Tidak Jualan Obat : Kurus Aborsi Perkasa

Diblog saya ini, beberapa orang  atau bahkan banyak yang minta obat kurus, obat aborsi, obat perkasa pria bahkan penghilang silikon, dll. Saya mungkin sudah kaya raya kalo jualan obat begituan tetapi itu tidak sejalan dengan hati nurani, pembohongan publik dan visi misi dari blog tukangobatbersahaja[dot]com. Blog ini ada untuk membagikan ilmu pengetahuan seputar kesehatan dari kacamata seorang farmasis.

Saya jelasin satu persatu, pertama obat kurus atau pelangsing. Mereknya banyak banget baik dari bentuk tablet, kapsul, jamu, sachet, alat kesehatan, slimming tool. Sebenarnya lucu aja sih, semua hanya marketing tool untuk memberi mimpi.  Kalo pola makan dan pola hidup tidak berubah, mau makan obat apapun ga ada gunanya. Eek yoyo malah akan terjadi dan lebih gemuk.

Kedua adalah obat aborsi, Mereknya juga banyak, bahkan ada yang jualan terang terangan tetapi apakah itu aman? i tell you a big secret that is so dangerous! Jangan mau dibodohin pake obat aborsi. Memangnya masalahmu akan selesai setelah aborsi? tidak. Aborsi justru menimbulkan masalah baru karena keluarnya janin yang dipaksa dapat menimbulkan infeksi dan kerusakan rahim.  Masih ada cara terbaik selain menelan pil aborsi. Kalopun tidak terjadi infeksi dan penyakit lainnya, pikirkanlah rasa bersalah yang harus kamu alami seumur hidup. Itu semua ga sepadan.

Terkahir itu obat perkasa, biasanya sih banyak permintaan dari pria-pria yang kurang percaya diri dengan apa yang sudah dimililiki (ingin lebih besar, kuat, panjang). Banyak cara yang dilakukan seperti minum obat kuat dari kimia, obat tradisional, ektrak herbal dengan berbagai merek, sampai pake minyak untuk dioles, dipijat bahkan suntik silikon.

Saya telah mempelajari mendalam mengenai obat mempertahan ereksi ini, baik obat kimia maupun berbagai ekstrak dari tanaman. Yang menjadi kekhawatiran saya adalah efek samping lebih berbahaya dibanding kegunaannya. Gooling aja efek samping PDE5 Inhibitor seperti Sildenafil, Tadalafil. Apakah jenis tanaman ekstrak memberikan pengaruh signifikan? tidak, mereka cuma booster aja.  Yang paling bahaya kalo ikutan disuntik silikon, wah bahaya banget, ga ada pil yang bisa menyedot silikon keluar. Prihatin.

So mulai dari sekarang lebih cintai dirimu sendiri, tidak perlu pake obat-obatan untuk terlihat kurus. Pacaranlah yang sehat, no free sex maka hidupmu aman. Terakahir tubuh yang sudah dari Tuhan disayangi dan jangan dirusak.

So jangan tanya lagi obat-obatan itu karena saya tidak akan menanggapi.  Terimakasih

 

Perlukah Menghilangkan Stretch marks dan Keloid ?

a Owen

Mbak, setelah melahirkan perut saya tidak kencang lagi lalu ada garis putih seperti stretch mark . Sudah saya kasih berbagai krim kok tidak mau hilang ya? bagaimana cara menghilangkannya, Terus bekas luka caesar saya malah kaya timbul keloid. Bagaimana cara menghilangkannya? saya ingin kondisi perut saya seperti dulu sebelum hamil. Tks

Setiap perempuan setelah melahirkan pasti ingin segera memiliki perut rata kembali, tidak ada stretch mark, bekas operasi caesar pulih dan tidak berbekas. Namun banyak yang kecewa kenapa hasilnya tidak sesuai harapan atau malah menyalahkan pengobatannya. Sayapun juga sama ingin seperti semua perempuan pada umumnya namun setelah setahun ini saya menyadari sesuatu yang lebih penting meski :

Sayapun pernah mencoba beberapa merek krim mahal penghilang stretch mark, hasilnya memang memudar warnanya tetapi tidak bisa hilang. Krim hanya menyamarkan saja. Saya terima.

Saya sudah mengurangi makan dan olahraga, berhasil menurunkan berat badan  (dari 65 kg menjadi 50 kg), memang masih ada 4 kg lagi menuju berat sebelum kehamilan tapi masih ada ekstra tummy diperut. Tetap tidak bisa kencang seperti sediakala. Saya terima.

Sayapun pernah konsultasi dengan dokter mengenai keloid pasca operasi caesar, dokternya justru mengatakan tidak perlu dihilangkan. Menghabiskan waktu, duit dan mahal, juga menyakitkan karena harus berkali kali suntik kortikosteroid. Ya sudah saya terima kondisinya.

Pada akhirnya saya menerima dan bersyukur bahwa ini adalah tanda sebuah proses perjalanan lahir batin yang panjang selama sembilan bulan. Tanda bahwa saya diberi anugerah untuk hamil, penanda begitu besar rasa sayang dan cinta kepada anak kami.

 

Mempertahankan Berat Badan

stomach

Saya baru saja membaca sharing seorang teman, tingginya 163 cm dengan berat 76 Kg (BMI 28  adalah overweight).  Dia memiliki tekad sekuat baja untuk melakukan menurunkan berat badan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat, tidak minum minuman bersoda, banyak minum air, makanan organik sehat, stop ngemil, giat berolah raga dan ikut nge-gym. Hasilnya, setelah setahun berat badanya turun menjadi ideal 60-61 Kg.

Dia menjadi bangga akan dirinya karena sudah sukses mencapai “goal” nya untuk mencapai berat badan ideal. Dengan berat badan ini ia merasa percaya dirinya meningkat namun sayangnya hal itu hanya berlangsung sementara karena setelah mencapai target berat badan idealnya dia mulai kembali kepada pola hidup yang lama. Kini berat badannya sudah naik lagi menjadi 67 Kg dan mendekati berat badan dulu.

Pelajaran yang diambil dari sharing diatas adalah, setelah kita berhasil mencapai tujuan/ “goal’. Janganlah berhenti sampai disitu,  teruslah men-setting goal lainnya. Carilah cara baru untuk memotivasi diri sendiri. Terkadang kita bosan dengan pola hidup sehat yang terasa “tidak enak dilidah”, carilah cara baru untuk melakukan improvisasi dalam variasi makanan dan olah raga. Find new thing that stay healthy.

Terakhir, Janganlah mendiamkan diri atau menggampangkan jika kamu mengetahui ternyata celana dengan berat badan ideal sudah tidak muat. Itu pertanda kamu harus kembali lagi ke jalan yang benar untuk terus mempertahanlah pola hidup yang sehat. So stay helathy and more beauty.

Lamanya Pengobatan Sakit Maag

Saya mau tanya tentang gejala maag yang saya alami. Pertama kalinya saya berobat dokter bilang asam lambung saya tinggi dengan gejala tenggorokan terasa kencang (spt ada yang ganjal), sering sendawa, perut kembung terutama perut atas, suka nyeri diulu hati kanan/kiri. Kadang dada saya terasa sesak tapi tidak sampai membuat saya kesulitan bernapas. Saya bisa bernapas dan menelan makanan dengan baik.
Saya pernah endoskopi dan hasilnya Gastritis ringan & pyloryc gapping (jujur saya ga bgitu ngrti istilah itu) dan saran obatnya PPI
lau saya diberi obat Omeprazole & Musin sucralfate. Saya minum hanya krg lbh 1 minggu. Terasa lebih baik sedikit lalu saya tidak minum lagi selama 1bln,karna saya rasa perut saya bergejolak lagi. Saya baru2 ini konsumsi lagi dan sdh jalan beberapa hari. Pertanyaan saya:
1. Apa obat tersebut sesuai dgn gejala yang saya alami?
2. Berapa lama kira-kira saya harus konsumsi obat tersebut?
3. Didalam resep dokter sucralfatenya hanya ditulis 2btl saja sdgkn 1btl hbs hanya 3hari. Apa saya perlu membeli lagi tanpa resep dokter?
4. Apakah semua obat itu aman bila harus saya konsumsi jangka panjang? Semoga  bersedia meluangkan waktu menerangkan ttg kluhan saya ini.terima kasih dan GBU.

Pengobatan maag memang sangat spesifik tergantung dari keluhan apa yang dirasakan. Untuk gejala-gejala diatas memang mengindikasikan sakit maag dibagian atas dengan adanya refluk (naiknya isi lambung keatas). Saya jawab satu persatu pertanyaannya.

Pertama, pengobatan dengan pemberian obat golongan Proton Pump Inhibitor sudah benar. Golongan PPi ini memang dapat mengobati nyeri di ulu hati dan terasa sesak didada. Selain itu pemberian obat Mucosa protecta, dalam hal ini dengan Sucralfate dengan demikian dapat melapisi dinding mucosa agar tidak terasa perih oleh asam lambung. jadi, pengobatannya memang sudah benar. Saran saya obat harus diminum sampai habis meskipu sudah terasa lebih enakan.

Kedua, lamanya pengobata untuk sakit maag seperti diatas tergantung dari penyakit itu sendiri. Jika memang refluk sering kali terjadi, sering disebut GERD (silakan googling untuk artinya) sebaiknya pengobatannya berlangsung antara 8-12 minggu. Saran saya kalo obat sudah habis tetapi belum ada tanda kesembuhan sebaiknya berobat lagi ke dokter spesialis penyakit dalam bagian gastroenterologi. Nanti dokter yang akan menyarankan durasi lamanya pengobatan ataupun penambahan obat-obatan lain yang dapat membantu mempercepat kesembuhan.

Ketiga, mengenai Sucralfate. Silakan dapat membeli langsung ke Apotek terdekat untuk obat tersebut. Diminumnya dalam keadaan perut kosong ya atau 30 menit sebelum makan.

Terakhir, tentu saja obat bukan untuk diminum seumur hidup kecuali  obat-obat tertentu seperti obat jantung, hipertensi dan diabetes. Karena sakitnya adalah sakit maag tentu saja kalo sudah sembuh ya harus berhenti. Obat bukan makanan untuk jaga-jaga. Obat ya obat, kalo dosisnya berlebihan justru tidak baik.

Beberapa kasus sakit maag bisa saja berada dalam durasi panjang terapi pengobatan ( lebih dari 8 minggu) tetapi hal itu diserahkan oleh dokter yang merawatmu. Jangan minum obat sembarangan apalagi tanpa pengawasan dokter.

Saya ingin mengingatkan bahwa sakit maag dapat diobati dengan cepat apabila kita patuh dan disiplin terhadap diri sendiri. Mulailah mengurangi makanan yang pedas, sewajarnya saja. Ini penting sekali. Selain itu cukuplah istirahat, jangan kecapekan. Istirahatlah karena kalo kita capek apalagi stress maka dapat mempercepat produksi asam lambung. Sekalin itu makanlah dalam porsi yang kecil-kecil agar lebih mudah dicerna oleh tubuh. So, be healthy. Semoga cepat sembuh.

Belajar Mengobati Sakit Maag (bag III)

saya sudah sakit maag krg lbh 1 thun yg lwt, tp yg prh na sktr 5 bulan belakangan ini. sebelumya obat yang d kash dokter brupa, lansoprazole, inpepsa, ranitidin, renages. Terkadang sakitnya di perut sebelah kanan atas, kadang2 sebelah kiri, kadang2 semua perut saya sakit. sakitnya sampai ke belakang punggung. tp setelah berbt k dktr sekitar 1 bulan yg lwt udh ada angsurannya. yg mw saya tanyakan adalah :
1. apakah penyakit saya memang maag ? karena saya sudah usg tp hasilnya baik2 semuanya
2. apakah ada perbedaan obat paten sama generik, soalnya 2 mnggu pertma sya minum obat paten, karena mahall saya beralih k generik saja, mna yg bgus
3. apa perbedaan sakit maag dengan tifus ?

Untuk kasus maag diatas memang salah satu contoh sakit maag yang umum ditemui. Dimulai dari pH asam lambung yang tinggi dan berlangsung cukup sering, untuk itu pengobatannya dengan mengurangi keluarnya produksi asam lambung sehingga  diperlukan obat H2 antagonis seperti cimetidine, ranitidine, famotidine. H2 Antagonis is used  for decreasing the production of acid by these cells. Gambar diambil disini.

Selain itu terjadinya reflux dapat membuat penderita merasakan sangat nyeri menjalar dari ulu hari ke  tulang belakang, bahkan terasa nyeri jdijantung (seperti sakit jantung padahal tidak). Untuk itu dapat diberikan Proton pump inhibitor seperti Lansoprazole, Omeprazole, Pantoprazole. Selain itu untuk melindungi dinding lambung dari kerusakan dan rasa perih dapat diberikan mucosa protecta ( Sucarlfate, Rebamipide).

Jadi, apakah penyakitnya memang maag ? tentu saja. Pemeriksaan dengan USG bukan cara terbaik untuk mengobati maag tetapi dengan pemeriksaan ke dokter spesialis Gastroenterologi-Hepatologi (Sp.PD-KGEH). Pengobatan untuk penderita maag dengan mengurangi  produksi asam lambung yang berlebihan dan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat.

Mengenai pengobatan yang diberikan oleh doker sudah benar dan tepat. Jika biaya adalah faktor yang sulit, tentu saja saya merekomendasikan penggunaan obat generik. Dari segi mutu dan khasiat sama saja, tidak ada perbedaan dengan obat branded atau obat paten. Kan tidak maka mereknya toh?

Memang beberapa gejala penyakit maag dan tifus menunjukkan kesamaan tetapi keduanya adalah penyakit yang sangat sangat berbeda dari segi pengobatan, terapi penyembuhan dan pemilihan obat.

Pengobatan maag menggunakan pengobatan tunggal atau kombinasi dari beberapa jenis obat seperti golongan antacid, H2 anatagonis, Proton pump inhibitor, mucosa protecta, prostaglandin E, selektif antibiotik dan anxiolytics. Tetap sehat ya dan jaga kesehatan lambungmu 😀

Mengatasi Anak Yang Kelebihan Berat Badan

Anak saya 9 tahun dengan BB 40kg  dan tinggi 130cm termasuk anak yang obesitas. Apakah ada cara agar berat badannya normal namun tidak diet ketat karena masih usia pertumbuhan. Mohon jawaban. Terimakasih

Untuk anak dimasa pertumbuhan  memang tidak bisa dilakukan diet ketat karena masih dalam usia pertumbuhan tetapi kalo didiamkan maka akan semakin naik berat badan. Kelebihan berat badan akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang  dan  rasa percaya diri si anak.Gambar diambil disini.

Saran saya sebaiknya orang tua  mengajak anak untuk berobat ke dokter ahli gizi, dokter spesilalis Gizi klinik. Dokter spesialis gizi dapat membantu membuat program penurunan berat badan dan olah raga yang tepat sehingga anak biasa tetap tumbuh maksimal.

Selain itu sara saya agar anak juga memiliki aktivitas fisik yang dapat membakar kalori lebih baik seperti ikut futsal, sepakbola, berenang, aktivitas sport lainnya. Dia tidak merasa terbebani untuk menurunkan berat badan dan sekaligus membuatnya senang.

Orang tua juga harus ikut berperan untuk menjaga asupan makanan selama dirumah. Jangan pernah melarang anak untuk makan tetapi beri pengertian, semua makanan boleh dimakan tetapi porsinya tidak banyak. Makanlah dalam porsi kecil tetapi lebih sering (sehari 4-5 x sehari) dari pada makan hanya 2 x sehari.

Katakan pada anaknya, “Mama ingin kamu sehat dan energik!”, bukan mama ingin kamu  kurus dan ga boleh makan ini itu. Bila perlu ajari mengenai metabolisme tubuh, pencernaan, kerja jantung yang susah kalo kamu kelebihan berat badan. Tentunya dengan bahasa yag mudah dimengerti anak.

Semoga menjadi anak yang sehat 😀

Obat Mengecilkan Perut

Siapa yang tidak ingin punya perut sixpack? atau paling tidak rata dan tidak buncit. Semua pasti mau. Apakah ada obat untuk mengecilkan ukuran perut yang mulai buncit? tentu saja ada. Obat mengecilkan perut adalah dengan mengurangi porsi makan. Kok simple? memang simple tapi pelaksanaannya butuh kerja keras. Gambar diambil disini.

Barusan teman saya bilang dia itu sangat menikmati kalo lagi sakit diare, menurutnya itu adalah saat dimana tubuhnya akan kurus. Malahan ga diobati biar lama diarenya sampai berhenti sendiri. Memang sih langsung kurus tetapi 1-2 minggu setelah sembuh berat badan  langsung naik lagi. Wah, percuma dong.

Sebagai orang yang punya perut kaya papan, saya merasakan kunci tetap langsing karena bukan diet ketat tapi makan dalam jumlah sedikit dan tidak ngemil. Itu saja. Saya bahkan masih makan segalanya, Es krim literan, Sop kambing, Meat lover Pizza, Cheese cake,  Sate tongseng kambing dan gule. Saya sering menyebutnya “makanan penuh dosa” hehehe. Boleh sih tapi sedikit saja.

So, mulai sekarang makanlah dalam porsi kecil dan terbagi,  berhenti makan sebelum kenyang. Selamat makan 😀