Obat Kembung

Aq punya temen, sering banget perutnya kembung… hampir tiap malam. Kalo udah kembung gitu, dia suka sendawa tapi kok kynya angin diperutnya ga  habis2. Emang dia punya sakit maag makanya kalo gitu dia makan obat maag. Suka merokok dan minum kopi. Kira2 obat yang sesuai untuk kembungnya itu pa? selain obat maag mungkin ada obat lain khusus buat kembung. Bagaimana caranya biar ga kembung lagi. thanks. NN

Sebenarnya saya ingin sekali menjelaskan secara lengkap  mengenai penyebab, pengobatan, dan lain-lain. Namun karena lagi sibuk hehehe. Silahkan ke sini dan kesini untuk tahu lebih jelasnya.
Saya ingin langsung menjawab apa sih obat kembung? Gambar dari sini. Kembung itu dikarenakan gas yang berlebihan karena makanan dan pencernaan yang tidak sempurna, untuk itu saya menyrankan mengunakan enzim-enzim pencernaan seperti amilase, lipase, diastase, pankreatin. Selain itu gunakan bahan aktif yang ada kandungan Simethicone atau Dimetilpolisiloksan (DMPS).

Bukan bermakasud promosi obat, silakan pilih mereknya tetapi memang hanya obat dibawah ini yang memiliki kandungan yang dimaksudkan:

1. Enzyplex dari Medifarma (Amylase, protease, lipase desoxycholic acid, dimethylpolysiloxane, Vit B kompleks, niacinamide, calcium)
2. Vitazyme
dari Kalbe Farma (Amylase, protease, lipase DHA, dimethylpolysiloxane, Vitamin B Komples, niacinamide, calcium)
3. Tripanzym dari Sanbe Farma, Flazymec dari Ifars, Xepazym dari Metiska (Pancreatin, Simethicone)
4. Elsazym dari Otto (Pancreatin, bromelain, dimethylpolysiloxane)

5. Neolanta dari Supra Ferbindo ( simethicone, Pancreatin ( lipase, protease, amylase)

Selain itu rajin mengkonsumsi yogurt teratur untuk memperlancar  pencernaan, ada kandungan prebiotik, mengurangi gas-gas dalam tubuh. Bukan tidak mungkin jika pencernaan lancar maka tubung ideal bisa dimiliki *rahasia temen saya kenapa tetap langsing*.

Saya pernah membaca untuk mengurangi gas, kurangi makanan yang menyebabkan gas seperti kol, kubis, kacang-kacangan dan bawang. Kurangi konsumsi lactose, sorbitol dan fruktosa. Terimakasih

About these ads

37 thoughts on “Obat Kembung

  1. Saya juga sering mengalaminya. Ketika saya mencoba mengkonsumsi yogurt, Alhamdulillah perut terasa enakan. Namun sayangnya yogurt di Gorontalo susah di cari. Tidak ada stok.

    ————————————————————————

    Beli yang banyakan aja buat stok.
    Makasih.

  2. maaf bu mau tanya kalau obat tidak bisa kentut apanya, udah dua hari perut saya sakit karena tidak kentut
    trims banyak

    ——————————————–
    Jika gas-gas terlalu banyak didalam tubuh, sebaiknya gunakan tablet yang mengandung bahan aktif Simetikon. Untuk menghilangkan gas. Juga enzim-enzim pencernaan.
    Beli aja Enzyplex, Neolanta, Vitazyme (salah satunya, tinggal pilih). Semoga lancar pencernaannya. Tks

    • Saya punya pengalaman sama, jadi kalau boleh sumbang saran. Beri Lacbon yablet saja. Kalau gak salah kandungannya Lactobaccilus. Moga-2 sembuh.

  3. kak,mau tanya dong..saya kalau makan cukup banyak dan teratur.tapi berat badan gak naik2,badan saya juga terlihat kurus. ada yang bilang minum obat yg mengandung enzim untuk pencernaan.
    di rumah sy ada obat Pankreoflat,apakah obat ini boleh utk saya konsumsi? ada rekomendasi obat lain kak?
    terima kasih.

    ——————————————-

    Dear Andy,

    Welcome to my world. Bukan cuma Andy yang mengalami saya juga. Dari masuk kuliah, lulus bahkan sampai udah kerja saya baru naik 3 kilogram. Berat saya cuma 46 Kg, itupun ga tiap bulan.

    Saya termasuk kurus dan kecil padahal banyak duit :mrgreen: :mrgreen:
    Ternyata bukan gemuk atau kurus. Yang lebih penting adalah sehat. Kalo gemuk tapi sakitan buat apa, lebih baik kurus, sehat dan lincah.

    Menurut saya gemuk itu ada masanya. Nanti kalo sudah berusia diatas 30 tahun juga tambah gemuk dengan sendirinya. Apalagi kalo udah menikah pasti tambah deh.

    Nikmati aja berat badan sekarang, silakan diminum pankreoflatnya tetapi bukan sebagai obat gemuk tetapi obat untuk memperlancar pencernaan. Prinsipnya, jika pencernaan lancar dan banyak sari-sari makanan yang diserap maka bisa lebih sehat dan kuat. Terimakasih.

  4. saya sering mengalami perut terasa penuh padahal makannya tidak terlalu banyak, kira-kira obatnya apa yaa. terima kasih.

    ===========================================

    Sebaiknya mengkonsumsi enzim pencernaan dulu. Dengan ditambah enzim pencernaan dalam proses pencernaan maka pencernaan akan berjalan lebih lancar.
    Makan memang tidak perlu banyak-banyak, secukupnya saja. Makan sehari 4-5 kali tidak apa-apa tetapi dalam porsi yang kecil-kecil.
    Hal ini baik sekali terutama bagi yang lambat mencerna makanan. Terimakasih.

  5. mbak rina,
    kalo saya juga begitu…perut saya kok cepat kembung/besar sehingga aku selalu membatasi makan dan minum …karena setiap aku makan ato minum perutku langsung besar/buncit…. kecuali kalo pagi …
    pertanyaan saya kira2 apakah ada penyakit/kanker di dalam perutku ini…?

    ============================================

    Perut buncit pertanda ada masalah gangguan pencernaan. Berbicara Grastointestinal disorder itu luas sekali.
    Kalo saya lihat dari gejalanya kembung dan sebah, mungkin saja banyak gas-gas. sebaiknya pola makan dijaga. Kurangi makanan yang merangsang pembentukan gas seperti kol, kubis, kacang-kacangan dan bawang. Kurangi konsumsi lactose, sorbitol dan fruktosa.

    Ga ada salahnya Vida rajin mengkonsumsi yogurt untuk pencernaan. Bila perlu dapat dibantu dengan obat yang mengandung (Simetikon/ DMPS dan enzim pencernaan). Ada 5 merek obat, silakan dipilih sendiri. Coba mengkonsumsi selama sebulan dan perhatikan apa yang terjadi semoga ada perbaikan.
    Nanti kalo sudah sebulan tidak terjadi apa-apa periksa ke dokter.

    Jangan terlalu takut, diobati dulu ya dan pastikan untuk menjaga pola hidup yang lebih sehat. Terimakasih

  6. trimakasih mbak rina atas informasinya tentang enzim….
    oh ya…gimana aturan minumnya ?? berapa kali sehari dan minumnya apa sesudah makan…???

    =====================================

    Enzim pencernaan umumnya dikonsumsi 1 X sehari.
    Diminum pagi hari sebelum makan. Terimakasih

  7. Hallo mbak,
    kita jumpa lagi. Kira2 3 bulan yl aku pernah minta saran tentang pengobatan mata ikan. Alhamdulilah sekarang sudah sembuh total tanpa operasi. Kali ini mau minta saran lagi nih….aku sering sekali bersendawa. Baru minum seteguk sudah bersendawa, kadang2 aku merasa terganggu. Juga perut sering kembung (ga ada sakit maag sih). Gimana cara mengatasinya mbak? Trims ya….:)

    ================================================================

    Coba perhatikan pola makan, dalam seminggu ini coba puasa kecil dan lihat perbedaannya. Konsumsi makanan yang moderate (tidak panas, asam, pedas, berlemak, gorengan). Perhatikan deh bedanya.

    kurangi makanan yang dapat membuat gas diperut seperti kol, kubis, kacang. Boleh dimakan tetapi tidak untuk setiap hari. Kalo mau mengkonsumsi yogurt setiap hari sebelum makan untuk memperlancar pencernaan. Semoga berhasil. Terimakasih

    • Trimakasih mbak. Trus gimana ya cara mengurangi bersendawa berlebihan? …

      ================================================

      Kurangi makan makanan yang dapat menghasilkan gas berlebih seperti kol, kubis, kacang.
      Kalo obat sih minum enzim pencernaan plus simethicone (Dimetilpolisiloksan).
      Biasanya dalam tablet mengandung enzim sudah ada simethiconenya. COba aja Vitazyme, Enzyplex, Neolanta, dll. Diminum sekali sehari.

      Yang lebih penting bukan obatnya tetapi pola makan Nora yang harus diubah menjadi lebih sehat. Terimakasih

  8. mbaa… :) share lagi yah..
    mau nanya nih.. aq tuh pengen gemukin badan.. coz aq lumayan kurus,jdi kurang proprsional gtu… :(
    aku udah makan bnyak dan sbagainya.. tpi kok yg gemuk mlah bagian face nya ya mba..?? gmna ya kita bsa nambah berat badan,tapi face nya ga ikut gemuk…????
    trus juga mlah buncit peruutnya..

    tpi badannya tetep trlihat kurus…. :-/
    hmmm………….??????????? thanks mbaa.. :)

    ================================

    hehehehe.
    Sudahlah terima nasib saja, berat saja cuma 45-46 kg kok. Saya langsung eh langsing

    Saya menyebutnya langsing menggoda, tidak perlu minum atau makan apapun. Nanti dengan seiring bertambahnya umur akan nambah kok berat badannya.

    langsing menggoda itu idaman setiap cewek.
    Banyangkan saja bisa makan sepuasnya tanpa takut menjadi gemuk, kita bisa godain temen kita yang lagi diet *ajaran sesa[a]t*
    Just be yourself girl :D

  9. hahahaha.. :D iiiaah mbaa.. tpi klau kasus nya cha2 tuh.. makan nya enak.. badan tetep kurus.. tpi bagian pipi/ wjah nya meledaak.. lucuu kan klau yg gendud cuma bagian wajah nya aja… :D ntar dikiraa apaaaa gitu.. jadi ga nafsu tuk dilihat deh…. :D hehe.. and ga balance bangett..

    atau pola makan nya kali ya mbaa..??? ayoo dunk mba… ada ga tips supaya ga kegendutan di wajah( chuubby..) trims.. :)

  10. hai mba mau nax pa yakult sm dengan yogurt?

    ==================================

    Yakult salah satu merek dari Yogurt.
    Ada banyak merek seperti Cimory, Activia, Yakult, dll

  11. yang termasuk enzim pencernaan itu apa si?

    ==================================

    Amylase, Lipase, Protease, juga lainnya.
    Biasanya dtulisa dengan akhiran -ase

  12. itu obat klo diperhatiin obat paten smua alias mahal,, generik nya dong omm

    ====================================================

    Kenapa obat apaten mahal? karena penemuannya membutuhkan waktu, tenaga dan uang yang banyak untuk riset, study dan uji klinik berbagai fase.
    Sehingga dana yang telah dikeluarkan juga diperhitungkan. Makanya harganya mahal dan dilindungi oleh undang-undang Paten.

    Setelah 10-20 tahun, masa patennya habis dan kita membeli obat yang sama dengan harga yang relatif terjangkau, ini disebut obat generik.
    Makanya pilihlah obat generik. Obat generik sama ampuh nya dengan obat paten.

    Kita juga harus jeli membedakan obat branded generik dan generik karena keduanya sangat berbeda harganya tetapi isinya sama. Terimakasih

  13. saya juga saat ini sering kembung, dalam sehari kadang muncul kadang hilang ini terjasi saat saya mulai minum obat displatyl yg di resepkan bersama aludonna D dan nexium. sebelumnya saya di rteseplkan Dogmatil, nexium dan aludonna D, padahal yg saya baca itu klo disfkatyl adalah obat untuk perut kembung ( saya alergi banyak obat: aspirin, ibupropen, asamafenamat, penicillin dan antalgin) obat apakah yang cocok untuk saya? terima kasih

    =================================================

    Obat kembung sebenarnya cukup sderhana, hanya perlu Simethicone saja.
    Simethicone tidak ada pengaruh dengan obat yang membuatmu alergi.

  14. yoghur itu kan asam mbak spt susu fermentasi yaqul…. apa aman dikonsumsi bagi penderita maag/dispepsia…? krn orang yang sakit lambung dilarang makan makanan yang asam. terimakasih

    • saya juga penderita maag akut. pengalaman saya jika mengkonsumsi yougurt SELALU setelah makan nasi. semoga bermanfaat.

      ==============================

      Yogurt memang harus diminum sesudah makan karena sifat Yogurt yang asam dapat mengiritasi lambung. Berbeda dengan obat Mucosa protecta (Suralfate), obat ini harus diminum sebelum kana karena akan melapisi dinding mosa lambung sehingga tidak perih lambungnya. Terimakasih

  15. Dear Mbak Rina,
    Saya ingin bertanya, selama seminggu ini Perut saya selalu terasa Kembung dan sering bersendawa, jika sedang sakit terasa sampai nyeri didada dan terasa pegal di sekitar bahu, saya telah ke dokter katanya saya terkena sakit Magg, dan saya di berikan obat antasida dan cemitidine.tapi sampai saat ini masih belum normal, saya tidak terasa sakit pada bagian lambung hanya dada terasa Penuh dan sesak nafas, yang saya khawatirkan adalah ini berhubungan dengan jantung tapi di cek dokter detak jantung saya normal dan di EKG juga Normal, yang ingin saya tanyakan
    1. apakah Jika perut kembung sakitnya sampai terasa ke dada/ ulu hati dan sesak nafas?
    2. amankah jika saya mengkonsumsi Obat seperti antasida, Cimetidine dalam waktu 2 minggu apakah ada effek sampingnya?
    3. saya belum minum obat kembung seperti simethicone dll apakah aman juga di konsumsi dalam rentang waktu 1 Bulan apah ada efek sampingnya?
    4. apakah sama fungsinya Cimetidine dengan simethicone?
    5.Apakah Pantoprazole (controloc) dan cimetidine atau ranitidine berfungsi sama?

    Terima kasih
    saya tunggu sarannya

    • Wah penyakit anda mirip dg sy,cman sy disertai dg keringat dingin pd tangan dan kaki,sy jg tlh periksa jntung kt ny normal,dr endoskopi t’nyata sy maag kronis aktif,smpi skrg msh srg pusing krna kembung dan sesak,nyeri d jantung jga,bdan sblh kiri mjd berat dan srg pegal2,tp yg parah ny sy tdk bs sendawa atw buang angin shg tmbh sesak deh napas ny

  16. mba rina, kalau mengkonsumsi enzim-enzim pencernaan (pankreatin) aman ga buat ibu hamil atau ibu yg mau hamil?

  17. Ykk
    Kalau saya kembung dan ulu hati terasa nyesek, walau tidak mual, namun serinhg suara terasa thekor tidak ada power. Itu karena asam lambung atau mag? Tepatkan minum Pancreatin?

    =========================================

    Jika perut terasa kembung boleh saja mengkonsumsi Pancreatin karena didalamnya ada enzyme pencernaan yang membantu keja proses pencernaan dan diatambah Simethicone yang dapat menghilangkan gas-gas didalam lambung.

    Gejala ini bukan hanya sekedar sakit maag saja ( peningkatan pH lambung) namun juga nyeri di ulu hati. Sebaiknya dapat konsultasikan ke dokter untuk mengdapatkan pengobatan proton pum inhibitor. Terimakasih

  18. Enzym pencernaan itu banyak, mulai dari mulut saat kita mengunyah (enzym ptialin) hingga masuk usus besar terlibatlah enzym. Pancreatine adalah enzym pankreas yang terdiri dari amylase, protease dan lipase (membantu mencernakan karbohidrat, protein dan lemak), pancreatine bekerja dalam suasana basa (setelah lepas dari lambung/lewat celah pilorus).

    Pancreatin tidak mempengaruhi asam lambung, namun dengan pengosongan lambung lebih cepat karena lancarnya proses pencernaan, maka akan mempercepat jadwal makan, ini yg beresiko meningkatkan asam lambung karena telah makan (lambung kosong lebih cepat dari jadwal makan).

    Simeticon, polisiloksan atau dimethylpolysiloksan bertindak sebagai antiflatulen, sbg zat inert yang bertanggung jawab terhadap gelembung gas kecil-kecil menjadi lebih besar dan lebih besar daya dorongnya untuk keluar.
    Setiap sediaan obat punya kelebihan dan kekuranganya (yg sama-sama generik saja beda pabrik bisa beda), yang terpenting adalah kecocokan individu.
    Semoga bermanfaat.

    ========================================

    Terimakasih untuk penjelasannya yang sangat baik. Terimakasih

  19. gini dok,,perut saya hampir tiap hari kembung bahkan sering sekali masuk angin,,kemudian saya sudah minum obat yang mengandung pankreatin dan dimethylpolysiloksan (pankreoflat) ditambah dengan omeprazole sesuai dengan yang bu dokter sarankan,,alhamdulillah udah mendingan..tp setelah minum obat itu kok bikin saya sering banget kencing ya dok..yang mau saya tanyakan :
    1. apakah sering kencing itu efek samping dari obat? apa solusinya agar tidak sering kencing lagi?
    2. bila saya minum kedua obat tsb selesai makan (2 x sehari), perut saya tidak kembung, tapi kalo tidak saya minum (pas saya lupa) perut saya kembali kembung padahal udah 1 minggu ini saya mengkonsumsi obat tsb..
    3. sebaiknya kedua obat tersebut diminum berapa kali sehari? dan sampai berapa lama batas waktu pemakaianya?

    atas jawaban dari dokter saya ucapkan banyak terima kasih

    =====================================================

    1. Tidak ada efek diuretik (sering pipis) ketika minum obat tersebut. Mungkin karena hal-hal yang lain, yang pasti bukan karena obat tersebut.

    2. Penggunaan PDMS(PolyDimethilSiloxane), dan proton pump inhibitor ( Omeprazole) sebaiknya diminum saat keadaan perut kosong. Artinya diminum 30 menit sebelum makan. Jangan setelah selesai makan itu salah. Pengobatan yang benar harus sesuai dosis, pengunaannya tepat dan perubahan pola makan. Pola makan dan istirahat itu kuncinya. Kalo pola makanmu masih sama seperti dulu ya sama saja. Diminum 2 x sehari 30 menit sebelum makan atau 2-3 jam sesudah makan.

    Jangan hanya saat sakit jadi bener makannya tetapi nanti setelah sembuh kembali lagi mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, bersantan, urang istrahat. Itu kembali lagi akan kambuh. SO, jadilah disiplin terhadap diri sendiri.

    3.Obat tersebut dapat dikonsumsi tergantung dari sakit yang diderita. Umumnya pengobatan berlangsung selam 2-3 minggu tetapi setelah itu perlu dipantau lagi untuk memeriksa apakah keadaan sudah mambaik ataukah perlu terapi lanjutan. Semoga cepat sembuh ya, harus disiplin makan! Terimakasih

  20. Makasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini. Saya sempat baca artikel lain mengenai perut yang sering kembung dan banyak gas. Selain pemberian enzym yang mengandung amilase, lipase dan protoase, ada juga enzim yang sangat berperan penting dalam mengurangi gas dalam usus yaitu enzim alpha-D-galactosidase, enzim yang diproduksi oleh jamur (mold).
    Apa ada suplemen yang mengandung alpha-D-galactosidase? Jika ada apa nama patennya dok?
    Thanks. Semoga sukses selalu.
    Salam,
    Juni.

    =================================================

    Mohon infonya dari mana sumbernya?
    Ini mau tanya atau ngetes aja hehehehe

  21. Tanya,..
    kalau obat yang mengandung beano bagaimana ? & merknya apa ?
    saya lihat di tips-tips untuk perut kembung lainnya menyarankan obat tersebut..

  22. Apakah Enzyplex aman bila dikonsumsi dalam jangka panjang?
    Berapa dosis dalam satu hari?

    ==============================================

    Dosis Enzyplex adlah 1 x sehari bila perlu.
    Bila perlu artinya diminum saat diperlukan saja dan bukan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

    Penggunaan dalam jangka panjang akan membuat kita tergantung dengan obat tersebut kalo sehari tidak minum badan akan tidak enak karena udah biasa ada enzim dalam pencernaan yang membantu.

    Selain itu bisa susah BAB kerena tubuh jadi malas memproduksi enzim pencernaan. So, minumlah obat sesuai anjuran dan aturan apakai. Tentu saja semua obat kalo dikonsumsi secara berlebih malah tidak akan mendapat manfaat baik untuk tubuh.

  23. Saya sedang Mengalami perut kembung juga disertai mules melilit yg bikin saya jd lemes nyeri ga bisa bergerak.. setelah saya baca blog ini saya berniat untuk mncoba salah satu Obat yang sudah dsarankan. Apakah obat-obat tersebut dpt mnimbulkan ketergantungan?
    terima kasih.:)

  24. Mbak, vitazym aman ga lw di konsumsi buat ibu hamil, sekarang saya lgi hamil 7/8 mgu, truz perut krasa kmbung minum, obat mag tetap ,mksh,,,

    ===================================

    Obat ini tergolong obat bebas terbatas. Saran saya sebaiknya tetap konsultasikan ke dokter ya.
    Terimakasih

  25. mbak, saya sudah beberapa bulan ini kena GERD.. sama dokter dikasih lansoprazol sama domperidon, tapi kembungnya nggak hilang-hilang.. untuk ngilangin kembungnya bisa dikasih apa y?? terimakasih..

  26. kalau diare bisa gak diterapi dengan enzim tersebut. Dari kelima enzim diatas apakah kita bisa memilih yang mana saja atau harus disesuaikan dengan kebutuhan>
    Diatas disebutkan mengurangi makanan yang mengandung lactosa, sorbitol dan fructosa, bisa minta tolong jenis2 makanan yang mengandung zat2 tersebut.?
    Saya pernah diare gak sembuh2 beberapa tahun yang lalu teus sama dokter dikasih tripanzym dan sulcolon, yang saya ingin tanyakan sulcolon ini tergolong obat ato antibiotik? karena harganya yang mahal (menurut ukuran saya) apa ada generiknya?
    terima kasih banyak

    NB. bisa minta no pin BB untuk memudahkan saya memperoleh jawaban

    sekali lagi terima kasih, infonya sangat berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s