Cegah Hipoglikemia

Saat puasa biasanya tubuh sering merasa lemah, pusing dan sulit konsentrasi, bahkan terkadang bisa sampai kunang-kunang. Hal itu merupakan gejala hipoglikemia.

Hipoglikemia adalah menurunnya kadar gula dalam darah sampai 50mg/dl. Glukosa dalam darah sangat diperlukan tubuh proses metabolisme, jangan sampai deh karena takut kena diabetes lalu stop gula. Disaat puasa pun tubuh kita tetap membutuhkan gula, karena itu saat sahur konsumsilah gula dalam jumlah yang cukup agar dapat beraktivitas seharian.

Hipoglikemia dapat menyebabkan terjadinya sakit kapala, depresi, cemas, pandangan kabur, berkeringat dingin, gelisah, kejang, beberapa dapat mengalami pingsan.

Hipoglikemia dapat saja terjadi pada wanita yang mengalami premenstrual syndrome. wahai para wanita apakah pernah mengalami hampir pingsan/ pingsan saat menstruasi? hal itu disebabkan menurunnya kadar gula dalam darah dalam waktu cepat. awalnya berkeringat dingin, pusing lalu tak sadarkan diri.

Jika hal itu terjadi lakukan terapi “sugar intake”
first of all, when high-sugar foods are eaten alone, blood sugar level rise quickly, producting a strain on blood sugar control. the evidance is based on the higher frequency of PMS syndrome among women who consume a high sugar diet, and the fact that high sugar intake also associated with higher estrogen level (Encyclopedia of naturalmedicine, Pre menstrual syndrome, hal 730-752).

Banyak makanan yang dapat kita konsumsi dalam “the glycemic index” seperti gula, madu, baked potato, puffed rice,dll. Jika ingin tetap fit di saat puasa, tetaplah berolah raga. Seringkali kita takut berolahraga nanti capek, pusing dan lemas. cobalah berolah raga disore hari sekitar pukul 4 atauΒ  5 sore. cukup satu jam saja lalu bersiap untuk berbuka puasa.

19 thoughts on “Cegah Hipoglikemia

  1. saya bulan lalu pernah tes gula darah, sebelum makan, setelah puasa kadarnya sekitar 76 mg/dl. trus pas abis makan malah turun jadi 60-an gitu…

    indikasi hipoglikemia kah..?

    maklum, udah hampir beberapa tahun terakhir males (dan bosen) makan yang namanya nasi.. :mrgreen:

    klo pagi diganti roti dan jus buah nasi cuma siang dan/ato malem ajah.

    malem juga sebisa mungkin apapun menunya…. (bukan iklan) minum jus buah juga

    ps: jus buahnya juga plus madu…

    mohon pencerahannyah.. πŸ™‚

  2. @ syelviapoe3
    mungkin putri kebanyakan mikiran saya jadi cemas hehehe.
    kamu cuma capek aja kok. istirahat ya *gaya penyuluh mode on*

    @ Chic dan Angelndutz
    kalo darah rendah pengaruhnya ke tekanan darah dalam tubuh. normalnya 120/ 80. jika dibawa 80 disebut hipotensi.
    gejala nya memang hampir mirip. kata orang hipotensi harus makan makanan yang mengandung banyak sumber protein seperti ati, kambing, konsumsi suplemen tambahan.

    sementara hipoglikemia berpengaruh pada kadar glukosa dalam darah. jika asupan glukosa berkurang maka tubuh tidak bisa melepas energi *kaya kuliah biokimia*. akibatnya badan menjadi lemas dan jika di berikan asupan glukosa yang cukup makan kadarnya akan normal. hidup energi πŸ™‚

  3. @ gbaiquni
    pertama saya berikan definisinya dulu
    “hypoglycemia is complex set of symptoms caused by faulty carbihydrate metabolism induced by diet too high refined sugar”.betul?

    kadar normal fasting blood glucose level is 70-105 mg/dl. jika di lihat dari sini, sepertinya gbaiquni mengalami gejala hipoglikemia ringan. angkanya mepet 70 pas. dibilang kena hipoglikemia sih belum tapi hampir hehehe

    lalu mengenai kenapa malah turun menjadi 60 setelah makan.
    hali tu dinamakan “reactive hipoglycemia”, jangan takut hal itu sering dialami beberapa penderita hipoglycemia 3-5 jam setelah makan. kalo udah mulai pusing bawa permen aja atau yang manis-manis.

    Mulailah mengkonsumsi yang manis *bukan berarti harus makan gula selalu, nanti kebanyaka malah diabetes*.
    maksudnya hitung kalori gula yang dibutuhkan.
    honey, potato baked, cornflakes, rice puffed (ke empat makanan ini mengandung glukosa yang cukup untuk tubuh).

  4. makasih buat infonyah… πŸ™‚

    berarti harus hitung kebutuhan kalori gitu yah..?

    soalnya ada kebiasaan buruk nih…, saya paling ga suka kalo dlm kondisi kekenyangan…, jadi dari pada makan banyak terus kenyang, saya lebih milih makan dikit tapi sering…

    soalnya kalo udah kekenyangan…, ga bisa ngapa-ngapain lagi… “klenger”… gitu .. :mrgreen:

    kmrn sih, sebelum msk bln puasa, udah dibiasain untuk ngemil permen sesering mungkin…

  5. Aku pernah ngalamin ini mba, gitu dibawa ke rs malahan dikasi air larutan gula, dan ternyata gitu udah minum langsung keringetan dan terasa tiba2 bertenaga…
    Oya Hipoglikemia dapat disebabkan oleh penyakit lain gak ya misalnya infeksi? dll

  6. @ JalanSutera.com
    Itu pertanda mas Puji sedang lelah/kurang istirahat dan tekanan darah sedang menurun. kalo udah makan pasti sehat lagi hehehe.

    @ arifrahmanlubis
    hehehe pilih yang seperti saya *imut, manis, kokoh, kuat, bebas banjir*
    *kaya beli rumah*

    @ rita
    penyakit hipoglikemia bukan karena infeksi tapi memang menurunnya kadar gula dalam darah πŸ™‚ *minum sirup yukkk*

    @ wi3nd
    sama dong. saya juga jalan kaki….

    @ subpokjepang
    terimakasihmasukkannya. nantisaya cari lagi. πŸ™‚

    @ afwan auliyar
    nanti olahraga bareng ya *ngarep*

    @ avatara
    minum yang manis ya πŸ™‚

    @ dimas
    pantas saja tubuhmu begitu indah
    *membayangkan perut kotak-kotak dimas*

    @

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s