Ini obat Apa?

Mbak, Mau tanya obat Lansoprazole itu obat buat apa? trus cara minumnya gimana? boleh ga buat ibu hamil. Mohon infonya. Makasih.

Pertanyaan diatas sering sekali ditanyakan kepada saya, bukan hanya Lansoprazole tetapi banyak nama-nama obat, bahkan nama obat yang baru saya dengar. Tentu dengan senang hati saya akan menjawabnya. Namun jika saya sedang sibuk ada baiknya saya kasih tahu dimana sih informasi saya mencarinya. Simak deh rahasianya. Bukan promosi website.

Ini dia, segeralah buka google dan ketik mims.com. Pilih yang negaranya Indonesia. Kalo report klik aja disini. Setelah itu akan keluar  gambar seperti dibawah ini.

Mims [dot] com

Kemudian kita ketik nama obat yang kita inginkan seperti “Lansoprazole”. Terkadang langsung terlihat informasinya namun jika informasinya tidak keluar dan diminta untuk sign in sebaiknya buat account dulu. Sebentar kok untuk buatnya. Setelah itu kita Sign In kembali dan masukan nama obat yang kita inginkan, seperti dibawah ini :

Lansoprazole 2

Lalu akan muncul semua informasi mengenai obat Lansoprazole. Mulai dari mekanisme kerja, onset, duration, farmakokinetik, distribution, Mims Class, sampai merek-merek apa saja yang beredar di Indonesia.

Saya tahu ini mungkin sulit untuk dipahami karena informasi diatas hanya dimengerti oleh oleh farmasis atau dokter. Untuk orang awam sebaiknya lihat saja di “Available Brands” saja. Saya ambil contoh acak Lancid buatan Kalbe Farma. Klik saja kemudian akan keluar informasi seperti ini :

Lansoprazole 1

Langsung ketahuan semua informasinya. Jika masih tidak tahu artinya bisa googling satu per satu katanya.  Ohh, ternyata Lasoprazole itu buat sakit maag karena asam lambung, duodenal dan GERD.

Selain itu kita juga tahu dosis pemakaian, aturan pakai yang benar dari Lansoprazole juga kategori obatnya apakah boleh atau tidak dikonsumsi untuk ibu hamil. Informasi Lansoprazole sebagi berikut :

Dosis : (jadi tahu kalo untuk GERD 30 mg diminum selama 4 minggu)
Duodenal ulcer 30 mg once daily for 4 wk. Benign gastric ulcer 30 mg once daily for 8 wk. Reflux oesophagitis 30 mg once daily for 4 wk.

Aturan Pemakaian : (harus diminum ketika perut kosong atau sebelum makan)
Should be taken on an empty stomach: Take in the morning before meals.

Pregnancy Category B: (Artinya Kategori B aman untuk ibu hamil)
Either animal-reproduction studies have not demonstrated a foetal risk but there are no controlled studies in pregnant women or animal-reproduction studies have shown an adverse effect (other than a decrease in fertility) that was not confirmed in controlled studies in women in the 1st trimester (and there is no evidence of a risk in later trimesters).

Kalo mau tahu lebih banyak tentang nama-nama obat lain kamu bisa cek sendiri ke website tersebut. Sangat berguna dan tidak perlu menunggu lama untuk segera tahu informasinya. Ayo buruan cari tahu tentang pengobatannmu.  Kalo masih binggung boleh tanya kembali. Terima kasih semoga bermanfaat

Jangan Mengobati Sakit Gonorrhea Sendiri

fairy_chimneys

Mba Rina mau bertanya soal penyakit gonorhe karna </em>baru2 ini saya terkena pnyakit tersebut…tapi baru semalam saya minum obat amoxicillin kaplet dengan 500mg dosis 3g sekali minum..terus sekarang sudah agak mendingan gak keluar nanah lagi..nah pertanyaan saya..berapa kali saya harus minum amoxicillin tsb apa cukup sekali apa selama 7 hari dengan dosis yang sama…. Makasih

Petikan pertanyaan diatas membuat saya risau karena saya sering menjumpai orang yang tidak punya kompetensi berusaha mengobati penyakitnya sendiri hanya berbekal googling atau tanya temen lalu beli obat sendiri tanpa tahu cara minum obatnya, dosisnya berapa dan tidak tahu apakah obatnya sudah tepat apa belum *geleng-geleng kepala*.

Penyakit Gonorrhea atau penyakit kencing nanah adalah penyakit seksual yang menular dari Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra. Untuk tipe pengobatan penyakitnya ini memang sering kali diberikan pengobatan Antibiotik. Namun perlu diingat setiap pasien memiliki riwayat kesehatan yang berbeda-beda, satu obat belum tentu manjur untuk semua orang. Ada beberapa orang yang tidak bisa terkena antibiotik penisilin (seperti Amoxcillin) untuk itu diperlukan pemeriksaan lebih detail ke dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin.

Jangan coba diobati sendiri karena tidak selamanya antiobtik penisilin tepat untuk semua pasien. Bahkan bila perlu dokter akan memberikan obat tambahan lain atau pemberian antibiotik golongan lain yang lebih ampuh untuk mempercepat kesembuhan. Ingat ya, setelah 1-2 minggu setelah pengobatan sebaiknya diperiksakan lagi ke dokter untuk memastikan Neisseria gonorrhoeae sudah benar-benar sembuh. Sehingga pengobatannya tuntas dan tuntas karena jika tidak bisa timbul kambuhan lagi.

So, mulai sekarang stop mengobati diri sendiri, segeralah pergi ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Tidak perlu takut dan malu daripada menyesal penis/ vaginanya sudah bernanah dan bau.

 

Bolehkan Pria Minum Vitamin E ?

Jas

Boleh ga vit E dikonsumsi utk pria, mba? menurut mba, lebih bagusan mana natur-e atau ever-e? makasih.

Ketika membaca pertanyaan diatas saya sempat tertawa hehehehe. Tentu boleh saja minum Vitamin E.  Mungkin persepsi ini terjadi karena iklan Vitamin E yang dipasang modelnya dalah wanita cantik yang kulitnya mulus dan lembut lalu para pria jadi khawatir nanti kalo minum vitamin E kulitnya berubah jadi kulit cewek hehehehe.

Pria dan wanita boleh saja mengkonsumsi Vitamin E untuk banyak tujuan dan manfaat. Bukan saja untuk membuat kulit jadi halus, mulus dan lembut. Antioksidan didalamnya sangat berguna untuk meregenerasi kulit, mencegah radikal bebas, menjaga kesehatan tubuh, mencegah kanker, mencegah munculnya jerawat, mempercepat kesembuhan luka, mencegah keriput dll.

Salah satu contohnya teman saya, wajahnya berjerawat ketika kuliah. Tahu sendiri deh tidak semua pria memperhatikan kesehatan kulitnya. Akibatnya kulit wajah jadi berjerawat. Akhirnya dia mengkonsumsi Natur E (bukan iklan/promosi obat) dalam 2 bulan pertama 3 x sehari, kemudain bulan ketiga cukup satu kali sehari. Hasilnya kini kulitnya mulus tanpa jerawat dan kelihatan seperti habis perawatan ke dokter padahal tidak sama sekali. Kuncinya rajin membersihkan wajah untuk mengurangi produksi minyak dan mengkonsumsi Vitamin E secara rutin dengan dosis yang benar.

Vitamin E mengandung bahan aktif yang alami yang disebut D-α-tocopherol. Dosis Vitamin E adalah 100  – 400 IU perhari. Kalo wajahmu sangat berjerawat dan berminyak bisa mengkonsumsi Vitamin E 400 IU perhari selama 2-3 bulan pertama. Selanjutnya cukup 100 -200 IU perhari. Untuk menjaga kesehatan kulit cukup 100 IU perhari.

Kalo untuk merek saya serahkan kepada kalian saja. Bedanya hanya didosisnya saja. Contoh : Natur-E softcap mengandung 100 IU, Ever E ada yang dosisnya 100 IU dan 250 UI. Artinya kalo beli yang 100 UI maka diminum 2 x sehari tapi yang 250 IU cukup 1 x sehari. Semoga dapat dimengerti dan makin rajin mengkonsumsi Vitamin E. Terimakasih.

Cara Salah Meningkatkan Nafsu Makan

back istockphoto

Saya ingin brtanya tentang obat Licodexon Dexamethasone dan Ennamax Cyproheptadine HCI. Saya mengkomsumsi obat ini karna ingin menambah nafsu makan serta berat badan yang maksimal. Setelah saya mengkomsumsi berhari-hari saya slalu ingin tidur. Apakah obat tsb mempunyai efek samping yg berbahaya? tks.

Tentu saja apa yang kamu lakukan dengan mengkonsumsi obat tersebut untuk meningkatkan nafsu makan adalah salah. Dexamethsaone bukan untuk meningkatkan nafsu makan. Dexamethasone adalah obat yang digunakan untuk obat anti inflamasi untuk mengobati bengkak atau peradangan. Mohon dihentikan penggunaannya. Ini missed used drugs.

Cyprohenptadine adalah obat antihistamine. Biasanya obat ini digunakan dan diresepkan apabila terjadi gatal-gatal atau reaksi alergi. Tentu saja tidak ada manfaat untuk tubuhmu karena tidak gatal dan tidak terjadi alergi.

Mohon jangan mengkonsumsi obat sembaranagan, memang kelihatan gemuk tetapi itu karena pengaruh efek samping. Biasanya efek dari menggunakan obat tersebut timbul moon face (muka bulan) kelihatan gemuk tetapi sementara (karena kelihatan bengkak). Stop penggunaan obat tersebut.  Hal ini disebut Misused drugs.

Yang terpenting bukan memiliki badan gemuk padat berisi tetapi lebih penting memiliki badan yang sehat dengan cara yang sehat. Tubuh saya juga kurus tetapi saya sehat. Itu lebih baik dari pada gemuk sakitan. Terimakasih

Nama – Nama Vitamin B

pills

Banyak yang bingung dengan istilah Viatamin B komplek. Kok banyak banget ada B1, 2, 3, dst. Kadang juga ada yang bertanya Sianokobalamin itu vitamin apa? Biar tidak lupa lagi saya tulis disini semoga kita tidak bingung dengan istilah-istilahnya.

Vitamin B1 disebut juga Thiamine
Vitamin B2 disebut juga Riboflavin
Vitamin B3 disebut juga Niacin/ Niacinamide
Vitamin B5 disebut juga Pantothenic Acid
Vitamin B6 disebut juga Pyridoxine HCl
Vitamin B7 disebut juga Biotin
Vitamin B9 disebut juga Folic acid
Vitamin B12 disebut juga Cyanocobalamin

Ada yang mau tanya istilah yang lain? dipersilakan 😀

Reaksi-Reaksi Alergi Pada Tubuh

Reaksi alergi setiap orang berbeda-beda, ada yang hanya gatal, kemerahan, bentol dan bengkak. Hal itu bisa disebabkan alergi debu, makan seafood, udara dingin, dll. Kali ini saya ingin sharing mengenai salah seorang teman saya yang memiliki begitu banyak reaksi terhadap alergen disekitarnya. Seperti dibawah ini:

Saya dari kecil udah alergi gatel-gatel (eksim). Awalnya cuma alergi debu, sampai bingung diobatin apa-apa tetap ga sembuh. Dibawa ke dokter ilang habis itu kalo udah ya kambuh lagi, sampai coba- coba berbagai cara dari di rendem air panas belerang lah, di kompres sirih, singkong, tapi ga mempan. Sampai pernah waktu kecil di paksa minum jamu-jamu aneh yg pahit banget tapi tetep aja ga ilang. Lama-lama akhirnya ngejalar ke alergi sea food setiap makan tanggan langsung gatel-gatel.

Namun seiring waktu alergi yg tadinya di kaki ilang waktu SMP tinggal di tanggan, SMU kelas 1 mulai hilang, tapi menjelang kelas 2 smu karena pindah sekolah dan sekolah mewajibkan pakai kerudung akhirnya pakai peniti, karena gesekan peniti di leher lama lama menimbulkan reaksi gatal, nggak sadar di garuk lalu jadi ber-air. Anehnya mulut lama2 bengkak mata juga gatal dan berair di lekukan tangan siku dan ketiak juga gatal, lama lama makin parah.

Biasanya pakai kalung imitasi nggak gatal ini mendadak menimbulkan reaksi alergi baru bentol2 yang sangat gatal dan kecil kecil membentuk lingkaran seperti bekas kalung yang di pakai, akhirnya ke dokter alergi di cirebon, di situ saya di diagnosa mengidap alergi nikel (logam), dan dari situ juga saya tau bahwa alergi saya di turunkan dari ibu saya yang mengidap asma, tapi sebelnya dokternya bilang nggak bisa sembuh dan memiliki indikasi untuk bertambah parah.

Mendenger itu akhirnya pasrah dan sejak itu menghindari logam, akhirnya udah di obati dan ya memang tetep nggak sembuh padahal juga menghindari logam, dan alergi gatal itu pun muncul di tempat tempat tertentu dan hilang , setelah hilang di tempat tertentu muncul lg di tempat lain pada waktu yang lama mungkin bulanan dan menjadi parah.

Kalo sembuh ya pas ke dokter kulit aja, tp kambuh lg juga, waktu kuliah mulai membaik alergi kulitnya tapi sempat kena bronkitis dan kambuh kambuhan gara gara di kos pakai kipas angin. setiap kesentor kipas angin batuk batuk rasanya gatel parah, lama lama dada sakit dan badan panas pas periksa ternyata bronkitis, akhirnya di obatin sembuh nggak pernah kambuh tapi kalo kesentor kipas angin pas tidur tetep aja masih batuk – batuk, selimut berdebu juga.

Ketika semester 3 mulai ada gejala baru setiap abis makan kerang malam hari wajah mulai bentol kecil – kecil, padahal sebelumnya nggak pernah kejadian kayak gitu, ama – lama bentol kecil jadi besar dan pagi harinya bengkak wajah udah ga berbentuk, susah ngomong gara – gara mulut juga bengkak, akhirnya pagi pagi ke ugd, baru pertama itu saya di suntik gara – gara alergi dan baru bener bner kempes kembali ke wajah semula dalam waktu 3 hari.

Sejak itu saya menghapus nama kerang dari menu makanan saya, setelahnya mulai alergi kosmetik seperti deodoran, kalo deodoran selain dov* ketiak gatal – gatal, shampo juga kalo pakai yg warnanya keruh setelah kering ujung2nya saat nyentuh kulit bikin reaksi gatal yang berujung gatal berair, kalau pakai eyeshadow juga kelopak mata gatal berair, minum teh juga, akhir – akhir ini malah kerasa agak sesak , kadang kadang walau jarang malam kalo lagi tidur suka batuk batuk ga jelas sebabnya tapi kalo di minumin air ilang gatalnya, ini udah berbulan-bulan rasanya tenggorokan ada lendir tapi nggak batuk-batuk setiap saat, cuma saat tertentu dan sangat jarang.
Allergy_skin_testing
Akhirnya pas tau di rumah sakit di jogja ada klinik alergi akhirnya saya tes alergi lumayan mahal si hampir 300rb , tanggan di tusuk – tusuk di tetesin semacam cairan – cairan ekstrak2 penyebab alergi alhasil tanggan merah merah hampir semua alergi tanggan juga merah merah -.-, tapi jadi tau , biasanya dokter kulit bilang nggak bisa sembuh ini tumben bilang bisa sembuh , saya jd semangat, akhirnya ini atas saran sedang menjalani terapi obat berbulan – bulan, tp nggak papa saya bakal disiplin asal sembuh, oh ya saya pernah coba propolis kok tp nggak berpengaruh apa – apa, mungkin apa karena sudah parah sekali juga nggak tau.

Mengetahui sharing diatas membuat saya ingin mengarisbawahi beberapa hal. Pertama bahwa alergi adalah bukan penyakit yang tidak bisa disembuhkan namun penyakit yang dapat dikendalikan. Asalkan kita mengenali jenis alerginya apa saja dan patuh untuk menghindari alergen tersebut. Gambar diambil disini.

Mungkin tidak semua orang ngeh bahwa dirinya menderita alergi, dikira hanya gatal digigit serangga atau iritasi saja. Untuk itu saran saya cobalah untuk melakukan test alergi. Kenapa? dari situ kita tahu alergen apa saja yang dapat membuat kita menjadi alergi.

Dengan test tersebut dapat diketahui apakah reaksi alergi dikarenakan suhu, bulu binatang, partikel debu, asap, jenis antibiotik tertentu (seperti tetrasiklin, penicillin), serbuk sari, logam seperti perhiasan (logam; emas, nikel, besi, steel, dll), jenis bahan karet, makanan laut (seafood), lactose, dll. List alergi dapat dilihat disini.

Penjelasan lebih lengkap juga dapat dibaca disini mengenai apa definisi alergi, kenapa alergi bisa terjadi, fakto apa saja yang membuat alergi timbul sampai metode test alergi dan penyembuhan. Khusu untuk penyembuhan yang terpenting adalah menhindari diri dari alergen dan melakukan imunoterapi agar kadar imunoglobulin didalam tubuh menjadi seimbang sehingga reaksi alergi dapat ditekan. Terimakasih

Susah BAB Saat Hamil dan Setelah Melahirkan

pregnancy

Putri saya sudah 2 minggu melahirkan anak dengan cara normal. Saat ini dia mengeluh karena susahnya buang air besar.Ada yang menyarankan kepadanya menggunakan obat jenis Supositoria yang dimasukkan melalui anusnya. Pertanyaan saya, apa nama obat yang cocok untuknya.

Selamat ya untuk kelahiran putrinya. Smeoga anakanya sehat dan berguna untuk nusa bangsa dan agama.

Memang saat kehamilan dimana posisi bayi menekan bagian bawah abdomen dapat menyebabkan sulit BAB (konstipasi) bahkan juga setelah melahirkan. Untuk mengobati BAB yang susah ketika hamil dan setelah melahirkan boleh saja mengkonsumsi Microlax. Ikuti aturan pakainya. Caranya oleskan applikatornya kemudian masukan ke dalam dubur. *Bukan iklan Microlac* . Microlac aman untuk digunakan karena berasal dari bahan alami (Na lauril sulfoasetat, Sorbitol, PEG 400) dan bekerjanya lokal (langsung ditempat) dan tidak melalui proses sistemik pencernaan yang panjang.

Microlax aman untuk digunakan anak-anak, ibu hamil dan lansia namun saran saya jangan dipake sering-sering. Kalo dalam proses penyembuhan pasca melahirkan tidak apa-apa tetapi bukan untuk dipakai setiap hari nanti ketergantungan dan otot disekitar dubur jadi lemah karena tidak terlatih.

Kedepan sebaiknya dapat berlatih BAB secara normal. Jangan menunda ketika ingin BAB, jangan mengejan terlalu kuat nanti berdarah. Makananlah makanan yang berserat dan sayur mayur, buah pepaya agar lancar pencernaaannya. Terimakasih

Mengobati Luka Bakar Jangan Pake Odol

leggy

Satu minggu lalu jatuh dari motor, trus betis saya kena knalpot, n lukanya besar dan lebar selebar betis. setelah kena, saya malah pake odol, trus dilarang sama mama saya, disuruh pake air mengalir, nah trus saya cuci pake air mengalir, n langsung dibawa ke dokter.

Setelah dibersihkan sama dokter, aku dikasi resep obat untuk makan dan salep mebo. kata dokter sih luka bakar ku tingkat 2, skrg salep mebo uda habis, jadi aku lanjut pake burnazin, kata org cepet tumbuh kulit.

Tapi, masalahnya, setelah pake burnazin, kaki ku kok bengkak semua ya ? bengkak dari betis sekitar luka sampe pergelangan kaki.. semacam kaki gajaah gitu. trus aku tiap sore bersihkan dan kompres pake cairan Ecosol Nacl. Setelah dibersihkan, bengkak di kaki uda agak mendingan, tapi masalahnya, sakitnya itu mbak , ampe ga bisa jalan gitu..padahal kalo aku liat luka bakarku uda ada yg berkerak lo. Apa aku ga cocok pake burnazin ya mbak ? Mohon pencerahannya mbak. thanks

Ternyata masih banyak stigma yang salah di masyarakat mengenai penanganan luka bakar. Pertama, untuk mendinginkan luka bakar jangan pernah dikasih odol. Itu tindakan yang keliru. Jangan dikasih kopi atau langsung diolesin minyak. Biarkan luka bakar yang panas itu didinginkan dengan disiram air mineral/ air matang yang mengalir.  Kalo sudah disiram akan terasa lebih dingin dan tidak perih. Setelah itu segera pergi kedokter dan gunakan pengobatan dari dokter. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik, anti inflamasi untuk mencegah infeksi dan agar tidak meradang lukanya. Selain itu juga pemberian krim untuk mempercepat kesembuhan luka. Dapat pula diberikan  tablet yang diminum (untuk anti infeksi). Ikuti aturan pakai ya dan jangan ditambah atau dikurangi obat yang telah diberikan dokter. Setiap luka bakar tidak bisa disamaratakan pengobatannya tergantung tingkat luka bakarnya dan kondisi pasien juga.

Kedua, begitu banyak obat diluaran yang menyatakan krim ini atau itu sangat bagus untuk  luka bakar, maka tanpa pikir panjang kamu langsung menggunakan. Itu juga tindakan yang kurang tepat. Untuk mengeringkan luka ada beberapa antibacterial yang dapat digunakan selain golongan sulfonamide. Tidak setiap orang cocok dengan golongan Sulfa karena setiap orang memiliki riwayat kesehatan sendiri-sendiri. Burnazin memang tepat tetapi belum tentu yang terbaik untuk kasus luka bakarmu. Untuk itu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum digunakan, mohon jangan langsung asal pake karena cocoknya obat untukku belum tentu untukmu!

Menurut data MIMS, Burnazin digunakan untuk mengobati all degree of burns. Semua tingkatan luka bakar. Kandungan bahan aktifnya Silver sulfadiazine, belongs to the class of topical sulfonamides used in the treatment of dermatological diseases.

Ketiga, Ecosol NaCl? tahu darimana ya, memangnya tahu kegunaannya untuk apa dan bagaimana? seperti sudah ahli. Tahukah kamu bahwa Ecosol NaCl mengandung bahan aktif  kandungannya 0,9% sodium chloride infusion yang biasanya digunakan untuk obat infus *tambah geleng-geleng*. Kenapa obat infus untuk mengobati luka bakar?

Ketika sekarang lukanya belum  sembuh dan makin bertambah sebaiknya periksakan diri lagi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tepat. Ikuti semua aturan pakai dari dokter, kalo obatnya sudah habis namun belum  sembuh segera ke dokter lagi untuk konsultasi agar bekas lukanya segera kering dan tidak meninggalkan bekas kehitaman dibetis.

Saya berpesan kepada semua, ketika mengalami luka bakar mohon jangan panik dan tidak melakukan hal-hal yang salah seperti dikasih odol, kopi, kecap, minyak, dll. Itu tindakan yang keliru. Segera dinginkan luka dengan air mineral/ air matang yang mengalir. Kemudian segera berobat ke dokter, jangan dopbati sendiri. Jika telah kedokter dan obat sudah habis namun luka belum kering segera ke dokter lagi untuk konsultasi lebih lanjut. Semoga cepat sembuh. Terimakasih

Penggolongan Obat di Indonesia

Obat-obat di Indonesia digolongkan menjadi beberapa kategori didalamnya. Supaya tidak membingungkan apa bedanya OTC, Ethical, Obat daftar G, dll. Saya jelaskan satu persatu. Gambar diambil disini.

1. Obat Narkotika. Simbol: O, Opium
Obat ini hanya boleh digunakan dengan resep dokter dan penggunaanya berada dalam pengawasan yang ketat dari Badan POM. Contohnya seperti Morfin, heroin, dll

2. Obat Keras atau Ethcial.
Kadang disebut obat daftar G, Gevaarlijk yang artinya berbahaya. Ada logo Bulatan Merah dengan huruf K (Red dot). Obat ini hanya dapat diberikan dengan resep dokter. Contoh Antibiotik, Obat Jantung, dll

3. Obat Bebas Terbatas
Dalam Belanda disebut W, Waarschuwing yang artinya waspada. Ada logo bulatan dengan warna biru (Blue dot). Obat ini tidak perlu resep dokter tetapi hanya tersedia Apotek, pemberiannya atas seizin Farmasis/ Apoteker. Contoh Antimo, FG Troches.

4. Obat bebas atau Over the Counter (OTC)
Obat ini obat bebas. Tidak memerlukan resep dokter. Ada logo dengan bulatan warna hijau. Contohnya Paracetamol, Vitamin C.

Semoga bermanfaat dan tetap sehat 😀