Lapangan Pekerjaan Untuk Apoteker dan Penghasilannya (Part 1)

a small compilation of fun & interesting food facts

Divideo kali ini saya akan membahas tentang hal-hal yang sering kali kali salah persepsi mengenai Apoteker. Masyarakat umumnya hanya tahu kalo pekerjaan Apoteker ya adalah “Apoteker di Apotek”. Padahal tidak, adanya banyak sekali lapangan pekerjaan untuk Apoteker dan tidak salah kok memilih farmasi karena ini jurusan kuliah yang menjanjikan.

Setelah lulus dari sarjana farmasi dan dilanjutkan ke jenjang program profesi Apoteker, kemudian para Apoteker mulai mencari lowongan kerja terbaru di bidang farmasi. Lowongan perkerjaan farmasi atau Apoteker tidak harus melulu di Apotek karena pekerjaan Apoteker itu amat sangat beragam dan luas. Apa saja?

Pertama, profesi Apoteker dapat bekerja di kementrian kesehatan Republik Indonesia. Didalam kementrian kesehatan ini peran serta Apoteker sangat penting kerena mengurus perumusan kebijakan nasional, kebijakan pelaksanaan dan kebijakan teknis di bidang kesehatan. Dengan melakukan audit, proses kebijakan kesehatan lainnya.

Badan POM RI atau BPOM mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan Obat dan Makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, ada banyak sekali yang dikerjaakan Apoteker seperti registrasi obat, pengawasan mutu obat dan pengawasan mutu pangan dan lainnya.

Kedua, profesi Apoteker juga bekerja di Rumah Sakit baik Rumah Sakit swasta, rumah sakit negeri, klinik kesehatan, klinik kecantikan terbaik di jakarta dan kota-kota lainnya di seluruh Indonesia pasti memerlukan Apoteker. Tugas Apoteker di Rumah Sakit adalah harus mampu mengelola Farmasi Rumah Sakit secara keseluruhan dan bertanggung jawab dalam administrasi, manajemen perencanaan serta kebijakan Farmasi Rumah Sakit secara terpadu, anggaran biaya, kontrol persediaan, pemeliharaan catatan dan pembuatan laporan untuk Rumah Sakit. Jadi tidak hanya sekedar mengurusi pembagian obat, resep ke pasien saja tetapi lingkupnya sangat luas. Lowongan kerja farmasi di rumah sakit ini banyak sekali loh memerlukan apoteker yang handal.

Ketiga, pekerjaan Apoteker di pabrik Farmasi atau Industri Farmasi baik dalam negeri atau asing (PMA). Apoteker di Industri obat jadi adalah industri yang menghasilkan suatu produk yang telah melalui seluruh tahap proses pembuatan, sedangkan industri bahan baku obat adalah industri yang menghasilkan bahan baku yang diperlukan pada proses pembuatan suatu obat jadi. Proses pembuatan merupakan seluruh rangkaian kegiatan yang menghasilkan suatu obat yang meliputi produksi dan pengawasan mutu mulai dari pengadaan bahan awal, proses pengolahan, pengemasan, sampai obat jadi untuk distribusi. Tugas apoteker dari mulai awal kedatangan bahan baku, produksi sampai finish produk memerlukan peran Apoteker.

Keempat Apotek, tugas Apoteker yang melakukan tugas kefarmasian meliputi pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang mempunyai keahlian dan kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

kelima Pedagang Besar farmasi, di dalam PBF peran Apoteker dalam melaksanakan tugasnya di bidang distibusi Farmasi yaitu CDOB (Cara Distribusi Obat yang Baik). Bukan hanya sekedar memiliki gudang saja tetapi dalam CDOB adalah untuk cara distribusi atau penyaluran obat dan/atau bahan obat yang bertujuan untuk memastikan mutu sepanjang jalur distribusi atau penyaluran sesuai dengan persyaratan dan tujuan penggunaannya. Baik bahan baku atau obat jadi memang harus sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Untuk tugas-dan peranan Apoteker di Indonesia lainnya serta berapa jumlah penghasilan bagi apoteker ada di video part 2 ya. Untuk nonton video lengkapnya klik disini.

 

Lamaran Pekerjaan untuk Farmasis/ Apoteker

salam kenal yaaa. Aku mahasiswa farmasi semester 5. Aku masih belum punya banyak ilmu tentang farmasi dan juga gag punya orang2 deket yang ada di lingkungan farmasi. Aku mau tanya sebenarnya lulusan farmasi itu peluang kerjanya dimana aja mbak?? yang aku tau kebanyakan di apotek, industri ma rumah sakit mbak. Intinya aku pengen tau dunia farmasi itu kayak apa. makasii ya. Anna

Sayapun pernah merasakan hal seperti ini setelah saya lulus, saya mau kerja dimana?. Apakah Apoteker/ farmasis hanya kerja di Apotek atau Rumah Sakit? jawabannya tentu saja tidak. Ladang pekerjaan farmasis sedemikian besar.

Yang paling dicari setelah lulus apoteker bukan hanya nlai IPK tinggi tapi punya skill seperti mengusai komputer, pengalaman organisasi, menguasai bahasa inggris, mandarin, berpenampilan menarik, dll. Kenali diri sendiri apakah kamu orang yang suka bekerja dibelakang meja atau orang lapangan.

Lalu, lamaran kerja saya bisa di-apply ke perusahaan apa saja?

Continue reading “Lamaran Pekerjaan untuk Farmasis/ Apoteker”

Hati-Hati Suntik Obat Kurus

Beberapa hari yang lalu saya melewati klinik kecantikan dan memperhatikan harga-harga perawatan: facial, menicure, massage, spa, dll. Harganya emang agak mahal sih buat anak kost hehehe. Diurutan paling bawah ada harga yang membuat saya geleng kepala, harga suntik untuk obat kurus sekitar 500 ribu.

Saya sih ogah kalo harus bayar segitu biar kurus untuk sekali suntik, lagian masih banyak cara sehat untuk bisa punya badan ramping. atau mungkin saja karena itu di kilinik mahal. Lalu  saya tanya sama teman saya emang segitu harga rata-rata untuk suntik kurus. Wah, berarti bukan disatu tempat aja dong ada suntik kurus. Gambar diambil disini.

Sepengetahuan saya sebagai farmasis ga ada API (Active Pharmaceutical Ingredient) yang fungsinya bikin kurus, cuma gologan obat narkotik/psikotropik aja yang punya efek samping seperti itu. Setelah saya cari tahu, saya terkejut  ternyata obat suntik kurus itu berisi Ampethamine. Mas Wikipedia bilang:

Amphetamine (amfetamine (INN)) is a psychostimulant drug that is known to produce increased wakefulness and focus in association with decreased fatigue and appetite.

Kenapa praktek/ klinik  kecantikan bisa menggunakan psikotropik? bukankan peredarannya diawasi oleh BPOM.   Kok bisa masuk sampai ke klinik kecantikan? Padahal dampaknya negatif  akibat pemakaian obat golongan psikotropik sangat berbahaya. Seandainya tim Investigasi di televisi bisa mengungkap hal ini, pastinya akan jadi berita besar dan banyak klinik kecantikan yang kena teguran.

Tidak harus punya tubuh seperti manikin yang sempurna dan menjadi kurus itu bukan segalanya…  apalagi harus mengeluarkan uang banyak. Hati-hati ya dengan iming-iming bisa kurus cepat/ instant dan iklan kecantikan yang membahayakan tubuh. Sayangi tubuhmu 😀 😀