Hati Yang Gembira adalah Obat

pills
Teman saya memiliki ayah yang menderita kanker paru stadium 4. Semua pengobatan sudah dijalani, badannya sangat kurus, mobilitas yang terbatas karena hidupnya bergantung pada tabung oksigen. Dokter menyarankankan untuk pulang saja. Sangat menyedihkan.

Namun semua itu berubah total dalam 3 bulan yang lalu setelah dia merawat sang ayah. Kini beliau bisa lepas dari ketergantungan tabung oksigen, bisa bernafas sendiri tanpa bantuan alat dan kualitas hidupnya sudah sangat meningkat. Ketika saya tanya apa obatnya? jawabannya adalah hati yang gembira. Menurut saya hal itu terdengar klise. Namun teman saya mengatakan itu benar, dengan melepaskan semua beban hidup, ditemani keluarga yang perhatian, mendekatkan diri pada Tuhan, berdamai pada diri sendiri dan terlebih hati yang bergembira membuat semua yang hal tidak mungkin dapat terjadi.

Terkadjang kita merasa kalo orang sakit parah tidak boleh makan ini itu karena akan berdampak pada penyakitnya padahal teman dokter saya mengatakan untuk pasien stadium lanjut sebaiknya berikan saja jika itu membuat dia senang, toh dia makannya cuma sedikit dan hanya untuk memberikan sensasi di bibir sesaat, yang penting sudah pernah coba. Apapun yang terjadi tetaplah bergembira dalam hidup. Be Happy🙂

Self Actualization : Katty Perry – Roar

I got the eye of the tiger, a fighter
Dancing through the fire
‘Cause I am a champion, and you’re gonna hear me roar
Louder, louder than a lion
‘Cause I am a champion, and you’re gonna hear me roar

Now I’m floating like a butterfly
Stinging like a bee I earned my stripes
I went from zero, to my own hero

Saya sedang menikmati lagu ini, ada banyak sekali semangat dan kekuatan. Teristimewanya lagi, lagu ini memberikan semangat untuk mengatualisasikan diri.  Menulis dialoog ini sebagai tempt untuk mengaktualisasikan diri, bukan tempat untuk mencari kehormatan, nama dan popularitas.

What your contribution to society? well dengan menulis maka saya dapat membantu mereja yang membutuhkan, dari yang saya kenal sampai mereka yang ada diujung pulau terluar. What is your self actualization and how you can contribute to others?

5 juta Hits Untuk Tukangobatbersahaja.com

Dr Ulfana Said Umar

Hari ini baru menyadari kalo blog ini sudah punya total hits/ visitors sebanyak 5 juta. Banyak yang sudah saya lalui dalam suka dan duka, apalagi sekarang ini saya sering banget bolak balik RSCM. Ada banyak sekali cerita yang ingin saya share, ditunggu saja update postingan selanjutnya. Semoga lebih banyak lagi manfaat yang bisa diberikan.

Semangat terus untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Salam

Rina Susanti, Apt

Gaya Hidup Baru Bagi Penderita Maag

stomach-with-ulcer

Hampir semua orang pernah merasakan derita sakit maag, baik yang dalam skala kecil maupun skala berat. Saya pernah menemukan sebuah kasus sakit maag parah dan ditambah stres. Singkatnya setelah pengobatan beberapa tahun akhirnya sembuh, seperti kutipan dibawah ini :

“…Sambil minum obat2an maag yang diberikan. Hampir 3 tahun saya makan nasi lunak/ bubur dan sayur atau ikan direbus saja. Tubuh saya yang sebelumnya gemuk menjadi kurus. Tetapi syukur tetap berdoa pada Tuhan ditambah obat2an dan jaga makanan selama hampir 3 tahun saya sembuh..”.

Apa yang sudah dilakukannya dalam pengobatan dan penyembuhan sudah benar yaitu dengan mengubah pola makan yang sehat seperti mengkonsumi makanan yang mudah dicerna, banyak serat sayuran, mengurangi makan pedas, gorengan, jauhi fatty, makanan junk food, minuman bersoda, makanan berbumbu, dan makan tidak sehat lainnya.

Namun apa yang terjadi setelah sehat?  kita cenderung kembali ke pola makan dan gaya hidup lama apalagi ditambah stress. Awalnya tubuh tidak berpengaruh namun seiring waktu berlalu maka terjadi sakit maag kambuh lagi. Kambuhnya bisa sama seperti dulu sakitnya atau mungkin lebih parah dari sebelumnya. Setelah itu baru cari dokter lagi *geleng-geleng kepala*

Saya ingin menghimbau buat siapa saja yang yang pernah sakit maag untuk berubah hidupnya total. Jangan hanya berubah saat sakit saja, namun setelah sudah sembuh tetap menjaga gaya hidup sehat. Jadikan itu gaya hidup sehat  dan menjadi target tahunan yang berkelanjutan.

“Jadi ga boleh dong seumur hidup makan makanan tidak sehat?”  berat dong, mana bisa tahan!. Kalo mau makan boleh saja tapi ingat konseksuensinya. Kalo ngidam mie instant atau makanan tidak sehat lainnya, ya 1-2 bulan sekali boleh saja tapi dengan porsi kecil.

Jika dibandingkan, seporsi mie instant pake cabe rawit/ saos pedas tidak sebanding dengan penderitaan sakit maag, seperti : perut yang sakit, jantung berdebar kencang, pusing seperti mau pingsan, mual muntah, lemas tidak berdaya, dan sesak nafas.

So, kalo sudah sembuh pertahankanlah dan teruskan untuk menjadi pribadi yang baru. Makanlah makanan sehat dan menjauhi stress. Bebas sakit maag seumur hidup bisa jadi kenyataan!

 

Gemuk Bukan Berarti Hamil

independent-girl

Memiliki badan yang berisi bukan berarti hamil namun tetap saja ada buat beberapa orang yang salah sangka. Bukan berniat menyakiti sih namun malunya itu loh, seperti kejadian berikut ini :

Anisa : Bang, beli rujak ya seporsi! (sambil menyiapkan uang Rp 10.000)
Abang rujak : iya (sambil mengiris aneka buah-buahan. Setelah selesai diberikan kepada Anisa)
Anisa : Abang, kok rujaknya ga pake nanas sih.
Abang rujak : Jangan neng, nanti keguguran kalo makan nanas
Anisa : @#$%^&*(!@#$^&^
Anisa : Saya ga hamil

Ada juga kali ya, apa karena salah kostum atau emang badannya berisi. Situasinya lagi di dalam bus transjakarta yang sedang padat-padatnya ditengah rush hours pagi hari.
Anisa sedang asyik mendengarkan lagu di handphonenya pake earphone. tiba-tiba ada seorang mas muda kantoran menepuk pundak Anisa.

Anisa : Apa ada apa ya?
Mas muda : Sini duduk aja disini (sambil berdiri memberikan tempat duduknya untuk Anisa)
Anisa : Oh ga apa-apa berdiri aja.
Mas muda : Ibu hamil duduk aja
Anisa : @#$%^&*(!@#$^&^
Anisa : Saya ga hamil
Mas muda : tapikan….(sambil melihat perut dan membuat huruf D diperut)
Anisa : Saya ga hamil
Anisa : (sambil berkata dalam hati mulai besok gw ga mau pake baju ini)

 

Apa kamu pernah mengalami hal-hal seperti ini karena badanmu sedikit berisi?

 

You Are Special In His Eyes

hospital coridor

I read some email that some people get frustrate with their sickness, seem likes no hope for healing the illness. I would suggest not to give up even in very bad condition and situation. There still miracle and hope for us.

I can said that because I’ve been there and not give up. I saw miracle happens in my life. I would like to share my true life story in November 2008. I remember it clearly, like it was just happening yesterday.

On that unfortunate day, I was heading for a meeting near my office area. I went with my friend and we are ride together on his motorcycle. We nearly arrived on the location, when I suddenly feel a very strong impact. Another motorcycle hit us, and I was thrown back for a good couple of meters before painfully landing on the cold asphalt road.

Our motorcycle was crushed and totaled. My friend only got some bruise but I was heading for the worse. After a series of tests and X-ray, the doctor informed me that my spine is fractured. I was living extreme pain and had to depend on painkillers to help me going.

I spent 10 more days in the hospital, feeling depressed because of my inability to move. With a fractured spine, I cannot walk, stand, or even sit. I need constant support to keep my back in a straight position. It was made from light metal that wrapped around my body. It made me feel like a robot.

I kept thinking why this happening to me? What did I do wrong to deserve this?

couple

As if the pain alone is not enough, another misfortune came along. In the most crucial moment when I could use every bit of support and attention for recovery, my boyfriend suddenly left me. It was severe hit to me. My health condition was badly affected.

I spent my days afterwards, trying to recover my condition. Nothing happens in an instant, every step, every swimming lesson, every therapy class, added to my recovering process, very slowly. I have to take abundants of pills, treatments, and take test every month. In the process, not only my body I’m trying to cure but also my heart and soul. I prayed to God so he take my hand and lead me out of the misery and into the light.

After 7 months of therapy my doctor finally said that I can now be freed from my metal corset. I was so happy because I can walk on my own again and use my back again normally. Everything is going well. I can walk again and sleep in my comfortable mattress again.

Now, here i am, not different from any other people. I recover and having no regrets and happy with journey of my life. I’m what I’m now because I have great people who support me. God sent them to ease my pain. They always pray and support me. I still kept a wonderful SMS from my Evangelist :

Butterfly don’t know the colour of their wings
But human know how nice it is
Like you don’t know how good you are
But God know how special you are in His eyes

God have wonderful plan in my life. No matter what happens in your life, how broke your heart and your body, just remember that “you’ll never be alone, God will be there to support you because you are special in His eyes.