Mengobati Keloid Setelah Luka Bakar

beautiful face

Saya habis kena air panas 8 bulan yang lalu, 40% dari tubuh saya. Sekarang bekasnya menghitam agak merah tua dan itupun sangat gatal banget. Sama dokter dikasih resep suntik injeksi Trilac udah dua kali suntikan kok tetep aja masih gatal ya… Gimana ya solusinya.

Peristiwa diatas memang dapat dialami siapa saja. Saran saya yang pertama apabila mengalami luka bakar apakah itu kena air panas, minyak goreng, luka kena knalpot, dll, hal yang pertama dilakukan adalah mendinginkan luka bakarnya dengan disiram dengan air mineral, jika tidak ada gunakan air mengalir. Setelah itu jangan diobati sendiri apalagi pake obat yang salah seperti dikasih odol, kecap, olesin minyak. Wah itu salah banget, segera ke dokter untuk pertolongan lebih lanjut karena kita tidak tahu derajat luka bakarnya sudah sampai tingkat berapa.

Jika sudah ke dokter, gunakan obat dan salep sesuai aturan pakai. Obat tablet untuk diminum biasanya digunakan untuk mencegah infeksi, mempercepat keringnya luka. Salep yang diberikan salep biasanya ada antibiotiknya atau biar lukanya cepat kering.

Setelah sembuh, sebaiknya periksa ke dokter lagi untuk diberikan obat agar bekas lukanya tidak menimbulkan bekas seperti diberikan krim agar lukanya samar atau dicek lagi untuk mengetahui apakah punya faktor bawaan keloid.

Kebetulan saya juga punya faktor genetik pembawa keloid. Setiap ada luka yang lebar atau dalam maka permukaan bekas luka akan timbul bekas berwarna merah murah dan lama kelamaan merah menghitam. Bentuknya tipis dan lama kelamaan menonjol. Itu adalah keloid.

Biasanya, keloid baru akan muncul setelah luka sembuh dan kering sekitar 1-2 bulan. Untuk itu segeralah periksa ke dokter, semakin cepat ditangani semakin banyak kemungkinan untuk sembuh kembali. Pengobatannya masih dengan pemberian suntikan yang mengandung Triamcinolone. Mereknya banyak seperti Injeksi Trilac, Kenacort injection, dll.

Perlu diingat semakin luas permukaan keloid yang harus disembuhkan maka perlu beberapa kali atau belasan kali disuntik agar sembuh seperti sedia kala. Jika baru dua kali tentu saja belum kelihatan sembuhnya. Ingat ya, penyuntikan tidak boleh dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh dokter. Dosisnya juga harus tepat. Penyuntikan memang agak sakit mungkin agak nyeri…. tahan aja ya yang penting akan sembuh sedia kala.

Setahu saya setiap luka keloid pasti gatal (pengalaman pribadi hehehe) karena keloid ingin tumbuh dan membesar. Mohon jangan digaruk apalagi sampai terluka malah akan semakin cepat besarnya pertumbuhan luka keloid. semoga cepat sembuh ya.

 

 

 

Mengobati Luka Bakar Jangan Pake Odol

leggy

Satu minggu lalu jatuh dari motor, trus betis saya kena knalpot, n lukanya besar dan lebar selebar betis. setelah kena, saya malah pake odol, trus dilarang sama mama saya, disuruh pake air mengalir, nah trus saya cuci pake air mengalir, n langsung dibawa ke dokter.

Setelah dibersihkan sama dokter, aku dikasi resep obat untuk makan dan salep mebo. kata dokter sih luka bakar ku tingkat 2, skrg salep mebo uda habis, jadi aku lanjut pake burnazin, kata org cepet tumbuh kulit.

Tapi, masalahnya, setelah pake burnazin, kaki ku kok bengkak semua ya ? bengkak dari betis sekitar luka sampe pergelangan kaki.. semacam kaki gajaah gitu. trus aku tiap sore bersihkan dan kompres pake cairan Ecosol Nacl. Setelah dibersihkan, bengkak di kaki uda agak mendingan, tapi masalahnya, sakitnya itu mbak , ampe ga bisa jalan gitu..padahal kalo aku liat luka bakarku uda ada yg berkerak lo. Apa aku ga cocok pake burnazin ya mbak ? Mohon pencerahannya mbak. thanks

Ternyata masih banyak stigma yang salah di masyarakat mengenai penanganan luka bakar. Pertama, untuk mendinginkan luka bakar jangan pernah dikasih odol. Itu tindakan yang keliru. Jangan dikasih kopi atau langsung diolesin minyak. Biarkan luka bakar yang panas itu didinginkan dengan disiram air mineral/ air matang yang mengalir.  Kalo sudah disiram akan terasa lebih dingin dan tidak perih. Setelah itu segera pergi kedokter dan gunakan pengobatan dari dokter. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik, anti inflamasi untuk mencegah infeksi dan agar tidak meradang lukanya. Selain itu juga pemberian krim untuk mempercepat kesembuhan luka. Dapat pula diberikan  tablet yang diminum (untuk anti infeksi). Ikuti aturan pakai ya dan jangan ditambah atau dikurangi obat yang telah diberikan dokter. Setiap luka bakar tidak bisa disamaratakan pengobatannya tergantung tingkat luka bakarnya dan kondisi pasien juga.

Kedua, begitu banyak obat diluaran yang menyatakan krim ini atau itu sangat bagus untuk  luka bakar, maka tanpa pikir panjang kamu langsung menggunakan. Itu juga tindakan yang kurang tepat. Untuk mengeringkan luka ada beberapa antibacterial yang dapat digunakan selain golongan sulfonamide. Tidak setiap orang cocok dengan golongan Sulfa karena setiap orang memiliki riwayat kesehatan sendiri-sendiri. Burnazin memang tepat tetapi belum tentu yang terbaik untuk kasus luka bakarmu. Untuk itu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum digunakan, mohon jangan langsung asal pake karena cocoknya obat untukku belum tentu untukmu!

Menurut data MIMS, Burnazin digunakan untuk mengobati all degree of burns. Semua tingkatan luka bakar. Kandungan bahan aktifnya Silver sulfadiazine, belongs to the class of topical sulfonamides used in the treatment of dermatological diseases.

Ketiga, Ecosol NaCl? tahu darimana ya, memangnya tahu kegunaannya untuk apa dan bagaimana? seperti sudah ahli. Tahukah kamu bahwa Ecosol NaCl mengandung bahan aktif  kandungannya 0,9% sodium chloride infusion yang biasanya digunakan untuk obat infus *tambah geleng-geleng*. Kenapa obat infus untuk mengobati luka bakar?

Ketika sekarang lukanya belum  sembuh dan makin bertambah sebaiknya periksakan diri lagi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tepat. Ikuti semua aturan pakai dari dokter, kalo obatnya sudah habis namun belum  sembuh segera ke dokter lagi untuk konsultasi agar bekas lukanya segera kering dan tidak meninggalkan bekas kehitaman dibetis.

Saya berpesan kepada semua, ketika mengalami luka bakar mohon jangan panik dan tidak melakukan hal-hal yang salah seperti dikasih odol, kopi, kecap, minyak, dll. Itu tindakan yang keliru. Segera dinginkan luka dengan air mineral/ air matang yang mengalir. Kemudian segera berobat ke dokter, jangan dopbati sendiri. Jika telah kedokter dan obat sudah habis namun luka belum kering segera ke dokter lagi untuk konsultasi lebih lanjut. Semoga cepat sembuh. Terimakasih