Tips Mengobati Sariawan

sariawanKalo sedang sariawan rasanya tidak enak, mau senyum susah, mengunyah makanan sakit dan rasa perih. Minum vitamnin C 500mg sebenarnya sudah sangat membantu mempercepat kesembuhan luka. Jika ditanya penyebab sariawan karena apa? bisa karena sistem imun tubuh tidak seimbang, kebersihan rongga mulut, kegigit waktu makan, kejedot dan bengkak *curhat colongan*. Gambar diambil disini.

Jika sudah minum vitamin C tidak sembuh mungkinkah ada cara lain? bagaimana sebaiknya? Tenang saja, tips saya ga akan menyuruh pake obat yang rasanya perih, ada kok cara yang tidak menyiksa, yaitu:
1. Antiseptic
Jika sariawannya kecil, coba deh pake tablet lozanges Dequalinium Cl., sejenis tablet hisap yang berisi antiseptic (Degirol®, Decamedin®, SP Troches). Selain itu, kita bisa mengunakan obat kumur yang mengandung Povidone-Iodine., seperti Betadine® obat kumur,Orodin® spray, Neo Iodine® Gargle and mouthwash. Coba Garlin obat kumur hehehe. Manjur :D
Kalo sariawan atau gusimu bengkak coba deh pake Hexetidine + alcohol 9%, (Hexadol@ gargle mouthwash). Saya juga baru tahu hehehe, sudah dicoba dan terbukti oke .

2. Triamcinolone acetonide
Obat ini berbentuk salep yang dioleskan pada sariawan, namanya Kenalog in orabase®, Ketricin®. Beli diapotek juga ada kok, harganya sekitar 40.000-an. Obat ini cukup aman dipake dan dalam waktu 3 hari biasanya sudah membaik sariawannya.

Bila kamu sering mengalami sariawan, cobalah untuk selalu menjaga kesehatan rongga mulut. Ini bukan masalah rajin tidaknya mengosok gigi tapi imunitas yang tidak seimbang. Perhatikan kesehatanmu dan senyum sehat :D

Note: Sakit gigi atau sariawan akan mengurangi kegantenganmu loh :D

About these ads

90 thoughts on “Tips Mengobati Sariawan

  1. Gue lagi siyal nih. Pekan kemarin bibirku kejodot kepalanya Anya. Tempo hari sudah nyaris sembuh, eh.. malah kejedot lagi. Kalo sariawan karena kejedot sih nggak ada hubungannya dengan kekurangan vitamin C. iya, khan?

      • Bagaimana caranya beli obat-obatan yang dijual di Indonesia dari luar negeri? Saya tinggal di Belanda dan obat-obat sariawan seperti Ketricin, Albothyl (yang ternyata sebetulnya obat utk. kaum wanita…), obat bubuk Cina yang berwarna hijau dsb. tidak bisa ditemukan di apotek atau toko obat. Yang ada di Belanda hanya Pyralvex.

  2. tulisannya pas dgn kondisiku yg sedang kena sariawan :-)
    sudah lama tidak sembuh, akhirnya aku coba pake obat kumur antiseptic. eh, selang dua hari sudah bisa ketawa ketiwi…
    salam…

  3. yang kasian waktu anak saya masih belum umur 1 tahun kena sariawan gara-gara dotnya ndak bersih, seisi rumah dari pembantu sampe mertua saya omelin. ngobatinnya diolesin sampe pangkal lidah, duh…

  4. Duh q lg sariawan jg neh…Banyak amat penyakit d aq y…he..he..he…tp nyang jls mksh bgt tkng obat bersahaja…

  5. Thank buat infonya yah..
    Anak saya (3,5th) 3 hari sakit panas, saya kira giginya mau tumbuh. karena tangannya selalu dimasukan kemulut..
    ternyata sariawan..

    mau tanya, sariawanya yang bikin panas atau panasnya badannya yang bikin sariawan..?

    thanks yah

    • @ bukhory
      Karena anaknya sudah 3.5 tahun, boleh diberikan Kenalog.
      sariawan menyebabkan sianak jadi susah makan dan lemah. akibatnya si anak jadi sakit, yang paling wajar adalah badannya hangat.

      semoga cepet sembuh. terimakasih.

      • Thanks..infonya barusan sudah saya kasih kenalog..tapi sasah banget..apa ada trik khusus :)
        trus pemberiannya dosisnya gimana yah..
        agar tidak menggangu yang lain dijapri juga ga apa2

        thanks

      • mbak obat sariawan yg mynjur ap

        —————————————–

        Maksudnya obat yang tepat untuk mengobati sariawan.
        Semua obat tidak bisa disamaratakan karena jenis, luas dan penyebab sariawannya berbeda.

        Obat kumur terbukti cukup efektif untuk jenis sariawan ringan. Kalo sudah melebar sebaiknya berikan salep kenalog. Tks

    • selamat pagi Deste,

      mitos itu salah. Justru dengan dikasih kopi, sariawan akan semakin meradang. Lebih baik menjaga kesehatan rongga mulut dan diobati dengan pengobatan yang tepat.

      tips: kalo emang mau pake albothyl sebaiknya beberpa tetes albothyl dilarutkan dengan air lalu dioles di tempat sariawan. Gunyanya untuk mengurangi rasa perih.
      terimakasih

  6. saya lg sariawan nih,dah satu minggu ga sembuh2,dah pake albothyl ga ngaruh jg malah tmbh lebar dan bengkak…udah hisap vit C sama aj…please dunk kasih sarannya…udah tersiksa bgt nih…

  7. ada lagi resep untuk menyembuhkan sariawan, caranya ambil 1 saja cabai rawit merah yang matang di pohon lalu kunyah, memang terasa sangat perih sekali namun hanya sekali, setelah itu pasti sembuh.

    ======================================

    Wah, saya ga ikutan deh. Pake salep dari dokter aja hehehe
    Cabe mahal *dipentung*

  8. hai…anak gw 2,4 thn, di langit2 x..rewel baget sampe ngak mau bisa minum susux pake dot, katax sakit..apa yach bagusx obatx…tq

  9. saya sudah 3 minggu sariawan di lidah, minggu I posisi sariawan ada di lidah sebelah kiri (ada 5 titik putih), minggu II posisi sariawan menambah di lidah sebelah kanan (ada 2 titik putih), minggu III posisi sariawan menambah di lidah depan bagian bawah (ada 6 titik putih).. sy sudah ke dokter umum dan diberi obat kumur EFISOL liquid serta mendapat antibiotik.. karena tidak sabar sy jg coba obat kumur Betadine antiseptik, dan s/d saat ini tidak kunjung sembuh.. tolong bantuan informasinya.. dimanakah dokter spesialis mulut yang dapat mengobati sariawan yang saya alami ?.. tks

    ######

    Dear Torres,
    Kamu sekarang sedang mengalami peradangan.
    Efisol (kandungannya Dequalinium HCl) dan betadine sebenarnya berfungsi sama untuk local antiseptic.

    Saran saya coba pake krim kenalog in orabase yang dioleskan pada sariawan.
    Antibiotiknya harus tetap diminum dan dihabiskan.

    Mengkonsumsi vitamin C dan cukup buah dan serat akan mempercepat kesembuhan. Terimakasih

  10. masalah sariawan bukan karena masalah di mulut aja, katanya di pencernaan juga, mpe sekarang sariawan gw g sembuh2x dari tahun 2004an, ilang timbul trus di macem2x tempat, bagusnya apa tuh obatnya???

  11. gw minggu lalu ciuman sama cowok saya. saking nikmatnya bibir gw jadi sariawan, ciumannya lama kira2 1 jam….. jadi apa obat yang bagus untuk sariawan gw? tq

    ============================

    wow satu jam?? with kissing…
    Emang diapain sampai sariawan? *pentung-pentung*.

    kalo untuk mengobati sariawan itu pake obat kumur Hexetidine + alcohol 9%, ( mereknya Hexadol@ gargle mouthwash). atau beli di Apotek salep Kenalog in orabase® dioles ditempat sariawan. Cepet sembuh ya :D
    Salam buat pacarnya, cadas hehehe *dilempar scalpels 5*

  12. Saya cape, hampir tiap hr sariawan..sembuh bntr skt lg
    pa lg tiap sariawan pasti jerawatan juga, emang da hubunganny y..??
    Kadang2 jg dpangkal lidah da bintil2 lumayan besar2,so kl makan rasany ngeres
    Pa da penyakit laen selain sebutan sariawan..

  13. minum vitamin b kompleks dan vitamin c, jangan lupa obat kumur 2 X sehari sesudah gosok gigi, tetap makan supaya kondisi badan tetap fit kalau susah mengunyah nasi, bisa makan bubur, sayur, minum susu, dan buah . Jangan makan / minum terlalu dingin dan terlalu panas. Istirahat yang cukup dan untuk sementara waktu, jangan terlalu memikirkan permasalahan hidup. Enjoy sampai sariawan sembuh dan istirahat yang cukup.

    ===============================

    Terimakasih untuk saran dan masukkannya :D

  14. setiap minggu slalu sariawan. . .
    jadi rasanya sudah biasa. . tapi kadang sariawan pada saat2 penting. . jdi malez ngomong. . banyak pula. . di lidah 2 di bibir ad 3. . .dulu malah sariawan di pita suara gitu. . buat nelan air liur aja sakit nauzubilah. . .
    di kasih obat abotyil gx mempan,sampai ngiz. . .
    pernah juga tak buat kumur2 . . kepala cekot2. .
    udah pakek cara tradisional. . . pakek jruk pecel sgla di tempelin de sariawanq. . . jadi kyk orng strez. . .trus sempet cocok ma cooling 5. . tapi hanya sesaat. . habiz itu ya gx mempan . . sama kayak abotyil. . .
    padahal rajin sikat gigi lo . . .
    ap sariawan itu turunan yupz. . ???
    mungkin ad solusi

    ==================
    Coba deh berkumur dengan Garglin :D *bukan promosi loh* karena mengandung antiseptik Chlorhexidine Gluconate.
    Menurut saya, sistem pencernaanmu cukup sensitif. Sariawan artinya ada sesuatu dalam tubuhmu yang tidak seimbang. itu alarm tubuh. Jangan dianggap remeh.

    Coba deh, ganti gaya hidupmu dengan lebih sehat. Jangan makan makanan pedas, terlalu panas/dingin dua minggu ini. Perhatikan apa ada perubahan atau tidak.
    Rajin minum air bening ya….

  15. ibu tukang obat yg sepertinya bener2 bersahaja :)

    saya sudah beberapa hari ini radang tenggorokan. saya minum clavamox, rhinofed, dan bisolvon krn ada pilek dan batuk berdahaknya juga. stlh 3 hari bukannya sembuh malah suara saya hilang… saya tambah dengan tablet hisap efisol dgnkandungan dequalinium cl 0.25mg. setiap habis hisap efisol, tenggorokan saya rasa perih. tapi setelah beberapa saat, agak enak.

    saya bs teruskan terapi ini sampai berapa lama ya? takut keterusan nih soalnya udah 5 harian dan belum membaik…

    trims :)

  16. 1 minggu sariawan ga sembuh2..ALBOTHYL tidak ampuh, malahan saya tempelakn vit.c tablet hisap di spot yg radang.. sariawan tak kunjung sembuh T_T

    memang kalau sariwan tidak boleh makan pedas? bukan-nya biar cepat sembuh yah?

    thx

  17. aku sekarang sariawan di lidah sebelah kanan, juga di atas dan bawah gigi geraham paling belakang, juga lagi di sekitarnya atau di tenggorokan sebelah kanan, buat nelen ludah aja sakit, mau maem males krn sakit.

    Please dong obatnya pa?
    Makasih

  18. Mau tanya nih, akibat dr sariawan datangnya rutin setiap bulan apa ya? saya setiap akhir bulan pasti sariawan tp tempatnya berpindah pindah, jd segan kalau ngehadapi akhir bulan T_T

    =====================================
    Coba deh kamu rajin mengkonsumsi vitamin C 60mg perhari. Beli aja vitamin C IPI, harganya ga terlalu mahal.
    Sama satu lagi kurangi makanan yang terlalu pedas dan asam. terimakasih.

  19. *Numpang lewat + numpang curhat *

    Aku tu sueriingg (saking seringnya) bgd sariawan. Sampe mama aku tu prihatin,jd tiap sariawan d bawa ke dokter.
    Dari beberapa x periksa macem macem obat yg aku minum.
    Aku uda pernah d kasih Kenalog,menurut ku tu kalo d pake rasanya d bibir jadi tebel.
    Aku juga uda pernah nyoba albotil (abis beli albotil malah di marahin sama mama ku,gara” katanya albotil tu juga buat vagina)
    pake albotil jg gk ngefek,tambah lebar iya.
    Yang paling sering aku pake kalo sariawan tu obat bubuk (kaya ramuan cina gtu) d tempelin d sariawan nya. Gk perih,cm kaya kalo makan permen mint. Sekali dua kali pake trz enakan.
    Oya,terakhir aku d kasih ketricin. Tp msh blm terbukti,cz belum sembuh c.
    Aku jg d saranin d0kter buat pke obat kumur Menosep (gatau tulisane gmn cz ngasih tau ne lewat tlpn). Tp aku cariin d ap0tek” gk ada. .

    kalo menurut sista,yg paling manjur buat sariawan ap. ?
    kalo d kasih garam tu bisa gk c. ?

    =========================

    Miss Coco,

    sepertinya jawabannya cukup panjang. Saya buatkan postingan saja untuk memudahkan.
    terimakasih.

  20. mba minta tipsnya ya, anakku 19 bulan kena sariawan di lidah depan, minum susu aja udah kesakitan, mesti gm nih..?tolong bantu ya…tks

    =====================================

    Coba dikasih Kenalog ora base. Seperti cream yang dioles dilidah. Aman kok.
    makannya dijaga jangan dan mudah dicerna.

    kalo sudah tahu cara berkumur, coba aja pake obat kumur yang tersedia diapotek. terimakasih

  21. duhhh aq sariawan nichh gara” aq gosok giginya terlalu semangat….
    gmn donk sembuhinya cz aq dah coba minum vitamin c ehhh malahhh jd besar sariawannya tz rasa sakit nya bkn sariawannya aja malahh gigi n bibir aq jd linu….
    aduucchhh tolong donkk !!!
    sengsara bngt nichhh

    ==============================

    belilah ke apotek obat kumur atau dioles dengan salep Kenalog ora base. terimakasih

  22. huaahh.. sembuh berkat abothyl.. bye2 sariawan.. thanks buat sarannya mba rina.. ^^

    =========================

    sama-sama
    senang bisa membantu :D

    • emang gk perih jo ?

      =================
      sedikit sih,

      utnuk menurangi perih pake Albotyl harus dicampur dengan air kemudian ditetes Albothyl beberapa tetes.

  23. Gw sring bgt sariawan dr TK ampek skrg dah lu2s kuliah,,sekali sariawan pernah ampek 15,skrg lg sariawan 7..aboltil,ketricin udah dicoba,pertamax manjur,tp stl itu rasax dah gag ngefek?da solusi?trimz..

    ==============================

    wah, kayanya kalo keseringan ada yang tidak seimbang dalam tubuh.
    mngkin kurang vitamin tertentu. perhatikan pola makan dan hidup lebih sehat. terimakasih

  24. yaampun hey hoo , tolong dong aku lgi sariawan nih ckck* udah kesiksa bangeeeet , gede bangettt sariawan nya sampe jontor bibir ku , aku takut kalo pake albothyl , takut perih nya itu lho , dulu pernah soalnyaaaa . tapi sakit nya naujubilaaaaaah ..selain pake albothyl pake apa lagi yah yg gk perih dan bisa dalam jangka waktu yg cukup cepat ??

    thxxxxxxxxx

  25. udah 3 hr sariawannya banyak banget, dr bibir, di bawah lidah juga ada beberapa titik, jdnya susah bgt makan dan bicara. selama ini udh d kasi albothyl dan minum enervon c, trus cap kaki tiga, trus adem sari, tp sampe hr ini ga hilang2.. gm yah

    ==================================

    coba pake Kenalog Orabase. bentuknya salep yang dioles ditempat sariawannya.
    Beli di Apotek dan jaga pola makan ya. jauhi pedas, asam dan panas.
    semoga cepat sembuh.

  26. kalo sariawan dilidah bisa pake albothyl ngak????

    ==========================

    Boleh aja sih pake Albothyl tetapi agak perih :(
    kalo dilidah pake salep Kenalog ora base aja.
    Beli di Apotek terdekat. terimakasih

  27. Minum saja susu kambing, selain nikmat juga sangat manjur untuk sariawan dan aneka khasiat untuk obat lainnya. Pengalaman anak saya, dah keluar duit banyak untuk dokter dan obat, ee… hanya dengan 25 ribu untuk satu botol susu kambing, 1 gelas saja, anakku dah rame.. pertanda sembuhnya

    ====================================

    saya belum pernah nyobain susu kambing.
    semoga ga bau kambing waktu diminum hehehe

  28. salam

    saya ada kena sariawan dilidah buayakkk abiz,,,saya bingung mau kasi obt apa soalx saya sudah cb berbagai macam obt tp gak sebuh2 jg…tolong solusix??

    ==============================

    Dear Wulan,

    Apakah obat yang saya sebutkan diatas sudah pernah dicoba?
    Biasanya sariwan di lidah sangat tidak nyaman.

    Sariawan timbul karena kurang vitamin B, stress/ kecapekan, sikat gigi yang ganas, kegigit, kebersihan rongga mulut, infeksi, dll.
    Biasanya sih pake, salep yang dioleskan dilidah seperti Kenalog Ora base, atau salep lainnya.
    Bisa jug adengan obat kumur atau obat semprot.

    Kenapa bisa banyak ya? mungkin karena imunitas tubuh sedang rendah.
    Perhatikan pola makan dan banyak minum air bening.
    Bila perlu kamu ke dokter mulut dan gigi.
    terimakasih

  29. mbak Rina, saya ini juga termasuk penggemar sariawan. Rasanya ada yang nggak lengkap kalau sehari saja tanpa sariawan. Macam2 obat mulai dari albotyl, serbuk obat cina warna hijau, candistatin tetes maupun nystatin tablet sdh saya coba. Kenalog dan obat kumur juga sudah, tp kenapa kok sariawan masih begitu sayang sama saya ya? Belum hilang satu pasti sudah nongol adik-adiknya yang lain. sekarang di lidah saya nangkring 3 buah sariawan dan di gusi ada 2. Umur sariawan saya rata2 2 minggu. Apa kira2 mereka ini ad hubungannya dengan pemakaian berotec spray? karena saya juga punya asma. Mohon tanggapannya dan terima kasih sebelumnya.

    ===============================================

    Sariawan yang kamu derita cukup komplek. Memang benar obat yang diminum ga bakalan sembuh. There is something unbalance in your body.
    Sepertinya ini Bukan sariwan kelas ringan mungkin sudah tergolong ulcer mayor atau ulcer herpestik.

    Apa yang kamu alami mirip seperti postingan saya disini:

    http://tukangobatbersahaja.com/2010/05/14/curhat-tips-mengobati-sariawan/

    Siahkan dibaca dan dicermati, bila perlu baca sumbernya dari mas wikipedia disini:

    http://en.wikipedia.org/wiki/Aphthous_ulcer

    Rangkumannya:
    cara terbaik menghindari dari sariawan adalah dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan berkumur dengan obat kumur diatas. Jika terlalu sering sariawan berarti adalah tanda alarm tubuh ada yang tidak balance dengan tubuh. Mungkin saja terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas dan asam… please check.

    Penyebab tidak sembuh karena ada physical trauma, stress, lack of sleep, sudden weight loss, food allergies, immune system reactions and deficiencies in vitamin B12, iron, and folic acid.

    Mungkinkah kamu sedang stress atau bisa saja kekurangan vitamin atau mineral tertentu seperti kekurangan vitamin B12, iron, folic acid atau Zinc (sumber disini). Ga ada salahnya mengkonsumsi multivitamin tersebut. Terimkasih

  30. Wah ini artikel yang saya cari thanks informasinya, karena sangat berguna sekali buat saya, karena saya sering sekali panas dalam atau sariawan dimulut. dan itu sangat menyiksa sekali untuk saya.

    Cuma gara-gara makan kegigit langsung deh sariawan dan panas dalam dimulut……padahal tuh sariawan baru aja sembuh ehh kok muncul lagi gara-gara makan kegigit.

    Dah diobatin dan makan tablet hisap vitamin C ya kok masih lom sembuh juga……hehehehehehe salam kenal

    ============================================

    semoga tips dari saya dilakukan dan coba aja salep kenalog orabase.
    cepet sembuh ya.

  31. anak saya 13 tahun seringkali kena sakit tenggorokan disusul dengan sariawan, sekarang dia lagi sariawan yg byk banget sampai lebih dari 10 titik. Dia konsumsi depakene sudah 13 bulan, yg saya baca di internet obat ini menekan jumlah leucocyt apa itu yg bikin dia sering sakit. sekarang saya kasih albothyl tapi kasihan juga karena perih bgt. Bagaimana jalan keluarnya ya dok? terima kasih

    —————————————–

    Dear ibu Novi,

    Sungguh saya terkejut baca pertanyaan ini.
    Masih 13 tahun sudah mengkonsumsi Depakene. Ini adalah obat untuk anticonvulsant dan neuropatic pain, seperti seizures.
    Semoga ibu dan anak tetap kuat ya.

    Depakene isinya Valproic acid yang bekerja untukuntuk treatment of simplex and kompleks absence seizures (spt kejang, saraf, nuerolog, utk lebih tenang).sehingga tidak ada hubungan dgn leococyt.

    Jika sering sariawan dan radang tenggorokan, sebaiknya ibu rajin mengkonsumsi antioksdian agar tubuhnya ga gampang capek, seperti Vitamin A, C dan E. Berkumur dgn Garglin mouthwash atau Salep Kenalog ora base semoga bisa membantu mengurangi sariawan dan radang tenggorokan. Terimakasih.

  32. Salam…

    Umur saya 21 tahun, 4 hari lalu saya terkena radang tenggorokan…. habis itu disusul dengan sariawan yang jumlahnya sampai 11 titik… ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari saya. sampai tidur kurang nyenyak…

    Nah pertanyaan saya bila jumlah sariawan sebanyak ini (11 titik) penyebabnya apa ya? dan Obat apa yang bagus untuk mengobatinya?

    ================================================

    Menurut saya kenapa sariawannya muncul banyak banget itu karena daya tahan Tegar sedang menurun.
    Obat untuk radang tenggorokannya dihabiskan ya, terutama antibiotiknya biar tidak resisten.

    Untuk meningkatkan daya tahan tubuh coba tegar minum CDR Fortes 2 kali sehari selama seminggu ini biar cepet pulih.
    Untuk mengurangi nyeri sariawannya beli di apotek kenalog ora base, caranya salepnya diolesin ditempat yang kesana sariawan (11 titik).
    Ubah pola makan menjadi lebih sehat, kurangi makanan pedas, asam, panas, berlemak. Semoga cepet sembuh ya.

    Terima Kasih.

  33. hmm … kirain cuma saya aja yang mengalami seperti ini
    karna hampir 1 minggu sekali, pasti saya terkena sariawan
    entah itu karna tergigit saat makan, atau penyebab lainnya
    tapi untuk penyakit kecil seperti sariawan, apakah bisa melebar menjadi penyakit yg lebih parah sist?
    jadwal sehari-hari saya juga sangat padat, hampir setiap hari saya tidur hanya 5jam
    apa itu juga salah satu penyebab sariawan?

    ==============================================

    Saya sih menyarankan Aurora meningkatakan daya tahan tubuh dengan baik. Minum vitamin C 500mg biar badan tetap fit.
    Jangan menganggap remeh sariawan, kenali dengan seksama. Tubuh tidak bisa bersuara kalo badannya sakit, dia menunjukkan alarm dengan gejala-gejala umum seperti panas, batuk, sariawan, bau badan, pegal.

    Saya peduli padamu tetapi saya berharap kamu juga menyayangi tubuhmu. Perlakukan secara baik dan dirawat.
    Makan teratur, istirahat cukup dan olahraga teratur. Terimakasih

  34. mbak mau tanya saya umur 21, lidah saya sakit pada bagian atas bentuknya kayak jerawat kecil apa itu sariawan atau tidak ya..jika betul sariawan di lidah, obati biar ilang yang berbentuk jerawat itu pakai apa ya mbak? terimakasih

    ==================================================

    Sariawan di lidah? sebaiknya coba dengan obat antiinflamasi serta diolesin salep Triamcinolone :D

  35. Pingback: Tips Cara Mengobati Sariawan Tips Kesehatan Wanita

  36. kalo pake salep, kira” perih gag rasanya wktu di,olesin??

    ====================================

    Tidak ada rasa sakit dan perih.
    Saya merekomendasi salep Triamcinolone tersebut. Terimakasih

    • Sy mengalami sariawan berat sampai sampai demam

      Lidah sy juga ada sariawanya dibibir besar tapi sy sudah ke dokter
      Dan di beri salep ketricin
      Sama di kasih obat antibiotiknya

      Apa salep ketricin bisa menyembuhkan sy ?

  37. ujtuk anak 3,5 tahun dan 1,5 tahun apakan bisa memakai kenalog?????

    =======================================================

    Untuk anak diatas 2 tahun boleh digunakan.
    Kenalog mengandung bahan aktif Triamcinolone acetonide.Penggunaannya dengan dioleskan 2 x sehari dibagian yang terkena lesi sariawan. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

  38. selamat pagi….ib
    perkenankan saya tuk menyampaikan keluhan penyakit sariawan yang menjengkel kan bu, saya sering sekali kena penyakit sariawan malahan yang satu blm sembuh di tambah lagi yang lainnya kadang2 di mulut itu ada 3-4 sariawan yang sangat menyiksa saya sampai2 karana sakitnnya naik ke kepala bu jadi mohon imponnya bu ya saya harus seperti apa? dan obatnnya harus pake apa?

  39. Pingback: Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat | Caramanfaat.net

  40. Pingback: Cara Cepat Mengobati Sariawan | Caramanfaat.net

  41. Pingback: Cara Cepat Mengobati Sariawan | Caramanfaat.net

  42. Pingback: Cara Mengobati Sariawan Di Lidah | Caramanfaat.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s