Penggolongan Obat Tradisional

Siapa yang sering minum jamu? buat jamu sari rapet, keputihan, langsing, pria perkasa, pasak bumi, masuk angin, otot pegal, dll. namanya banyak banget. tapi tahukah kalo obat tradisional itu dibagi tiga, yaitu jamu, obat herbal terstandar, dan fitofarmaka.

1.Jamu (Empirical based herbal medicine)

Jamu adalah obat tradisional yang disediakan secara tradisional, misalnya dalam bentuk serbuk seduhan, pil, dan cairan yang berisi seluruh bahan tanaman yang menjadi penyusun jamu tersebut serta digunakan secara tradisional.

Pada umumnya, jenis ini dibuat dengan mengacu pada resep peninggalan leluhur yang disusun dari berbagai tanaman obat yang jumlahnya cukup banyak, berkisar antara 5 – 10 macam bahkan lebih.

Bentuk jamu tidak memerlukan pembuktian ilmiah sampai dengan klinis, tetapi cukup dengan bukti empiris. Jamu yang telah digunakan secara turun-menurun selama berpuluh-puluh tahun bahkan mungkin ratusan tahun, telah membuktikan keamanan dan manfaat secara langsung untuk tujuan kesehatan tertentu.

2. Obat Herbal Terstandar (Scientific based herbal medicine)

obat tradisional yang disajikan dari ekstrak atau penyarian bahan alam yang dapat berupa tanaman obat, binatang, maupun mineral. Untuk melaksanakan proses ini membutuhkan peralatan yang lebih kompleks dan berharga mahal, ditambah dengan tenaga kerja yang mendukung dengan pengetahuan maupun ketrampilan pembuatan ekstrak.

Selain proses produksi dengan tehnologi maju, jenis ini pada umumnya telah ditunjang dengan pembuktian ilmiah berupa penelitian-penelitian pre-klinik seperti standart kandungan bahan berkhasiat, standart pembuatan ekstrak tanaman obat, standart pembuatan obat tradisional yang higienis, dan uji toksisitas akut maupun kronis. obat herbal terstandar seperti Tolak Angin

3.Fitofarmaka (Clinical based herbal medicine)

Obat tradisional dari bahan alam yang dapat disejajarkan dengan obat modern karena proses pembuatannya yang telah terstandar, ditunjang dengan bukti ilmiah sampai dengan uji klinik pada manusia.

Dengan uji klinik akan lebih meyakinkan para profesi medis untuk menggunakan obat herbal di sarana pelayanan kesehatan. Masyarakat juga bisa didorong untuk menggunakan obat herbal karena manfaatnya jelas dengan pembuktian secara ilimiah. Obat fitofarmaka seperti Stimuno (dari daun Meniran)
sumber http://www.ptphapros.co.id

Toksoplasma gondii

Buat kucingkeren, kucingpemalu, kucinglucu, kucinggarong dan para kucing lainnya harap mengecek kucing meong nya apa sudah di vaksinasi atau belum *kalo buat kodok, itik, gajah ga apa-apa*.

penyakit toksoplasma mungkin sudah umum ditelinga. katanya ibu hamil ga boleh pelihara dan pegang-pegang kucing, apa benar? kucing dapat membawa petaka dan bencana *weleh sok seram*

penyakit toksoplasma adalah parasit toksoplasma gondii yang penyebarannya dapat menyerang semua hewan dan mamalia, seperti kucing, burung, ikan, kelinci, anjing, babi dan kambing.
geto loh… so ga cuma kucing kalee.

si toksoplasma gondii ini terdapat pada daging mentah, buah-buahan dan sayur mayur yang tercemar tinja hewan peliharaan yang mengandung oosit toksoplasma. jadi kalo abis elus-elus binatang peliharaan sebaiknya cuci tangan *gaya cuci tangan yang benar*.

isu yang berkembang di masyarakat kalo ibu hamil ga boleh pelihara kucing itu salah. karena semua baik anak sampai orang dewasa dapat terkena penyakit toksoplama.

jika ibu hamil kondisi fisiknya lemah dan kurang kekebalan tubuhnya maka dapat dengan mudah terkena penyakit, salah satunya toksoplasma. untuk itu ibu hamil harus tetep sehat ya… *gaya ibu-ibu PKK Posyandu*.

bagaimana tahu kalo terkena toksoplama atau tidak?
kalo itu dengan pemeriksaan laboratorium TORCH (TOkroplasma Rubella Cytomegalovirus Heses). dalam tersebut ada IgM untuk infeksi masa kini dan IgG untuk ìnfeksi masa lalu *semoga ngerti maksudnya IgM IgG*

kasih contoh deh, misal tes TORCH menyatakan IgM positif maka dokter akan menyarankan untuk menyembuhkan penyakit dulu sebelum merancangkan kehamilan. dalam proses terapi penyembuhan obat yang diberikan adalah antibiotik spiramycin, sulfadiazin dan pirimethamin.

untuk mengetahui gejala toksoplasma dapat di cek jika mengalami serangkaian gejala rasa lelah, capek, terkena flu, nyeri kepala, sakit tenggorokan, demam tinggi, pembesaran kelenjar getah bening termasuk hati dan limpa serta gangguan permukaan kulit maka sebaiknya segera memeriksa ke dokter.

semoga angka kasus kematian bayi karena toksoplama dapat dikurangi.

Pilih Mana Dokter Atau Farmasis?

Saat ini dengan melimpahnya informasi obat dan kesehatan, kita dapat memilih sendiri semua informasi tersebut. Namun terkadang ada saja informasi yang keliru, mitos yang salah, dll. Kepada siapakah kita dapat bertanya mengenai sumber informasi obat yang terpercaya?

Jawabannya terserah anda, mungkin ada yang mencari sendiri, tanya tetangga, tanya dokter, tanya temen, dll. Saya pribadi kalo disuruh memilih lebih memilih bertanya kepada farmasis. Maaf para dokter jangan marah… kalo saya tulisnya farmasis.

Memang profesi farmasis atau apoteker masih dipandang sebelah mata atau tidak populer ditelinga masyarakat. Tidak ada yang tau susahnya jadi farmasis. Kurangnya sosialisasi ke masyarakat menyebabkan farmasis hanya bekerja dibelakang layar dan hanya bekerja dalam alur distrusi obat. Padahal secara jalur akademik seorang farmasis mengerti obat sampai hal yang mendetail, mulai dari sintesis, formulasi, pembuatan, sampai distribusi obat.

Umumnya masyarakat hanya tau siapa sih farmasis atau apoteker? ituloh, mbak yang jaga di apotek yang namanya mejeng didepan pintu masuk. Padahal jika seseorang akan dikatakan sebagai seorang apoteker, diaharuslah lulus sarjana farmasi dan kemudian mengambil program profesi apoteker utuk melengakapi kompetensinya.

di luar sana banyak informasi tentang kesehatan, dan banyak pula yang menyesatkan. jangan tinggal diam. sudah saatnya yang merasa sebagai anak farmasi angkat bicara. jangan malu menunjukkan kemampuan diri. mana pharmaceutical care untuk masyarakat.

saya ingin farmasis punya peran dalam keluarga juga masyarakat. jadikan kita (para farmasis) sejajar dengan rekan sejawat tenaga kesehatan lain.

Akhirnya saya ingin mengarisbawahi bahwa kita sesama tenaga kesehatan adalah rekan sejawat, mari kita hidup dalam harmoni yang sehat. melakukan tugasnya masing-masing sesuai pada porsinya.

FARMASI SATU…

Jaket Uniform Mario Teguh

Minggu tanggal 20 juli 2008 saya bakalan ada di novotel hotel jalan gunung sahari raya no.1 mangga dua square. buat apalagi kalo bukan ketemu dengan pak Mario Teguh. GMG 2008 My Brilliant Live. ssuuuppperrrr…
ada yang mau ikut??

sejak saya diberi kesempatan di undang untuk jadi 10 audiense yang beruntung bisa ketemu pak mario teguh dan mas hilbram dunar dan siaran on air, bertanya langsung dengan sang motivator saya semakin mengenal beliau dan membaca tulisan nya dan super member yang lain setiap harinya. wah top deh…

trus apa hubungannya dengan jaket uniform? lihat gambar yuk…

*pamer mode on*. ini jaket termahal saya harga nya sama dengan blazer resmi saya hehehe. tulisan merah MTSC ada lambang saya tergabung dalam komunitas super MTSuperClub. didalam jaket tersebut nama indah saya terukir manis. so sweet *kayanya hiperbola*. jadi ga sabar nih menunggu hari minggu…
SALAM SUPER

DIABETES MELLITUS

Mungkin boleh dikatakan saya cukup mengerti seputar penyakit Diabetes Melitus dan komplikasi yang menyertainya dibanding penyakit lain *sombong dikit boleh kan?*. saking mengertinya saya tidak tahu harus mulai dari mana (mungkin akan saya bagi beberapa bagian. kalo boleh)…

Buat saya pribadi jika ada saudara, tetangga, teman, orang tua, keponakan, pacar, nenek ataupun kita sendiri yang mengalaminya saya berpesan tidak perlu takut dan stress.

INGAT

PENYAKIT DIABETES MELITUS MERUPAKAN PENYAKIT YANG TIDAK DAPAT DISEMBUHKAN NAMUN DAPAT DIKENDALIKAN *see we don’t have to be afraid*

Dibanyak buku dan jurnal kesehatan diabetes dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu DM tipe 1 dan Tipe 2 (untuk lebih jelasnya bisa lihat dan tanya om google ganteng yang maha tau). Perbadaan memdasar adalah:

DM tipe 1 adalah penderita DM yang tergantung kepada insulin, artinya setiap hari harus di suntik insulin karena tubuh tidak mempunyai bahan pembuat insulin. biasanya DM tipe 1 adalah DM turunan atau genetik, maksudnya sejak bayi pn sudah mederita Diabetes mellitus *wah panjang juga*

DM tipe 2 adalah penderita diabetes yang tidak tergantung insulin. punya bahan pembuat insulin tapi produksi insulin tidak mencukupi. penyakit ini terjadi karena pola hidup yang salah. Penderita DM tipe 2 adalah penderita yang terbanyak.

Diabetes Mellitus tidak perlu di takutkan dengan pola hidup yang benar, olah raga, diet dan minum obat penstabil gula darah maka kualitas hidup penderita dibetes dapat ditingkatkan. Memang sebaiknya perlu diwaspadai bila kita mengalami penurunan berat badan drastis, keinginan minum yang berlebh, sulit konsentrasi, badan lemas, hal itu adalah awal penyakit diabetes.

Segeralah ke dokter untuk memeriksa tes gula darah puasa dan dua jam setelah makan serta pemeriksaan yang lain. dengan pemeriksaan sedini mungkin dapat menghindari diridari omplikasi di masa mendatang seperti hipertensi, jantung koroner, gagal ginjal, kematian jaruingan (gangren), retinopathy ( kematian saraf mata).

CARA MINUM OBAT YANG ANEH

Sudah segede ini saya susah kalo minum obat *padahal saya tukang obat bersahaja hehehe* . bukan nya males minum obat saya sih udah punya kesadaran tapi tenggorokan saya ga mau di ajak kompromi.

setiap ada tablet yang masuk mau gede kecil selalu nyangkut di tenggorokan tanpa alasan yang jelas, kadang ada rasa pahit di pangkal lidah *ihh ga enak banget rasanya*. sepertinya sang tenggorokan udah janjian kalo ada tablet yang masuk kita muntahin yaa yukkk..

saya sangat terpesona kalo lihat ada seseorang yang dengan mudahnya ambil 4 tablet lalu dimasuk kan ke dalam mulut sekaligus glek tanpa air *bravo, hebat, horee, berhasil, angkat topi dan menyembah-nyembah*.

mungkin cara minum obat yang aneh mengalir dalam tradisi keluargaku hehehe. mulai dari di buat puyer *gerus ad homogen hehehe*, beli Promina bubur bayi, bahkan harus pake pisang *aduh merepotkan kalo malam sakit mesti cari pisang celingak celinguk*, saya sendiri mau minum satu galon aqua tetep aja nyangkut dìleher. tetep…

berhasil minum obat rasanya seperti pejuang menang perang *penuh perjuangan pokoknya*. ga ada yang pernah buang obat ke dalam toiletkan?? ga ada yang obatnya di sembunyiin atau dibuang ke tempat sampahkan?? atau pura-pura udah minum obat padahal belum hehehe.