Belajar Mengobati Sakit Maag (bag II)

Seperti tulisan saya terdahulu disini, tidak semua sakit maag dapat diatasi dengan golongan antasida (seperti minum Mylanta, promag biasa) tetapi ada beberapa golongan lain seperti H2 Antagonis/ H2 Blokers dan Proton Pump Inhibitor serta  obat tambahan lainnya seperti Sucralfate, Rebamipide, Fucoidan. Biar tidak terlalu texbook kaya kuliahan, saya langsung pada aplikasinya saja. Gambar diambil disini.

1. Nyeri Lambung pake antasida = seperti mylanta, promag biasa ( isinya Al(OH)2, Mg(OH)2, Simetikon)
2. Nyeri Esofagus (nyeri ulu hati disatu titik) bisa pake H2 Antagonis = seperti Ranitidine, Famotidine.
3. Nyeri Usus halus (duodenum/intestine) pake Proton Pump Inhibitor = seperti Lanzoprazole, Omeprazole, Pantoprazole.
Quote ini harus dicatat dan diingat ya!.

Ada beberapa hal dasar yang harus diketahui. Pertama, mengapa obat golongan Proton Pump Inhibitor (PPi) mengobati hanya di usus halus? karena obat golongan PPI  berbentuk coated (disalut) agar tidak pecah di asam lambung melainkan baru akan pecah obatnya diusus halus, jadi obat ini tidak boleh digerus. Continue reading “Belajar Mengobati Sakit Maag (bag II)”

Belajar Mengobati Sakit Maag

Banyak orang yang menderita sakit maag dan sudah beli obat warung tapi kok ga sembuh-sembuh. kenapa ya? mau tahu jawabanya…… ga ada salahnya kalo saya sedikit berbagi rahasia bagaimana mengurangi derita sakit maag *bisa langsung jadi pak mantri hehehe*

kalo ada yang tanya apa sih yang menyebabkan sakit maag?
ini jawabannya: Infeksi bacteri Helicobacter pylory, Hipersekresi asam lambung, Pola makan yang salah, Stress berlebih, Genetik, Efek samping obat, seperti obat NSAID dan kortikosteroid. Jadi sekarang tahu kan kalo habis diputusin pacar terus sakit maag tahu kenapa atau sudah tahu kan ada bakteri Heli guk-guk.

Bagaimana sembuhin sakit maag saya? tolong dong, please, help me…
ini jawabannya: pertama tentukan dulu sumber rasa sakitnya. segera tanyakan dimana letak sakitnya, kalo dia dapat menunjuk dengan telunjuk tempat yang sakit berati kena duodenal ulcer, sementara kalo sakitnya semua perut rasanya sakit itu berarti kenal gastric ulcer.

kalo gitu sekarang kasih tahu dong obatnya?
ini jawabannya: obat gangguan saluran pencernaan terbagi menjadi beberapa bagian, saya jelasin dua yang umum aja hehehe *gaya pak matri mode on*.
Minum aja golongan Antasida.
obat ini gunanya biar asam labung langsung turun dalam sekejap. kalo misalnya perut kita mules dan seperti di iris-iris, coba deh minum obat golongan antasid ini. kerjanya cepet menetralkan asam lambung sehingga normal kembali. nih saya kasih tahu resepnya:
R/ Aluminium Hidroksida
Magnesium hidoksida
Simetikon

saya beli dimana?
beli adadi warung obat, semua obat yang saya sebutkan isinya sama cuma berbeda kandungan miligramnya. bisa milih ada yang bentuk tablet atau sirup. obatnya Mylanta® ,Promag®, Polysilane®, Sanmag®, Magasida®, Magtasid®. *maaf bukan ngiklan obat maag, di buku saya ada 44 merek*

Obat maag golongan antasida ini sangat banyak di warung dan toko obat, karena obat ini adalah obat bebas jadi siapa saja dapat membelinya tanpa resep dokter. sekedar kasih tahu kalo penderita gangguan saluran pencernaan seperti maag ini omsetnya luar biasa hehhehe. mungkin karena orang indonesia banyak makan pedas, stress, dll.

Umumnya penderita maag dapat diobati dengan Golongan Antasida, karena bekerja cepat untuk menetralkan asam lambung. Makanya jika pH lambung terlalu asam akan dinetrlisir dengan antasid.

note: Selain Golongan Antasid ada golongan penghambat sekresi asam lambung. Untuk lebih jelasnya ada dipostingan selanjutnya ya…