Susah BAB Saat Hamil dan Setelah Melahirkan

pregnancy

Putri saya sudah 2 minggu melahirkan anak dengan cara normal. Saat ini dia mengeluh karena susahnya buang air besar.Ada yang menyarankan kepadanya menggunakan obat jenis Supositoria yang dimasukkan melalui anusnya. Pertanyaan saya, apa nama obat yang cocok untuknya.

Selamat ya untuk kelahiran putrinya. Smeoga anakanya sehat dan berguna untuk nusa bangsa dan agama.

Memang saat kehamilan dimana posisi bayi menekan bagian bawah abdomen dapat menyebabkan sulit BAB (konstipasi) bahkan juga setelah melahirkan. Untuk mengobati BAB yang susah ketika hamil dan setelah melahirkan boleh saja mengkonsumsi Microlax. Ikuti aturan pakainya. Caranya oleskan applikatornya kemudian masukan ke dalam dubur. *Bukan iklan Microlac* . Microlac aman untuk digunakan karena berasal dari bahan alami (Na lauril sulfoasetat, Sorbitol, PEG 400) dan bekerjanya lokal (langsung ditempat) dan tidak melalui proses sistemik pencernaan yang panjang.

Microlax aman untuk digunakan anak-anak, ibu hamil dan lansia namun saran saya jangan dipake sering-sering. Kalo dalam proses penyembuhan pasca melahirkan tidak apa-apa tetapi bukan untuk dipakai setiap hari nanti ketergantungan dan otot disekitar dubur jadi lemah karena tidak terlatih.

Kedepan sebaiknya dapat berlatih BAB secara normal. Jangan menunda ketika ingin BAB, jangan mengejan terlalu kuat nanti berdarah. Makananlah makanan yang berserat dan sayur mayur, buah pepaya agar lancar pencernaaannya. Terimakasih

Kenapa Takut Ke Dokter

Sering sekali saya menjawab email, komentar dan  pertanyaan yang mengatakan bahwa dia  sakit tetapi tidak mau ke dokter. Kalo alasannya ga punya duit wajar tetapi kalo alasannya takut sama dokternya, kayanya alasan aja deh. Apakah dokter itu seram dan akan mengigit pasien *ambil gigi drakula* Gambar diambil disini.

Padahal kalo ke dokter kita akan lega dari seribu satu pertanyaan yang hinggap dikepala. Kita  ke dokter bukan hanya berobat tetapi juga berkonsultasi. Tanya semua pertanyaan dan tidak perlu malu. Tidak ada penyakit yang memalukan. Sakit panu,kutil/ mata ikan, bisul, ambeien, BAB berdarah, radang tenggorokan, HIV, herpes, depresi, kanker, dll. Dokter cukup obyektif dalam menilai dan tidak akan sembarangan memberi solusi. Kalo sudah konsultasi dan diperiksakan tenang hehehe.

Kenapa harus takut berobat ke dokter. Btw, kamu bagaimana? takut ga berobat ke dokter?

Sering BAB Berdarah Tanda Bahaya

Mba saya pria, usia 25. Sudah 2 tahun ini saya mengalami BAB berdarah,PUP normal,ada benjolan di bagian anus luar,terkadang darah yg keluar menggumpal seperti darah beku…bahkan tidak terkendali…
Contoh pada aktivitas yang banyak dalam posisi jongkokpun darah keluar dari anus..penyakiapakah itu?
kira2 langkah apa yang harus saya lakukan? pengobatan apa yang tepat untuk saya? Thanks. (NN)

Ternyata saya beberapa kali mendapat pertanyaan yang hampir mirip dengan salah satu penanya. Banyak yang berpikiran wah, ini cuma BAB berdarah biasa… mungkin karena pupnya keras banget jadi kurang elastis dan jadi deh pupnya berdarah. Yang penting makan berserat dan banyak minum. titik. Lalu apa jadinya jika kebiasaan ini sudah berlangsung menahun? menurut saya ini bukan sekedar darah biasa. In alarm tubuh bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuhmu.

Pada kasus yang dialami mas ini [maaf nanti bicaranya bahasa dewa…. tapi sudah saya turunin kastanya biar mudah dimengerti] bukan kasus biasa seperti yang pernah saya tulis menenai Obat Susah BAB, lalu BAB Tidak lancar kemudian Mengatasi Ambeien dan BAB berdarah sampai juga kebiasaan Anal Sex , kasus ini lebih kompleks.

Saya menyarankan bagi siapapun yang sering mengalami BAB berdarah menahun segeralah untuk lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam dan mintalah untuk dilakukan pemeriksaan endoskopi. Seperti apa sih dan bagaiman kerjanya dan fungsinya? let see….

Continue reading “Sering BAB Berdarah Tanda Bahaya”

Mengatasi Ambeien dan BAB Berdarah

Saya sudah pernah membahas mengatasi  Buang Air Besar Tidak Lancar dan menjelaskan obat-obat apa saja yang berhubungan dengan Obat Susah Buang Air Besar namun saya berharap tulisan ini bermanfaat, terlebih untuk Ellys yang “special request” untuk menjadikan pertanyaannya dalam postingan hehehe.

Salam kenal dari saya sebelum nya, saya adalah pembaca setia blog Kakak. Ada yang mau saya konsultasikan kepada Kakak mengenai sakit yang saya alami.
Begini Kak, saya ada masalah dengan BAB, mungkin karena keras n susah keluar sampai2 keluar darah, bener ga klao sakit saya ini namanya  Ambein ( bener ga seh cara nulis ny, maaf ya klao salah ).
adakah obat, baik itu yang tradisional / modern untuk menyembuhkan n melancarkan BAB ??
-Ellys-

Saya yakin, tidak  hanya Ellys yang pernah mengalami hal ini, saat defekasi *pup* kita mengeluarkan zat-zat yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Terkadang “massa” pup agak keras, akibat gerakan daya dorong oleh usus besar yang kuat maka pergesekan dinding yang tidak terlumasi itu membuat gesekan berlebih sehingga akibatnya didnding berdarah.

toiletBiasanya saat mengetahui pup nya berdarah pasti langsung khawatir. Benar? pastilah. Sebenarnya jika pup kita wajar, tidak keras dan normal lalu berdarah itu baru tidak wajar, namun jika pup kita keras kaya batu, ngedeh, terus nggak keluar-keluar, atau keluarnya dikit-dikit keras kaya tanah liat… well, gerakkan pemaksaan mendorong itu menyebabkan hilangnya elastisitas dinding sehingga mudah berdarah.

Bagaimana Mengatasi BAB yang keras?  bisa-bisa jadi BAB berdarah.

Continue reading “Mengatasi Ambeien dan BAB Berdarah”