tidak mengerikan kok dan tidak berpengaruh terhadap reproduksinya. Selama masih menstruasi teratur ga masalah.

    Jika memang setiap menstruasi setiap tiga bulan sekali berarti menstruasi teratur, periodenya lama. Malahan masa suburnya lebih panjang.

    Saran saya, cukup istirahat dan menjaga kondisi tubuh biar selalu sehat.
    Kalo merasa agak gemuk, diet aja biar tetap sehat.
    Salam ya untuk temanmu.

    • Mba , sebenernya saya belum telat bgt sih baru 2hari telat dr tanggal biasanya. cuma, saya udah parno aja. Saya punya gejala tanggal dateng bulannya gapernah teratur. kadang awal bulan,kadang tengah,kadang akhir banget. bulan kemaren saya ga inget terakhir dpt tanggal berapa karna sibuk2nya UN๐Ÿ˜ข. Nah , saya juga tiap hari selalu angkat berat (angkat galon) karna orangtua saya jualan air. apa itu pengaruh sama jadwal haidku?

    • Terimakasih Widy untuk informasinya.
      Betulkan tidak perlu risau, nanti juga datang sendiri. Cuma masalah hormonal saja.

      Kalo saya pernah 41 hari
      Kalo Hasna pernah 45 hari
      Kalo Widy pernah 49 hari

      salut deh buat Widy pemegang rekor hehehe.
      Ada yang lebih lama lagi?

      • ada, aku bahkan 3-4 bulan haidnya gk dtg”….
        contohnya skrg jawh aku udh 2 buln haidnya blum dtg” jg,,,
        padahal aku gk stres dgn tugas” kulya aku,,,,

        =======================================

        Kalo begitu karnea pengaruh hormon.
        Saran saya sebaiknya periksakan diri ke dokter ya. Jangan takut dan malu.
        Deteksi dini itu amat penting untuk mengetahui kesehatan reproduksimu. Terimakasih

      • Aku tellat hmpir 2 blan ini.
        Tapi aku juga ga prnah melakukan hubungan atau apapun. Kenapa yya ini ?

        ========================================

        Bisa saja terjadi karena pengaruh hormonal.
        So, istirahat yang cukup ya. terimakasih

      • Aku umur 23
        Aku telat udh 2 mggu, sekitar siklus 45 hari, biasa nya aku 30/31
        Nah selama jenjang telat ini aku keluar cairan bening gtu, terkadang campur putih dikit
        Itu masih normal kah? Aku parno bgt baca sana sini
        Tolong penjelasannya๐Ÿ˜…๐Ÿ˜†

  8. saya terakhir menstruasi 19 juli 2010, sampai saat ini belum haid juga.
    Sudah konsultasi ke obygin pada 20 sept, di kasih obat lutenyl, menurut dokter setelah seminggu akan menstruasi. Ternyata tidak datang juga dan setelah itu sempat di rawat di RS satu minggu karena infeksi lambung, Lutenyl nya pun tetap di teruskan lagi sampai hari ini. Tetapi kenyataan nya haid itu belum datang juga. Menurut mba apakah lutenyl itu berbahaya di konsumsi secara terus menerus sampai haid nya datang, atau saya harus konsultasi lagi ke obygin? Mohon saran nya
    Terima Kasih

    ============================================

    Dear Lina,

    berarti perhari ini 5/10/2010 sudah terlambat mestruasi 73 hari.
    Biasanya untuk masalah terlambat menstruasi karena pengaruh hormonal maka dokter akan memberikan “hormon replacement therapy”, salah satunya dengan memberikan tablet yang dinimum sekarang.

    Lutenyl adalah sejenis hormon repalce therapy untuk menstablikan kadar hormon progesteron, bahan aktifnya Nomegestrol Acetate.
    Jika sampai hari ini masih belum menstruasi sebaiknya ke dokter Obygyn lagi, konsultasikan sampai berapa lama lagi Lutenyl dapat dikonsumsi.

    Menurut saya kamu kecapekan deh Mbak Lina. Istirahat yang cukup.
    Jika terlalu lelah, tidak usah ke dokter dulu. Istirahat dan kurangi stress serta jaga makan.
    Nanti akan menstruasi lagi kok.
    Sabar ya…

    Salam

  9. mb.” semuanya, aq lg telat datang bulan ni.terahir, saya datang bulan pada tgl 29 agustus, tp smp skr, blum dpt2 jg.aq jadi parno.smp2 aq melakukan tes kehamilan.dan hasilnya negatif.siklus haid aq memang tidak normal, tp tidak pernah selama ini.dan payudara aq dh skt bgt, muka jerawatan.tp tamu bulanan itu belum dateng jg..
    ..
    mohon infonya ya,,,

    ————————————————-

    Terimakasih untuk pertanyaannya.
    Saya juga pernah mengalami hal yang sama bahkan telat sampai 41 hari.
    Sabar aja, sebentar lagi juga menstruasi akan datang.

  10. Aku juga lagi telat. Kalo diitung, hari ini (20/10/2010) msh blm mens. Kalo diitung, brarti sd, 35 hari
    Ak pnah ML sm cowoku. Tp pake kondom. Dan skali ga pake kondom, tp ejakulasi d luar.
    Gejala mens udh ada, tapi ko mens nya belum datang jg ya?
    Jadi bingung..

    • Dear Fena,

      mungkin saja ini pengaruh hormonal dan pikiran yang banyak dan takut hamil ๐Ÿ˜€
      Memang sih mengeluarkan sperma diluar dapat mencegah kehamilan tetapi tidak 100%. Masih ada yang namanya pre-ejeakulasi. Seperti cairan bening yang keluar beberapa saat sebelum ejakulasi.

      Untuk mengetahui kehamilan baru bisa dicek setelah terlambat menstruasi 4 minggu.
      Wish you all the best ๐Ÿ˜€

  11. Pingback: Tweets that mention Tidak Pernah ML Tapi Telat Menstruasi ยซ Tukang Obat Bersahaja -- Topsy.com

  12. Mba, tanya dikit boleh ya. saya sudah menikah dengan 1 putri baru berusia 1 tahun. kami memang berencana hamil lagi nanti setidaknya anak 1 berusia 3atau4 tahun. selama ini kami pakai KB kondom. tp skrg saya telat mens sdh 2 minggu. sekarang ingin beralih ke KB pil. yang ingin saya tanyakan, apa boleh saya mengkonsumsi pil KB yg kandungannya estrogen. apa efeknya kalo sdh terlanjur mba?

    ————————————

    Boleh kok, bertanya banyak atau sedikit juga boleh *pasang argo* hehehe

    Selamat ya, untuk putri kecilnya yang lucu ๐Ÿ™‚
    Kalo sudah telat menstruasi 2 minggu masih agak dini, sebaiknya ke dokter untuk memeriksakan apakah hamil atau telat mentruasi aja.

    Jika tidak hamil dan ingin beralih ke alat kontrasepsi lain, ada beberapa pilihan, yaitu pil KB, spiral, implan, suntik, kondom sudah.

    Mengkonsumsi pil memang anjuran pertama setelah kondom tetapi mbak harus rutin minum obatnya. Tidak boleh sampai lupa. Bisa-bisa program 3-4 tahunnya batal. Pil KB banyak mengandung hormon kewanitaan, salah satunya esterogen. Gunyanya biar kulit lebih mulus, halus, suara lebih lembih, feminim, pertumbuhan payudara dan merubah panggul, penumpukan lemak dibokong dan lengan. Itu fungsi-fungsi estrogen. Silakan saya dikonsumsi.

    Namun jika orangnya sering lupaan, saya menyarankan menggunakan alat kontrasepsi suntik KB. Suntik aja setiap bulan atau 3 bulan sekali. Memang jadi ga mentruasi, tetapi sisi. Baiknya justru ga repot beli pembalut dan ngerasaain moody dan nyeri datang bulan.

    Silakan dipilih mana yang terbaik, kalo binggung konsultasikan juga dengan bidan andalan. Terimakasih

  13. mbak, aq shinta.. aq skrg 18 th.
    aq dah 4 bulan g’ mens.. penyebabx apa ya mbak?? dan aq jg g’ prnah dtg blan t’atur.. dari dulu.. malahan dulu sempet 6 bulan g’ mens2..

    =============================================

    Dear Shinta,

    Biasakan untuk mencatat tanggal pertama setiap kamu menstruasi.
    Kalo pernah 4-6 bulan belum menstruasi pasti ada ketidakseimbangan hormon.

    Coba berobat ke dokter kandungan, ga perlu takut. Ke dokter bukan hanya untuk ibu hamil dan penyakit seksual. Kita wajib memeriksakan diri ke dokter.
    Kenali alarm tubuh dengan baik, bila perlu minta temani mama untuk ke dokter. Terimakasih

  14. Mlam Dok..sy mw tax knp sy sdh hmpir 2mgg trlmbat haid..Tp stlah dcek pke test khamilan smp 4x hslx (-)..Itu knp yaa Dok..
    Mhon pnjelasanx Dok..Thx bfore..

  15. malam dok..
    Saya alie.

    Mau tanya..
    Cw saya ko kalo dateng bulan ga teratur dok..
    Kdang bisa smpe 3 bulan lebih baru haid..
    Padahal kita ga pernah ml.
    Kenapa bisa gto dok..?
    Apa ada pengaruhnya bagi kesuburan rahim..

    Mohon penjelasanya dok,
    n kalo bisa di bales ke fb saya saja..
    Thankz dok atas jwabanya..

    ========================================

    Saya jawabnya disini aja ya, sudah lama saya ga update FB.

    Alie, coba baca postingan saya “3 bulan tidak menstruasi”.
    Jika kamu selalu mengalami menstruasi setiap 3 bulan dan itu teratur setiap 3 bulan berarti masih wajar. Memang ada beberapa cewek yang periode menstruasinya kembalinya lama.

    Namun tidak ada salahnya untuk kamu berobat dan konsultasi ke dokter, mungkin saja hal ini disebabkan perubahan hormonal. Periksa ke dokter lebih baik.
    Nanti dikasih obat biar menstruasinya teratur dan lancar kembali. Terimakasih

  16. trimakasih dok atas jawabanya..

    Tapi kalo menstruasinya ga rutin gitu ngaruh ga dok bagi kesuburan rahim..
    Soalnya cw saya takut bgd..
    Dy bilang takut mandul dok.

    Tolong di jelaskan dok, byar cw saya ga takut lgi..

    Trimakasih atas jawabanya.

  17. Hi..Saya jg lg telat nih udh 32 hr.Sblmny skls mens saya teratur antara 21-26 hr.Tp skrg kok telat yah?Pdhl seminggu sblm skls nrml smp skrg saya ngerasain nyeri di prt & otot vagina sprt akan mens.Tp hny keputihan yg keluar.Jadi khawatir nih?Mhn sarannya bu dokter ya.
    =================================================

    Menurut saya 32 hari masih wajar.
    Nanti kalo telatnya lewat dari 35 hari baru boleh ke dokter untuk konsultasi.
    Bisa aja ini pengaruh hormonal. Terimakasih

  18. maaf mbak, ganggu,,,
    menstruasi saya selama ini gak pnh telat, tapi di bulan ini udah telat 12 hari…
    saya khawatir, kalo saya hamil…
    saya udh test pack 3 kali hasilnya negatif…
    mmg saya srg berpelukan sama cwo saya sambil bergesek2 bagian intim tapi posisinya saya masih pake celana…
    yang mau saya tanya, ap perbuatan kami itu bisa mengakibatkan kehamilan..???
    cara mengatasi telat menstruasi..??
    mohon sarannya secepatnya yac,,,
    thanks

    ====================================

    Beneran kamu mau saran dari saya dan dilakukan?….
    Jika mau, baiklah akan saya informasikan.

    Pertama, berpacaran tidak apa-apa tetapi berpacaran yang sehat. Inti berpacaran buka berhubungan seks tetapi mengenal karakter masing-masing dan saling berbagi rasa dalam suka duka. Itu saja. Hug and kiss boleh aja tetapi jangan berlebihan.

    Celana tidak bisa dijadikan tameng pencegah kehamilan karena celana juga tipis. so, sebaiknya jangan lakukan yang seperti itu.
    Kalo sekarang sih masih beruntung tidak hamil tetapi kalo kalian berdua berlebihan bisa saja terjadi resiko kehamilan.
    Terimakasih

  19. wah info yang sangat berguna bagi para remaja putri di seluruh nusa bangsa indonesia

    =============================

    Makasih, semoga berguna buat kita semua ๐Ÿ˜€

  20. mbak mau tanya nih,, aku pertama kali mens umur 15taun.. siklusnya selalu gak normal.. pernah 6bln cma skali mens, abis gtu teratur 1bln skali.. sekarang aku uda 21thn.. sekarang uda 4blan gak mens.. badan juga sering capek bnget..

    dulu pernah ke akupuntur cuma buat deteksi kondisi badan aja.. katanya sih kurang hormon.. ada solusi gak mbak.. makasih..

    ===================================================

    Sepertinya ini memang masalah hormonal yang tidak seimbang. Saran saya, meskipun kamu masih muda dan belum menikah tidak ada salahnya berobat ke dokter kandungan. Minta ditemani orang tua untuk mendapat pengobatan terapi hormonal. Hal itu bisa dilakukan untuk menormalkan sklus menstruasi dan kesuburan mu. Terimakasih

  21. Saya remaja 19 tahun, mau nanya nich saya udah telat haid sekitar 2 bulanan, tidak pernah ML tetapi memang sering masturbasi itupun hanya sendirian saja, tidak dengan orang lain,..
    yang ingin saya tanyakan apakah ini bisa menyebabkan hamil?
    4 hari yang lalu, saya ke dokter dan di testpack hasilnya negatif, dan katanya masalah hormonal saja.
    Tetapi setelah saya perhatikan perut saya agak buncit, apakah ini normal?

  22. Lam kenal dokter, sy nuryani (29th). sjk dcurret 6juli2010 lalu diusia khmln 4bln sampai skrg sy blm menstruasi lg. knp ya dokter? sy sdh konsultasi k dokter kandungan ada yg beri obat primolut, bhkn ada yg beri lutenyl. tp sampai skrg obat tsb tidak mempan, tidak membuat saya mens jg?? tolong bantuannya dokter. makasih

  23. salam kenal mbak. Saya Novita berusia 22 tahun Saya sudah menikah. Mau konsultasi boleh kan? Saya terakhir berhubungan dengan suami saya tanggal 14 april 2011, karena suami saya harus dinas ke luar negri dan tidak setiap saat bisa pulang ke indonesia. Bulan april itu tanggal 18 saya datang bulan kemudian bulan Mei 2011 sd Juli 2011 saya masih datang bulan atau haid. Tapi bulan agustus, saya tidak datang bulan sampai dengan sekarang september 2011. Apakah mungkin saya hamil, 3 x saya melakukan test pack pada bulan ini namun hasilnya negatif. Kira-kira ada tidak obatnya untuk mengatasi terlambat datang bulan seperti ini. Jika ada merek obatnya apa, supaya saya bisa beli di apotik sini. Terima kasih ya mbak buat infonya

  24. dok saya mau nanyak pcr saya tumben telat 1minggu dok,
    padahal saya tdak pernah berhubungan sex dengan diia,,
    saya khawatir dengan pcr sya dok,,
    kira” ada obatnya ngak agar pcr saya bisa datang bulan????
    tolong di bls ke fb sya dok,,
    trimakasiih…

    =======================================

    Tidak perlu minum obat apa-apa.
    Cukup istirahat dan jangan kecapekan. Ini pengaruh hormonal aja.

    Kalo telat lebih dari 3 bulan sebaiknya berobat ke dokter. Terimakasih

    • Kak mau nanyak boleh ? Ini sayang rifdzah umur 17 tahun , saya belum mens pada bulan ini padahal saya belum pernah telat sama pada bulan kemarin tidak saya tandai mens saya tanggal berapa . Ini bulan nya udah mau habis saya masih belum mens juga saya nggak pernah ML kak . Perutku juga sakit banget sama buncit kak . Itu kenapa ya ?
      Tolong dijawab ya kak saya takut banget kalo hamil kak , trimakasih

      • Kak mau nanyak boleh ? Ini saya rifdzah umur 17 tahun , saya belum mens pada bulan ini padahal saya belum pernah telat sama pada bulan kemarin tidak saya tandai mens saya tanggal berapa . Ini bulan nya udah mau habis saya masih belum mens juga saya nggak pernah ML kak . Perutku juga sakit banget sama buncit kak . Itu kenapa ya ?
        Tolong dijawab ya kak saya takut banget kalo hamil kak , trimakasih

        ======================================================

        Biasakan untuk selalu mencatat tanggal menstruasi pertama di Handphonemu.
        Jika tidak pernah ML tentunya tidak akan hamil. Jangan khawatir berlebihan.

        Periode menstruasi bukan tanggal mati artinya harus tanggal segitu terus, tanggalnya bersifat dinamis dan pengaruh hormon sangat besar diusia belia sehingga masih bisa tanggalnya telat atau lebih cepat dari biasanya. So don’t worry be happy.

  25. Saya terakhir kali Mens tanggal 14 November, dan sampai sekarang belum mens lagi. memang, pada bulan Desember keluarga ada acara sunatan adik, dan pola makan saya tidak teratur. kadang banyak, kadang tidak makan sama sekali, kadang cuma sedikit. selain itu saya juga selama liburan sekolah jadwal tidur tidak teratur. akhir-akhir ini saya juga sedang diet. apa itu semua bisa menyebabkan telat mens ? Terima kasih

  26. Mbk q mw tny,aq trkhr mens tgl 10dsmbr,n sy prnh ML dgn pcr sya tgl 1 jnri,tp itu d klwrkn d dlm,pakh sya telat?obt pa yg sy hrs mnm?
    trms

  27. mau tanya.
    Saya gadis 18 tahun.
    Saya tak pernah ML, tp pernah berciuman bibir dan sperma dia keluar.
    Kami masih berpakaian utuh dan dalam keadaan berdiri.
    Saya mengalami tanda2 seperti org hamil.
    Bulan lalu saya haid tgl 31 dan biasanya selalu naik 2 atau 3 hari.
    Dan skrg saya belum haid.
    Ciuman yg saya lakukan bisa bikin hamil gag!?

  28. siklus menstruasi aku ga lancar waktu itu pernah ga mens 1 taun trus di usg katanya ada gangguan hormon di kasih obat langsung mens 2 bulan dpt pas bulan ke tiga ga mens lg perut juga terkadang sakit kenapa yah ?

    ==========================================

    Untuk gejala terlamabt menstruasi sampai setahun tentu saja hars segera berobat dan periksa ke dokter.
    Dan itupun tidak cukup sekali berobat ke dokter, sebaiknya setiap bulan Mbak Kiki harus periksa ke dokter sekaligus juga dilihat bagaimana perkembangannya.

    Daang ke dokter adalah sebuah kebutuhan. Jangan cuma beberapa kali. Harus dipantau terus dengan periode tertentu agar jika ada gejala penyakit dapat segera diobati. Terimakasih

  29. aku kok telat ya????
    bingung deh :/

    =============================

    Saya juga tidak tahu kenapa telat. Bisa jadi hal ini pengaruh hormon.
    Kenapa tidak cek ke dokter untuk hasil yang lebih pasti. Terimakasih

  30. dokter, saya perempuan 25 tahun, single. ingin bertanya kenapa menstruasi saya bisa tidak teratur. untuk sekedar informasi tinggi badan saya 160 cm dengan berat badan 55 kg. jadwal menstruasi saya
    november 2011 tanggal 15
    desember 2011 tanggal 23
    januari 2012 tidak mens
    februari 2012 tanggal 1
    dan maret sampai tanggal ini 15 belum mens juga.
    untuk tanda-tanda payudara nyeri seperti yang biasanya saya rasakan sebelum mens sekarang tidak saya rasakan dok. cuman seminggu yang lalu ada keputihan tapi berwarna coklat.

    untuk sekedar informasi juga, setahun yang lalu saya memiliki masalah dengan terdapat benjolan di payudara kanan. ketika ke dokter spesialis dan diperiksa dan di usg kata beliau ini bukan kanker payudara tapi melainkan hanya benjolan hormon yang belum pecah. apakah ada pengaruh terhadap siklus mens saya sekarang dok? mohon pencerahan dan terima kasih sebelumnya

    ===============================================

    Saya bukan dokter tetapi seorang Farmasis/ Apoteker.
    Dari segi fisik kamu sehat dan berat badan normal. Periode menstruasimu juga normal dan tidak ada yang aneh.
    Hanya hitungannya memang selalu mundur 8-9 hari. Khusus untuk bulan maretini prediksi saya akan telat 16-18 hari. berarti sekitar tanggal 16-20an Maret 2012. Semua masih baik-baik saja. Saran saya istirahat yang cukup dan jaga mood dan tidak boleh kecapekan.

    Kedua, untuk maslaah benjolan dipayudara. Sebaiknya sekrang cek lagi, kan itu hasil setahun yang lalu. Bagaimana sekarang? cek lagi ya.
    Pastikan apa jenis benjolan itu? apakah perlu dioperasi atau tidak? mengganggu atau tida? nyeri? ukurannya berapa sekarang? dll. Tanyakan dengan dokter ya. Terimakasih

    • terima kasih untuk responnya kak, kalau soal benjolan sampai sekarang ukurannya masih sama seperti jaman pertama kali ketahuan dulu. nyeri ketika akan datang mens saja.selebihnya tidak mengalami rasa yang lain2.

      untuk soal mens, sekarang sudah tanggal 20 tetapi belum juga datang.apakah ada yang aneh dengan badan saya yah?

  31. saya mau nnya dong ,bulan lalu saya haid dr tgl 25 feb-3 mret , nd sekarang uda 28 hari blum haid juga padahal saya tidak pernah melakukan hubungan seksual , tp gejala haid nya udah ada dr 2 mggu lalu tp blum keluar juga haid nya , tlong ksih tau iyaa jwabannya knp ? d tunggu iya .

  32. mbak aq mw nanya ttg vagina.. Kalo labia minora’a besar sbelah n brwarna agak hitam itu normal gk ya? Apakah akan meganggu saat mlakukan hub seks? Tolong d jwb ya mbak .. Saya khwatir dgn msa dpan saya kalo sdah menikah nanti..

    ============================================================

    Labia mayor dan Labia minor tidak berpengaruh terhadap kualitas hubungan seksual.
    Kamu tetap bisa merasakan kepuasan seksual dan tetap bisa punya anak walaupun ukuran kiri/kanan tidak sama.

    Untuk warna kulit yang lebih gelap juga wajar dan normal. memang umumnya daerah lipatan, daerah sensitif berwarna lebih gelap dibandingkan daerah lainnya. It’s oke dan baik-baik aja, tidak perlu khawatir. Terimakasih

    • Assalamualaikum… mohon maaf sebelumnya, saat ini saya berusia 19 thn. Saya mengalami problem dalam Menstruasi.Awal haid saya SMP kelas 7, dan siklus menstruasi saya lancar setiap bulan haid, tapi Sejak duduk di bangku SMA saya haid dua bulan sekali, lalu pernah suatu ketika saya haid tiga bulan sekali dan bahkan ketika duduk di kelas 12 saya haid telat 4bln. Saat ini saya sudah duduk di bangku kuliah, sudah hampir 5bln belum datang haid. Ini bagaimana yah untuk mengatasinya? kenapa yang awalnya hanya telat satu dua bulan, semakin kesini justru sampai hampir lima bulan terlambat haid. Bahkan teman saya ada yg sudah 6 bulan blm haid, setelah periksa ke dokter dan di beri obat akhirnya ia sembuh, hanya saja biaya yang di keluarkan tidak sedikit. Saya berharap juga bisa periksa ke Dokter, tapi saat ini blum ada uang untuk biayanya. Apakah ada obat tradisional yg lebih terjangkau untuk penyembuhannya ?… Lalu, apa yang harus saya lakukan, untuk menstabilkan datangnya Menstruasi. Jujur, saya sangat berharap dan ingin sekali seperti wanita-wanita yang memiliki siklus Haid rutin setiap bulannya.. Mohon Jawaban yang terbaik yahh… Trimakasih

  33. Mbak mau tanya nih…
    Saya ML dengan suami saya tanggal 16 kemudian tanggal 25 saya menstruasi. Tapi bulan berikut nya saya telat 1 minggu padahal kami tidak berhubungan karena lagi keluar kota selama 1 bulan. Apa mungkin saya hamil ?

  34. Dok, biasanya saya selalu teratur tanggal haidx.. Tapi bulan ini tiba” tidak haid, padahal saya tidak pernah melakukan hubungan suami istri, tapi saya pernah masturbsi, apa itu bisa menyebabkan kehamilan..?? Kalau iya kenapa? Kalau tidak, jadi kemungkinan penyebab saya terlambat haid apa?

  35. Kalo aku malah dr bulan maret tahun lalu haid aku berubah gak karuan . Kadang haid sampe 1 bulan penuh . Kadang 1 bulan bisa 3x . Trs kalo telat bisa sampe 3 bulan telatnya . Udah usg 3x tp kata.a hormon.a ga stabil ?

  36. dok kalo cuman alat kelamin nyatu tapi tidak sampai masuk vagina dan sperma keluar di luar vagina apakah bisa hamil soal nya teman saya sudah hampir sebulan belum haid
    mohon petunjuknya dan solusi nya
    thanks

    ====================================

    Kehamilan bisa saja terjadi meskipun peluangnya kecil. Saran saya periksakan ke dokter untuk tahu lebih pastinya. Cek juga dengan test kehamilan (testpack) apakah positif atau negatif. Telat menstruasi belum tentu hamil bisa juga karena pengaruh hormonal atau stress.

    Jikapun hasilnya negatif, saya mohon jangan lakukan lagi ya. itu bukan hal yang baik karena bisa saja terjadi STD (tertular penyakit seksual), kehamilan yang tidak diinginkan, stress berat. Jadikan hidup ini bermakna dengan diisi hal-hal berguna. Terimakasih

  37. ka saya blump pernah brhubungan badan,tp skrang saya tlat haid,kmaren tnggal 31okto-7nov skrang blum haid lg,

    ============================================

    Jangan panik dulu ya.
    Memang sewajarnya kamu akan mendapat menstruasi diawal bulan Desember 2012. Sekarang sudah telat 10 hari.
    Kita tunggu 10 hari lagi sampai tanggal 20 Desember 2012. Kalo belum mestruasi baru konsultasikan ke dokter.

    Sayapun pernah mengalami apa yang kamu rasakan, don’t be afraid. Ini pengaruh hormonal dan wajar. Cukup istirahat ya.
    Termakasih

  38. ka, saya mau tanya. saya mens tidak pernah teratur, selalu mundur dan kadang 2 bulan baru dapat lagi. kemarin bulan juni selama 4 bulan berturut-turut sangat tepat waktu (1 bulan sudah datang lagi) sampai bulan september. tapi setelah itu, sampai sekarang belum datang lagi?
    memang saya ada rencana ke dokter, namun selain ke dokter, apakah ada yang harus dilakukan ka? makan buah apa mungkin?
    Bulan juni saya baru pindah kerja dimana saya jadi banyak minum susu dengan banyak kandungan mineral. apakah ada pengaruhnya?
    Terima kasih.

    ===========================================

    Saran saya yang pertama, selalu mencatat tanggal pertama setiap menstruasi jadi mbak Lia tahu periode menstruasinya, Jangan hanya kira-kira bulannya saja. Kalo menstruasi telrambat lebih dari 3 bulan saran saya segera ambil tindakan untuk periksa ke dokter.

    Jangan hanya niat saja, harus dilaksanakan dalam waktu dekat. Cobalah minggu depan kesana ya. Jangan ditunda-tunda.
    Pergi kedokter itu hal yang wajib. WAJIB!, yang lain ada pelengkap saja.

    Pindah kerja dan kecapekan dan sedikit stress bisa saja jadi halangan tetapi tidak mungkin samapi telatnya 3 bulan???
    Istirahat yang cukup, makan makanan sehat dan konsultasikan setiap keluhan yang dirasakan. Jangan tunggu samapi terlambat. Terimakasih

  39. haid saya tidak pernah telat dan bulan ini terlambat sudah seminggu. sudah di cek tidak hamil dan obgyn saya lalu kasih saya minum lutenyl. katanya setelah mengkonsumsi lutenyl akan haid. skg pill nya sisa 1 untuk besok. pertanyaan saya apakah haidnya akan dtg pada hari ke 10 atau setelah pill habis (hari ke 11 atau mungkin 12) atau belum tentu juga akan datang karena tergantung kondisi tubuh saat itu? sempat saat mengkonsumsi lutenyl ini keluar bercak dan saya pikir ok sudah mau bocor. ternyata besoknya tidak bercak. tp brp hari nanti bercak lg dan bersih lagi. apakah ini efek normal saat mengkonsumsi lutenyl? sempat saya konsul dgn dokter lain katanya jika tidak haid jg kemungkinan perlu di kuret. apakah itu benar2 perlu? kayaknya seram sekali =( apakah efek samping jika memang benar2 harus di kuret? saya belum punya anak. apakah nanti bisa mempengaruhi kandungan di masa depan?

  40. aku mau tny dong
    aku bulan ini telat hadi 1 mngg lebih setelah aku ml ma pcr aku
    tapi sebelum2nya aku ml ma pacar aku, aku haidnya g telat
    itu knpa yaak ?
    dan
    solusinya apah ?

  41. Ka mau tanya umur saya 17 saya terakhir haid tgl 28 feb tapi sampai sekarang saya belum haid juga padahal saya tdk berhubungan intim pacaranpun saya egk, kenapa y ka?
    Makasih

  42. Pacar saya sudah 2hr ini (setelah melakukan anal)slalu kluar flek dr miss. V-nya..dia jd parno sndr..pdhl ini d luar masa mens-nya..kira2 flekny itu gara2 apa ya?? Thanks..

    ======================================

    Banyak hal penyebab terjadinya flek. Bisa karena stress, capek, pengaruh psikis.
    Saran saya hindari anal seks. Berpacaran yang sewajarnya saja. Hormati dan sayangi dia tanpa melakukan sentuhan fisik yang berlebihan. Terimakasih.

  43. saya mau tanya, saya wanita umur 23 tahun sudah menikah
    saya sudah telat 3 bulan, dikiranya hamil karena ciri orang hamil sudah jelas banget tapi pada bulan keempat haid saya datang tapi tidak seperti biasanya volumenya lebih sedikit dari biasanya dan disertai gumpalan darah..tapi tidak nyeri, cuman agak pusing adja waktu haidnya datang lagi mohon bantuannya..terima kasih banyak

    ======================================================

    Saran saya coba ke klinik Prodia untu test Urine lagi untuk tes kehamilan. Apakah hamil atau tidak.
    Kedua, cobalah periksakan diri ke dokter kandungan hal itu berguna untuk memeriksakan kondisi rahim mbak Naina. Bisa saja diberikan vitamin untuk mempercepat kehamilan. Biar subur hehehe. Terimakasih

  44. Pertanyaan saya egk dijawab sih!
    Ka saya terakhir dapet tgl 23 feb tapi sampe sekarang belum juga dtang bulan padahal tdk pernah hubungan badan, kenapa y? Minta solusi biar mens.a lancar. makasih

    ============================================

    Saya banyak sekali menerima pertanyaan. Kalo belum terjawab, silakan direply lagi.

    Seperti yang sudah seringkali saya informasikan jika menstruasinya terlambat lebih dari 3 bulan sebaiknya periksakan diri ke dokter.
    Feb- May berarti sudah hampir 3 bulan, sebaiknya Mabk IStri segera berobat dan konsultasikan ke dokter kandungan.

    Ke dokter kandungan bukan berarti kalo sudah pernah berhubungan seks atau mengalami gejala kehamilan. Setiap wanita memang harus periksa ke dokter kalo sudah terlambat 3 bulan. khawatirnya pengaruh hormon yang tidak seimbang atau gejala lainnya. Minta ditemani sabahat atau mama agar tidak malu dan takut. Jangan terlalu khawatir berlbihan ya. Terimakasih

  45. Wah mba. .sya itu tlat haid.a, biasanya khan tanggal 11 pling awal, malah nympe tanggal 16 kog blumb juga haid. .
    Gmana ya cra ngatasn.a ? Wah saya jadi berfikiran hamil segala, padahal saya blumb pernah melakukan

  46. Mba sy ria, sy baru menikah 21 April ’13. Tgl 8 April sy mens, kemudian mens lg tgl 5 Mei ’13 siklus haid sy tergolong teratur 28-30 hr. Setelah mens sy berhubungan suami dr 13 Mei hampir rutin tiap hr. Tgl 20 mei nya perut bawah sy melilit spt mau mens, pinggang pegal, payudara terasa sakit. Tidak ada flek, tp belakangan keluar sedikit darah ketika berhubungan, spt titik. Apa itu tanda adanya pembuahan? Atau sakit krn ovulasi? Atau memang persiapan haid berikutnya? Kapan wkt yg tepat utk TP?
    Thx sebelumnya

    ==================================

    Selamat untuk pernikahannya. Semoga berbahagia dan sukacita selalu.
    Periode menstruasi 28-30 hari
    menstruasi 1 : 8 April 2013
    menstruasi 2 : 5 Mei 2013

    Cara menghitung Masa subur teratur:
    (hari pertama menstruasi + 12) sampai (hari pertama menstruasi+ 16) =
    5+12 sampai 5+16 . Artinya tanggal 17 – 21 Mei 2013 adalah hari yang tepat untuk terjadinya pembuahan.

    Kalo ada ciri-ciri seperti ini, belum pasti terjadi kehamilan/ tidak. Mungkin tanda-tandanya mirip tetapi untuk memastikan coba tunggu sampai 5 Juni 2013. Jika seminggu setelahnya belum mestruasi juga sebaiknya ke dokter untuk memriksakan diri ke dokter kandungan. Semoga cepat mendapatkan buah hati. Terimakasih

  47. Ka lam kenal ya nama saya ririn.
    Ka saya pernah tdk mans 1 bln trs saya bwa kdktr dan hasil nya negatif trs saya dksh obat buat mans, saya blm sempet meminum nya bsk nya mans nya kluar. Nah skrg saya sudah telat mans 23 hri pdahal saya tdk brhubungan bdan karena suami saya tinggal di luar negri trs saya meminum obat yg wkt bln kmrn dksh sama dktr itu tdk apa” ka? Tidak akan ngaruh sama rahim saya ka.. Saya tkt tidak pnya ank.. Jwb ya ka dtnngu

    • Bulan januari tgl 11 aku menstruasi seperti bulan bulan biasa. Terus februari sekitar tgl 14 san aku nnge flek terus. Akhirnya maret tgl 14 menstruasi juga (alhamdulillah). Tapi yang aku bingungin april tgl 26 cuma ngeflek dan flek nya itu banyak bgt, gak kaya biasa nya, terus menerus ngflek.

      akhirnya tgl 11 mei aku menstrusi juga alhamdulillah tp bedanya ini cuma empat hari dan cuma tgl12 aja yang darahnya banyak. Terus tgl 3 aku makan rujak yang emanf isinya nanas doang.. tgl 4 juli ini ngflek dikit sampe sekarng nih tgl 6. Sebenernya apa yang terjadi dalam diri aku mba? Padahal aku gak pernah melakukan hubungan intim. Apakah siklusku normal? Apa benar buah nanas itu penyebab flek? Bingung bgt mba. Sampe sampe akhir mei lalu aku nyoba test pack hasilnya negatif. Padahl mah gak pernah berhubungan hahaha.

      =======================================

      Siklusnya masih normal kok. Kamu tidak perlu panik apalagi sampai beli test pack hehehehe. Kalo tidak having seks tentu tidak hamil.
      Biar menstruasi lancar, siapkan kondisi fisik menjelang menstruasi seperti istirahat yang cukup, jangan kecapekan, tidak boleh stress/ parno hehehe. Santai aja.

      Kalo terlambat lebh dari 3 bulan barulah konsultasi ke dokter. Terimakasih

  48. ka aku takut nih umur ku dibulan oktober nanti baru 17tahun,
    aku mau nanya, terakhir aku mens tanggal 3mei, tapi sampe sekarang belum haid juga..
    ciri ciri mau menstruasi juga ga ada, yang biasanya payudara sakit tapi ini engga, tapi keputihan tetep keluar
    terus saya juga ga terlalu stres sama cape ko, tapi ini kenapa yah perut aku jadi gendut gini?
    mohon dijawab, makasi

  49. Aku bulan kmaren blom mens juga..
    Terakhir bulan 5 tgl 28.
    Aku jadi kwatir..
    Umur ku 14..

    ============================

    Tidak usah terlalu khawatir, nanti juga menstruasinya datang.
    Kalo panik justru akan membuat lebih lama. Santai aja, istirahat cukup.

  50. Numpang tanya Nama obat hormon nya apa ya?
    Aq uda telat 16hari.

    ============================

    Untuk apa?
    memangnya kenapa bisa telat 16 hari?
    Mohon info. Terimakasih

  51. Kaaa umur saya 15tahun bulan july tgl1 saya haid sampai tgl6 sampe sekarang kenapa saya belum haid lagi ya ka padahal saya udah minum em kapsul tapi belum haid juga mohon jawabannya Kaa

  52. Kak umur saya sekarang 14 th.. saya uda terlambat 1bulan tidak menstruasi.. padahal sebelumnya saya uda merasakan pertanda menstruasi . tpi knpa smpek skarang gg menstruasi2 kak.. apa yang terjadi ?

    =========================================

    Bisa jadi hal itu karena pengaruh hormonal saja.
    Terimakasih

  53. kak,aku 16 thn,aku udah tlat 6 hari,perut aku buncit,emang akhir2 ini cape bgt,tapi ku ga pernah berhubungan mcem2,gmana ya?

  54. mbk sya mau tanya, sya tlat menstruasi udh hmpir smngguan, biasax sya mens akhir bulan, smpe awal bulan pun sya blm jg mens, mhon pnjelasannya

  55. Saat ini saya mengalami seperti hasna. Tidak telat sih,sblum tgl haid(28) kluar sperti flek mrh dan lendir itu trjadi slama skitar 7hari. Smpai skrng sya tdk haid,itu knpa ya?

  56. dok, saya mau tanya, saya khawatir banget, bulan kemaren saya haid cuma 2 hari, bulan ini perut saya terasa buncit. saya ga pernah ML, masturbasi sering. apa masturbasi bisa bikin hamil?!

    mohon dibalas dok…

  57. sekali lagi saya mau nanya, mohon dibales ya!
    saya takut banget, bulan kemaren saya haid cuma 2 hari, bulan ini saya belum dapet2 juga. perut saya terasa buncit. saya ga pernah ML. saya suka morning sickness, mual gitu. saya takutnya apa yg saya takutin jadi kenyataan..

  58. hm, saya sudah telat menstruasi 1bulanan lebih, bulan kemarin saya tidak mens. .
    tahun pernah juga telat 4 bulan terus diperiksain di bidan udah dikasih obat, habis itu mens saya normal tapi habis obatnya mens saya kembali ndak rutin lg. . kemarin bulan januari saya sempet di periksain lagi tapi dokternya ndak jelasin majam2 cuma ngasih obat. .habis itu januari saya mens, tapi habis obatnya febuari sampai sekarang saya belum mens. .
    mohon dijelaskan ya dok. . saya takut ada kelainan di organ reproduksi saya. . usia saya baru 18 th. .

  59. saya mau nanya, saya belum mens hampir satu setengah bulan. saya suka oral seks sama cowok. apa kah oral bisa bikin hamil? tapi saya juga tidak mengalami tanda-tanda kehamilan. apakah yg harus saya lakukan? mohon penjelasan ya…

  60. Mbak aku mau nanya, aku sekarang lagi telat haid yang ke 3 hari. Tapi aku sudah berhubungan sudah lama banget sekitar 8 bulan yang lalu. Dan baru sekarang telatnya, apakah aku hamil?

  61. dok saya mau tanya teman saya sudah 3 bulan tidak haid, teman saya itu mempunyai kumis seperti cowok lahh trus kayak mana ya itu dok
    mohon di jawab ya dokk, pleasee ๐Ÿ˜‰

  62. Dok, saya cewek umur 15 tahun. Saya terakhir haid tanggal 1 Februari, saya tidak haid selama kurang lebih 2 bulan. Saya belum pernah berhubungan seksual, tetapi selama februari – maret ini, saya sibuk dengan ujian sekolah. Apakah ini faktor dari keterlambatan haid saya ? Mohon bantuannya dok.

  63. Saya juga lagi telat nih ๐Ÿ˜ฆ telat 2bulan tapi saya tidak pernah berhubungan , suka parno sendiri , mau bilang ke mamah takut dia mikir yang macem-macem

  64. Sy trakhir mens tgl 22 april,tp knapa smpai skarang sya blm mens ya padahal saya tidak prnah mlakukan hubungan intim.saya sangat cemas ada apa dgn saya.

  65. mba udh lbih 1 minggu saya tidak mens ini baru prtma kali nya saya telat mba, prut saya sllu gembung akhir” ini, dan saya juga nggak pernah Brhbungan badan, tlong bantu saya mba, mksih

  66. mba saya mau nanya , saya belum pernah ml tpi saya datang bulannya kok sedikit darah nya dan kok cuma 1 hari , tolong di jawab mba , terimakasih

  67. mba saya mau nanya.
    saya tuh ngerasa sakit perut dibagian bawah kadang bawaannya mau kencing (seperti ingin memastikan saya haid atau tidak)tapi tetap belum. perut saya sudah sakit tapi tetap belum juga. saya sampai bingung dan pusing karna masalah ini. biasanya saya 28harian sepertinya tapi sekarang belum juga.
    saya belum pernah melakukan hub badan. itu kenapa ya mbak?
    saya mohon bantuannya;(

  68. dok, saya gadis umur 22th. menstruasi datang bulan tidak rutin. kadang bisa 2 bulan sekali, bisa 3 bulan sekali.Tapi belakangan ini, setiap saya menstruasi, yang keluar itu darahnya agak kecoklatan dan masih tetap tidak teratur. apa masih bisa dibilang normal dok kalau darahnya kecoklatan gitu?

  69. mau tanya kan Q blan januari M tgl3 bln januari HB , tgl 28january M lg , februari tdk HB N tdk M sakpek skranG , apa sya kemungkinan H

  70. Mba aku udah 3bulan ga mens terakhir bulan januari tgl 5 kemaren kenapa yaa ? pdahal ga pernah sekalipun hubungan sex

  71. Saya terakhir haid tanggal 23 Januari 2015, dan sampai sekarang belum haid jg. Saya ngga ngerti kenapa, tp memang sudah beberapa tahun belakangan ini setiap bulan selalu telat, entah beberapa hari, sampai satu bulan.

    Hanya saja baru kali ini saya telat selama ini. Perut jg berasa kembung. Jujur si saya takut hamil meskipun tidak pernah saya melakukan hubungan badan, tp ya jujur saya parno sendiri. Apakah kembung jg termasuk wajar2 saja? Mohon pencerahannya terimakasih

    ==================================================

    Kalo memang tidak melakukan hubungan seks tidak perlu paranoid seperti itu. SIklus menstruasi bisa sewaktu-waktu fluktuatif (naik turun) dan hari/ tanggalnya tidak selalu sama. Pengaruh hormonal bisa saja terjadi, kecapekan, banyak pikiran, kurang istirahat bisa menyebabkan menstruasi lebih cepat/lama dari sebelumnya. Don’t worry be happy.

  72. Mbak sya telat haid 7 hari , jujur ya mbak saya abis cipok an sama teman saya ? Terus saya mendapat gejala seperti perut kembung + mual kadang kadang , Saya ga mau test pack , takutnya hamil , gimana ya mbak ?

  73. kak mau tanya, aku udah telat 8hari belum pernah melakukan hubungan suami istri tapi tanda2 mau datang bulan ada (keputihan) apakah wajar ?

  74. kak mau tanya, aku udah telat 8hari biasanya aku kalo telat gk nyampe 8hari paling lami 3, belum pernah melakukan hubungan suami istri tapi tanda2 mau datang bulan ada (keputihan) apakah wajar ? mohon penjelasany kak, aku takuk soalnya baru pertama kalinya aku telat sampe 8hari

  75. kak mau tanya, aku udah telat 8hari biasanya aku kalo telat gk nyampe 8hari paling lami 3, belum pernah melakukan hubungan suami istri tapi tanda2 mau datang bulan ada (keputihan) apakah wajar ? mohon penjelasany kak, aku takuk soalnya baru pertama kalinya aku telat sampe 8hari
    Bulan april kemarin aku datang bulan tgl 17 tapi sekarang udah tgl 25 belum datang2

  76. Mba aku mau tanya,aku bulan ini telat haid udah 5hari biasanya selalu teratur..cemas jg takut ada apa2.. Tp bulan ini saya minum kapsul Pelangsing,apa karena kapsul itu haid saya jd telat? Trimakasih mba

  77. Selamat siang sy berumur 25 thn. Mhn info ya mba. Sy prnh tdr dlm artian tidak ml stlh stu minggu syg haid. Tp bln brktx sy tdk hlgn. Apa kah it pertnda kehamilan ? Mohon informasinya. Trma kasih

  78. malam,saya berumur 15 tahun.mba,aku mau nanya aku udh telat haid kurang lebih 2 bulan,seinget aku,terakhir kali halangan 10 april pas lagi ujian sekolah.bulan april-mei itu lgi sibuk-sibuknya sama jadwal ujian,jadi saya suka sibuk belajar,tidurnya aja bisa sampe jam3-an,saya jga suka cemas sama ujian saya,trs sekarang mau pendaftaran sma bikin saya khawatir,ditambah lgi saya yg udh telat 2 bulan,kecemasan saya semakin menjadimenjadi,apa itu semua penyebab saya telat haid?trs ada solusinya nggak untuk masalah saya?

  79. Mba, usia ku 20 thn aku mau tanya, biasanya aku datang haid tanggal 23/25 s.d awl bulan bru bres tpi bulan sekarang belum ada tanda-tnda nya mau datang haid .itu kenapa ya ??

  80. Kak ini saya rifdzah masih umur 17 tahun saya kok telat ya haidnya saya lupa bulan kemaren nggak ditandai mensnya tanggal berapa , tapi sekarang udah mau habis tanggalnya dibulan ini saya kok belum mens juga ya kak ? Tapi saya nggak pernah ML saya takut banget kak , perut saya juga sakit banget kak .
    Tolong dijawab ya kak , trimakasih

  81. Kak mau nnya, sya sdh tlat haid selama 37 hri. Tanda2 haid sdh ad. Tp knp yg kluar cuma flek2 brwrna coklat itu terjdi sdh 4 hari. Biasa nya saya haid selalu teratur. Terima kasih..

  82. dulu pernah nglakuin bulan mei.. tp pas tanggal nya tetep m lancar.. juni juga .. tp bulan juli kok belum .. telat nyampe 4 hari lebih.. itu ngaruh nggak ya??

  83. mba mau tanya, bulan agustus lalu saya menstruasinya banyak bgt, tapi sampai skrng saya belum menstruasi lagi. apa menstruasi yg banyak itu penyebab saya jadi telat menstruasi?

  84. Mbak bulan lalu tgl 21 saya haid tapi darah yang keluar hitam pekat itu cuman 2 hari,tapi sekarang kok belum dapat-dapat juga ya mbak. Keputihan juga sedikit. Bulan ini sih banyak tugas kampus,juga kerja jadi kadang begadang.apa itu penyebabnya.mohon solusinya mbak’.makasih ๐Ÿ™‚

  85. Mau tanya, kemarin saya itu halangan akhir oktober lalu beres awal november ? Lalu sampi sekarang tanggal 28 november 2015 saya belum juga mendapat haid?
    tetapi sayang belum pernah berhubungan ? Tapi kenapa , akhir akhir ini saya sering merasakan pusing, berdenyut di perut , lalu mual di uluh hati ?
    Saya takut, apa lg tanda tanda nya persis seperti itu ? Saya bingung .
    Terimakasih

    ============================================

    Tidak usah cemas, mungkin ini hormonal saja dan mungkin kecapekan.
    Istirahta yang cukup ya. Terimakasih

  86. Mba mau tanya saya umur 17thn saya sudah telat haid hampir sebulan . Padahal biasanya lancar saja tiap bulannya. Saya jadi parno sendiri karna disertai dgn perut saya yg jadi buncit . Padahal saya tidak pernah melakukan hub.suami istri . Mohon jawaban nya ya mba . Terimakasih

  87. Mbak, aku helma gusnita, remaja usia 23 tahun, sejak usia ku menginjak 18 tahun, menstruasi ku mulai tidak normal mbak. Padahal sebelumnya aku masih normal2 aja. Untuk melakukan hub sek gak pernah, terus menstruasinya mulai gak normal jadi 2 bulan sekali, 3 bulan sekali, nah sekarang malah ga’ datang2 lagi dok. Uda setahun perkiraan saya masih gak datang dok. Saat gak datang 6 bulan, saya konsultasi sama beberapa bdan, katanya gak apa2 pengaruh kesibukan dan pola pikir, ya karena saya emang gak pernah ngapa=ngapain ya saya cuek aja dok, sekarang udah ssetahun perkiraan saya dok, masih gak datang. Itu saya harus g mana dok. Mau konsul langsung kerumah sakit saya takut dok. Emang gak mau dan gak suka aja dengan pelayanan rumah sakitnya. Tolong saya dok kasi solusinya. Terimakasih dok.

  88. dok kenpa ya saya bulan ini telat 6 hari padahala saya tidak berhubungan badan apa ya penyebabnya mohon sarannya dok
    tolong di blz ke email saya

  89. Mbak kenalkan nama saya yani,, remaja umur 22th. Mbak saya mau tanya. Sebelumnya mens saya selalu normal stiap bulannya skitar tgl 24_26 tp pd bln februari kemarin bemundur jd tgl 16. Tp d bulan maret ini saya sdh telat seminggu lebih atau dihitung sdh 35hari lebih belum jg datang bulan pd hal saya tidak pernah ML ,,,, saya jd takutan klu hamil ???
    Tp apakah saya mengangkat2 berat dan pola makan itu jg berpengaruh mbak ??? Tolong jawabannya

  90. mbak saya mau nanya.saya sudah telat haid 2 hari saya seharusnya dapet tgl 15 tapi gk datang” sampai tgl 17 aku udh telat 2 Hari apakah itu pertanda hamil?tapi saya tidak pernah berhubungan kpd laki” manapun.mohon penjelasannya….

    ==================================================

    Terimakasih untuk selalu menjaga diri dengan tidak berhubungan seks sebelum waktunya.
    Untuk terlambat menstruasi 2-3 hair mash ajar saga kok. Don’t worry ya. All be fine

  91. dok saya rena . mau tanya nih knp saya telat haid sudah 2 minggu padahal saya belim pernah ml tapi pas terakhir kali sya sma pcr saya pernah hug&kiss tpi kemaluan pcr saya tersentuh tpi kmi berdua msih dalam berpakainan dan bercelana . mohon di jaba

    ============================================================

    Mohon hentikan kegiatan diatas jangat lakkan lage, takut kebablasan. Itu bukan tindakan yang terpuji.
    Kalo untuk telat 2 minggu masih dalam tahap wajar saja. Nanti juga menstruasinya datang. Berpacaranlah yang berlaku positif dan terhormat.

  92. Mba,mau nanya saya Marthina umur saya baru 14 tahun.
    Bulan kemaren saya datang bulannya sebelum tgl 25 tapi kenapa sekarang sdh tgl 26 masih blm juga datng padahal tanda tanda nya sdh muncul??๐Ÿ˜Ÿ
    Saya mensnya memang tdk teratur tapi selalu akhir bln tp kenapa sekarang blm dtng jg padahal sy nggak perna melakukan hubungan intimโ“
    Mohon solusinya

    ========================================================

    Untuk diketahui bah tanggal menstruasi bukan tanggal mati artinya harus tanggal segitu terus.
    Diusia kamu yang masih belie pengaruh hormonal sangat tinggi. Itulah yang menyebabkan menstruasi bisa lebih cepat atau lebih lama dari tanggal biasa. That’s oke. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Terimakasih

  93. Saya punya adik cewe.dia udah dicerai oleh suaminya 4 bulan yang lalu.setelah itu,mereka kembali rujuk.anehnya,pas istrinya mau di KB,kata bidan istri tersebut udah hamil 2 bulan.padahal dia tidak berhubungan intim dengan suaminya udah 5 bulan.rujuknya juga setelah cerai 4 bulan.apakah mungkin bisa hamil padahal sudah lama tidak berhubungan?
    Akhirnya timbullah kecurigaan suami bahwa istrinya melakukan hal tercela.tapi istrinya bersumpah demi tuhan tidak melakukan apa2.apakah ini keajaiban tuhan atau gimana?
    Tolong minta penjelasan.

    ==================================================================

    terimakasih untuk sharingnya. Saya beoda agar pernikahannya tetap langgeng dan terus berbahagia.
    Saran saya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan alangkah lebih baik jika adik cewek dan suami coba untuk USG di dokter specialist kandungan. Dokter akan menghitung dengan benar usia kandungan, panjang dan berat badan bayi sehingga ketahuan banget ini sudah memasuki minggu keberapa, bahkan dari hasil USG dapat diketahui kapan bayi dilahirkan dan bagaimana bentuk wajahnya.

    Jangan gunakan logika kita sendiri tanpa bukti yang terpercaya. Gunakan data dari dokter, saya berharap suamipun dapat ikut serta ke dokter untuk mendapat pembelajaran lebih lanjut.

    Saya jelaskan sedikit mengenai sebauh kasus yang pernah saya bantu tangani.
    Sepasang suami istri menikah tanggal tanngal 8 Februari. kemudian 2 minggu kemudian coba untuk test pack dan hasilnya positif. Setelah itu ke dokter untuk mengecek kehamilan dan ternyata betul sudah positif hamil. Usia kandungan sebulan. semua heboh dikira hamil diluar nikah. Hal itu dibantah keras oleh dokter. Bukan karena lamanys menikah baru 2 mingau tetapi cara metodeologi menghitungnya berbeda. Saat dinyatakan hamil maka usia kandungan satu bulan.

  94. Maaf mbak, mau tanya, terkait ini saya juga tekat datang bulannya. Yg normalnya 28-35 hari tapi saya sampe 46 hari ga haid2, apa ini bahaya ya mbak? Terimakasih

    ====================================================================

    Untuk terlambat sampan 46 hari miming tidak wajar namun saya pribadi juga pernah mengalaminya.
    Jika tanya terjadi kali ini saja tidak apa apa namun jika itu terjadi selama 3 kali berturut-turut sebaiknya periksakan diri ke dokter.
    Jangan malu untuk ke dokter. Dokter kandungan bukan handa untuk ibo tamil terapi buat siapa saja yang mengalami mengalami menstruasi yang tidak teratur dan gangguan kesehatan reproduksi. Terimakasih

  95. saya telat datang bulan selama 2 bulan kurang lebih. perut saya kaya buncit dan gak enak krasa tapi saya gk pernah brhubungan sek.. itu gimana yah boleh tau ?

  96. punya saran gak bak untuk cpet dtang bulan karna telat 2bln tpi gk berhubungan sek.. dan prut mulai sdikit buncit dan gak trasa kurak sehat

  97. sya remaja berusia 17 tahun biasnya sya mens setiap 3 bulan tapi udah 6 Bulan ini sya tdak mens,, Sya terakhir mens tanggal 08/02/2016 dan sampe skarang sya belom mens gimaba tuh dokkk…

    ==============================================================

    Pride menstruasimu cutup lama ya.
    Jika sudah 6 bulan tidak menstruasi sepertinya ini pengaruh hormonal saja.
    Cobalah untuk ke dokter Obgyn untuk konsultasi, ga apa apa kok.

  98. Saya belum hed 1bulan:'( padahal belum pernah melakukan hubungan:'( pikiran udah kemanamana:'( memang saya olahraga terlalu berat setelag itu saya berhenti olahraga:'( minta sarannya sih biar mensturasi laancar:'( tolong!

  99. dok, saya 14 th. saya baru ke3 kalinya mengalami haid. (bukan 3 hari) haid pertama- ke2 siklus 29 harian, haid ke 3 siklus telat dikit jd 30 hari. terakhir saya haid pada awal september dan sampe sekarang saya belum haid. perut rasanya begah bgt, sampe saya gamau maan karena saya takut perut makin begah. padaal saya tidak pernah *gitu*an. ini normal ga dok? saya jd parno sendiri. dok please jawab ini penting๐Ÿ˜ญ

    ==================================================================

    Ga usah parno ya, santai aja. Nanti juga menstruasi lagi.
    Periodenya masih normal kok dan tidak perlu khawatir berlebihan

  100. Dok saya punya adik usia 12 tahun dulu kalau apa dia datang haid 2 bulan sekali tapi kenapa sekarang dia sudah telat 4 bulan, bisa di kasi solusinya dok perut adik saya juga sering terasa seperti tidak enak katanya.

  101. mau tanya nich.. biasanya q dateng bulan normal fase 28 hari dari peryama haidh sampai skrang umur q 23 th.. tp skrang q dh 50 hari kox blm haidh knpa ys…???

    ===========================================================

    50 hari termasuk lama ya.
    Kalo baru sekali seperti ini masih ga apa-apa namun ada baiknya kamu periksakan diri ke dokter untuk memastikannya.
    Mungkin karena pengaruh hormonal saja.

  102. Mbak saya mau bertanya,, periode mens sya 28-40 hari,, biasanya 30 hari tapi sering 35 36 hari tergantung kalau sya lgi bnyak pkiran, stres, cpek pasti telat,, bahkan sya prnh punya periode 41 hari. Slma 4 tahun ini sya ctat periode mens sya tdak tratur ya wlaupun msh dlm btas normal, tp yg sya mau tanyakan, siklus yg sprti sya alami apakah tdk brmslah? Dan apakah bsa di katakan normal? Apakah tidak ada hubungannya dengan masalah serius? Berulang ulang siklus mens sya sprti itu tp lama mens nya jga agak lama 8 hari bru brsih,, sprti skrng krn bnyak tgs kuliah, siklus sya sudah 35 hari tp blm mens lg juga,, tp tanda2 mau mens sprti biasa sudah ada. Skdar informasi sya brusia 21 tahun

    Mhon di jawab y mbak terimakasih

  103. dok saya umur 14 thn,saya kira – kira udah telat mens kurang lbih 10 hari,biasanya mens saya lancar – lancar aja,tapi kenapa saya kali ini telat?saya takut dok,saya aja masih kcil belum pernah ml atau apalah itu,saya takut dok soalnya akhir – akhir ini perut saya sering sakit.tp tanda2 mau mens sprti biasa sudah ada.saya takut kena penyakit atau lainnya.
    Dok tolong dibalas ya…

  104. mba aku mau nanya, aku sdh trlmbat haid 3 mnggu, dan pnya gejala sprti org hmil tapi aku gk prnah ML, tapi sering mansturbasi, itu kenapa ya?
    umurku 16thn

  105. Mba aku mau nanya Saya punya teman usianya 15 th nh dia sering terlambat haid tapi dia merasa tidak melakukan perbuatan yang tidak baik. dia selalu takut dengan terlambat haidnya, dan di bulan ini seharusnya ia haid mulai tgl 3 january 2017 tpi ia takut tidak haid di bulan ini karena ia sering terlambat, itu kenapa y

  106. Assalamualaikumโ€ฆ mohon maaf sebelumnya, saat ini saya berusia 19 thn. Saya mengalami problem dalam Menstruasi.Awal haid saya SMP kelas 7, dan siklus menstruasi saya lancar setiap bulan haid, tapi Sejak duduk di bangku SMA saya haid dua bulan sekali, lalu pernah suatu ketika saya haid tiga bulan sekali dan bahkan ketika duduk di kelas 12 saya haid telat 4bln. Saat ini saya sudah duduk di bangku kuliah, sudah hampir 5bln belum datang haid. Ini bagaimana yah untuk mengatasinya? kenapa yang awalnya hanya telat satu dua bulan, semakin kesini justru sampai hampir lima bulan terlambat haid. Bahkan teman saya ada yg sudah 6 bulan blm haid, setelah periksa ke dokter dan di beri obat akhirnya ia sembuh, hanya saja biaya yang di keluarkan tidak sedikit. Saya berharap juga bisa periksa ke Dokter, tapi saat ini blum ada uang untuk biayanya. Apakah ada obat tradisional yg lebih terjangkau untuk penyembuhannya ?โ€ฆ Lalu, apa yang harus saya lakukan, untuk menstabilkan datangnya Menstruasi. Jujur, saya sangat berharap dan ingin sekali seperti wanita-wanita yang memiliki siklus Haid rutin setiap bulannya.. Mohon Jawaban yang terbaik yahhโ€ฆ Trimakasih

  107. Kak saya biasanya haid teratur tapi ini uda telat 5hari dan gak keputihan sama sekali padahal saya tidak kecapaian ataupun banyak masalah. Gimana ya kak? Saya ko jadi parno sendiri

  108. kak aku mau nanya. umurku 17th. aku telat haid udah satu minggu lebih terakhir tgl 26 desember. perutku buncit dan begah, sering buang air kecil dan keputihan.. bagaimana solusinya supaya cpt haid kak? makasih.

  109. maaf saya mau bertanya sya udh telat hed 5 hari , saya takut karna sblm nya
    pernah tdr sama cowo saya keluar sperma di celana saya apakah itu bisa menyabkan hamil ??? tapi ga masuk punya cowo saya

  110. Mba saya waktu bulan februari nggak inget kapan haid saya merasa udah haid tpi saya juga ngrasa belum.coz saya ngga pernah ngitungin.terus bulan maret ini kok saya ngga haid2 padahal waktu awal bulan keputihan saya udah brubah warna terus keluar darah tapi itu cuma 1 hari doang.sekarang saya ngga haid2 gimana yah padahal saya nggak pernah berhubungan sex

  111. Mba saya mau tanya saya bulan kemarin datang bulan pada tanggal 21 ko bulan ini sampe udah tanggal 26 ini saya belum dapat-dapat ya padahalkan saya tidak berhubungan ko kenapa saya terlambat ya mba

  112. kak aku sebulan belom haid dan sampai skrng tanggal 6 belom haid juga jadi aku telambat 36gari kak, aku tidak pernah melakukan hubungan badan tapi aku takutttt. tolong mba solusinya.

    ============================================================

    Saya pernah sampai 41 hari tidak menstruasi, sempet khawatir juga sih. Hal tersebut sama persih dengan saya, jadi saya tahu apa yang kamu rasakan.

    Jika telatnya sampai 2 bulan, segeralah ke dokter untuk diperiksa ya. Sekarang sebaiknya lebih tenang dan jangan kecapekaan. Terimakasih

  113. Saya tidak datang bulan dibulan april lalu. Sedangkan saya terakhir berhubungan intim bulan januarian. Tidak mens tapi keputihan apa itu termasuk hamil apa gimana ya? Soalnya saya rasa saya tidak stres juga kegiatan tidak terlaulu capek

    =============================================

    Apakah sudah cek dengan test kehamilan? coba saja untuk memastikan hamil atau tidak.
    Saran saya coba ke dokter atau bidan andalan untuk memastikan. Jangan didiamkan ya segera mengambil tindakan.
    Semua untuk kebaikanmu. Terimaksih

  114. Usiaku waktu itu 18 th sma kelas tiga, waktu itu lagi stress”nya belajar jadi ga sadar kalo ga pernah haid dari naik ke kelas 3 sampai lulus. Nah karena saya takut dan ga pernah cerita sama orang tua akhirnya sampai sekarang umur saya 20 thn saya juga blm haid…. Kira” apa ya penyebabnya

    =================================================

    Dear Isah,

    Jika terlambat menstruasi beberapa bulan mungkin hal ini terjadi karena masalah hormonal tetapi kalo sampai 2 tahun pasti ada hal lain yang harus diperhatikan. Saran saya mulailah membuka diri, katakan kepada orang tua atau orang terdekat.

    Cobalt ke puskesmas untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut. Jika kamu punya BPJS, nanti dari puskesmas akan diberikan surat rujukan untuk ke rumah sakit besar yang akan membantu. Jangan mall, masa depanmu masih sangat panjang. Terimakasih

  115. Saya nggak pernah ML tapi telat datang bulan. Tapi saya ngga pernah itung hari klo datang buoan. Yaah klo perkiraan sya telat sebulan lebih klo dari bulan, apakah dari gangguan fisik atau hormon? Padahal klo terlambat tuh ngga smpe 5-7hari.. Klo ini kayaknya smpe sebulan..

  116. Bulan sebelumnya saya pernah main dengan pacara saya ,lalu bulan itu jga saya haid pas akhir bulan. Tp bulan kmrn knp saya tidak haid ,padahal sudah keputihan banyak dan tidak melakukan seks

    =========================================

    Saran saya jika tidak ingin ada kehamilan jangan lakukan hubungan seks.
    YA sesimple itu saja. Untuk mengetahui hamil atau tidak coba cek dengan test pack.

  117. Selamat siang dokter
    Saya bolu,saya masih single
    Saya ingin bertanya kepada dokter,
    Saya tidak dapat menstruasi dalam bulan October Kemaren,
    Dan saya sangat takut kalau ada gangguan dalam fisik saya,
    Biasanya saya tiap2 bulan menstruasi nya aktif terus
    Saya mohon…๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™ Dokter bisa bantu saya terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s