Resistensi Terhadap Antibiotik

Untuk bebrapa penyakit tertentu dokter sering meresepkan antibiotik agar lekas sembuh. misalnya kalo radang tenggorokan dari pada capek pake obat traditional musti seminggu, dengan antibiotik amoksisilin cespleng langsung sembuh 2-3 hari.

namun apa akibatnya jika minumnya sembarangan akan terjadi resistensi. apalagi obat ini dapat kita beli sendiri di toko obat. Minum obat antibiotk harus di habiskan *gaya penyuluh puskesmas*. ibaratnya penyakit itu baru sempoyongan di giles amoksisilin terus obat di stop maka penyakitnya hidup lagi ketawa-ketiwi dan lebih kuat lagi juga bisa bermutasi.

Ternyata dari data jumlah pasien yang resistensi antibiotik memiliki kecenderungan meningkat setiap tahunnya di Indonesia. banyak yang sudah kebal/ resisten dengan amoksisilin atau ampisilin. jika obat ini sudah resisten maka harus di tingkatkan dengan antibiotik seperti ciprofloxacin. tapi apakah semudah itu. lebih baik kita mencegahnya…

Saran saya jangan biasakan untuk untuk minum antibiotik jika menderita penyakit ringan seperti batuk, influenza dan demam. dalam tubuh kita punya segudang antibodi yang siap melindungi tubuh. istirahat cukup, olah raga, makan bergizi dan asupan suplement *sudah cukup buat jadi orang sehat*

28 thoughts on “Resistensi Terhadap Antibiotik

  1. waah.. info ini penting banget, makasih.. 🙂

    sebenarnya saya termasuk yg jarang minum obat, kecuali udah payah banget. kaya’ kemarin diserang sariawan bertubi-tubi, jadi radang di seluruh rongga mulut dan gusi, akhirnya selain pake albothyl yg langsung ke luka saya minum juga antibiotik, lumayan jadi rada cepat sembuh..

  2. @ angelndutz
    hehehe beli obatnya ama saya aja 🙂
    saya kasih tiga biar hetric

    @ thegands
    ga pernah minum antibiotik, soalnya tiap hari minum air degan hehehe

    @baliazura
    jaka sembung bawa bawang, ga nyambung lah yang…

    @ indra1082
    beda. obat untuk mengobati smemntara suplemen untuk mencegah penyakit.

    @ Jalansutera.com
    maunya emang yang hemat dan gratis hehehe.
    saya hadiahin sebuah lagu merdu buat anak sehat hehehe

    aku anak sehat tubuhku kuat
    karena ibuku rajin dan cermat
    semasa aku bayi slalu diberi ASI
    makanan bergizi dan imunisasi

    *pengen makan sup panas*

  3. @ yu2n
    kalo pengen sembuh dari radang tenggorokan minum:
    R/ amoksan 500 mg 2 kali sehari
    Vitamin C 500mg 3 kali sehari

    (antibiotik harus dihabiskan biarpun udah sembuh)
    Cukup minum air putih dan istrirahat, jangan makan yang pedes dulu trus manggap nya jangan gede-gede hehehe. niscaya cepet sembuh

  4. saya lebih suka istirahat ketimbang minum obat, mbak..

    Kalo udah parah banget baru, deh, ke dokter…

    *peace ama bu dokternya.. 😆

    numpang nanya, nih, mbak:

    Kalo kita merasa sehat, obatnya gak perlu dihabiskan, khan ?
    gimana ?

  5. @ syelviapoe3
    itu tergantung obat yang mana dulu. ada 3 macam;
    kalo antibiotik memang harus di habiskan.
    kalo diare, ya kudu di stop kalo udah mampet.
    ada juga obat yang di minum bila perlu..

    *gaya penyuluhkesehatan sejati*

  6. Ada sebuah penelitian mengatakan…
    bahwa air ludah manusia sangat ampuh sebagai antibiotik..

    Jadi jika ada yg luka…ludahin aja 😛

    benar gak seh? 😀

  7. Ehehe penyakitnya masi ketawa-ketiwi yaa 😀
    Oya mba aku suka mengkonsumsi Cordycep (tianshi), antibiotik alami. Katanya sih gak ada efeknya walau diminum waktu jangka panjang, gimana menurut mba? makasih sebelumnya

  8. @ Rita
    Mba Rita boleh mengkonsumsinya 🙂 , lagipula mengkonsumsi Cordycep sangat baik untuk memperlancar sirkulasi darah, mengurangi nyeri dan mengobati inflamasi.

    yang saya tahu cordycep mengandung antibiotik konsentrasi tinggi (having a high content of antibiotic concentration).

    namun kalo mbak Rita hanya mengunakan sebagai dosis pemeliharaan tidak perlu mengkonsumsi setiap hari, cukup 2-3 kali seminggu.
    Terimakasih

  9. @ Manik
    saya belum pernah baca hasil penelitiannya. mungkin jika kita di hutan dan ga ada bantuan bisa di pake dalam keadaan daruruat tapi secara rumahmu pastinya deket ama RS, Klinik, puskesmas mending berobat aja deh.

    @ emfajar
    kamu memang anak yang pintar. trus juga rumahmu rapi dan bersih. pantes aja jarang sakit *ga nyambung*

  10. beda kita mbak…, kalo aku minum obat rasanya makin menderita.

    banyak air putih + istirahat cukup = obat manjur buat penyakit ringat. batuk, pilek, demam, pening semua habis tanpa batas.

    suer …. heheheheh

  11. wuuuuah untungnya saya ga resisten sama amoxicilin itu.. hehehehehe

    *inget suka banget minum si amoxicilin itu kalo lagi mau flu, dan terbukti masih ampuh sampe sekarang*

  12. Salam
    ya..ya..ya.. setuju..klo penyakit ringan2 mah ga usah ke dokter kali ya Non..he..he..hey trims infonya yak..its helpful..akh dirimu ituuh 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s