Berperang Melawan Mata Ikan

Seperti tulisan saya terdahulu tentang mengobati kutil dan mata ikan, Biarlah kita mengobatinya dengan cara yang benar, jika mata ikan ukurannya kecil cukup dioles dengan asam salisilat, jangan semau gw dengan Ekstrim: menghilangkan mata ikan.

Jika mata ikan ukurannya sudah besar maka tidak perlu takut melakukan minor surgery. Apakah perjuangan berakhir sampai disini? tidak. Jika akar kecil ternyata masih tertinggal maka mata ikan bisa tumbuh kembali, seperti pengalaman dibawab ini.

Mbak yang cantik dan baik hati,
Saya baru saja operasi mata ikan kurang lebih sebulan lalu dengan cara dibedah. Saat itu mata ikan ada sekitar 5 buah yang semuanya di jempol kaki kiri dengan rincian yang besar cuma 2 buah (induknya mungkin sebab ini yang pertama membesar) lainnya masih bintik kecil. (Gambar diambil disini).

Seminggu setelah operasi kok malah muncul bintik-bintik kecil mata ikan di telapak kaki saya dan jumlahnya kian hari kian bertambah (ukurannya masih kecil sih) hingga hari ini. Beberapa hari terakhir di jempol malah tumbuh lagi 3 bintik mata ikan yang masih kecil. Padahal sebelum operasi telapak kaki tidak ada mata ikan sama-sekali. Saudara saya bilang bahwa dia dulu operasi mata ikan lalu di telapak kakinya muncul banyak bintik mata ikan yang mengelupas sendiri. Benerkah hal itu bisa terjadi ?

Bintik yang di telapak kaki lama-kelamaan seperti membenjol dan kini agak sakit dibuat jalan. Tiap malam saya rendam dengan air hangat campur garam, sebelumnya saya coba dengan kapur sirih dicampur pasta gigi dioleskan ke bintik mata ikan.

Apakah callusol bisa membantu mengatasi bintik mata ikan kecil tersebut ? Bagaimana pemaikaiannya ? Pertumbuhan bintik mata ikannya cepat juga namun saya bertekad TIDAK AKAN MENYERAH dan TERUS BERPERANG MELAWAN MATA IKAN dengan berbagai cara, meski saya berusaha menghindari operasi lagi.

Lalu yang saya ingin tanyakan lagi adalah bekas operasi di jempol kaki saya kan belum pulih, apa memang bentuknya jadi seperti daging agak kasar  gitu ya, bisa kembali normal lg ga ? Jahitannya sudah menutup sih. Akhir2 ini kadang agak nyeri, apa karena di sekitar jempol tumbuh bintik mata ikan ya ?

Terima kasih atas sarannya, tolong dijawwab dan diberikan solusi terbaiknya yaa.. . Semoga kebaikan dan info dari Mbak dibalas oleh Allah SWT. Aminn. Andy

Saya kagum dengan kegigihan untuk berperang melawan dan membasmi mata ikan sampai tuntas. Beberapa orang sudah putus asa dan malah membiarkannya, akibatnya mata ikan tumbuh lebih besar dan lebih banyak dari sebelumnya.

Jika setelah operasi mata ikan tumbuh kembali, berjuang lagi. Setidaknya kali ini lawannya masih kecil-kecil jadi lebih mudah dihilangkan. Tidak perlu pake garam dapur, kapur sirih, pasta gigi, dll.

Cukup rendam dengan dengan air hangat 15 menit kemuadian oleskan asam salisilat (brand; Callusol), tunggu hingga warnanya putih. Lakukan beberapa kali sehari. Lakukan treatment ini selama sebulan penuh. Saya tahu ini memang agak perih, tapi kita harus memastikan jangan sampai tertinggal lagi satupun bintik.

Bahkan jika sudah hilang, saya tambahkan 3-4 hari lagi untuk memastikan bintik/ akarnya sudah hilang. Just info, bahwa akar mata ikan tidak terlihat dengan kasat mata, sangat-sangat kecil sampai tak terlihat.

Mata ikan terlihat penyakit sepele namun jika tidak ditangani dengan tepat maka akan membuat nyeri, susah berjalan dan beraktivitas. Selama dalam treatment ini sebaiknya lindungi kaki mengunakan kaos kaki agar tidak ada kotoran/debu yang masuk agar dan terhindar infeksi.

Menggunakan asam salisilat atau operasi minor memang dapat membuat bentuk kaki/tangan yang terkena mata ikan jadi berbeda. Kulit menjadi tipis, menonjol, terkelupas, dll tetapi tidak perlu khawatir setelah mata ikan hilang maka tubuh akan membuat system recovery sehingga bentuknya akan kembali seperti semula.

Tetaplah berperang melawan mata ikan sampai tuntas.
Pergi kau Parasit :mrgreen: :mrgreen:

12 thoughts on “Berperang Melawan Mata Ikan

  1. satu saran lagi…. Kalau di rumah harap pake sandal… kemungkinan besar byk virus di rumah anda krn kurangnya kebersihan…. thx

    ===================================

    boleh juga idenya 😀
    tentunya beda sandal antara sandal didalam dan diluar rumah.

  2. temen saya pernah dioperasi mata ikan di kakinya…dah sembuh kok gada lg..

    ============================

    syukurlah.
    Berarti waktu operasi sudah terangkat semua sampai akar-akar terkecil.

  3. apakah mata ikan yang ada di telapak kaki dapat menular sampai ke telapak tangan??? soalnya tmn saya punya mata ikan dulunya cuma 1 kecil d bwh ibu jari kaki kanan. krn gak th itu mata ikan, dia diamin aja..ehh lama2 membesar sebsr biji kacang tanah. kmd diobatin dg calusol..eh bbrp hr kmd malah tumbuh di tempat lain & sekrg malah tambah banyak walaupun hny kcl2. Malah ada yg tumbuh langsung bsrnya sebiji kacang ijo. Tmn saya sdh putus asa banget, krn diobatin satu malah tumbuh di tmpt yang lainnya.. malah di telapak kaki kirinya jg mulai ada kecil2… tmn saya takut ke dokter, takut dioperasi..selama ini cara menyembuhkannya hanya dgn mengolesin calusol pagi & malam stp harinya. smp 1 botol calusol sdh mau hbs, itu mata ikan blm jg sembuh2 malah trs tumbuh disana sini..

  4. apakah mata ikan yang ada di telapak kaki dapat menular sampai ke telapak tangan??? soalnya tmn saya punya mata ikan dulunya cuma 1 kecil d bwh ibu jari kaki kanan. krn gak th itu mata ikan, dia diamin aja..ehh lama2 membesar sebsr biji kacang tanah. kmd diobatin dg calusol..eh bbrp hr kmd malah tumbuh di tempat lain & sekrg malah tambah banyak walaupun hny kcl2. Malah ada yg tumbuh langsung bsrnya sebiji kacang ijo. Tmn saya sdh putus asa banget, krn diobatin satu malah tumbuh di tmpt yang lainnya.. malah di telapak kaki kirinya jg mulai ada kecil2… tmn saya takut ke dokter, takut dioperasi..selama ini cara menyembuhkannya hanya dgn mengolesin calusol pagi & malam stp harinya. smp 1 botol calusol sdh mau hbs, itu mata ikan blm jg sembuh2 malah trs tumbuh disana sini.. help meee……..

    ======================================== ===============

    Saya bisa merasakan apa yang temanmu rasakan karena teman saya juga demikian, bukan hanya satu botol bahkan beberapa botol dan sudah beberapa tahun *hiks hiks hiks*

    Bahkan mata ikannya sudah beranak cucu. sekarang lagi dibasmi para cucu jahil di jari (deket kuku dan tulang).
    Ayo, tetap berperang malawan mata ikan dan jangan menyerah.

    Ajak ke dokter, operasi pasti sakit tetapi daripada malu salaman karena banyak mata ikan atau sakit karena susah jalan karena ada mata ikan.
    Pilih mana? sebaiknya di operasi saja dan minta dokter mengangkatnya sampai ke akar-akarnya mata ikan. Terimakasih

  5. Sebenarnya mata ikan itu muncul krn apa sih..?? Apakah awalnya mata ikan tumbuh dari kaki dapat berpindah ke tangan..?? Ada gak ya.. pantangan utk mata ikan, misalnya dilarang makan apa…gitu atau yg laennya??
    Apakah kl lg pake calusol gak blh kena air??
    Saya lht dampak stlh pake calusol, kulit kaki tmn saya jd pth tebal2, spt mau mengelupas. Kpn pemakaian calusol hrs dihentikan??
    Apakah stlh diobatin calusol, kaki sdh tdk terasa sakit kl nginjak batu.dapat dikatakan sembuh & pemakaian calusol dihentikan…??
    Apakah akar mata ikan hrs diangkat?? Apakah tdk ada cara lain selain hrs diangkat, misalnya dibunuh dg diberi obat apa..gitu..
    Thx

  6. Halo, salam kenal..
    Saya mo curhat dan ada yg mao ditanyakan juga..

    Saya sudah 2x melakukan operasi kecil utk kutil (verucca vulgaris kata dokternya) di tangan. Yang 2 ini terjadi dalam waktu berdekatan. Lalu setelah kurang lebih 1 tahunan ada muncul 1 lagi di tangan yang sama tapi di posisi yang agak jauh dari 2 kutil yang sebelumnya. Nah, setelah muncul yg terakhir ini saya cerita ke temen saya,

    lalu dia anjurkan menggunakan obat cina (yg bisa terbaca hanya salicylic acid-nya). Dan itu memang manjur, karena setelah saya pergunakan selama 1 mingguan terlhat ujungnya kutil tersebut copot bersamaan dengan kulitnya. Tapi saya liat masih ada sisa putih2 di sekeliling kutil itu, jadi saya pasangkan lagi obatnya itu.

    Setelah 2 hari saya agak curiga karena saya merasa sakit jika tersentuh, saya buka ternyata malah jadi seperti kulit yg tersiram minyak panas. Yang mau saya tanyakan apa yg harus saya lakukan selanjutnya ya? Sekarang ini jadi saya oleskan salep garamycin saja, karena sangat sakit jika tersentuh..

    Tolong bantuannya ya…
    Thanks

    ==================================================================

    Yang harus kamu lakukan sekarang adalah berobat ke dokter lagi. Tempat dimana kamu melakukan operasi pertama kali.
    Pake obat cina memang cepat tapi kita tidak tahu bagaimana tingkat keberhasilannya.

    Jika sekrang jadi seperti kulit tersiram” sebaiknya hentikan penggunakan salep cina tersebut, periksa ke dokter. Jangan dikasih Garamycin. memang kenapa harus pake Garamycin? jangan asal-asalan memberikan oabt apalagi tidak atahu apa gunanya.

    Disembuhakan dlu infeksinya dan serahkan kepda dokter, jangan sembarangan memberikan tambahan obat tanpa sepengatahuan dokter. Terimakasih

  7. dulu aq pernah kena mata ikan d.jempol kaki gede bgt..
    mau aq oprasi tp keadaan g memungkinkan..
    akhirnya aq beli calusoll..3x sehari aq plester kenceng dg kapas yg aq rendam calusol (kira2 semnggu)
    stlh itu..kaki aq rendam dg air hangat lalu aq klupas mata ikan sedikit2 moe akar2nya..memang sakit n harus telaten..tp berhasil sembuh tanpa oprasi..

    • Halo Dina, salam kenal. Saya mau bertanya. Pemakaian callusol itu sampai kapan ya? Apa benar2 harus di klupas sendiri, dan dia tidak akan terkelupas sendiri? Terimakasih!

      • saat ini saya terkena mata ikan. 2 benjolan. 1 benjolan besar ada 5 nata ikan ngumpul. awalnya saya kira cuma benjolan biasa. tapi lama kelamaan kata teman saya itu mata ikan dan harus di operasi. karna takut operasi saya putuskan menggunkan callusol. alhamdulillah benjolan plg besar yg ada 5 mata ikannya skrg tinggal 1 stelah pake callusol slama 4 hari dan direndam dg air hangat. tadi siang 1 benjolan lepas. skrg tinggal 1 benjolan dan ank2nya yg masih bintik2 kecil. tapi tetep rutin saya kasih callusol. smoga mata ikannya mati smua dan tidak tumbuh lagi.. jangan menyerah, ada penyakit pasti ada cara menyembuhkan… 🙂

  8. punya saya setelah doperasi 3bulanan mlah sekarang mata ikannya semakin gede sebiji kacang. itu gimana ya? apa doperasi lagi pa gimana. kalo pake obat luar saja bisa ga yaa? soale kalo doperasi mengganggu aktivitas sayaa.

    ===================================================

    Memangnya dulu ketika pertama operasi sebesar apa?
    Jika ukurannya agak besar memamng bisa saja akar mata ikannya tidak terambil semua, bukan operasinya yang gagal tetapi karena akar mata ikannya sudah sangat mengurat akar sehingga tidak terambil semua saat operasi.

    Saran saya sebaiknya Tri konsultasi lagi ke dokter. Bisa saja dalam 2 bulan ini diobati dengan obat luar agar lebih kecil ukuran mata ikannya kemudian dioperasi lagi untuk benar-benar mengihilangkan mata ikan sampai akar-akarnya.

    Jangan pernah menyerah mengobati mata ikan. Terus berusaha dan berupaya gar benar-benar sembuh dari mata ikan. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s