Tradisi Cipika Cipiki

Suasana menjelang lebaran sudah sangat terasa di hari terakhir ngantor hehehe. libur telah tiba hatiku gembira. yang punya kampung bisa pulang kampung dengan mudik gratis atau bayar sesuai tuslah yang berlaku *mahal ya…*. semoga perjalanan lancar dan ga kena macet. yang ga punya kampung di sini aja hehehe *jarang-jarang lihat Jakarta sepi*.

Biasanya ada tradisi sungkeman *cara adat jawa* untuk meminta maaf kepada kedua orang tua. lalu bersalaman-salaman dengan handai taulan, sahabat,saudara dan teman-teman. buat anak kecil saatnya mencari rejeki dengan mendapat uang hasil keliling rumah tetangga atau hasil menodong paman dan bibi.

mungkin kalo cipika-cipiki sama teman-teman cewek, mbak, tante dan mbah ga apa-apa tapi kalo sama cowok kaya nya ga banget deh. *kalo saudara masih ga apa-apa tapi kalo buat yang lain cukup salaman aja kali yee*.  ga tahu deh sejak kapan budaya orang indonesia kalo pria-pria bertemu langsung cipika cipiki. mulai dari pak presiden sampai jajaran para menteri, gubernur, anggota DPR, bupati kalo lihat  di televisi pada cipika cipiki kalo ketemu dan kasih ucapan selamat. ntar kalo hari lebaran seperti itu ga?

buat para cowok kalo ketemu sahabat, teman, saudara, selingkuhan, pada cipika-cipiki ga? atau mau cipika cipiki ama saya hehehe

Laskar Pelangi Sorong

Hari ini 25 september 2008 film Laskar Pelangi mulai di putar di bioskp Indonesia. cerita yang diangkat dari novel Andrea Hirata mengambil kisah 10 anak yang berjuang untuk bersekolah dengan keterbatasan yang ada. yang pasti semua harus nonton 🙂

setidaknya sayapun punya cerita yang hampir mirip laskar pelangi tapi bukan versi anak Belitong tapi ini “laskar Pelangi Sorong” tempat saya menghabiskan masa kecil di Kabupaten Sorong, Irian Jaya, Papua.

kalo boleh dibilang masa kecil saya mirip Lintang Samudra Basara bin Syahbani Maulana Basara. Anak yang paling pintar, selalu ranking satu di kelas dan ketua kelas *sombong dikit*. saya pun tidak bersekolah di sekolah favorite *kalo di sana SD impres itu yang paling favorite, gedungnya sudah bertingkat*.

nama sekolah saya SD Negeri 3 HBM Sorong Irian Jaya. tipikal bangunan sekolah lama menyerupai huruf U, dengan halaman luas untuk upacara bendera dan ada taman kecil dengan  banyak bunga pukul empat (Mirabilis jalapa L) *pernah saya dan teman pergi kesekolah hanya untuk memastikan apakah jam 4 sore bunganya sedang mekar hehehe*

Gedung sekolah menghadap pemandangan bukit kuburan letaknya persis didepan sekolah, makanya saya ga takut kuburan hehehe, setiap malam banyak lampu yang menyala di tiap-tiap kuburan jadilah bukit kuburan itu menjadi terang benderang seperti pohon natal *itu bayangan saya anak SD kelas satu*

Sekolah yang memiliki banyak kenangan, dibawah pohon ketapang yang rindang, kami sering duduk-duduk pada besi memanjang zaman belanda yang masih kuat.

saya sering di ganggu atau dijahili oleh teman-teman kelas yang besar-besar *penduduk setempat banyak yang terlambat menyekolahkan anaknya sehingga kelas satu pun, mereka sudah besar-besar*. sulit sekali melafalkan huruf e, seperti eneng dibaca eneng, membaca dibaca membaca.

sewaktu bu guru sedang rapat, ia meminta saya mencatat anak-anak yang ribut di kelas, setelah mereka di hukum di tiang bendera, pulangnya saya di kejar habis-habisan untuk pembalasan, sampai-sampai saya harus  lari-lari kuburan di kejar 10 teman Irian saya *lucu sekaligus mengerikan*.

Kebiasaan penduduk setempat masih melekat di kepala saya, banyak pesta dan mabuk-mabukan, banyak juga yang kurang gizi atau tidak di kasih makan, lebih suka ubi daripada nasi. kalo bicara hantu mereka tidak kenal pocong atau kuntilanak, tahunya hantu belanda hehehe.

rumah kami cukup kecil isinya cuma televisi hitam putih dan satu radio sharp hehehe, rumah dinas departemen keuangan yang sudah usang yang punya dua pohon ketapang besar tempatku bermain di depan rumah dengan burung kakak tua *namanya Yakob* yang pintar sekali bicara kelayaknya bayi berusia 3 tahun. sejak kecil yakob sudah kami beri makanan manusia (susu dancow, bakso, kopi, sayur bening bikinan ibu, indomie) bahkan dia sudah lupa kalo dia hewan dan ga bisa makan makanan burung. bagiku dia seperti adikku hehehe

wah, masih banyak lagi cerita dan kenangan masa sekolah di Sorong, saya berharap mungkin suatu hari nanti saya dapat ke sana 🙂

Happy Birthday

Hari ini saya berulang tahun…


Rasanya tahun ini banyak hal yang terjadi dalam hidupku, ada kebahagiaan, kesedihan, canda tawa dan air mata. Terimaksih Tuhan untuk ulang tahun yang indah ini.
beriku tenaga untukku bertambah kuat
beriku pundak dan kaki yang kokoh untuk memikul beban ini
beriku pengharapan untuk selalu setia hanya kepadaMu

Belajar Menulis

Apakah kita masih ingat tujuan awal ngeblog? pasti di dahului dengan niat baik yang sederhana. sayapun ngeblog ingin belajar menulis dan menyumbangkan apa yang saya tahu tentang obat.

tidak terpikir menulis untuk meningkat hit, menjadi seleb blog, meraup dolar yang banyak, SEO-an, kalo narsis iya hehehe. apakah kita harus selalu menulis tentang telanjang, bugil, pemerkosaan, download antivirus terbaru, lowongan pekerjaan untuk menjadi lebih terkenal?

Menulis adalah sebuah proses berpikir. semakin kita banyak menulis maka tulisan kita akan semakin baik. keterampilan menulis tidak tumbuh dalam seminggu atau sebulan.

untuk itu kita harus sering berlatih menuangkan isi kepala ini. bahkan kita juga bisa tahu pribadi seseorang dari gayanya menulis hehehe *kalo saya gaya kupu-kupu*.

Kadang saya berpikir, apakah kita hanya akan bahagia jika mendapat komen yang banyak dari pengunjung? atau Blog Stats naik hari ini. Mari kita belajar menulis dengan menjadi diri sendiri. ga mudah sih dan perlu proses, so tetaplah menulis, be spesific and unique.

Swamedikasi Radang Tenggorokan

Setelah saya sembuh dari radang tenggorokan dan penyakit pengiring seperti panas, demam, flu disertai pilek dan sedikit batuk selama 5 hari, akhirnya saya sudah sembuh *hore hore hore*. tapi kenapa ya… top search minggu ini radang tenggorokan. mungkin banyak yang sedang sakit seperti saya ini. karena itulah saya tulis resep lengkapnya kalo sakit seperti ini…. *gratis bagi-bagi resep*.

Untuk penyakit ringan seperti radang tenggorokan, kitadapat melakukan swamedikasi artinya pengobatan diri sendiri. kunjungilah apotek terdekat dengan membeli obat generik yang lebih murah, masing-masing obat belinya satu papan (10 tablet) ini dia resepnya:
R/ Paracetamol 500mg     X
Amoksisilin 500mg          X
Asam mefenamat 500mg  X
Vitamin C

sekarang saya jelasin kegunaan dan cara minum obatnya:

PARACETAMOL. obat ini golongan analgesic dan antipiretik, terutama kepada Antipiretik yang artinya berkhasiat menurunkan suhu tubuh atau panas demam. diminum 3 X sehari sesudah makan. kalo badan sudah tidak panas dan demam obat boleh di stop penggunaannya.

AMOKSISILIN. obat ini termasuk antibiotik ringan dan cukup ampuh terutama untuk inflamasi atau peradangan seperti di tenggorokan. diminum 3 X sehari sesudah makan. karena golongan antibiotik maka obat ini harus dihabiskan untuk mencegah terjadinya resistensi.

ASAM MEFENAMAT. obat ini golongan analgesic dan antipiretik, terutama sebagai analgesik yang bermanfaat meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman. badan rasanya capek,nyeri bisa diobati pake ini. diminum 2 X sehari sesudah makan.

VITAMIN C. kalo ini vitamin C apa saja ga pake merek tertentu. gunanya untukmempercepat proses kesembuhan. di minum2-3X sehari sesudah makan.

Selama proses penyembuhan kita harus banyak beristirahat  dan banyak minum. semoga cepet sembuh ya 🙂

Keberanian untuk Memperbarui Diri

Siang ini setelah hampir pulih dari sakit, saya menerima sebuah email milist dari pak Mario Teguh yang isinya mengajak saya untuk berani memperbaharui diri. saya ambil petikannya sedikit:

Beranikanlah untuk memperbarui diri,
karena tidak mungkin sebuah pribadi yang lama
berhak bagi sesuatu yang baru.

(Mario Teguh)

keberanian diperlukan untuk menjadikan kita pribadi yang berhasil. tidak semua keinginan untuk menjadi, tetapi harus disertai dengan upaya untuk membangun kepantasan untuk menjadi.  ini kalimat yang super sekali… *pemantasan diri intinya*

lalu apakah yang saya lakukan saat ini membawa keberhasilan saya untuk masa depan?

Berhasil dan memantaskan diri bukan hanya dari pekerjaan kantor karena kita akan memdapat uang setiap bulannya. sudahkah kita membangun keberhasilan untuk keluarga kita? keluarga bukan hanya bagi mereka yang sudah menikah, itu bisa termasuk didalamnya orang tua, sahabat, pacar, saudara *lagian saya juga belum menikah hehehehe*.

Pak Mario Teguh bilang: “Ingatlah bahwa kesibukan Anda tidak boleh hanya berkenaan dengan pengumpulan uang, tetapi juga termasuk kesibukan untuk menjadikan diri Anda sebagai pencerah bagi kehidupan mereka yang penting dalam kehidupan Anda”. sudahkah kita menelpon istri/ suami di tempat kerja? menanyakan keadaaannya, mengucapkan terimakasih atau minta maaf atas kesalahan kita, bahkan mungkin keinginan untuk bertemu.

mengenai telpon, betapa saya menerima banyak sekali ucapan “cepet sembuh ya…” baik dari teman-teman, sahabat, bos sampai pak Dexa *jadi tersanjung 7*. semoga dengan kesibukan saya untuk berani dan berhasil, saya dapat memantaskan diri untuk menjadi pribadi yang baru, karena pribadi yang baru berhak bagi yang baru.

Anda dilahirkan dengan hati yang lembut, gunakanlah.

Saya Sakit

Pegumunan saya lagi sakit 😦 *sok penting banget hehehe*
*radang tenggorokan, flu, badan udah ga panas, tapi sekarang gejala pilek hiks hiks*
maaf belum sempet berkunjung dan maen ke rumah para tetangga.