Kebiasaan Minum Air Putih

pexels-photo-113734

Banyaknya produsen yang mengklaim minum air putihnya yang paling baik, paling sehat, ph optimal, mengandung mineral, dll. Saya justru kita benerin dulu kebiasaan minum air putih kita yang kurang tepat menjadi lebih sehat.

Waktu yang ideal buat minum air putih itu :

Minumlah 1-3 gelas air putih saat bangun tidur. Jadikan  kebiasaan minum air putih rutin dipagi hari sebagai to do list setiap hari. Hasilnya pencernaan kamu akan selalu sehat.

Minumlah 2-3 gelas air putih diminum 1 jam selum setiap kali makan, baik itu makan siang maupun makan malam. Hindari minum berlebihan tepat sebelum makan karena lambung akan jadi cepat penuh dan menghilangkan nafsu makan. Minum air berlebihan saat makan juga akan mengencerkan enzim pencernaan dalam lambung sehingga menyulitkan pencernaan dan penyerapan.

Takaran ideal untuk konsumsi air putih adlah 6-8 gelas air putih per hari untuk orang dewasa, untuk manula 5 gelas air per hari sudah cukup. Semakin cukup kebutuhan minum air menyebabkan darah mengalir lebih baik sehingga mendorong efisiensi metabolisme.

Ayo kita minum air yang cukup untuk kesehatan tubuh, jangan lupa juga ya minum airnya jangan yang dingin-dingin karena hanya dapat mendinginkan tubuh sementara minum air di suhu hangat 36- 40 C adalah kondisi terbaik untuk enzim bekerja paling aktif… *glek glek glek* . Sumber foto Pexels

 

Susah BAB Tapi Tidak Tahu Solusinya

combo-new-orleans

Mbak, saya itu orangnya susah BAB, paling lancar ya 2-3 hari sekali bisa keluar BAB nya, itupun kalo pagi2 sempet olahraga lari2 kecil sebelum sarapan. Masalahnya jarang sempet olahraganya hehehe

kondisi kesehatan saya:
a. saya punya penyakit maag, pernah dikasi lansoprazole juga sama dokter (kalo gasalah, itu buat usus bukan mbak?) nah ada hubungannya gak ya mbak?
b. saya suka minum madu mbak. padahal katanya madu baik utk pencernaan. -saya jarang makan sayur (padahal suka T.T) maklum anak kos 🙂
c. saya ga suka buah mbak  cuma doyan pisang sama jeruk aja.
d. saya ga bisa gemuk T.T cacingan juga nggak kok tapi. ada hubungannya gak ya kira2? saat ini umur saya 20-an, bb 40 tinggi 150cm… badan saya emang pendek, keturunan. Jadi mbak, solusinya gimana ya? apa beli enzim atau vegeblend aja? pengen nyoba yogurt, tapi takut lambung ga kuat hehehe. Tks

Pertanyaan diatas membuat saya tergelitik untuk mengangkatnya dalam postingan minggu ini. Mungkin banyak yang mengalami hal seperti diatas, sudah tahu susah buang air besar dan sebenarnya juga sudah tahu solusinya tetapi berusaha mencari jalan lain yang instan yang sudah tahu hasilnya tidak akan memuaskan.

Pada dasarnya untuk sembuh dari susah buang air besar sangat mudah, jawabannya perbaiki pola makan dan pola hidupmu. Pertama mulai sekarang rajinlah unutk berolah raga. Itu hukunya wajib. Tidak perlu ke gym dan pusat ke buagar yang berbiaya tinggi. Cukup jalan kaki rutin setiap pagi. Satu tips dari saya, biasakanlah jalan kemanapun kamu sempat. Bisa dari rumah kost menuju kampus, dari parkiran mobil ke kantor, menuju halte terdekat, berangkat 15 menit pagi untuk jalan kaki (hemat ongkos ojeklah). Diawal memang terasa berat banget, keringetanlah tetapi hasil yang didapat adalah sehat dan hugar.

Siapa bilang untuk menjadikan pola hidup sehat harus mahal. Pilihlah makanan sehat yang sesuai bujet. Tidak perlu beli sayuran organik yang mahal jika tidak ada bujet. Pilihlah yang sesuai kebutuhan.  Sayuran yang sehat tersedia limpah ruah dipasar pagi. Sayuran juga ga mahal. Beli berbagai varian sayuran ditambah juga  kacang-kacangan (merah, hijau) baik untuk kesehatan.

Buahnya tentu tidak perlu anggur, pear, kiwi, apel australia yang mahalnya selangit. Cukup pepaya, pisang, jambu, mangga. Sekilonya hanya 8-10 ribu saja.  Beli aja di pasar induk.

So, tidak perlu minum obat ini itu agar bisa BAB lancar nati malah ketergantungan, mulailah dengan makan dan minum dengan benar. Oh iya, saya juga kurus so what gitu loh? yang penting sehat dan kuat. Saya selalu jalan terus setiap hari. Buat apa gemuk kalo sakitan. Terimakasih