Ketergantungan Dengan Obat Pencahar

prescription

Sekarang umur saya 22 tahun. saya mengalami susah BAB dari SMP. saat itu ketika BAB saya selalu sakit, perih di dubur. Akhirnya saya mencoba minum larutan garam inggris, tapi karena tidak tahan terlalu pahit, saya coba ganti minum Dulcolax. selain Dulcolax, saya juga pernah rutin konsumsi vegeta, yakult, teh daun jati cina, custodiol, dll.

Dua tahun yang lalu saya berkonsultasi ke dokter spesialis bedah, dokter bilang mukosa usus saya tidak berfungsi dengan baik lagi karena sudah terlalu lama ketergantungan dengan obat-obatan pencahar, berdasarkan hasil rontgen ukuran usus saya sudah tidak normal, dokter menyarankan saya untuk operasi. saya tidak setuju operasi seperti itu.

Akhirnya saya sampai sekarang (kurang lebih 10 tahun-dari SMP) masih tetap mengkonsumsi obat pencahar. sekarang pun sudah mulai tidak bereaksi dengan obat-obat seperti dulcolax itu. saya sudah coba ikuti saran dari dokter dan teman-teman, saya rutin olahraga dan rutin konsumsi sayuran dan buah-buahan tapi tidak ada hasilnya. Saya bingung harus bagaimana lagi..

Saya selalu menyarankan bagi siapa saja yang susah buang air besar jangan langsung minum obat pencahar karena hal itu hanya mengatasi masalah sementara saja. Efek lain yang akan terjadi baru kelihat setelah tahun-tahun kedepan. Aturlah pola hidup dan pola makan yang benar. Cukupi kebutuhan air minum, rajin berolah raga dan makan buah-buahan segar sperti pepaya, pisang, mangga. Pilihlah buah lokal saja yang terjangkau.

Seperti yang dialami oleh penanya diatas jika sudah jadi ketergantungan dengan obat pencahar maka usus menjadi malas atau tidak terbiasa untuk bekerja keras karena sudah terbiasa dibantu dengan obat pencahar. Saran saya segera konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam bidang spesialisasi Gastroenterologi dan Hepatologi. Dokternya yang ada gelarnya SpPD, KGEH.

Spesialis Gastroenterologi adalah suatu ilmu tersendiri yang mengajarkan untuk mendiagnosa penyakit disaluran cerna. Artinya mulai dari makanan yang kita makan, masuk ke perut, usus sampai keluar menjadi feses (pup).

Dokter tersebut yang akan memberikan rekomendasi cara terapi penyembuhan yang paling tepat untuk keadaan seperti diatas. Tentunya tidak bisa 1-2 hari langsung sembuh dan bisa buang air besar normal, perlu proses dan kepatuhan dari pasien untuk mau berubah dan berkomitmen penuh untuk meninggalkan kebiasaan lama.

BSegeralah berobat dan tidak ada kata terlambat untuk memperoleh kesembuhan. Setiap penyakit dapat disembuhkan asalkan ditangani sejak dini. Kalo tidak sekarang kapan lagi.

 

Susah BAB Tapi Tidak Tahu Solusinya

combo-new-orleans

Mbak, saya itu orangnya susah BAB, paling lancar ya 2-3 hari sekali bisa keluar BAB nya, itupun kalo pagi2 sempet olahraga lari2 kecil sebelum sarapan. Masalahnya jarang sempet olahraganya hehehe

kondisi kesehatan saya:
a. saya punya penyakit maag, pernah dikasi lansoprazole juga sama dokter (kalo gasalah, itu buat usus bukan mbak?) nah ada hubungannya gak ya mbak?
b. saya suka minum madu mbak. padahal katanya madu baik utk pencernaan. -saya jarang makan sayur (padahal suka T.T) maklum anak kos ūüôā
c. saya ga suka buah mbak  cuma doyan pisang sama jeruk aja.
d. saya ga bisa gemuk T.T cacingan juga nggak kok tapi. ada hubungannya gak ya kira2? saat ini umur saya 20-an, bb 40 tinggi 150cm… badan saya emang pendek, keturunan. Jadi mbak, solusinya gimana ya? apa beli enzim atau vegeblend aja? pengen nyoba yogurt, tapi takut lambung ga kuat hehehe. Tks

Pertanyaan diatas membuat saya tergelitik untuk mengangkatnya dalam postingan minggu ini. Mungkin banyak yang mengalami hal seperti diatas, sudah tahu susah buang air besar dan sebenarnya juga sudah tahu solusinya tetapi berusaha mencari jalan lain yang instan yang sudah tahu hasilnya tidak akan memuaskan.

Pada dasarnya untuk sembuh dari susah buang air besar sangat mudah, jawabannya perbaiki pola makan dan pola hidupmu. Pertama mulai sekarang rajinlah unutk berolah raga. Itu hukunya wajib. Tidak perlu ke gym dan pusat ke buagar yang berbiaya tinggi. Cukup jalan kaki rutin setiap pagi. Satu tips dari saya, biasakanlah jalan kemanapun kamu sempat. Bisa dari rumah kost menuju kampus, dari parkiran mobil ke kantor, menuju halte terdekat, berangkat 15 menit pagi untuk jalan kaki (hemat ongkos ojeklah). Diawal memang terasa berat banget, keringetanlah tetapi hasil yang didapat adalah sehat dan hugar.

Siapa bilang untuk menjadikan pola hidup sehat harus mahal. Pilihlah makanan sehat yang sesuai bujet. Tidak perlu beli sayuran organik yang mahal jika tidak ada bujet. Pilihlah yang sesuai kebutuhan.  Sayuran yang sehat tersedia limpah ruah dipasar pagi. Sayuran juga ga mahal. Beli berbagai varian sayuran ditambah juga  kacang-kacangan (merah, hijau) baik untuk kesehatan.

Buahnya tentu tidak perlu anggur, pear, kiwi, apel australia yang mahalnya selangit. Cukup pepaya, pisang, jambu, mangga. Sekilonya hanya 8-10 ribu saja.  Beli aja di pasar induk.

So, tidak perlu minum obat ini itu agar bisa BAB lancar nati malah ketergantungan, mulailah dengan makan dan minum dengan benar. Oh iya, saya juga kurus so what gitu loh? yang penting sehat dan kuat. Saya selalu jalan terus setiap hari. Buat apa gemuk kalo sakitan. Terimakasih

Mengatasi Ambeien dan BAB Berdarah

Saya sudah pernah membahas mengatasi¬† Buang Air Besar Tidak Lancar dan menjelaskan obat-obat apa saja yang berhubungan dengan Obat Susah Buang Air Besar namun saya berharap tulisan ini bermanfaat, terlebih untuk Ellys yang “special request” untuk menjadikan pertanyaannya dalam postingan hehehe.

Salam kenal dari saya sebelum nya, saya adalah pembaca setia blog Kakak. Ada yang mau saya konsultasikan kepada Kakak mengenai sakit yang saya alami.
Begini Kak, saya ada masalah dengan BAB, mungkin karena keras n susah keluar sampai2 keluar darah, bener ga klao sakit saya ini namanya  Ambein ( bener ga seh cara nulis ny, maaf ya klao salah ).
adakah obat, baik itu yang tradisional / modern untuk menyembuhkan n melancarkan BAB ??
-Ellys-

Saya yakin, tidak¬† hanya Ellys yang pernah mengalami hal ini, saat defekasi *pup* kita mengeluarkan zat-zat yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Terkadang “massa” pup agak keras, akibat gerakan daya dorong oleh usus besar yang kuat maka pergesekan dinding yang tidak terlumasi itu membuat gesekan berlebih sehingga akibatnya didnding berdarah.

toiletBiasanya saat mengetahui pup nya berdarah pasti langsung khawatir. Benar? pastilah. Sebenarnya jika pup kita wajar, tidak keras dan normal lalu berdarah itu baru tidak wajar, namun jika pup kita keras kaya batu, ngedeh, terus nggak keluar-keluar, atau keluarnya dikit-dikit keras kaya tanah liat… well, gerakkan pemaksaan mendorong itu menyebabkan hilangnya elastisitas dinding sehingga mudah berdarah.

Bagaimana Mengatasi BAB yang keras?  bisa-bisa jadi BAB berdarah.

Continue reading “Mengatasi Ambeien dan BAB Berdarah”

Buang Air Besar Tidak Lancar

Meski saya sakit  agaknya hal itu tidak membuat inbox saya kosong dari pertanyaan seputar obat. Maaf buat teman-teman yang pertanyaannya belum sempat saya jawab. Berhubung beberapa temen mengalami hal serupa, ga ada salahnya saya ulas saja pertanyaan. *simak pertanyaan mbak Vera*

aku umurnya 24 thn‚Ķcewek. aku dak isa BAB secara lancar. sejarahnya seperti ini, dulu aku pingin kurus sehingga sering minum obat ‚Äúherbalax‚ÄĚ selama hampir 1 thn lebih (tiap hari selalu minum).
kemudian 1 thn yg lalu saya memutuskan untuk berhenti. namun akibatnya saya mengalami kesulitan untuk BAB sampai sekarang sehingga terkadang 2-3 hari sekali saya minum dulcolax. kalo tidak minum bisa susah BAB ato BAB tidak tuntas…perut tetap terasa penuh, kembung…
minum udah banyak, makan buah jg sudah.. namun ya saya makannya tidak teratur..kadang 1 hari 2 kali ato kalo tdk sempat ya 1 hari 1 kali… mungkin ada yg bisa kasi solusi?

Bentuk tubuh langsing menggoda memang idaman semua wanita hehehe tapi terkadang keinginan untuk ingin kurus instant malah membuat masalah yang baru. Masalah yang paling mudah timbul adalah masalah gangguan pencernaan.

Untuk semua yang memiliki masalah seperti ini, ingatlah bahwa tubuh itu beradaptasi dengan keadaan. Jika selama setahun mengkonsumsi ramuan atau obat pelangsing maka didalam tubuh (diusus) akan beradaptasi juga  mengeluarkan  lebih banyak cairan dalam feses. jika berhenti total maka ritme tubuh yang sudah berubah tadi mengalami perubahan  (usus menjadi lebih banyak menyerap cairan dalam feses) sehingga timbul gejala konstipasi/ susah buang besar.

Minum Dulcolax memang berfungsi sebangai pencahar untuk mempermudah keluarnya feses tapi ingat loh, ini hanya sementara.  Jika ingin mengetahui solusinya adalah perubahan gaya hidup atau life style. Jika tubuh sudah mengalami adaptasi lama maka tubuh perlu waktu untuk pola adaptasi yang baru.

Meski kelihatannya klise tapi ini adalah solusi pasti. mengubah cara pandang kita. Makan makanan yang sehat, minum air putih, berolah raga, istirahat, semua teratur. Saya ingin makan agar saya sehat bukan ” kalo saya makan nanti saya gemuk”. perhatikanlah kecukupan kalori dan perbanyak makan sayuran.