Lamanya Pengobatan Sakit Maag

Saya mau tanya tentang gejala maag yang saya alami. Pertama kalinya saya berobat dokter bilang asam lambung saya tinggi dengan gejala tenggorokan terasa kencang (spt ada yang ganjal), sering sendawa, perut kembung terutama perut atas, suka nyeri diulu hati kanan/kiri. Kadang dada saya terasa sesak tapi tidak sampai membuat saya kesulitan bernapas. Saya bisa bernapas dan menelan makanan dengan baik.
Saya pernah endoskopi dan hasilnya Gastritis ringan & pyloryc gapping (jujur saya ga bgitu ngrti istilah itu) dan saran obatnya PPI
lau saya diberi obat Omeprazole & Musin sucralfate. Saya minum hanya krg lbh 1 minggu. Terasa lebih baik sedikit lalu saya tidak minum lagi selama 1bln,karna saya rasa perut saya bergejolak lagi. Saya baru2 ini konsumsi lagi dan sdh jalan beberapa hari. Pertanyaan saya:
1. Apa obat tersebut sesuai dgn gejala yang saya alami?
2. Berapa lama kira-kira saya harus konsumsi obat tersebut?
3. Didalam resep dokter sucralfatenya hanya ditulis 2btl saja sdgkn 1btl hbs hanya 3hari. Apa saya perlu membeli lagi tanpa resep dokter?
4. Apakah semua obat itu aman bila harus saya konsumsi jangka panjang? Semoga  bersedia meluangkan waktu menerangkan ttg kluhan saya ini.terima kasih dan GBU.

Pengobatan maag memang sangat spesifik tergantung dari keluhan apa yang dirasakan. Untuk gejala-gejala diatas memang mengindikasikan sakit maag dibagian atas dengan adanya refluk (naiknya isi lambung keatas). Saya jawab satu persatu pertanyaannya.

Pertama, pengobatan dengan pemberian obat golongan Proton Pump Inhibitor sudah benar. Golongan PPi ini memang dapat mengobati nyeri di ulu hati dan terasa sesak didada. Selain itu pemberian obat Mucosa protecta, dalam hal ini dengan Sucralfate dengan demikian dapat melapisi dinding mucosa agar tidak terasa perih oleh asam lambung. jadi, pengobatannya memang sudah benar. Saran saya obat harus diminum sampai habis meskipu sudah terasa lebih enakan.

Kedua, lamanya pengobata untuk sakit maag seperti diatas tergantung dari penyakit itu sendiri. Jika memang refluk sering kali terjadi, sering disebut GERD (silakan googling untuk artinya) sebaiknya pengobatannya berlangsung antara 8-12 minggu. Saran saya kalo obat sudah habis tetapi belum ada tanda kesembuhan sebaiknya berobat lagi ke dokter spesialis penyakit dalam bagian gastroenterologi. Nanti dokter yang akan menyarankan durasi lamanya pengobatan ataupun penambahan obat-obatan lain yang dapat membantu mempercepat kesembuhan.

Ketiga, mengenai Sucralfate. Silakan dapat membeli langsung ke Apotek terdekat untuk obat tersebut. Diminumnya dalam keadaan perut kosong ya atau 30 menit sebelum makan.

Terakhir, tentu saja obat bukan untuk diminum seumur hidup kecuali  obat-obat tertentu seperti obat jantung, hipertensi dan diabetes. Karena sakitnya adalah sakit maag tentu saja kalo sudah sembuh ya harus berhenti. Obat bukan makanan untuk jaga-jaga. Obat ya obat, kalo dosisnya berlebihan justru tidak baik.

Beberapa kasus sakit maag bisa saja berada dalam durasi panjang terapi pengobatan ( lebih dari 8 minggu) tetapi hal itu diserahkan oleh dokter yang merawatmu. Jangan minum obat sembarangan apalagi tanpa pengawasan dokter.

Saya ingin mengingatkan bahwa sakit maag dapat diobati dengan cepat apabila kita patuh dan disiplin terhadap diri sendiri. Mulailah mengurangi makanan yang pedas, sewajarnya saja. Ini penting sekali. Selain itu cukuplah istirahat, jangan kecapekan. Istirahatlah karena kalo kita capek apalagi stress maka dapat mempercepat produksi asam lambung. Sekalin itu makanlah dalam porsi yang kecil-kecil agar lebih mudah dicerna oleh tubuh. So, be healthy. Semoga cepat sembuh.

6 Replies to “Lamanya Pengobatan Sakit Maag”

  1. mbak, mau tanya, buah dan sayur apa yg boleh dimakan?
    apakah : nasi gurih/nasi kuning, bumbu pecel/bumbu sate/bumbu kacang tdk pedas, sayur gudeg (nangka muda), kol rebus, tauge, kolak kacang hijau, minuman dingin, ketan dgn kelapa parut, boleh dikonsumsi?

  2. Dok usia saya 19th, dua bulan terakhir saya divonis gastritis, lambung saya sudah terasa enak tapi dihidung sebelah kanan saya muncul konka (atau apalah itu yg pasti bukan polip kt dokter). Saya diberi intunal-f, cefixime, lexacrol, omeprazol, dan obat tanpa bungkus entah apa itu namanya.
    Pertama saya minum, konka itu mengecil dan sesak nafas saya hilang, tapi ke esokan harinya dihidung sebelah kiri mulai muncul konka lagi dan mulai terasa sesak.
    Apakah beberapa dari obat tsb memang untuk menyembuhkan konka ?
    Jika konka hilang tapi masih sesak apa yg harus saya minum dok?

    Terimakasih untuk jawabanya 🙂

  3. Mbk q mau tnya2 saya kan kena asam lambung jg saya disuruh dokter saya mengkonsumsi obat lansoprazole selama 3 bln setelah makan dan 1 kali sehari apakah itu aman buat saya?

  4. Mbk q mau tnya2 saya kan kena asam lambung jg saya disuruh dokter saya mengkonsumsi obat lansoprazole selama 3 bln setelah makan dan 2 kali sehari dan jg sulkrafat suspensi. apakah aman minum obat itu 3 bulan? saya?

    ==================================================

    Jika hal itu atas saran dari dokter silakan untuk diteruskan pengobatannya.
    Rutin juga untuk cek ke dokter untuk mengetahui perkembangannya setiap bulan. Terimakasih

  5. Ass.. Sy jg penderita skt maag dr dulu, tp setahun belakangan ini skt maag sy tak kinjung sembuh.sll kumat badan smp kurus trun 10kg an.gejalanya smp keringet dgn, pusing, mual. Sembuhnya plg dlm jangka sebulan lalu kumat lagi dan sembuh lagi lalu begitu lg.sdh bolak balik k rs ttp aj msh kumat.mohon saran apa minum curcuma tablet dan madu hitam prima plus it bagus utk maag? Lalu kl trasa mual apa minum jg sprti polysilane? Bgaimana cara aturan minumnya.mohon saran trimakasih..

Leave a comment