Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Yang Paling Ampuh

 

mengobati Sakit GigiAda ga obat yang bisa menghilangkan sakit gigi? Mengobati sakit gigi berlubang yang paling ampuh? Jawabannya Ada. Saya akan membahasnya dan kasih tahu apa saja obatnya. Seperti pada kasus Sergio ternyata akar giginya bermasalah sehingga menimbulkan derita sakit dan nyeri berhari-hari.

Dengan mengkonsumsi obat-obat ini dapat mengurangi rasa sakit dan Sergio tetap berobat dan konsultasi ke dokter gigi untuk perawatan lanjutan agar sakit giginya sembuh dan akarnya sehat. Jika kamu mengalami nyeri dan ngilu gigi yang sangat maka saya menginformasikan obat yang dapat meredakan nyeri sakit gigi nya, yaitu :

1. Amoxicilin 500 mg. Amoxicilin ini adalah obat antibotik golongan penicillin yang dapat mengobati infeksi karena bakteri. Dosisnya 2-3 x sehari. Obat harus dihabiskan selama selama seminggu penuh. Kalo tidak dihabiskan bisa membuat resisten antibiotik.

2.Dexamethasone 0.75 mg. Dexamethasone berguna untuk mengurangi radang atau bengkak di gusi. Obat golongan kortikosteroid ini dinimum 2 x sehari dan jika sudah tidak bengkak lagi obat berhenti diminum. Penggunaan berkepanjangan tidak boleh karena bahaya efek sampingnya.

3. Asam mefenamat 500 mg. Asam mefenamat bergunanya untuk mengurangi nyeri dari sakit gigi. Obat anti inflamasi ini diminum dengan dosis 2-3 x sehari. Kalo sudah tidak sakit obat sebaaiknya dihentikan pemakaiannya.

Obat-obatnya ini bisa dimasukan dalam list obat-obat P3K yang ada dirumah, jadi apabila tiba-tiba sakit gigi di malam hari dan udah ga ada dokter gigi yang buka praktek, obat ini bisa jadi obat emergency (obat darurat). Besoknya kita harus tetap periksa gigi ke dokter agar dapat diketahui akar penyebab sakit giginya. Bisa jadi gigi berlubang terjadi karena ada infeksi berat yang sudah kena saraf, gusinya sudah bernanah atau akarnya sudah membusuk dan masih banyak lagi. Itu semua harus segera ditangani dan dilakukan perawatan agar gigi sehat kembali. Jadi bukan hanya ditambal terus pulang tetapi perlu beberapa kali kunjungan ke dokter gigi agar sembuh total.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu merawat gigi dan gusi agar terhindar dari derita sakit gigi. Setelah sembuh, kita harus merubah pola hidup yang lebih sehat dengan rajin gosok gigi pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur… satu lagi yaitu perawatan gigi secara berkala ke dokter gigi.

Mengobati Luka Bakar Melepuh dan Berair Kena Knalpot

penanganan luka bakar

Siapa yang pernah mengalami luka bakar karena knalpot, air panas, minyak goreng atau benda panas seperti panci dan penggorengan? Ya, saya salah satunya. Jika kamu terkena luka bakar mulai sekarang tinggalkan mitos-mitos lama seperti memakai odol, minyak, tepung, margarin, kecap.

Cara menangani luka bakar yang tepat akan membantu proses penyembuhannya, dengan cara menurunkan suhu pada luka dengan mengalirkan dengan air mengalir, lakukan sampai beberapa menit sampai suhu lukanya sudah menurun. Setiap luka bakar harus tepat penanganannya karena luka bakar juga memiliki tingkatan derajat kerusakan pada kulit.

Jika lukanya cukup dalam segeralah periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Jika tingkat derajat masih tingkat rendah, saya merekomendasikan penggunaan salep yang mengandung antibiotik Neomycin Sulfate dan Placenta Extract. Yang pasti kalo lukanya melepuh dan berair jangan ditusuk atau dipecahin karena berakibat bisa terjadi infeksi dan jadi lama sembuhnya.

Setelah luka sudah mulai kering, jangan lupa juga untuk mengoleskan moisturizer agar kulit muda yang baru terbentuk menjadi lebih baik dan tidak akan meninggalkan bekas luka, kalaupun berbekas, bekasnya lukanya hanya samar saja.

Ranitidin ditarik BPOM | Ranitidin Pemicu kanker | Apa obat Penggantinya?

Ranitidin Ditarik dari Peredaran

Obat Ranitidin ditarik dari pasaran oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sejak 11 Oktober 2019. Masyarakat umum mengetahui kalo Ranitidin ini adalah obat yang umum dipakai untuk pengobatan sakit maag seperti gejala tukak lambung dan tukak usus.

Pada tanggal 13 September 2019, US FDA dan EMA mengeluarkan peringatan tentang adanya temuan cemaran NDMA dalam jumlah yang relatif kecil pada sampel produk yang mengandung bahan aktif ranitidin, dimana NDMA (Nitrosodimethylamine) merupakan turunan zat Nitrosamin yang dapat terbentuk secara alami. Studi global memutuskan nilai ambang batas cemaran NDMA yang diperbolehkan adalah 96 ng/hari (acceptable daily intake), bersifat karsinogenik jika dikonsumsi di atas ambang batas secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini dijadikan dasar oleh Badan POM dalam mengawal keamanan obat yang beredar di Indonesia. Dalam rangka kehati-hatian, Badan POM telah menerbitkan Informasi Awal untuk Tenaga Profesional Kesehatan pada tanggal 17 September 2019 terkait Keamanan Produk Ranitidin yang terkontaminasi NDMA. Badan POM saat ini sedang melakukan pengambilan dan pengujian beberapa sampel produk ranitidin. Hasil uji sebagian sampel mengandung cemaran NDMA dengan jumlah yang melebihi batas yang diperbolehkan. Pengujian dan kajian risiko akan dilanjutkan terhadap seluruh produk yang mengandung ranitidin.

Obat Pengganti Ranitidin seperti golongan Proton Pump Inhibitor seperti Lanzoprazole, Omeprazole dapat dilakukan, begitu pula dengan pemberian Sitoprotectif dengan bahan baku Sucralfate. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang terapi pengobatan yang sedang dijalani menggunakan Ranitidin, untuk menghubungi dokter atau Apoteker.

Cara Mengobati Sariawan Yang Paling Ampuh

Mengobati Sariawan

Cara mengobati sariawan yang paling ampuh dengan menggunakan Triamcinolone acetonide dan Nystatin. Pengalaman ini berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa pasien yang juga menggunakannya.

Sakit sariawan memang membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Cara mengobati sariawan memang banyak tetapi tips ini akan berguna untuk kamu yang ingin sembuh dari sariawan dengan ampuh dan cepat tanpa derita rasa nyeri dan perih. Mengobati sariawan pada anak atau orang dewasa pada dasarnya sama.

Pengobatan sariwan dengan 2 sediaan farmasi yaitu :
1. Triamcinolone Acetonide.
Tiap gram salep mengadung Triamcinolone acetonide 1 mg. Dosis dan cara pemakaian : Dioleskan pada membran mukosa oral, 2-3 kali sehari, sesudah makan dan sebelum tidur.

2. Nystatin.
Tiap mL suspensi oral mengandung Nystatin 100.000 unit. Indikasinya untuk perwatan kandidiasis (jamur) didalam rongga mulut. Dosis dan cara pemberian : Nystatin suspensi oral untuk bayi, anak dan dewasa dengan dosis yang direkomendasikan adalah 1mL (100.000 unit Nystatin) 4 kali sehari.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat segera sembuh dari sariawan.

Cara Sembuh Dari Stroke

SEMBUH DARI STROKESiapa bilang sakit stroke tidak bisa disembuhkan? buktinya ibu saya bisa sembuh total dari sakit stroke. Penyakit stroke memang adalah salah satu penyakit kritis yang banyak terjadi di Indonesia. Dalam pengobatannya yang terpenting adalah cepat dalam penanganan dan tepat terapi yang dilakukan.

Seperti pada kasus ibu saya, ketika sakit stroke yang menyebabkan tubuh sebelah kirinya tidak dapat berfungsi dengan normal maka kita perlu melakukan penanganan lebih lanjut dengan : pengobatan medis untuk obat stroke, terapi akupuntur yang tepat, rehabilitasi medik membuat kemampuan motoriknya dapat meningkat dengan baik.

Selain itu juga diperlukan nutrisi yang tepat untuk menyeimbangkan nutrisi tubuhnya. Tentu ketika sakit, nutrisi kita perlu menyeimbangkan baik kebutuhan nutrisi vitamin, mineral dan antioksidan. Selain itu pola hidup sehat juga sangat berpengaruh untuk mempercepat kesembuhan. Sebagai farmasis/ apoteker, saya ingin kita semua menyadari pentingnya menutrisi tubuh kita agar seimbang. Jadi ga cukup kalo hanya karbohidrat, protein, lemak dan air saja yang diperlukan tubuh, kebutuhan nutrisi vitamin dan mineral juga harus dicukupkan sesuai recommended daily allowance (RDA).

Nutritional Supplements - Lyle MacwilliamNutrisi yang saya rekomendasikan tidak disponsori oleh pihak manapun dan itu adalah berasal dari pengalaman pribadi dan juga rekomendasi dari buku Nutritional Supplements yang dapat teman-teman baca dan beli di amazon. Semua hasil risetnya bukunya berasal dari penelitian scientific yang dilakukan oleh pihak ketiga (third party).

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Ayo kita hidup sehat dan mapan secara finansial.

Obat Sakit Gigi Yang Manjur

kyle-loftus-590869-unsplash

Makan es krim adalah susuatu yang sangat menyenangkan namun apa jadinya kalo kita lagi sakit gigi? sengsara banget. Udah kumur pake air garam ga sembuh sembuh, mau ke dokter gusi lagi bengkak, ya antara takut, males, khawatir nanti dicabut giginya. (sumber gambar disini)

“Ada ga sih obat yang bisa menghilangkan sakit gigi ini? boleh dong dikasih tahu?”, itu kata temen saya yang lagi sakit gigi udah beberapa hari ini.  Sebenarnya sih, saya lebih prefer kalo sakit ya ke dokter gigi dan nanti dari sana akan diberikan penanganan yang tepat untuk sakit giginya, jenis tindakan medisnya tergantung dari tingkat kerusakan giginya.

Namun jika kamu mengalami nyeri dan ngilu gigi yang sangat-sangat maka saya bisa merekomendasikan beberapa obat yang dapat meredakan nyeri giginya, yaitu :

1.Asam mefenamat 500 mg.
Asam mefenamat bergunanya untuk mengurangi nyeri dari sakit gigi, anti inflamasi ini diminum dengan dosis 2-3 x sehari. Untuk merek dan brandnya ada banyak tersedia di apotek. Kalo sudah tidak sakit obat boleh dihentikan.

2.Dexamethasone 0.75 mg.
Dexamethasone berguna untuk mengurangi bengkak-bengkak di gusi. Obat golongan kortikosteroid ini dinimum 2 x sehari dan jika sudah tidak bengkak lagi obat berhenti diminum.

3.Amoxycillin 500 mg.
Amoxycillin ini adalah obat antibo0tik golongan penicillin yang dapat mengobati infeksi bakteri. Dosisnya 2-3 x sehari dan diminum selama seminggu penuh obat harus diminum dan dihabiskan.

Sudah banyak yang sembuh dengan resep manjur ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu merawat gigi dan gusi agar terhindar dari derita sakit gigi. Smile as always.

Dexamethasone Bukan Obat Gemuk

 

shopping

Mba, minum obat Gemuk Dexamethasone selama beberapa bulan. Memang sih saya naik berat badannya cukup banyak… tetapi juga punya efek saya jadi mudah mengantuk.  Sekarang berat badan saya sudah oke dan mau berhenti minum obatnya tapi malah sejak berhenti badan jadi sering sakit, pusing seperti hilang keseimbangan,  kepala bagian belakang terasa berat sekali. Mohon solusi.

Seperti tulisan saya disini tahun 2010 dan disini tahun 2016, ternyata masih banyak ya masyarakat yang salah persepsi tentang obat ini. Sejatinya obat Dexamethasone adalah obat golongan kortikosteroid yang digunakan untuk membantu mengurangi peradangan/ pembengkakan. Catat ya! jadi obat ini didesain bukan untuk menggemukan badan.

Jadi kalo orang kurus minum obat ini berharap akan gemuk maka itu salah banget. Dexamethasone dikonsumsi tanpa pengawasan dokter dan dalam periode konsumsi yang lama memang akan menimbulkan efek samping seperti yang disebutkan diatas bahkan sering saya lihat banyak kasus “moon face” gemuk mukanya doang saat konsumsi obat ini.

Kalo sudah sudah begini bagaimana? ini ibaratnya sudah ketergantungan jadi tidak boleh langsung berhenti mendadak, caranya dengan mengurangi dosis Dexamethasone secara perlahan-lahan  sampai menjadi 0 mg perharinya.  Saya tidak tahu berapa banyak dikonsumsi per harinya. Misal sehari minum 2 x sehari , kemudian dikurangi menjadi 1 x sehari, kemudian berselang 2-3 x minggu, lalu 1 x seminggu , sampai benar-benar tidak mengkonsumsi lagi. Ada baiknya silakan berkonsultasi dengan dokter karena terapi pengurangan dosis setiap individu sangat berbeda-beda, ada yang perlu waktu beberapa minggu sampai hitungan bulan untuk bebas dari Dexamethasone.

Mulai sekarang jangan mengkonsumsi obat Dexamethasone sembarangan. Obat ini bukan untuk membuat gemuk dan menghilangkan pegal linu. Konsultasikan lebih dulu kepada dokter atau tenaga kesehatan yang berpengalaman.

Jangan gunakan cara salah untuk hasil baik, gunakan cara baik untuk hasil yang baik.  Jika memang ingin lebih padat berisi, ada  terapi sehat untuk meningkatkan masa otot dengan memperhatikan asupan makanan dengan  komposisi yang dianjurkan adalah 50% protein, 30% karbohidrat, dan 20% lemak. Untuk sumber protein hewani ini dapat diperoleh dari daging merah, ikan, telur, dan susu. selain itu untuk lebih meningkatakan masa otot juga perlu latihan beban secara teratur.