Obat Radang Tenggorokan

Pernah tidak kena radang tenggorokan? rasanya badan panas, demam, kalo menelan sakit, suara serak, kadang disertai flu. Wah memang perubahan cuaca yang tidak menentu membuat beberapa orang termasuk saya mengalami hal itu.

Hal yang pertama dilakukan berobat ke dokter. Secara kebetulan, saya dan teman  mengalami radang tenggorokan naman kami berdua menghabiskan biaya berobat yang berbeda padahal obat yang diberikan hampir serupa.

Mau tau ga kenapa saya lebih murah? karena saya melakukan swamedikasi atau pengobatan diri sendiri *secara saya ini farmasis*. Obat mahal belum tentu sembuh. yang benar pilih lah obat yang tepat sesuai dengan sakitnya.

Obat untuk radang tenggorokan ada berapa ya? itu tergantung dari gejalanya karena setiap radang tenggorokan tidak dapat langsung minum obat ini atau itu langsung sembuh. Jika gejalanya sama seperti yang saya tulis di atas, maka obat berikut bisa dijadikan referensi:

1. ANTIBIOTIK

Antibiotik yang umum yang bisa di gunakan Amoxicillin dan Cefadroxil. Saya merekomendasikan obat generik ini karena kualitasnya sama dan harga nya murah sekitar Rp 15.000-an sepapan (10 tablet). mungkin ini juga alasan kenapa teman saya mendapat harga lebih mahal dari saya. ingat obat diminum 2-3 kali sehari dan harus dihabiskan.

2. ANALGESIK DAN ANTIPIRETIK

obat ini seperti panadol, aspirin, paracetamol generik. Harga nya Rp 10.000-an sepapan diminum 3 kali sehari, jika panas sudah reda obat boleh di stop. obat ini gunanya sebagai pain killer mengurangi nyeri dan menurunkan panas.

3. MULTIVITAMIN

kalo ini terserah pilih yang mahal atau murah. multi vitamin berisi vitamin C, B komplek intinya biar badan lebih cepat pulihnya. lihat tulisan saya tips memilih vitamin C.

Selain itu, biasanya untuk radang tenggorokan yang ringan dapat diobati dengan FG troches. FG troches ini seperti permen hisap yang memiliki rasa yang enak. Di dalamnya terdapat antibiotik yang aman, Fradiomycin sulfat 2.5mg dan Gramicidin HCl 1mg.

Dengan pengetahuan umum untuk swamedikasi, mudah mudahan biaya kesehatan bisa di minimalkan. jika masih belum sembuh juga periksa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. ingat bukan mahalnya obat yang membuat kita sembuh tapi pemilihan obat yang tepat.

I HATE FLOWERS

Saya aneh karena tergolong sebagai orang yang tidak suka bunga. “I hate Flowers but i do not know why, maybe because i am not romantic?”. Kayanya sisi feminin saya udah hilang. mikirnya logis, realistis dan cenderung idealis *halah belakangnya kokis is semua*

Tapi yang lebih aneh lagi, menurut beberapa teman katanya saya ini berbakat merangkai bunga. Kok bisa ya merangkai bunga tapi ga suka bunga. Gimana caranya tuh?. Apakah perangkai bunga harus menyukai bunga? Lihat rangkaian bunga saya dibawah ini:

Ceritanya minggu lalu saya pergi membeli bunga ke Rawa Belong, putar-putar cari bunga bingung-bingung. sampai akhirnya saya menjatuhkan pilihan untuk memakai ranting keatas buat rangkaian utama. Buat yang belum pernah ke Rawa Belong sebaiknya ditemani seorang teman yang profesional * jago nawar dan kedipin mas-mas jawa*. Untung saya pernah kuliah Antum (anatomi tumbuh-tumbuhan) hiks hiks saya dulu sebal tapi sekarang ada gunanya buat milih bunga 🙂

Singkat kata singkat cerita akhirnya selesai juga rangkaian saya. Buat yang belum tahu, merangkai bunga itu emang seni.salut buat florist. Mungkin yang bikin mahal bukan rangkaiannya tapi ide dan kreativitasnya. tau ga sih kalo ngerangke itu untungnya gede banget. Ini harga pokoknya:

1. Ranting coklat-putih Rp 10.000
2. Mawar pink Rp 25.000
3. Bunga kala lily R 25.000
4. Daun hijau pengisi Rp 5.000
5. Oasis Rp 5.000
6. vas gelas kaca Rp 65.000
7. Jelly hijau di dalam vas Rp 10.000
8. Ongkos pulang pergi Rp 25.000

Jadi totalnya Rp 170.000. kalo rangkaian bunga saya ini sampai ditangan pembeli dan dikirim antar harganya sekitar 500-700 ribu atau mungkin bisa lebih. Enak juga ya… tapi saya masih bingung sebenarnya saya berbakat ga sih merangkai bunga?

MEMILIH OBAT MAAG YANG TEPAT

menulis topik ini saya harus riset kecil dan baca empat buku (niat banget ya).

rekan saya bercerita tentang penyakit maag yang tak sembuh meski telah berobat mahal. setelah konsultasi dengan saya terus sembuh. ini bukan obat ajaib tapi tepat milihnya. mana mungkin duodenal ulcer diobati dgn gastric ulcer.

sakit maag dibagi tiga yaitu Esophageal ulcer (esophagus), Gastric ulcer (stomach), Duodenal ulcer (duodenum). untuk jelasnya saya akan bahas di postingan selanjutnya (lagi pake opera mini :-o).

cara mudah membedakan, Esophagus ulcer jika ada rasa terbakar di leher, sakit/nyeri didada waktu menelan. Gastric ulcer15 menit setelah makan semua bagian perut perih, rasa terbakar. Duodenal ulcer rasa nyeri agak lambat sekitar 1-4 jam setelah makan, hanya satu titik yang sakit, bisa ditunjuk letaknya. jika perut diisi makanan tidak perih. jadi udah tau kan bedanya? saya tergolong kena duodenal ulcer 🙂

penggolongan obat ada 8 yaitu antasida, penghambat sekresi asam lambung, mucosaprotectiva, antibiotik, penguat motilitas, penenang, pembantu dan anti emetika. saya jelasin dua terbanyak.

1. ANTASIDA
guna menetralkan asam lambung, tidak mengurangi volume asam tapi meningkatkan pH akan penurunan aktifitas pepsin. pH tadinya 2 bisa langsung naik 3-4.
obat nya seperti mylanta, polycrol, acitral, promag. isinya
antasid adalah kombinasi aluminium hidroksida, magnesium stearat, simethicone. biasanya antasid lebih banyak digunakan untuk penderita gastric ulcer. diminum sebelum makan karena pH lambung perlu di netralisir dan setelah makan karena dalam proses pencernaan ada kecenderungan asam lambung meningkat.

2. PENGHAMBAT SEKRESI ASAM LAMBUNG
dibagi dua bagian, yaitu:
A. H2 BLOKER obatnya simetidin, ranitidin, famotidin.
B. PROTON PUMP INHIBITOR obatnya omeprazol, lansoprazol, pantoprazol

Proton pump inh harus dalam bentuk enteric coated sehingga tahan menghadapi asam lambung dan pecah di usus halus lalu masuk melalui sel parietal dan mengikat enzim KHATPase. jadi kalo dapat resep ome, lanso, panto jangan digerus/ dijadiin puyer karna khasiatnya hilang.

untuk H2 BLOKER menempati sekektif di permukaan sel parietal sehingga sekresi asam dan pepsin dikurangi.

pemilihan obat yg palimg mudah diberi simetidin atau ranitidin seperti Rantin®, jika belum sembuh diberi famotidin seperti
Promag double strenght karna famotidin 3 kali lebih kuat dari Ranitidin. jika ingin yang lebih murah pake generik saja karna khasiat sama n sudah BABE approved

SOMEWHERE OUT THERE

In my way home, i saw full moon light. i saw and i saw again. suddenly it’s remain me with very old song “somewhere out there”. i can felt something wet in my eyes. i miss pops, It’s only been 80 days. i know somewhere out there If love can see us through. Then, we will be together somewhere out there in different the part of life. out where dreams is come true.

Let me present my songs:

Somewhere out there beneath the pale blue night
Someone’s thinking of me and loving me tonight

Somewhere out there someone’s saying a prayer
Then we’ll find one another in that big somewhere out there.
And even though I know how very far apart we are
It helps to think we might be wishing On the same bright star

And when the night will start to sing A lonesome lullaby

It helps to think we’re sleeping underneath the Same big sky
Somewhere out there If love can see us through

Then, we’ll be together Somewhere out there

out where dreams, come true.

RAHASIA DIBALIK HURUF t

Untuk melihat rahasia karakter seseorang bisa dilihat dari tulisan tangan. Jika ingin mengetahuiya, coba sekarang tulis ‘cinta’ pake huruf kecil. sudah?? kalo menulis t ada garis coretan mendatar. garis ini di sebut t-bar. t-bar itu merefleksikan seberapa tinggi atau rendahoya keinginan, percaya diri dan harga diri seseorang.

sewaktu saya melihat tulisan tangan bos, saya mendapati tulisan t-bar nya tebal dan panjang. hal itu mengidentifikasikan kalo bos saya orang yang bersemangat tinggi. mudah merasa lelah dan perlu waktu untuk pulih namun kerjaan mereka selalu selesai.

ketika sedang menulis tangan, kita dipengaruhi oleh otak, pikiran, alam bawah sadar dan perasaan. seorang grafolog asal Arizona meneliti tulisan tangan menemukan bahwa murid dengan t-bar rendah di tangkai nya selalu mendapat nìlai jelek saat tes. untuk itu jika sekarang mempunyai anak yang sedang belajar menulis, latihlah ia untuk menulis t-bar yang tinggi. untuk menjadikannya semangat dan tidak pemalu.

bagaimana kita yang udah tua ini, masih bisa ga?
menurut buku Brain Writing penulis Irene B. Levitt, hal itu bisa. berlatihlah menulis ‘take time to think’ sebanyak 30 kali sebelum tidur dan lakukan selama 30 hari. saya sudah membuktikannya, idealnya t-bar yang baik adalah tiga perempat tinggi dari tangkai t itu sendiri. saya menjadi lebih berani dan mempunyai penghargaan terhadap diri lebih tinggi. dalam buku disebutkan jika ingin berkonsentrasi tulisan dengan tulisan yang lebih kecil. tulisan tangan yang lebih kecil meningkatkan energi baru dan vitalitas. dalam penjelasan lebih detail mengenai membaca tulisan tangan ada tiga kunci dalam tulisan tangan terletak pada tekanan, ukuran dan kemiringan. selamat berlatih dengan t-bar nya untuk menjadi orang yang menghargai tinggi dìrinya sendiri.

WHY DID I GET MARRIED ?

Radang tenggorokan ini membuat badanku drop dan izin ga masuk kantor. ditemani televisi saya nonton Oprah Winfrey di MetroTV. Why Did I Get Merried?

Apa sih yang dicari dari pernikahan? saya sering bertanya sendiri apa jawaban tepatnya. apalagi buat yang mau menikah sebentar lagi harus tau jawabannya. tgl 8 blm 8 tahun 2008 hehehe.

menikah is not about legally date. have to understand each other. can make good communication. care and forgiveness.

banyak yang mengira menikah itu indah, romantis, penuh bunga, berwarna. hahahaha ‘hi wake up?’. married is not all about. welcome to reality of pernikahan. proses adaptasi dan memahami karakter sangat menguras tenaga dan airmata. apalagi proses untuk memaafkan. forgive and move on my life itu yang paling sulit. Tuhan tunjukan orang yang tepat untukku. kadang saya merasa lebih tua dari umur asli 🙂 .

Udah ga jamannya lagi menikah harus di jodohkan ala siti nurbaya. ga lagi pemaksaan kehendak, patriarki yang berlebihan. wake up girls?.
banyak cewek yang menikah ingin menjadi penyelamat buat pasangannya. berharap kelakuan/sikapnya akan berubah setelah menikah. itu salah besar. ekspektasi dan realita sangat bertolak belakang. Percaya deh!.

PEMANIS YANG PALING MANIS

Sore hari paling enak minum teh manis hangat ditemani gorengan sambil nonton TV. rasa manis bisa buat saya tetep on.

tau ga kalo pemanis ga cuma gula ada aspartam, asesulfam, siklamat, sakarin, fruktosa, dektrosa, sorbitol dan maltitol, ksilitol, laktitol, manitol. thaumatin. banyak kan?

Pemanis itu digolongkan menjadi dua kelompok berdasarkan nilai energetisnya, yaitu:
1. zat-zat yang menghasilkan kalori (polialkohol, ksilitol, sorbitol, manitol, maltitol, juga monosakarida fruktosa).
2. zat-zat tanpa energi (aspartam, asesulfam, sakarin, siklama, steviosida).

Saya ingin menjelaskan lebih detail mengenai aspartam karena paling banyak digunakan dan banyak isu mengenai pemanìs buatan.

Aspartam atau kalo beli di apotek mereknya Equal, Canderel, Nutrasweet, Tropicana slim. aspartam adalah dipepthda dari dua asam amino yaitu asam asparaginat dan ester metil dari fenilalanin, yang kandungannya 200 kali lebih manis dari gula. ditemukan di USA 1963. Tidak berasa pahit tapi terurai pada pemanasan diatas 180 celcius, maka sebaiknya ditambahkan pada makanan setelah selesai dimasak. dalam usus, aspartam terhidrolisa menjadi metanol, asam asparaginat dan fenilalanin, semua akan terserap ke dalam darah. daya manis dari satu tablet mengandung 50mg adalah sama dengan 5 gram gula biasa (obat obat penting, hal 710).

efek samping pada dosis yang tinggi dapat berupa reaksi alergi, nyeri kepala. sebaiknya tidak diberikan pada anak dan wanita hamil engan fenilketouria, karena fenilalanin yang terakumulasi/ menumpuk dalam darah dapat merusak saraf otak.

oleh karena itu diperlukan ADI (Acceptable Daily Intake) yaitu 40 mg/kg sehari. misalnya berat saya 45 kilogram X 40mg. maka asupan  yang boleh untuk saya 1800mg atau 1.8 gram. Asupan gula diet umumnya 10gram, sehingga saya hanya boleh mengkonsumsi 5 tablet saja sehari.