Ini obat Apa?

Mbak, Mau tanya obat Lansoprazole itu obat buat apa? trus cara minumnya gimana? boleh ga buat ibu hamil. Mohon infonya. Makasih.

Pertanyaan diatas sering sekali ditanyakan kepada saya, bukan hanya Lansoprazole tetapi banyak nama-nama obat, bahkan nama obat yang baru saya dengar. Tentu dengan senang hati saya akan menjawabnya. Namun jika saya sedang sibuk ada baiknya saya kasih tahu dimana sih informasi saya mencarinya. Simak deh rahasianya. Bukan promosi website.

Ini dia, segeralah buka google dan ketik mims.com. Pilih yang negaranya Indonesia. Kalo report klik aja disini. Setelah itu akan keluar  gambar seperti dibawah ini.

Mims [dot] com

Kemudian kita ketik nama obat yang kita inginkan seperti “Lansoprazole”. Terkadang langsung terlihat informasinya namun jika informasinya tidak keluar dan diminta untuk sign in sebaiknya buat account dulu. Sebentar kok untuk buatnya. Setelah itu kita Sign In kembali dan masukan nama obat yang kita inginkan, seperti dibawah ini :

Lansoprazole 2

Lalu akan muncul semua informasi mengenai obat Lansoprazole. Mulai dari mekanisme kerja, onset, duration, farmakokinetik, distribution, Mims Class, sampai merek-merek apa saja yang beredar di Indonesia.

Saya tahu ini mungkin sulit untuk dipahami karena informasi diatas hanya dimengerti oleh oleh farmasis atau dokter. Untuk orang awam sebaiknya lihat saja di “Available Brands” saja. Saya ambil contoh acak Lancid buatan Kalbe Farma. Klik saja kemudian akan keluar informasi seperti ini :

Lansoprazole 1

Langsung ketahuan semua informasinya. Jika masih tidak tahu artinya bisa googling satu per satu katanya.  Ohh, ternyata Lasoprazole itu buat sakit maag karena asam lambung, duodenal dan GERD.

Selain itu kita juga tahu dosis pemakaian, aturan pakai yang benar dari Lansoprazole juga kategori obatnya apakah boleh atau tidak dikonsumsi untuk ibu hamil. Informasi Lansoprazole sebagi berikut :

Dosis : (jadi tahu kalo untuk GERD 30 mg diminum selama 4 minggu)
Duodenal ulcer 30 mg once daily for 4 wk. Benign gastric ulcer 30 mg once daily for 8 wk. Reflux oesophagitis 30 mg once daily for 4 wk.

Aturan Pemakaian : (harus diminum ketika perut kosong atau sebelum makan)
Should be taken on an empty stomach: Take in the morning before meals.

Pregnancy Category B: (Artinya Kategori B aman untuk ibu hamil)
Either animal-reproduction studies have not demonstrated a foetal risk but there are no controlled studies in pregnant women or animal-reproduction studies have shown an adverse effect (other than a decrease in fertility) that was not confirmed in controlled studies in women in the 1st trimester (and there is no evidence of a risk in later trimesters).

Kalo mau tahu lebih banyak tentang nama-nama obat lain kamu bisa cek sendiri ke website tersebut. Sangat berguna dan tidak perlu menunggu lama untuk segera tahu informasinya. Ayo buruan cari tahu tentang pengobatannmu.  Kalo masih binggung boleh tanya kembali. Terima kasih semoga bermanfaat

YKI: Benjolan di Payudara

Rasanya berat bagi saya untuk menulis postingan ini. Bila biasanya saya menulis dan menjelaskan tentang penyakit orang lain, kali ini subyek yang akan dibahas disini adalah kisah saya sendiri. Saya memang seorang farmasis/apoteker, tetapi sama seperti orang lain, saya bisa menderita sakit. Saya juga masih merasakan deg-degan setiap kali ke dokter. Kali ini, diagnosis yang saya dapat memang cukup membuat resah.

Pada awalnya saya merasakan ada benjolan  kecil di payudara sebelah kiri. Saya kira ini hanya masalah hormonal biasa, tapi lama kelamaan benjolan ini kian terasa mengganggu. Setelah beberapa lama, akhirnya saya memutuskan untuk mencari pengobatan. Saya sih tahu ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk melakukan pengobatan, tetapi harganya lumayan mahal. Saya ingin mencari tempat yang pelayanannya baik dan harganya terjangkau, tapi dimana ya? Setelah mencari tahu di Mbah Google dan Mas Wikipedia, akhirnya saya mendapatkan informasi yang cukup mencerahkan.

Continue reading “YKI: Benjolan di Payudara”

Pengobatan Schizophrenia: Kombinasi CPZ HLD THP

Pada tulisan saya terdahulu mengenai Pengobatan Schizophrenia telah mendapat respon yang baik. Rasanya bahagia dapat  membantu  sesama lewat tulisan saya untuk pasien dengan kebutuhan khusus. Saya tahu masih banyak yang lebih kompeten dari saya mengenai pengobatan ini namun izinkan saya untuk berbagi dari yang saya berbagi dari yang saya ketahui.

Saya mempunyai putra 20 tahun, yang memiliki penyakit mirip dengan yang diatas, halusinasi, dan mudah tersinggung. Sudah pernah 4 kali dirawat di RSJ, dan diberi obat CPZ HLD dan THP, pernah juga diberi risperidon atau persidal.

Namun putra saya ini kalau sudah mulai tenang dan keluar dari RSJ (berobat jalan), perlahan-lahan tidak mau lagi minum obat-obatan tersebut, alasannya dia tidak mau seumur hidup bergantung pada obat.
Selain itu beberapa saat setelah setiap kali minum obat, kapalanya terasa pusing berat, mungkin karena obatnya sedang bekerja? ini pula yang menjadi salah satu alasan dia susah untuk minum obat. Akhirnya begitu dia berhenti minum, sebulan atau dua bulan berikutnya, maka penyakitnya kembuh lagi.

Yang mau saya tanyakan adalah:
Sudah seberapa parahkan penyakit yang diderita anak saya ini? Adakah peluang untuk dia tidak mengkonsumsi obat-obatan itu lagi? Mohon penjelasan, dan terimakasih sebelumnya.

Pasien penderita Schizophrenia memang perlu penanganan khusus, perlu terapi yang cukup lamaaaaaaa untuk dapat membuatnya kembali seperti sedikala (makanya dokter sering bilang pengobatan seumur hidup bukan seumur jagung hehehe). Tingkat ringan atau parahnya gangguan dapat dilihat dari jenis penggunaan, obat yang dikonsumsi, latar belakang, dll. Penyembuhan pasien Schizophrenia perlu mengkonsumsi obat-obat tertentu dan  perlu terapi pendamping serta support dari keluarga.

Saya jelaskan aja, obat-bat tersebut diatas. Kombinasi CPZ (Chlorpromazine), HLD (Haloperidol) THP (Trihexilpenidyl) juga Risperidone.

Continue reading “Pengobatan Schizophrenia: Kombinasi CPZ HLD THP”

OBAT CUCI OTAK BUAT GUHPRASET

Tulisan ini saya dedikasikan buat seseorang ingin sembuh dari sakitnya yaitu guhpraset. Dengan semua kegilaanya semoga obat ini dapat membantu menuju kenormalan. Buat yang lain yang pengen sembuh juga boleh baca. Gratis lagi!

Pilih yang mana ya?
Guh, obat cuci otak untuk orang yang mengalami penyakit jiwa ( Psikofarma ) dibagi menjadi dua golongan yaitu obat anti psikotik dan anti depresi. Pilih yang mana ???
Saran saya pilih anti depresi karena kalo ke anti psikotik bahasannya buat orang yang kena Schizofrenia  ( kayanya Om Teguh masih waras).

Definisi
Obat antidepressive adalah obat yang mampu memperbaiki suasana jiwa ”mood” dengan menghilangkan atau meringankan gejala keadaan murung. Depresi diakibatkan terganggunya neurotransmitter dalam otak, kekurangan serotonin istilahnya. Dalam penelitian disebutkan kalo wanita lebih rentan terkena depresi ketimbang pria.

Bagaimana tau kalo saya ini kena depresi apa enggak?. Gejalanya gimana sih?

Coba bantu saya menjawab pertanyaan ini, apa pernah ngalamin hal ini?
1. Suasana perasaan yang depresi/ Mengalami kekecewaan berat. Misalnya mengalami PHK, bangkrut, perceraian, skripsi ga kelar-kelar, banyak utang dikejar-kejar dept collector, kehilangan pribadi ( kematian orang yang dikasihi orang tua/ pacar ).
2. Kehilangan minat dan kegembiraan dengan kondisi jiwa yang tertekan. Misalnya perasaan terlalu sedih, putus asa, rasa lelah dan letih, capek, ga nafsu makan, ga bisa tidur/insomnia, perubahan berat badan.
3. Mental yang terganggu. Misalnya sering termenung dengan mikir yang ga jelas, konsentrasi berkurang, pernah percobaan bunuh diri, pikiran bersalah dan tidak berharga, susah buat ngambil keputusan.

Kalo pernah mengalaminya  dan dalam waktu 2-3 minggu terus perasaannya udah mendingan “ga bad mood lagi” makan dianggap selamat maka anda bisa dikategorikan sebagai orang yang pernah kena depresi ringan. Tapi kalo dalam waktu tersebut belum juga hilang maka selamt datang buat orang yang menderita depresi sedang sampai depresi hebat.

Depresi itu ada berapa tingkat? Jenis-Jenisnya apa aja?.
Ada depresi ringan, sedang dan berat. Kalo mau tahu cari di Hamilton Depression Rating Scale, isinya daftar gejala yang lebih luas lagi isinya dan sering digunakan sebagai alat buat ngukur tingkatan depresi ( alias seberapa depresinya tuh orang ).

Menurut Uncle “ Wikipedia”, Antidepressants are often used in the treatment of other conditions, including anxiety disorders, bipolar disorder, obsessive compulsive disorder, eating disorders and chronic pain.
Saya hanya pengen jelasin dikit apa itu Bipolar disorder (dua fase). Depresi ini menurut saya unik karena pasiennya dalam masa manis berperilaku gembira luar biasa, hati berbunga-bunga, tertawa, hip hip hura hura, punya aktivitas berlebih. Namun pada masa depresif hari berlalu bagaikan hari berkabung nasoinal. pokoknya hari hitam gitu loh.

Gimana Ngobatinnya? Gimana mekanisme kerjanya?  Saya ga perlu masuk Rumah Sakit Jiwa kan?

Sebelum kesitu saya juga mau ngasih tahu ke Om Teguh kalo dirimu tak sendiri hehehe. Tau ga, industri farmasi di Indonesia sekarang lagi banyak yang ngembangin obat anti depresi dan sejenisnya. di Badan POM beberapa sedang dalam proses registrasi, mungkin karena beberapa obat udah abis paten atau bisa juga karena banyak orang depresi direpublik ini.

Mari kita bahas pengobatannya.
Depresi tidak perlu diobati karena didalam tubuh kita ini Tuhan menciptakan serotonin yang dapat membantu untuk memperbaiki suasana jiwa sehingga tidak marah bar-bar saat dimarahi orang tua, penghambat nafsu makan sehingga kita tidak makan seperti ular, meningkatkan rasa ngantuk karena kalo udah malam pasti ada dorongan untuk tidur, ambang nyeri yang maksudnya jika ada rasa sakit lebih mudah diatasi.

Jika relaksasi dan komunikasi sudah tidak membuahkan hasil maka barulah obat menjadi pilihan selanjutnya. Penggolongan obatnya bagi menjadi 3 bagian :
1. Selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs)
    Contoh obatnya: Fluoxetine, Paroxetine, Escitalopram, and Sertraline
2. Tricyclic antidepressants
    Contoh obatnya: amitriptyline and desipramine
3. Monoamine oxidase inhibitors (MAOIs)
    Contoh obatnya Moclobemide.

Berhubung penjabarannya terlalu sulit buat orang yang udah kena penyakit jiwa dan ga pengen dikira jualan obat maka saya buat garis besarnya mekamisme kerjanya:
Obat antidepresi ini bekerja dengan jalan menghambat re-uptake serotonin  dan noradrenalin di ujung-ujung saraf otak sehingga dengan demikian dpat memperpanjang masa waktu tersedianya neurotransmitter itu. ( terserah ngerti apa nggak intinya agar serotoninnya tetap seimbang).

Terakhir, Gimana cara pencegahan buat yang belum mengalami (korban) depresi?
Berpikir positif dan jangan takut jadi diri sendiri. Keep smile. Istrirahat-bekerja-bermain dalam porsi yang pas(8-8-8). Konsumsi makanan yang mengandung serotonin seperti sumber protein dlaam daging atau susu. Jika ada keluhan Konsultasi dengan tenaga kesehatan. Mudah kan!!

Satu lagi yang mau saya tambahkan “ Guh, pernah sakit maag ga? Sering?”
Sakit maag mungkin salah satu gejala dini stres atau depresi. so hati-hati dengan lambungmu, boleh percaya atau tidak. Tapi dalam praktek kerja saya bersama dokter spesialis Gastro Intestinal (lambung). Saat konseling, pasien menderita sakit maag beberapa diberi obat penenang loh (seperti benzodiazepam) . Ternyata obat itu diberikan agar stressnya berkurang.

Gini, kalo lagi banyak pikiran apalagi baru putus atau skripsi ga kelar-kelar pastinya kepala mikir tujuh keliling. Akibat mikir terlalu banyak produksi asam lambung meningkat dan seiring dengan meningkatnya asam lambung maka pH lambung semakin asam. Kalo semakin banyak mikir asammya jadi lebih banyak keluar dan kalo udah gini ga cukup diberi antacid, beta bloker atau Proton Pump Inh, dokter biasanya meresepkan penenang.

Semoga cepat sembuh ya!