Masih Seputar Coitus Interruptus dan Pre Ejakulasi

Sejak saya memposting resiko hubungan seks seperti disini dan disini, saya menerima banyak masukan dan curhat dari teman-teman. Ternyata banyak yang menerima penjelasan saya tetapi juga ada yang kontra.  Izinkan saya menjelaskan lebih detail lagi. Gambar diambil disini.

Saya seorang ayah dari seorang anak berusia 8 tahun, saya telah menikah selama 10 tahun!
dan saya sejak menikah telah melakukan KB coitus interuptus hingga saat ini..hasilnya..tidak ada kehamilan diluar kehendak!!. Jujur saja, saya dan istri saya merasa nyaman dengan tekhnik ini, karena alami dan tidak merubah siklus normal tubuh dengan alat kontrasepsi yg dimasukkan ke tubuh istri..seperi IUD (Spiral), Susuk, dll…(kondom tidak termasuk lho..heheeh)

Perasaan takut hamil dan ke tidak tenangan pikiran yang tak terkontrol itulah yang membuat si pria telat melepas alat kelaminya saat bersenggama..dan hal ini benar-benar salah kaprah..kehamilan akan terjadi bila memang jumlah spermatozoa mencukupi untuk menuju ovum..dan untuk itu dari sepersekian ribu spermatozoa hanya satu..ya satu yang sanggup menuju ovum!, jelas probabilitasnya bila hanya didasarkan pada feeling seakan-akan spermatozoa keluar melalui cairan penis pada saat awal hubungan, adalah benar-benar menyesatkan.

Continue reading “Masih Seputar Coitus Interruptus dan Pre Ejakulasi”

Mengobati Alergi Debu

Yth. Mbak Rina,
Saya menderita alergi debu, sering bersin,pilek,biduran,bahkan tiba-tiba bisa bengkak-bengkak di wajah (bibir,dagu,pipi).Apa ya mbak obat untuk alergi tersebut,terutama kalo lagi bengkak,apa ya obatnya supaya bengkak cepat kempis. Thanks ya mbak atas bantuannya. Saya tunggu lho jawabannya. Luciana
(Saya posting ya, soalnya emailnya tidak terkirim)

Continue reading “Mengobati Alergi Debu”

Cara Mengatasi Keputihan

Hampir semua wanita pernah mengalami keputihan. Menurut mas Wikipedia disini, keputihan disebabkan oleh infeksi yang disertai dengan rasa gatal di dalam dan sekitar bibir vagina bagian luar. Penyebabnya anatara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Gambar diambil disini.

Sebenarnya saya kurang sreg dengan istilah “keputihan”, kesanya negatif  padahal tidak semua cairan sekresi vagina adalah abnormal ( terasa gatal, berbau, warna putih kekuning). Saya lebih suka menyebutnya Leukorrhea atau Leucorrhoea, beberapa pustaka menyebutnya Fluor Albus. Dari sini disebutkan bahwa Leukorrhea dibagi menjadi dua bagian:

Continue reading “Cara Mengatasi Keputihan”

Membeli Kondom dan Testpack

Seperti tulisan dahulu mengenai lubrikan gel untuk wanita dimana saya sedang iseng lihat-lihat  lubrikan dan malah disamperin ama mbak SPG, dikiranya saya anak SMU yang  ingin membeli peralatan “perang”. Rasanya sungguh tidak nyaman. Mungkin seperti itulah ketakutan beberapa orang ketika akan  membeli kondom, testpack atau lubrikan gel. Gambar diambil disini.

Saya tahu ini memang peralatan untuk berhubungan seks, sayapun tidak bicara moral disini. Yang saya ketahui dengan pasti bahwa kondom itu untuk mencegah kehamilan, lubrikan gel biar ga lecet-lecet, testpack untuk mengetahui hamil atau tidak.  Ketiganya adalah tool yang sangat bermanfaat.

Apakah kamu pernah membeli salah satunya? Continue reading “Membeli Kondom dan Testpack”

YKI: Benjolan di Payudara

Rasanya berat bagi saya untuk menulis postingan ini. Bila biasanya saya menulis dan menjelaskan tentang penyakit orang lain, kali ini subyek yang akan dibahas disini adalah kisah saya sendiri. Saya memang seorang farmasis/apoteker, tetapi sama seperti orang lain, saya bisa menderita sakit. Saya juga masih merasakan deg-degan setiap kali ke dokter. Kali ini, diagnosis yang saya dapat memang cukup membuat resah.

Pada awalnya saya merasakan ada benjolan  kecil di payudara sebelah kiri. Saya kira ini hanya masalah hormonal biasa, tapi lama kelamaan benjolan ini kian terasa mengganggu. Setelah beberapa lama, akhirnya saya memutuskan untuk mencari pengobatan. Saya sih tahu ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk melakukan pengobatan, tetapi harganya lumayan mahal. Saya ingin mencari tempat yang pelayanannya baik dan harganya terjangkau, tapi dimana ya? Setelah mencari tahu di Mbah Google dan Mas Wikipedia, akhirnya saya mendapatkan informasi yang cukup mencerahkan.

Continue reading “YKI: Benjolan di Payudara”

Obat HIV-AIDS Generik Berhenti?

Pesta Blogger 2010 telah usai tetapi saya mencatat ada satu pesan penting yang ingin disampaikan. Sebuah spanduk bertuliskan: “Obat AIDS Generik Berhenti, Jutaan Orang Akan Segera Mati !!“. Spanduk itu menginsyratkan sebuah kegelisahan/ ketakutan dari penderita HIV-AIDS mengenai lisensi wajib yang telah selesai. Ngerti ga ya?? oke saya jelasin dikit.

Obat paten adalah obat  baru yang ditemukan berdasarkan riset dan memiliki perlindungan hukum 10-20 tahun. Dengan hak ekslusif itu, maka perusahan lain tidak berhak memproduksi dan memasarkan kecuali ada perjanjian dengan pemilik paten.

Jika masa patenn/ Lisensi wajibnya sudah habis, perusahaan lain dapat  membuat obat yang sama. Obat ini biasa disebut obat generik branded yang dapat dipasarkan dengan harga sendiri. Coba bayangkan, saat ini (tahun 2010) ada 300 ribu orang penderita HIV-AIDS di Indonesia. Ini adalah sebuah peluang bisnis, apalagi obat ARV (Anti retroviral) termasuk obat yang harganya mahal.

Continue reading “Obat HIV-AIDS Generik Berhenti?”

Drug Misuse: Kisah Dexamethasone

Ak mengkonsumsi dexamethasone  dah lama, dulu utk menambah nafsu makan. selama 1 th 1x 1hari. hasilnya selama mengkonsumsi dexa dan vit pendukung, badan sy terasa nyaman, sehat, gak pernah ngerasa capek, gak pernah sakit2an.

Cuma ak lama2 ngerasa takut ketergantungan. dan ternyata benar. 2 bl yang lalu ak tdk mengkonsumsinya lagi/menghentikan( mulai bl puasa), ak kembali sakit2an, badan terasa lemah, letih, lesu, gak py semangat,( sering ke dokter ktnya lambung luka). sampai skrng gak kunjung sembuh2, terutama sariawan, radang tenggorokan,lemah letih lesu, semangat jg hilang. dan yg parah lagi nafsu makan hilang.

Mohon bantuannya, bagaimana penyembuhannya dan apakah dexamethasone sangat berbahaya efek sampinganya? Trims atas pencerahannya. Yonas

Beberapa orang telah melakukan penyalahgunaan obat (drug abuse), dimana obat digunakan tidak sesuai aturan dan tanpa tujuan pengobatan penyakit tertentu. Seperti Morfin sebagai penghilang rasa sakit malahan jadi narkoba, Phenylpropanolamin (PPA) untuk pelangsing padahal obat influenza. Carisoprodol untuk reduce pain and  muscle relaxant, dll. Mungkin nanti kalo sempat saya akan postingan mengenai drug abuse.

Namun ada pula beberapa orang yang menggunakan obat tertentu secara tidak tepat, tidak tahu penggunaan obat yang benar, istilah ini sering disebut penggunasalahan obat (drug misuse). Drug misuse is a term used commonly for prescription medications with clinical efficacy but abuse potential and known adverse effects linked to improper use. Dalam kasus diatas, terjadi pengunasalahan obat karena ketidaktahuan atas apa yang dikonsumsi.

Mas Wikipedia berkata “Dexamethasone is a potent synthetic member of the glucocorticoid class of steroid drugs. It acts as an anti-inflammatory and immunosuppressant…“. Jadi, obat Dexamethasone bukan untuk meningkatkan nafsu makan melainkan untuk mengobati pegal linu, peradangan sendi dan juga memperbaiki imunitas.

Salah satu efek samping yang menguntungkan dengan mengkonsumsi Dexamethasone memang seperti yang disebutkan diatas.  Bahkan beberapa atlet olahraga mengunakan efek sampingnya sebagai  supplemen steroid biar badannya altetis dan kuat. Buat cewek yang kurus kerempeng bisa jadi aduhai. Lihat body semok Pikiranmu jorok *keong racun*.

Continue reading “Drug Misuse: Kisah Dexamethasone”

Tidak Pernah ML Tapi Telat Menstruasi

Saya sering mendapat pertanyaan seperti judul di atas. Banyak cewek yang tidak pernah melakukan hubungan seks, tetapi menstruasinya sering terlambat. Kadang, terlambatnya bukan lagi sehari dua hari, tetapi lebih dari sepuluh hari. Biasanya, cewek-cewek yang mengalami hal ini langsung berpikir macam-macam. Ada yang cemas karena berpikir bahwa organ reproduksinya terganggu atau  rahimnya bermasalah. Yang lucu adalah, ada yang suka ketakutan sendiri bahwa pada saat berenang, ada sperma yang masuk, dan tiba-tiba terjadi kehamilan. Waduh…. Gambar diambil disini.

mba. aku cewe umur 19. uda telat 10 hari dari siklus normal yang 28 hari. jadi kan totalnya 38 hari. berarti ga masuk siklus normal. padahal saya ga pernah hub. badan terus bulan ini ga cape kok kuliahnya, beban mental juga ga ada deh keknya. aku emang telat tapi keputihannya uda banyak dari tanggal yang mustinya aku dapet. jadi kenapa ya??? makasih. Hasna.

Seperti yang sering saya tulis, periode menstruasi umumnya berlangsung antara 21-35 hari. Jika lebih atau kurang dari periode tersebut jangan langsung paranoid. Kenali gejala dan konsultasikan ke dokter. Terlambat menstruasi biasanya disebabkan beberapa hal:

Continue reading “Tidak Pernah ML Tapi Telat Menstruasi”

Medication for Gout

Gout is quite a common health problem in our society. When gout attacks, it inflicts pain and swelling on your joints. Gout which is also called hiperuricemia, is a form of arthritis. It occurs when the level of ulric acid in your blood is high. The normal percentage of ulric acid in your blood is 2-5mg%. If the amount of ulric acid in your blood exceeds 6mg%, it means, you are at risk of gout.

I would like to answer the following questions, and also share what I know about gout.

I would like to ask Tukang Obat about gout. 1. What is the medication for gout? 2. What caused gout? 3. How to prevent it? 4. Can gout be totally cured? Thank you for your answer. Debodor.

Generally, gout can be cured with Alopurinol 100mg. The dose for adult is 2-3 times a day. The drugs worked by prohibiting the Xanthin Oxidase enzyme. Too fuzzy? Well, lets just say, it prevents the increase of ulric acid.

Continue reading “Medication for Gout”