MATI LAMPU

Seharian ga bisa ngapa-ngapain. Baru masuk kantor langsung mati lampu dan kemampuan jenset jadul yang terlalu lemah untuk subsidi ke ruangan saya.

Ternyata saya orang modern hehehe yang tidak bisa hidup tanpa listrik, tanpa AC, tanpa ngeblog, tanpa laptop. Untung masih ada handphone. tapi ga tau ya kalo sore mungkin akan low bat.

Apakah ada yang sama dengan saya? sehari tanpa semua fasilitas hidup.

ABORSI, OBATNYA APA?

“Eh, kasih tau dong obat buat gugurin kandungan? gw udah telat datang bulan nih. Please!”. Kasih tau ga ya jawabannya? padahal saya ga tau ini dari siapa. Pokoknya dari temennya temen temen kakak saya yang punya temen saudaranya. Pusing deh. Akhirnya SMS itu ga pernah saya bales meski saya tau apa obatnya. Gila, saya ga mau ikutan.

Sedih juga kenapa hal itu harus terjadi, kalo itu terjadi ama gadis belia pasti kasihan harus menanggung itu semua. Saya sendiri pusing kalo memikirkannya ( mendingan nonton JUNO hehehehe).

Saya lupa pernah dapat data dari mana, namun kasus mengugurkan kandungan terbanyak bukan karena hubungan pra nikah atau free sex yang selalu digembar-gemborkan, tapi justru lebih banyak dari kalangan keluarga. Baik karena kandungan ibu yang lemah, riwayat penyakit atau karena himpitan ekonomi keluarga. Mungkin setiap keluarga pernah mengalami keguguran atau mengugurkan.

Saya jadi teringat sebuah cerita bahwa antara tega dan tidak tega seorang ibu melakukan tindakan aborsi. Bayangkan anaknya lima dan suaminya hanya seorang buruh kasar. Mau dikasih makan apa anak saya nanti? sekarang saja sudah susah apalagi harus ketambahan satu orang lagi. Faktor kegagalan KB berpengaruh besar terhadap tindakan aborsi ini. so buat para bapak juga harus membantu dan berperan lebih besar, jangan suruh ibu aja yang pake alat kontrasepsi karena tidak semua ibu cocok dengan alat kontrasepsi meski banyak variannya. (but, salut juga buat bapaknya Lintang-Laksar Pelangi yang harus membiayai 14 anggota keluarga. Jungkir balik cari sesuap nasi).

Saya pengen deh ngasih tahu bagaimana proses aborsi itu. Boleh ga??

Mudah-mudahan yang baca ga ngilu. Bukan untuk nakutin tapi agar terhindar dari bahaya yang mengancam. Berpikir beberapa kali sebelum melakukannya dan tahu apa akibatnya. Setelah tahu ini jangan ke dukun beranak, lompat-lompat, perut di puter-puter. Buat para cowo brengsek yang banyak diluar sana please baca biar menghargai wanita. Aborsi itu sangat berbahaya apalagi jika dilakukan oleh orang yang ga mengerti.

prosedurnya ada 3 cara. Bahasa mudahnya seperti ini:

Namanya “Suction Curettage”
Metode ini disebut penyedotan, dengan mesin penyedot kuat yang ujungnya tajam dimasukkan kedalam vagina yang dimekarkan ( waktu saya lihat alatnya, gimana caranya alat ini bisa masuk). karena sedotannya kenceng maka tubuh bayi yang masih kaya nutrigel langsung berantakan alis tangan dikepala kepala ditangan. Hasil sedotannya ditambung dalam botol yang berisi ketuban, ari-ari, bagian tubuh bayi juga plasenta. peradangan, perdarahan atau robeknya rahim bisa terjadi apabila masih ada sisa didalam rahim.

Metode D&C – Dilatasi dan dikerok
hampir sama sih,vagina dimekarkan untuk masuknya pisau tajam. Bayinya dipotong-potong dari dalam lalu diangkat. sementara sisa di dinding rahim dikerok dengan kuret (alat kuret itu seperti sendok yang lebih cekung kedalam). peradangan, perdarahan atau robeknya rahim bisa terjadi karena lebih banyak darah yang hilang.

PIL RU 486
Metode ini pake pengaruh hormon yaitu memblokir hormon progesteron sehingga bayi tidak mendapat asupan nutrisi lalu diberi suntikan hormon prostaglandin yang akan membuat kontraksi rahim sehingga isi rahim dapat keluar seluruhnya. Serem banget sih. Udah deh nulis nya

Semua ingin hidup karena hidup itu indah. Beri kesempatan jangan dibunuh.

Lantas, masihkan kamu ingin melakukan tindakan aborsi? mencegah itu jauh lebih baik.

Industri Farmasi Menyosong Pasar Bebas ASEAN

Hari Rabu kemarin saya menghadiri MUSDA X Gabungan Perusahaan Farmasi di hotel Borobudur Jakarta. Pembicaranya faisal Basri, Andi Malarangeng dan Tengku Badar. Seru caranya!. lagi-lagi saya yang paling cantik *narsis mode on# Soalnya saya paling muda sementara 220 orang yang hadir lainya adalah para GM dan bos besar, saya beruntung bisa nonggol disana dan tuker-tukeran kartu nama.

Ikan cucut lagi kepincut, lanjut…

Materi presentasinya berbobot. faisal Basri gitu loh!. Saya ingin mengarisbawahi mengenai ” Industri Farmasi Menyosong Pasar Bebas ASEAN”. Pak Faisal Basri menekankan agar kita jangan menjadi tamu di negaranya sendiri. Dengan data-data yang disuguhkan dalam “Domestic Pharmaceutical Business mengenai return on equity (%)” pasaran obat dari tahun ketahun dirajai oleh PMA. Sebut saja ditahun 2006, posisi atas ditempati Schering Plough Indonesia, Merck Indonesia, Bristol-Myers Sguibb Indonesia. Sementara perusahaan Indonesia menduduki posisi dibawahnya seperti Kalbe Farma, Indofarma, Kimia Farma. Semoga Industri farmasi bisa berbenah untuk menghadapi derasnya persaingan ini. Melihat data itu kok saya jadi pesimis.

Namun dari sudut pandang yang lain, pak Andi Malarangeng mengajak semua kalangan Industri farmasi untuk berpikir positif, meski sekarang harga obat generik turun namun omsetnya turun. Hal itu disebabkan oleh lemahnya daya beli masyarakat kita. Jika diambil dari data pendapatan masyarakat 2 dolar perhari berapa banyak yang miskin, apalagi jika dilihat dengan sumber data BPS, mungkin angkanya sedikit berbeda. Di Indonesia tingkat kesenjangan antara orang miskin dan orang kaya sangat tajam. yang kaya makin kaya sementara yang miskin makin miskin.

Bukan hanya industri farmasi yang harus berpikir positif, rakyat kita juga harus berpikir positif apalagi menjelang PEMILU. Kenapa? karena pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat. Rakyat kecil juga kebagian rejeki karena saat PEMILU banyak dana yang terkucur untuk belanja-belanja partai. Perekonomian meningkat, kalo tidak percaya lihat saja setiap ada tahun PEMILU ekonomi juga mengalami kenaikan.

Emang dasar pak JUBIR kita ini tukang ngomong, dalam kesempatan itu pula ia masih sempat untuk verifikasi beberapa gosip-gosip di parlemen. Sekarang ini banyak dewan menanyakan hak interpelasi kepada presiden. “Kenapa presiden ga pernah datang rapat dewan, apalagi PDI P teriak- teriak, wah Mereka lupa tuh, dulu waktu ibu Mega saat mendapati hal yang sama, ibu Mega juga ga datang dan malah ngirim Menkopolkam nya pak SBY” katanya. pernyataannya langsung di iringin suara tepuk tangan dari semua anggota MUSDA GP Farmasi.

So dalam menghadapai Pasar Bebas ASEAN semua pihak harus berbenah apalagi hal ini akan dimulai diawal tahun 2009. Berpikir positif untuk melihat masalah lebih jernih namun harus tetap waspada seperti yang dikatakan oleh pak Faisal Basri.

SELALU DENGANMU

Adakah, waktu yang tak terbatas.
Untukku, merasa bahagia

Saat-saat aku jatuh cinta.
Saat kuterbang jauh kesana

Selalu denganmu… kasihku selamanya
Selalu denganmu… cintaku bersama

Kaulah matahari dalam hidupku.
Dan kaulah cahaya bulan di malamku

Hadirmu selalu akan kutunggu.
Cintamu selalu akan kurindu.

Selalu denganmu kasihku selamanya
Selalu denganmu cintaku bersama

Tahukah kau diriku.
Tak sanggup hidup bila kau jauh dariku
Kuingin, dipelukmu selalu

Hadirmu selalu akan kutunggu.
Cintamu selalu akan kurindu.
Dan tiada lagi batas ruang waktu

Oh Tuhan tetapkan rasa cintaku ini hanya untukmu
Selalu setia selama-lamanya.

Tahukah kau diriku
Tak sanggup hidup
Bila kau jauh dariku

Note: Tompi keren banget. Saya cuma bengong ketemu dengannya.

OBAT CUCI OTAK BUAT GUHPRASET

Tulisan ini saya dedikasikan buat seseorang ingin sembuh dari sakitnya yaitu guhpraset. Dengan semua kegilaanya semoga obat ini dapat membantu menuju kenormalan. Buat yang lain yang pengen sembuh juga boleh baca. Gratis lagi!

Pilih yang mana ya?
Guh, obat cuci otak untuk orang yang mengalami penyakit jiwa ( Psikofarma ) dibagi menjadi dua golongan yaitu obat anti psikotik dan anti depresi. Pilih yang mana ???
Saran saya pilih anti depresi karena kalo ke anti psikotik bahasannya buat orang yang kena Schizofrenia  ( kayanya Om Teguh masih waras).

Definisi
Obat antidepressive adalah obat yang mampu memperbaiki suasana jiwa ”mood” dengan menghilangkan atau meringankan gejala keadaan murung. Depresi diakibatkan terganggunya neurotransmitter dalam otak, kekurangan serotonin istilahnya. Dalam penelitian disebutkan kalo wanita lebih rentan terkena depresi ketimbang pria.

Bagaimana tau kalo saya ini kena depresi apa enggak?. Gejalanya gimana sih?

Coba bantu saya menjawab pertanyaan ini, apa pernah ngalamin hal ini?
1. Suasana perasaan yang depresi/ Mengalami kekecewaan berat. Misalnya mengalami PHK, bangkrut, perceraian, skripsi ga kelar-kelar, banyak utang dikejar-kejar dept collector, kehilangan pribadi ( kematian orang yang dikasihi orang tua/ pacar ).
2. Kehilangan minat dan kegembiraan dengan kondisi jiwa yang tertekan. Misalnya perasaan terlalu sedih, putus asa, rasa lelah dan letih, capek, ga nafsu makan, ga bisa tidur/insomnia, perubahan berat badan.
3. Mental yang terganggu. Misalnya sering termenung dengan mikir yang ga jelas, konsentrasi berkurang, pernah percobaan bunuh diri, pikiran bersalah dan tidak berharga, susah buat ngambil keputusan.

Kalo pernah mengalaminya  dan dalam waktu 2-3 minggu terus perasaannya udah mendingan “ga bad mood lagi” makan dianggap selamat maka anda bisa dikategorikan sebagai orang yang pernah kena depresi ringan. Tapi kalo dalam waktu tersebut belum juga hilang maka selamt datang buat orang yang menderita depresi sedang sampai depresi hebat.

Depresi itu ada berapa tingkat? Jenis-Jenisnya apa aja?.
Ada depresi ringan, sedang dan berat. Kalo mau tahu cari di Hamilton Depression Rating Scale, isinya daftar gejala yang lebih luas lagi isinya dan sering digunakan sebagai alat buat ngukur tingkatan depresi ( alias seberapa depresinya tuh orang ).

Menurut Uncle “ Wikipedia”, Antidepressants are often used in the treatment of other conditions, including anxiety disorders, bipolar disorder, obsessive compulsive disorder, eating disorders and chronic pain.
Saya hanya pengen jelasin dikit apa itu Bipolar disorder (dua fase). Depresi ini menurut saya unik karena pasiennya dalam masa manis berperilaku gembira luar biasa, hati berbunga-bunga, tertawa, hip hip hura hura, punya aktivitas berlebih. Namun pada masa depresif hari berlalu bagaikan hari berkabung nasoinal. pokoknya hari hitam gitu loh.

Gimana Ngobatinnya? Gimana mekanisme kerjanya?  Saya ga perlu masuk Rumah Sakit Jiwa kan?

Sebelum kesitu saya juga mau ngasih tahu ke Om Teguh kalo dirimu tak sendiri hehehe. Tau ga, industri farmasi di Indonesia sekarang lagi banyak yang ngembangin obat anti depresi dan sejenisnya. di Badan POM beberapa sedang dalam proses registrasi, mungkin karena beberapa obat udah abis paten atau bisa juga karena banyak orang depresi direpublik ini.

Mari kita bahas pengobatannya.
Depresi tidak perlu diobati karena didalam tubuh kita ini Tuhan menciptakan serotonin yang dapat membantu untuk memperbaiki suasana jiwa sehingga tidak marah bar-bar saat dimarahi orang tua, penghambat nafsu makan sehingga kita tidak makan seperti ular, meningkatkan rasa ngantuk karena kalo udah malam pasti ada dorongan untuk tidur, ambang nyeri yang maksudnya jika ada rasa sakit lebih mudah diatasi.

Jika relaksasi dan komunikasi sudah tidak membuahkan hasil maka barulah obat menjadi pilihan selanjutnya. Penggolongan obatnya bagi menjadi 3 bagian :
1. Selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs)
    Contoh obatnya: Fluoxetine, Paroxetine, Escitalopram, and Sertraline
2. Tricyclic antidepressants
    Contoh obatnya: amitriptyline and desipramine
3. Monoamine oxidase inhibitors (MAOIs)
    Contoh obatnya Moclobemide.

Berhubung penjabarannya terlalu sulit buat orang yang udah kena penyakit jiwa dan ga pengen dikira jualan obat maka saya buat garis besarnya mekamisme kerjanya:
Obat antidepresi ini bekerja dengan jalan menghambat re-uptake serotonin  dan noradrenalin di ujung-ujung saraf otak sehingga dengan demikian dpat memperpanjang masa waktu tersedianya neurotransmitter itu. ( terserah ngerti apa nggak intinya agar serotoninnya tetap seimbang).

Terakhir, Gimana cara pencegahan buat yang belum mengalami (korban) depresi?
Berpikir positif dan jangan takut jadi diri sendiri. Keep smile. Istrirahat-bekerja-bermain dalam porsi yang pas(8-8-8). Konsumsi makanan yang mengandung serotonin seperti sumber protein dlaam daging atau susu. Jika ada keluhan Konsultasi dengan tenaga kesehatan. Mudah kan!!

Satu lagi yang mau saya tambahkan “ Guh, pernah sakit maag ga? Sering?”
Sakit maag mungkin salah satu gejala dini stres atau depresi. so hati-hati dengan lambungmu, boleh percaya atau tidak. Tapi dalam praktek kerja saya bersama dokter spesialis Gastro Intestinal (lambung). Saat konseling, pasien menderita sakit maag beberapa diberi obat penenang loh (seperti benzodiazepam) . Ternyata obat itu diberikan agar stressnya berkurang.

Gini, kalo lagi banyak pikiran apalagi baru putus atau skripsi ga kelar-kelar pastinya kepala mikir tujuh keliling. Akibat mikir terlalu banyak produksi asam lambung meningkat dan seiring dengan meningkatnya asam lambung maka pH lambung semakin asam. Kalo semakin banyak mikir asammya jadi lebih banyak keluar dan kalo udah gini ga cukup diberi antacid, beta bloker atau Proton Pump Inh, dokter biasanya meresepkan penenang.

Semoga cepat sembuh ya!

 

SAYA BUKAN ANAK KECIL

Kemarin saat sedang presentasi mengenai patch technology kepada customer, tiba-tiba aja terjadi pembicaraan yang keluar dari topik

Customer : “Cobain deh produk saya. Badan pegel linu, nyeri otot, capek abis olah raga bisa sembuh? gampang lagi tinggal kasih air langsung diminum”.

Saya        : “Iya produknya bagus”. * manggut-manggut* (isinya: Glucosamine + Chondroitin + MSM Methyl Sulfonyl Methane ).

Dalam hati salah alamat jualan ama saya. Udah tau kok kalo produk ini bagus dan bisa diandalkan buat pegel linu nyeri otot. Triple action gitu loh!

Customer  : “Tau ga kalo produk ini bisa juga untuk “gituan”. Menurut cerita dan pengalaman dari teman diminum setengah jam sebelumnya. Dijamin”.

Customer : ” Mbak sudah menikah?”

Saya         : “Belum”.  * dalam hati so what gitu loh!*

Customer : “kalo gitu ga boleh denger….”
( selanjutnya volume pembicaraan diperkecil dan  dialihkan kepada rekan yang lain sambil tertawa-tawa).

saya cuma diam dan terbengong. Teori dari mana itu???

 Hello, look at me i am not young. I am a big girl ( emang ga big big amat tapi saya sudah besar). Saya juga belajar dikuliah. sebal. sebal. sebal. saya bukan anak kecil.

TOLONG, SAYA PENDARAHAN

Hallo, Mbak Rina tolong saya sudah tiga hari saya mengalami pendarahan dan gumpalannya gede-gede. perut saya nyeri sekali. Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan?, Udah minum obat kok masih ga berhenti?”. Itu adalah penggalan pembicaraan yang saya terima hari ini oleh seorang ibu paruh baya yang menelpon saya tanpa saya kenal sebelumnya dan lupa menanyakan siapa namanya.

Saya bertanya apakah sudah pergi ke dokter, riwayat penyakitnya, apakah sudah pernah mengalami hal serupa, resep apa yang yang diberikan. Ibu ini mengatakan pernah dikuret sebelumnya dan dan kini mengalami perdarahan yang kedua. Ia ingin tahu apakah obat ini sudah benar lalu apa yang harus ia lakukan agar cepat sembuh.

setelah menenangkannya, saya terdiam menganalisis *gaya peneliti mode ON*. Ternyata ibu itu menunggu dan mendengar dengan penuh perhatian.

Begini bu, obat yang diberikan sudah benar.  Obat yang diberikanoleh dokter mengandung:
1.Analgesic ( pain killer dengan diberi codein HCl)
2.Drug Acting of uterus ( methylergometrine maleate).

( maaf saya tidak menyebut merek nanti dikira dagang hehehehe).

Saya jelasin ya;
1. Obat yang warna kuningnya (codein HCL) diminum ya. Gunanya untuk mengurangi rasa nyeri yang ibu alami.
2. Obat yang satunya itu dipake untuk menghentikan pendarahan. Ibu kan udah beli obat yang mahal jadi harus dihabiskan ya. Saya jelaskan juga gimana kerja obat ini.
3. Ibu harus banyak istirahat. kelihatannya suara ibu tidak tenang berarti ibu banyak pikiran. sekarang dalam beberapa hari ini jangan banyak mikir dan jalan-jalan. istirahat ya.
4. ga ada pantangan makan apa-apa. Yang penting makanannya sehat. Jangan lupa minum Vitamin biar cepet sembuh.
5. Ibu, kalo obatnya udah abis terus belum ada perubahan ibu berobat ke dokter spesialis aja.

Jawaban saya seperti itu. ibu itu menjadi tenang dan mengucapkan terimakasih. Saya hanya berkata” sama-sama Ibu. cepat sembuh ya!’. ternyata banyak sekali masyarakat di luar yang membutuhkan informasi yang benar dari orang tahu akan obat.

Kayanya udah ga jamannya lagi kedokter, berobat, dikasih resep, pulang. masyarakat ingin mendapat informasi tentang obat apa yang mereka minum. Benar atau tidak. Mengapa obatnya mahal? ada ga obat yang sama dan harganya lebih murah? bagaiman kualitasnya?.

So, bertanyalah kepada orang yang tepat. Mintalah informasi dari apotek setelah membeli obat karena setiap kita berhak untuk mendapatkannya.