Biduran Pada Anakku

Obat Biduran

Liburan awal tahun kemarin, anak saya mengalami biduran.  Sebenarnya saya tidak tahu apa faktor pemicunya, setahu saya anak saya tidak punya riwayat alergi makanan dan kamipun menjaga asupan makanan. Asumsi saya bisa saja biduran kali ini terjadi karna faktor debu, kepanasan dan udara. (Kalo mau tahu kita alergi apa, bisa kok di test di Rumah Sakit, namanya allergen test)

Akhirnya kami memutuskan untuk segera dibawa ke IGD rumah sakit terdekat sebelum bentol-bentol merah gatal semakin menyebar di dada, punggung, lengan dan leher.  Setelah diperiksa dan menuju bagian apotek untuk menebus resep, tepat seperti yang saya duga obatnya sama persis seperti yang saya pikirkan, yaitu:

1.  Caladine Lotion. Lotion ini dioleskan 3-4 kali sehari dibagian yang gatal. Kalo anak gatal sebaiknya jangan digaruk, cukup kita elus-elus saja.

2. Kombinasi Kortikosteroid dan antihistamin.  Untuk dosisnya tergantung dari usia anak. Kombinasi ini sangat baik untuk mengurangi peradangan dan sebagai anti alerginya.

Hanya dalam waktu beberapa jam anak saya bisa sembuh dari biduran dan gatal-gatalnya. Amazing dan rasanya senang banget, semua itu karena kita bertindak cepat untuk segera berobat ke dokter. Senangnya kini kita bisa melanjutkan liburan sambil seru-seruan, foto-foto dengan gembira.

Mual Muntah Karena Alergi Udang

Saya sangat menderita sekali akibat alergi terhadap seafood, terutama udang, cumi, kepiting. Alergi ini sudah diderita sejak dulu. Penderitaan atas alergi ini akan membawa saya ke depresi (apa ya nama yang tepat?) manakala saya harus menghadiri undangan suatu acara, apapun itu, karena selalu ketakutan saat harus menikmati hidangan. Pernah malah yang punya hajat terkesan tersinggung hanya karena saya bertanya: “Maaf, ini pake udang gak yah?” padahal kalimat berikutnya yang belum sempat terucap: “saya alergi seafood” tapi sudah telanjur tersinggung.

Beberapa kali sudah ke dokter (tapi sepertinya salah arah karena tidak tahu spesialisasi apa yang harusnya saya datangi!), tapi tidak membuat saya lega, karena jawabannya selalu sama: “hindari! masih banyak makanan lain”. Haaah??? Saya ini depresi karena alergi saya. Pertanyaan saya:
1. Apa benar alergi tidak dapat disembuhkan?
2. Dokter spesialis apa yang tepat untuk saya datangi?
3. Adakah obat bebas yang dapat saya konsumsi, setidaknya saat saya harus menghadiri undangan acara?

Reaksi alergi yang muncul: muntah-muntah sampai perut terasa kram dan tidak akan berhenti sebelum isi lambung habis (sepertinya sih begitu). Makanya saya akan merasa malu jika di undangan acara yang saya datangi saya bakal muntah-muntah. Muntah akan terjadi kira-kira setelah suapan ke 5-6, langsung mual dan tidak dapat ditahan. Inilah yang membuat saya depresi saat menerima undangan. Mohon penjelesan dan solusinya. Terima kasih banyak.

Beberapa orang memang menderita alergi baik yang disebabkan oleh makanan, minuman, benda, musim, cuaca tertentu. Jika sudah mengetahui jenis alergi yang diderita, saran terbaik adalah menghindari diri dari pemicunya. Misalnya alergi seafood tertentu seperti udang, maka jalan termudah mencegah alergi adalah tidak makan makanan mengandung udang. Gambar diambil disini.

Jangan menyepelekan alergi karena reaksi alergi bisa bermacam-macam dari yang ringan sampai kematian. Reaksi alergi yang dapat terjadi seperti : asma ( sesak nafas, batuk -batuk), Rinitis (bersin, hidung gatal, pilek, hidung tersumbat), Lupus Eritematosus Sistemik (LES), Urticaria (gatal, bentol, kulit kemerahan) , penurunan imunitas tubuh, alergi obat tertentu (NSAID, bisa terjadi Steven Johnson syndrome).  Saya pernah melihat sendiri teman saya yang kena Steven Johnson karena  alergi obat Carbamazapine 😥 😥

Penyakit alergi pada dasarnya dapat disembuhkan asalkan mendapat pengobatan yang tepat, kepatuhan pasien dan merubah pola hidup menjauhi pemicu allergen.  Pengobatan secara umum dapat dilakukan dengan pemberian Antihistamines dan Antiallergics. Perlu juga dilakukan allergen test dan test darah untuk mengetahui daya tahan/ imunitas tubuh ( seperti  pemeriksaan Immunoglobulin- IgE, Immunoglobulin (IgA, IgG, IgM), Immunoglobulin A (IgA). Periksakan ke dokter ya.

Kemana berobatnya? mungkin banyak yang tidak tahu kemana dokter yang tepat untuk kasus alergi. Saya menyarankan untuk berobat ke dokter spesialis penyakit dalam, sub bagian Alergi-Immunologi Klinik. Berobat ke Rumah Sakit yang ada dokter dengan gelar belakangnya Sp.PD-KAI.

Pengobatan alergi tidak cukup hanya seminggu saja, perlu waktu yang panjang karena berkaitan dengan imunitas tubuh dan selama pengobatan harus dipantau dengan dokter, jadi tidak ada obat bebas yang dapat dibeli ditoko obat atau apotek. Semua pengobatan  harus dengan resep dokter. Untuk itu segeralah berobat ke dokter Sp. PD-KAI. Semoga cepat sembuh

Mengobati Alergi Debu

Yth. Mbak Rina,
Saya menderita alergi debu, sering bersin,pilek,biduran,bahkan tiba-tiba bisa bengkak-bengkak di wajah (bibir,dagu,pipi).Apa ya mbak obat untuk alergi tersebut,terutama kalo lagi bengkak,apa ya obatnya supaya bengkak cepat kempis. Thanks ya mbak atas bantuannya. Saya tunggu lho jawabannya. Luciana
(Saya posting ya, soalnya emailnya tidak terkirim)

Continue reading