Obat Sakit Gigi Yang Manjur

kyle-loftus-590869-unsplash

Makan es krim adalah susuatu yang sangat menyenangkan namun apa jadinya kalo kita lagi sakit gigi? sengsara banget. Udah kumur pake air garam ga sembuh sembuh, mau ke dokter gusi lagi bengkak, ya antara takut, males, khawatir nanti dicabut giginya. (sumber gambar disini)

“Ada ga sih obat yang bisa menghilangkan sakit gigi ini? boleh dong dikasih tahu?”, itu kata temen saya yang lagi sakit gigi udah beberapa hari ini.  Sebenarnya sih, saya lebih prefer kalo sakit ya ke dokter gigi dan nanti dari sana akan diberikan penanganan yang tepat untuk sakit giginya, jenis tindakan medisnya tergantung dari tingkat kerusakan giginya.

Namun jika kamu mengalami nyeri dan ngilu gigi yang sangat-sangat maka saya bisa merekomendasikan beberapa obat yang dapat meredakan nyeri giginya, yaitu :

1.Asam mefenamat 500 mg.
Asam mefenamat bergunanya untuk mengurangi nyeri dari sakit gigi, anti inflamasi ini diminum dengan dosis 2-3 x sehari. Untuk merek dan brandnya ada banyak tersedia di apotek. Kalo sudah tidak sakit obat boleh dihentikan.

2.Dexamethasone 0.75 mg.
Dexamethasone berguna untuk mengurangi bengkak-bengkak di gusi. Obat golongan kortikosteroid ini dinimum 2 x sehari dan jika sudah tidak bengkak lagi obat berhenti diminum.

3.Amoxycillin 500 mg.
Amoxycillin ini adalah obat antibo0tik golongan penicillin yang dapat mengobati infeksi bakteri. Dosisnya 2-3 x sehari dan diminum selama seminggu penuh obat harus diminum dan dihabiskan.

Sudah banyak yang sembuh dengan resep manjur ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu merawat gigi dan gusi agar terhindar dari derita sakit gigi. Smile as always.

Obat Sakit Gigi

“Gigiku sakit banget nih, tolong kasih tahu obatnya dong?”

Kalo ada yang punya masalah sakit gigi saya punya solusinya. Meski hal pertama yang harus dilakukan adalah pergi kedokter gigi tapi kalo sakitnya lagi tengah malam dan jauh dari dokter gimana?. Coba kurangi derita sakitya dengan Asam mefenamat atau Ibuprofen.

Masalah sakit gigi tentu sudah hal yang umum dialami. Tidak semua pernah merasakan sakit gigi mungkin sakit hati lebih sering hehehe. Sakit gigi umunya disebabkan karena gigi berlubang, kurangnya kebersihan/kesehatan gigi, malas mengosok gigi, makan makanan yang keras, minum terlalu dingin atau panas. misal habis makan bakso panas terus minum teh botol dingin banget, dll

smile-upObatnya apa dong?
Kalo hanya bengkak saja pake cara tradisional dengan larutan garam untuk dikumur-kumur. Membantu mengurangi katanya tapi kalo saya lebih suka segera berobat kedokter untuk memastikan. Sepertinya masyarakat kita tidak terlalu memperhatikan kesehatan rongga mulut *saya juga hehehe*. Berobat kalo sudah sakit, padahal yang benar selalu memeriksakan kondisi tubuh. Jika sakitnya malam hari, dokter sudah tutup. Ada ga obat penahan rasa sakit? Gambar diambil disini.

Ibuprofen
Ibuprofen merupakan derivat asam propionat yang diperkenalkan banyak negara. Obat ini bersifat analgesik dengan daya antiinflamasi yang tidak terlalu kuat. Efek analgesiknya sama dengan aspirin. Ibuprofen tidak dianjurkan diminum oleh wanita hamil dan menyusui. Minum Ibuprofen 400mg diminum 2-3 kali sehari sebelum makan. jika sudah tidak sakit obat dapat dihentikan.  Atau…

Asam mefenamat
Asam mefenamat digunakan sebagai analgesik. Asam mefenamat sangat kuat terikat pada protein plasma, sehingga interaksi dengan obat antikoagulan harus diperhatikan. Efek samping terhadap saluran cerna sering timbul misalnya dispepsia dan gejala iritasi lain terhadap mukosa lambung.Minum Asam mefenamat 500mg diminum 2-3 kali sehari sebelum makan. jika sudah tidak sakit obat dapat dihentikan.. sumber diambil disini

Semoga sembuh sakit giginya 🙂 plus sakit hatinya hehehe

Obat Nyeri Saat Menstruasi

Sebagai wanita pastinya pernah mengalami nyeri saat menstruasi. Rasanya seperti mulas, badan lesu, mudah capek dan nyeri. tingkat nyeri setiap wanita berbeda-berbeda… lantas bagaimana mengobatinya?

Kalo diiklan kita sering melihat “Kiranti- Rahasia sehat datang Bulan
Kiranti Sehat Datang Bulan membantu melancarkan haid dan mengatasi berbagai keluhan haid. Kandungan Curcumae Domesticae Rhizoma dengan Curcumin-nya terbukti efektif membantu mengatasi nyeri haid.

Bagaimana penjelasan ilmiahnya? apakah aman untuk dikonsumsi? apa benar itu bisa bikin ketagihan?

kiranti_bulanKandungan Kiranti itu adalah kunyit. Nama latinya Curcuma Domestica Rhizoma, Familia Zingiberaceae. Didalam kunyit ada kandungan akitf  yaitu Curcumin. Disini dikatakan bahwa “… Kurkumin juga memiliki khasiat meredakan nyeri. Sebuah penelitian yang dimuat pada bulan November 2006 dalam jurnal Arthritis & Rheumatism menunjukkan efektivitas kurkumin sebagai pereda inflamasi pada sendi. Senyawa ini merupakan penghambat alami enzim COX-2”. [bukan ngiklan kiranti loh..]

Jadi dalam kunyit punya bahan aktif alami yang dapat meredakan nyeri . Kiranti berasal dari alam pastinya aman untuk dikonsumsi. Untuk  ketagihan mungkin itu unsur sugesti aja, kalo ga minum kiranti ga sembuh hehehe.

Continue reading “Obat Nyeri Saat Menstruasi”

Salah Minum Obat

Sebaik apapun kita tahu fungsi obat, sebaiknya tanyakan dulu atau lihat brosur/ leaflet agark tidak salah atau kelebihan dosis.  Meskipun cuma obat yang dapat dibeli diwarung ada baiknya tetep waspada. Mengenai salah obat, saya punya cerita mengenai hal itu*pengalaman sendiri*.

Ceritanya begini…
Teman saya sedang sakit dan memutuskan untuk menelpon saya.
teman: “Hallo, badan saya lemes ini. Kayanya kecapean.. Gimana sih nyembuhinnya?”.
saya: ” Kalo kecapeaan mendingan istirahat dulu dan minum vitamin C 500mg”.
teman:  ” Oke thanks ya”.

Setelah beberapa jam ada SMS masuk dari teman saya yang tadi.
Hi, tadi badan gw panas terus gw minum asam mefenamat, kok ga sembuh-sembuh panasnya? tks

Lalu saya putuskan untuk menelponnya kembali.
Saya: ” Gimana, masih panas badannya?
Teman : “Ga tau  tuh, udah minum obat tapi ga sembuh”.
Saya: ” Siapa yang suruh minum asam mefenamat?. Hi, kalo asam mefenamat itu untuk mengurangi nyeri”
Saya: ” Kalo untuk menurunkan panas minumnya paracetamol”.
teman: ” Wah, salah dong, keracunan ga? apa nanti gw mati?”.
Saya : “Enggak sih, sekarang minum paracetamol 500mg tiga kali sehari. Lain kali kalo minum obat tanya dulu gunanya dan aturan pakai. kudu hati-hati, jangan asal telen…”
Saya: ” Jangan sampai salah minum obat”.
Temen: ” oke, makasih ya. Ga salah lagi deh”.

Swamedikasi Radang Tenggorokan

Setelah saya sembuh dari radang tenggorokan dan penyakit pengiring seperti panas, demam, flu disertai pilek dan sedikit batuk selama 5 hari, akhirnya saya sudah sembuh *hore hore hore*. tapi kenapa ya… top search minggu ini radang tenggorokan. mungkin banyak yang sedang sakit seperti saya ini. karena itulah saya tulis resep lengkapnya kalo sakit seperti ini…. *gratis bagi-bagi resep*.

Untuk penyakit ringan seperti radang tenggorokan, kitadapat melakukan swamedikasi artinya pengobatan diri sendiri. kunjungilah apotek terdekat dengan membeli obat generik yang lebih murah, masing-masing obat belinya satu papan (10 tablet) ini dia resepnya:
R/ Paracetamol 500mg     X
Amoksisilin 500mg          X
Asam mefenamat 500mg  X
Vitamin C

sekarang saya jelasin kegunaan dan cara minum obatnya:

PARACETAMOL. obat ini golongan analgesic dan antipiretik, terutama kepada Antipiretik yang artinya berkhasiat menurunkan suhu tubuh atau panas demam. diminum 3 X sehari sesudah makan. kalo badan sudah tidak panas dan demam obat boleh di stop penggunaannya.

AMOKSISILIN. obat ini termasuk antibiotik ringan dan cukup ampuh terutama untuk inflamasi atau peradangan seperti di tenggorokan. diminum 3 X sehari sesudah makan. karena golongan antibiotik maka obat ini harus dihabiskan untuk mencegah terjadinya resistensi.

ASAM MEFENAMAT. obat ini golongan analgesic dan antipiretik, terutama sebagai analgesik yang bermanfaat meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman. badan rasanya capek,nyeri bisa diobati pake ini. diminum 2 X sehari sesudah makan.

VITAMIN C. kalo ini vitamin C apa saja ga pake merek tertentu. gunanya untukmempercepat proses kesembuhan. di minum2-3X sehari sesudah makan.

Selama proses penyembuhan kita harus banyak beristirahat  dan banyak minum. semoga cepet sembuh ya 🙂