About

Perkenalkan saya Rina Susanti, seorang Farmasis/ Apoteker lulusan Universitas Pancasila, Fakultas Farmasi, Program Profesi Apoteker Jakarta. Dengan blog ini saya ingin berbagi pengetahuan dunia obat-obatan dan kesehatan dari sudut pandang seorang Apoteker.

Saya menghabiskan masa kecil di kota kecil Sorong, Papua. Hobi menonton film seperti LOTR hehehe dan membaca buku.

Pemenang The + project for Access to Healthcare, bersama dengan Philips dan Yayasan Kanker Indonesia untuk membuat ย sebuahย Interactive Mobile Application. “Spot It Yourself”, sebuah applikasi digital pertama untuk cara-cara mendeteksi dini kanker payudara dan dilengkapi dengan konsultasi online dengan dokter ahli YKI.

Salam

Rina Susanti, Apt
E : rina_apt@yahoo.com

284 thoughts on “About

  1. Selamat datang di blogosphere.

    Btw, boleh minta tolong?

    Login dulu, trus di halaman profil, pada kolom “Website“, isian tukangobatbersahaja@wordpress.com supaya diganti dengan https://tukangobatbersahaja.wordpress.com

    Jadi @ (a keong atau apalah itu namanya) diganti dengan titik. Maksudnya biar orang-orang yang membaca komentar anda bisa langsung klik untuk mengunjungi blog anda tanpa birokrasi berbelit ๐Ÿ˜‰

    Terimakasih.

  2. Halo, tukang obat yg bersahaja. Tau aja bs bikin top post. Iya, nih kebetulan bs jd juara 1 lomba web blog yang digelar ma sekolah. Hehehehe….. Klo masalah sejarah F1 coba deh bsk saya kasih tau lg, coz ada beberapa web site di rmh yg ga bs di buka klo ga coba search di google ato wikipedia aja. Masalah Heikki kovaleinnen ( bukan mika hakkinen) itu pas lomba GP spanyol kemaren waktu lap 22 bannya pecah truz nabrak pager dan akhirnya dia kejepit sm mobilnya n harus dibantu beberapa org buat keluarinnya n langsung di bawa ke RS coz patah leher. Anda pendukung Mclaren kebetulan qt berbeda saya pendukung Ferrari, qt liat y siapa yang menang nanti….

  3. Waduh kalo tahun segitu saya ga ngikutin soalnya tahun segitu saya masih umur 8thn jd ga ngerti siapa aja pembalapnya. Waktu umur segitu saya cuma tahu mobil merah itu ferrari dan pembalapnya cuma M. Schummacher. Hehehe…

  4. Sejarah
    Seri Formula Satu berakar pada seri grand prix motor Eropa pada sekitar 1920-an dan 1930-an. Sejumlah organisasi balap grand prix membuat sejumlah aturan untuk kejuaraan dunia sebelum Perang Dunia II. Dengan alasan penundaan karena perang, kejuaraan dunia pembalap tidak diformalkan sampai 1947 dan berlangsung untuk pertama kalinya pada 1950. Kejuaraan dunia konstruktor kemudian menyusul pada 1958. Balapan Formula Satu tanpa gelar diselenggarakan bertahun-tahun, tetapi dikarenakan membengkaknya biaya kompetisi mengakibatkan kompetisi ini berakhir pada awal 1980-an.
    Nama olahraga ini, Formula Satu, mengindikasikan bahwa ini merupakan olahraga yang paling maju dan kompetitif diantara balapan mobil formula lain.

    Awal kompetisi

    Juan Manuel Fangio mengendarai mobil Alfa-Romeo 159 ini untuk menjuarai seri tahun 1951.
    Gelar juara dunia Formula Satu pertama kali dimenangkan oleh pembalap Italia Giuseppe Farina dengan mobilnya Alfa Romeo tahun 1950, dengan mengalahkan rekan setimnya, pembalap Argentina Juan Manuel Fangio. Akan tetapi, Fangio memenangkan gelar juara dunia pada tahun 1951 dan empat kali pada enam tahun berikutnya. Fangio kemudian menjadi legenda yang mendominasi tahun-tahun pertama kompetisi Formula Satu.
    Juara dunia dari Britania Raya yang pertama adalah Mike Hawthorn, yang mengendarai Ferrari memenangkan gelar juara pada 1958. Kemudian Colin Chapman memasuki kompetisi F1 sebagai perancang mobil dan kemudian menjadi pendiri Lotus, British racing green datang untuk mendominasi kompetisi pada beberapa dekade berikutnya. Jim Clark, Jackie Stewart, Jack Brabham, Graham Hill, dan Denny Hulme adalah sederetan nama pembalap dari tim Inggris dan negara-negara persemakmuran yang memenangkan dua belas gelar juara dunia antara tahun 1962 hingga 1973.
    Tahun 1962, Lotus memperkenalkan mobil dengan rangka aluminium yang dikenal dengan istilah monocoque yang menggantikan rangka tubular tradisional. Penemuan ini kemudian menjadi langkah kemajuan teknologi besar sejak penemuan mobil mid-engines. Tahun 1968 adalah tahun pertama kalinya olahraga ini memakai sponsor yaitu dimulai dengan Lotus yang mengecat “Imperial Tobacco” di mobilnya.
    Aerodinamika gaya tekan kebawah (downforce) secara perlahan memainkan peranan penting dalam perancangan mobil, dimulai dengan munculnya aerofoil tahun 1960-an. Akhir tahun 1970, Lotus memperkenalkan aerodinamika efek tanah (ground effect) yang menghasilkan gaya tekan yang bagus sehingga meningkatkan kecepatan di tikungan (konsep ini pernah diujicoba sebelumnya oleh Jim Hall dengan tim IndyCar-nya pada tahun 1960-an.
    Federation Internationale du Sport Automobile kemudian didirikan pada 1979.

    Itu sejarah singkat F1. Sekedar informasi kalau dua hari yg lalu H.Kovaleinnen udah keluar dari RS di Barcelona. H.Kov dan Ron dennis (BOSS Mclaren) mengaku pada balapan selanjutnya rekan L. Hamilton itu tetap ikut balap.

  5. @nenyok
    Salam kenal juga..

    @ Willycar
    Berhubung willy udah baek saya maka dikasih tahu mereknya.
    coba aja deh minum Tremenza 1-2 tablet per hari.
    Tremenza ini isinya Pseudoefedrin HCl 60mg dan Tripolidine HCl 2.5 mg.

    Btw, sakit kaya gini bisa aja disebabkan karena ga tahan debu, perubahan cuaca yang fluktuatif. Obat yang paling nyembuhin istrahat cukup.

  6. @ hmcahyo
    Salam juga Malang, wah kangen juga udah lama saya ga ke Malang. semoga kalo mau kesana ga macet lagi di LAPINDO.

    Avatarnya belum dipasang, saya masih belajar.
    Makasih masukkannya.

  7. Superb!!

    Con’t be an inspirational legend and be extraordinary person.

    Spread your wings and fly away higher than ever.
    You will always be the person beyond the expectation.

    4 thumb 4u

  8. @ Yori

    Biasa aja kali, ga segitunya.
    Menurut saya kebalik kau begitu sempurna #lirik detected#

    Emang dasar saya ga bisa gombal. mendingan nyanyi aja ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚
    Kau begitu sempurna
    Dimataku kau begitu indah
    kau membuat diriku akan slalu memujimu

    Disetiap langkahku
    Kukan slalu memikirkan dirimu
    Tak bisa kubayangkan hidupku…..

    Capek nulisnya.
    btw, salam kenal dan selamat bergabung.

  9. Se7 BOSS. Contohnya kalau ada 2 orang yang patungan beli mobil untuk dipake bersama, bisa sajakan 2 orang tersebut masing-masing punya smart card, jadinya bisa isi bensin lebih banyak. Jaman sekarang ini transportasi yang cocok cm Sepeda. Aku sebenernya pengen pake sepeda ke skul tapi ortu ga se7. Hehehe…

  10. @ Willycar

    Saya dulu naik sepeda ke kantor karena jaraknya deka tapi saya dibilang “orang aneh”. Heran deh, padahal sepeda saya polygon dan mahal (promosi).

    saya jadi risih dengan omongannya trus ga dipake lagi sepedanya. Butuh keberanian untuk nujukkin sebuah perubahan heheehe

  11. benar-benar sama dengan saya, paling suka…

    satu. bubuk
    dua. tidur
    tiga. sleep
    empat. ZZzzZZz…zzZ….zZZz

    salam kenal dari saya si tukang tidur

  12. @ Coekma

    Tidur yuuuukk…..

    @ Dafhy

    Terimakasih. besok maen lagi ya ๐Ÿ™‚

    @ Faridyuniar

    Ga usah dikerjain skripsinya. dijamin ga pusing lagi.
    Paling cuma jadi MA Mahasisawa Abadi ๐Ÿ™‚

    @ nh18

    Iya begitulah. salam dari sarjana farmasi apoteker.
    *halah norak detected*

  13. Salam kenal tukang obat, semoga saja kita semua para bloger pada jadi sobat, meski blog saya mah banyak cloteh ga berbobot, tapi mudah mudahan yang diomelin bisa tobat.

  14. Upacara di sekolah aku jarang bgt bisa-bisa tiga bulan sekali. Boro-boro buat traktir entar duitnya klo uda cair buat beli cdi motor aja belom tentu cukup. Paling gw cuma dpt sekitar 300rb-500rb, coba bayangin sama harga laptopnya yg bs sampe 6jtan. Hidup ini memang tidak adil….

  15. persamaan :
    Tontonan wajib Oprah Winrey Show dan Mario Teguh Business Art, trilogi LOTR, Suka baca buku sampai rumah penuh dengan debu dan rayap,
    perbedaan:
    nonton LOTR nya ak gak sampe 30x, ak dari jurusan kimia FMIPA,
    peluang :
    enakan ngobrol di YM ya about obat2 herbal dari sisi farmasi dan kimia,,setujukah?
    kunantikan kehadiranmu kawan di rumah YM ku

  16. @ Kucingpemalu

    Saya mengkoleksi bukunya, love hobbit, gollum, mithrandir, aragon, urukhai hehehe

    Bahkan gelas yang dipake minum origin Tolkien Enterprises under license to new line production 2002, inc. All right reserved .

  17. tukangobatbersahaja menulis:
    “Bahkan gelas yang dipake minum origin Tolkien Enterprises”

    waaaaaaa…….. kolektor bangetttttt….
    **sungkem…sungkem**
    kalau musiknya lotr, ngumpulin juga? misalnya, blind guardian…

  18. @ namakuananda

    Salam kenal juga. boleh mau resep apa?

    @Anggie

    Salam kenal anggie. rumahmu bagus ๐Ÿ™‚
    Betah

    @ Yani

    Hi, juga. Senangnya bisa bertemu teman seperjuangan.
    Sabar aja, dikit lagi juga kelar. bisa napas….

    Gila susah ga sih kuliahnya????

  19. Sorong? Antara Sorong dan Makbon, mencari penyu Belimbing.. kenangan tak terlupakan.. Indah sekali Sorong itu.. one day i ll come back again.. (asal jangan digigit malaria aja).. Eh kebetulan nih ada yg jago obat…apa obatnya biar malaria gak kambuh lagi ni… duhh gak enak banget kalo lg kambuh ๐Ÿ˜ฆ )

  20. Saya pernah kena malaria waktu disorong. kayanya itu penyakit wajib deh.
    Untung bukan malaria tropica… bisa mati saya ๐Ÿ™‚

    Obat malaria? di jakarta aja hehehehe

    Masih banyak ga yang melihara burung yakob ?

  21. loh Tukang obat yang biasa tereak2x di pasar itu perempuan toh .. baru tahu .. di ABout nggak ada perempuannya tuh .. hehehehe .. salam kenal .. tukeran links .. ๐Ÿ™‚

  22. @ mas Tintin yang jambulnya keren

    fakta yang kuliah farmasi 96% adalah perempuan.
    yang lebih suka ngomong itu perempuan.
    mbah Oprah Winfrey juga perempuan.

    *mencari dalih* hehehhehehe

    Salam kenal

  23. @ Niaalive
    tergantung malam atau siang hehehehe

    begitulah neng Nia *gaya dosen farmasi sejati*
    Neng Nia Prozac udah ketinggalan, saya punya yang lebih cihuiiii Venlafaxine HCl

    *maaf terlalu banyak bicara ehh nulis*
    *jangan beli sembarangan obatnya*

  24. @ Niaalive
    tergantung malam atau siang hehehehe

    begitulah neng Nia *gaya dosen farmasi sejati*
    Neng Nia Prozac udah ketinggalan, saya punya yang lebih cihuiiii Venlafaxine HCl
    *maaf terlalu banyak bicara ehh nulis*

  25. kyaaa… mau, ituh keren ajah si venlafaxine
    Hcl, mau dunk…
    eh, aq hidup bergantung ventolin inhaler, asma nya gawat, jadi sebulan bisa beli 4 botol,
    aq kebetulan kerja di perusahaan farmasi, jadi sering dapet obat macem2 gratis, tau bruffen? itu dulu sering aq minum kalu udah pusing or reductil buat diet, manteeeeb, emang enak dah kerja di farmasi, jadi tau ini-itu.. secara background accounting yang ngertinya cuma angka doank..

    visit dunk di niaalive.multiply.com, bawain venlafaxine nya sekaliaaan

    tks

  26. eh tukangobat, aq gapernah nangis kalu lagi kumat, enak ajah, aq mah pan perempuan tegar seperti rosa, asma doank mah, gampiiil..

    eh tukangobat mau apply gak diperusahaan aq? lagi ada posisi kosong ni, edun pokoknya de kerja disini, hip hip hura, kebanyakan deritanya, ampun dj…

    niaanya udah pulang dari pasar ni, ngidam ketemu jason mraz, keren gilaks, eh tapi gapunya yang you and I both, itu previous album ya? oh oh aq sangat ketinggalan, tell me, is it true? my God.. huks, harus segera dicari.., kita nyanyi yang LUCKY aja yuk, keren bo, gilaks…he’s the greatest artist ever!

    eh aq emang mikir mulu kerjaannya, puyeng de, lebih sering kebawa tidur lagi mikirnya, maksutnya ngigo sambil ngorok gitu, ah kacaulah

    iyah obatnya gratisan semua, mari manfaatkan fasilitas yang ada, selain obat gratisan susu pula, kan ini farmasi gabung nutrisi,, sehaaaat

  27. ijah, memang di multiply itu kalau mau kasi komen mesti buka comment dulu, yasudahlah takapa, kamu commentnya dalam hati saja, yang penting kamu sudah membacanya dengan seksama…

    btw, aq menemukan lagi you and I both, baru teringat, tembang itu sering diputar di radio sekitar setahun belakangan, hmm, takdisangka, itu suaranya akang Jason,, ck..ck..ck..

    merdekah!!

  28. @ Achoey
    Jaket Elegan Hitam ini ada tulisan MTSC Mario Teguh Super Club yang di dalamnya jaketnya ada tulisan nama diri sendiri ๐Ÿ™‚ . sampai ketemu di GMG Brilliant 20 Juli 2008 Kang Achoey

  29. tukangobat, aq juga seneng banget sama pak mario, dia itu adem banget ya, aa gym versi botak lah, aq suka banget denger acaranya dia, tukangobat tau ga kalu di punya klub? yuk gabung yuk

  30. @ Niaalive

    pak Mario Teguh memang punya club saya sudah bergabung dari dulu. Sudah pernah foto bareng malah dan pernah di undang langsung di acara O’channel di Business Art with mario Teguh LIVE. sekarang udah punya jaket MTSC hehehehe

  31. “Hobi menonton film seperti trilogi LOTR sampai 30 kali” Wah udah pernah coba daftar ke MURI?… he…he…he…

    Beberapa kali aku mondar-mandir ke sini namun baru sekarang ninggalin jejak di sini.

    -Salam hangat dari pinggiran-

    O…ya btw gambar tablet di header blog ini sangat mengintimidasi aku euy… (agak malas minum obat soalnya hi…hi..hi… )

  32. aq ga ingusan, cuma mimisan, btw, kenapa aq seringkali mimisan ya kalu kepanasan or kedinginan, tiba2 keluar darah.. apakah penyebabnya?

    btw, tadi aq dapet training bipolar disorder dari kantor, ternyata abbott punya obat penanggulangannya yaitu adalah si depakote er.. pernah denger ga? kata si product manager nya, kalu dulu Curt Kobain – Nirvana sempet kenalan sama si Depakote ER, gabakalan de dia bunuh diri… begitu katanya masa tukangobat

  33. ih, you’re so smart,

    iya, katanya itu untuk menenangkan mood kita, karena bisa fase mania dan fase depresi yang timbul, tergantung mana yang kuat, nah si akang Kurt ini kan depresi berat, doi pernah tulis lagu tentang ” Lithium ” , karena dia peminum setia, naah coba dia buat judulnya ” depakoteer, cant live w/o you ” mesti dia gajadi bunuh diri, dan abbott jadi perusahaan raksasa dan superduperterkenal

    do you know another actress who also have bipolar dis? Linda Hammilton.. ternyata, biar kayaraya juga bisa depresi toh..

    menyenangkan sepertinya berdiskusi dengan mu tukangobat, jangankuatir kasi bahasa2 jargon nya famasi, I’m quiet familiar kok…

    aq paling males konsul ke dokter selain dokter kulit dan kecantikan, kenapa? karena selalin mahal, aq malas sekali disuruh minum obat, udah kebanyakan.. mimisannya gasering ko, paling seminggu dua kali, kayak jadwal fitness aja…

  34. salam kenal mbak…

    mo nanya dong…
    kalo obat untuk abis kena besi panas apa ya mbak (obat luar/dalam),
    trus kalo lotion anti nyamuk yg aman buat anak kecil yg aman apaan ya…??

    * kalo nanya-nanya ga bayar kan ya…

  35. @ emfajar
    ubah patah hati, sakit hati, luka hati semua saya punya.
    cari pacar lagi hehehe

    @ l5155stโ„ข
    terimakasih salam kenal ๐Ÿ™‚

    @ shavaat
    iya. obat biar ga garuk-garuk juga ada hehehe ๐Ÿ™‚

  36. *tuing*
    cewek ape cowok yak
    bisa pesen obat cacing ama obat tikus sekalian obat nyamuk
    makluum teman teman saya itu lgi sakiiit

    atas nama bangsa satwa,

    C e b o n g

  37. @ rahmadisrijanto
    baca tulisan saya ” panggil saya tukang Obat”.
    saya bener-benar berprofesi sebgai tukang obat (i am a pharmacist). saya pun dipanggil dengan sebutan tukang obat di rumah ๐Ÿ™‚

    Bersahajalah yang membedakan saya dengan para tukang obat lainnya yang sama-sama sebagai tenaga apoteker

    Terimakasih

    @ Singal
    Salam kenal juga. silahkan duduk dan minum teh mas..

  38. @ Nayantaka
    Salam kenal juga. silahkan duduk dan mampir ๐Ÿ™‚
    obat anti ngamuk pake CNS depressant saya punya.
    kalo obat anti ngantuk juga ada. mau yang alami atau yang sinteisis?

    disini tokonya komplit hehehe
    makasih ๐Ÿ™‚

  39. salam kenal …

    “… Hobi menonton film seperti trilogi LOTR sampai 30 kali. Suka baca buku sampai rumah penuh dengan debu dan rayap hehehe. ”
    >>> sama, cuma ga sampe 30 kali dan ga penuh debu dan rayap… :mrgreen:

    “… Paling malas kalo disuruh belajar dan paling senang kalo disuruh ngomong dan tidur. Tontonan wajib Oprah Winrey Show dan Mario Teguh Business Art.
    >>> beda tipis…, suka nonton MTBA, suka tidur, suka belajar tapi ga tlalu suka ngomong dan ga tlalu suka Oprah

    >>> kapan2 tanya obat boleh yaghhh ๐Ÿ˜ฅ

  40. @ gbaiquni
    salam kenal gbaiquni.
    silahkan duduk dan makan pisang goreng dan baca-baca.
    kita memang mirip hehehe.

    kalo mau tanya obat boleh aja. di halaman kontak. mau tanya apa aja seputar obat… mumpung gratis ๐Ÿ™‚

  41. Pingback: Tag Award From TOB « Tukang Obat Bersahaja

  42. @ cecep mahbub
    ada obat mau kaya…. mau tidur…mau makan… lengkap deh hehehe

    @ syelviapoe3
    makasih juga putri kayangan ๐Ÿ™‚

    @ suhadinet
    saya emang suka teriak-teriak, makanya radang tenggorokan
    untung ada amoksisilin ๐Ÿ™‚

    @ pimbem
    selamat datang, pintu teater satu sudah dibuka ๐Ÿ™‚

    @ smaragdina
    maksih, saya mau kesana mampir juga ๐Ÿ™‚

    @ nurma
    hehehe headernya shock orange

  43. Hai…
    Salam kenal dari saya Michael Siregar di Amerika.
    Btw saya mau tanya mungkin ada obat buat penyakit saya yang Kronis, penyakitnya Syndrome PANGLATU…(Panglima Lajang Tua) ada nggak ya….?! he..he..he…
    Salam dari jauh.

  44. met kenal…
    saya minta ijin ambil sebagian dari artikel anda, di gabung sama artikel yang lain..ini namanya self dispensing..hehe
    m.f.l.a

    oke deh..
    saya lagi nyari artikel atau link atau buku tentang resep dokter, misal sakit ini dikasih ini..tau ga??
    thx yah..

    bales di blog sy aja yah

  45. Salam kenal n perdamaian…
    sebelum terlalu sibuk jd tabib terkenal jgn lupa yaaa…
    resep batuk saya….sukses 4 u..

  46. saya juga suka nontona nime, tp lebih suka Harry Potter drpada LOTR. gak ngerti sama sekali tentang origami, ajarin donk! ๐Ÿ˜€

  47. Wahh..Ternyata Anda seorang penikmat tulisan (buku red) juga ya Jeunk..?? ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ada pepatah mengatakan, *semakin banyak kita membaca, maka semakin luas pula kita memandang kita*

    -salam- ^_^

  48. thanks dah mampir ke blog ku…
    salam kenal.. semoga jadi tukang obat yang sukses hehe

    =============================
    Salam Kenal ๐Ÿ˜€

    Saya juga dengan dengan blogmu yang unik.
    Selamat juga ๐Ÿ˜€

  49. eh, sama~ aku juga! aku 8/10 tahun di Fakfak! kota yang pas banget di leher Pulau =3. Nanti, kalo udah bisa nyari duit sendiri, saya mau main-mainn ke papua hehe,.

    ==========================

    Saya juga pengen ke Sorong ๐Ÿ˜€
    tiketnya mahal ternyata.
    next time… someday i will there again

  50. salam kenal, bagus nih blognya, izin saya link ya ๐Ÿ˜€

    ==============

    Salam kenal,

    terimakasih sudah mampir. Silahkan bertukar link.
    besok main lagi ya ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  51. ikut gabung boleh ya…..?????!!!!!!!!!!!!!!!!

    ==================

    Boleh, silahkan duduk dan baca-baca
    *ambil kursi empuk*

  52. Salam kenal…
    rasa2nya saya dulu sudah berkunjung
    mungkin kelupaan meninggalkan jejak :mrgreen:
    Sekarang saya tinggalin nih jejaknya..
    sekaligus proposal penawaran tukeran link…

    Thanks mbak apoteker…
    ๐Ÿ™‚

  53. hai… hai… akhirnya setelah sekian lama, aku menemukan blogmu…
    good job… aku suka blognya…. bermanfaat bgt…
    nggak ada artikel untuk kembar ni?

    =====================

    akhirnya ku menemukannu hehehehehe

    terimakasih, semoga tambah bermanfaat dan membantu sesama.
    nanti kalo sempat saya buat postingan khusus buat anak kembar ๐Ÿ˜€
    *peluk-peluk farel*

  54. Salam kenal jeng…
    Senang ketemu blog dengan fasilitas free konsultasi ini…
    Postingannya sangat bermanfaat lho jeng…

    Terus berkarya, sukses…

    ================

    terimakasih ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  55. aku senang menemukan blog mu …
    tolong bantu aku ya….
    trims sebelumnya…

    ====================

    Sama-sama Faisal.
    Akhirnya ku menemukanmu
    *nyanyi mode on*

    semoga saya bisa membantu.

  56. salam kenal mbak tukang obat yang bersahaja ๐Ÿ˜€ gak tau kayak mana kok nyasar ke blog ini..
    tukeran link yuk, udah aq pasang tuh.. ๐Ÿ˜€

    ==========================

    Salam Kenal Alam,
    Oke nanti saya pasang balik link-nya. terimakasih

  57. wah di Papua, jauh juga ya, semoga obatnya laris manis dan memberi manfaat buat orang lain, salam kenal adari saya, kalo saya perlu obat entar boleh minta tolong mbak Rina ya?

    ===========================================

    Wah, itu waktu kecil, sekarang saya tinggal di Jakarta.
    Please feel free to contact me if you need assist for medicine.
    Salam hangat.

  58. Sekedar ingin mengucapkan salam kenal dari komunitas keluarga miskin.
    Semoga sudi berkunjung ke blog kami untuk menyumbang kesempatan meraih masa depan yang lebih baik dan harmonis.
    Terima kasih

    ==========================

    terimakasih atas kunjungannya.
    Saya sudah mampir kesana.

    Memang seharusnya kita “GobloK” Smart hehehe

  59. Wah nice blog nih, salam kenal ya.
    BTW FFUP dan Apt lulusan thn brp?
    istri saya juga Apt UP lulus 2006.

    ======================

    Salam kenal juga ๐Ÿ˜€
    saya juga lulusan 2006, siapa namanya?
    pasti saya kenal ๐Ÿ˜€

  60. Salam kenal aja dari saya di Gorontalo, boleh saya berkonsultasi kesehatan dengan Ibu?

    ===============================

    Salam kena juga ๐Ÿ˜€
    Tentu saja boleh. Silahkan bertanya dan farmasis menjawab ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  61. saya juga suka mengulang-ulang film yang saya suka :mrgreen: Batman begin sama darknight sudah berapa puluh kali tuh saya tonton :mrgreen:

    ==============================

    Sama dong ๐Ÿ˜€
    selamat datang ya, salam hangat ๐Ÿ˜€

  62. mau nanya ma tkg obat

    1. apa obat utk asam urat
    2. apa penyebab asam urat
    3. bgmn cara pencegahannya
    4. asam urat bisa ga sembuh total

    informasi anda bermanfaat dan menarik banyak orang. Dan berpotensi bisa menghsilkan uang melimpah dari internet

    lebih jelasnya

    klik disini

    Terimakasih atas jawabannya

    ===================================

    Pertanyaannya akan saya jawab.
    Mungkin alangkah baiknya kalo saya jadikan request post of the week biar semua bisa tahu dan mengerti.
    Makasih,

    tunggu minggu depan ya:D

  63. Halo Mbak Rina, apa kabar? kayaknya blognya makin menarik dan posting-2nya sangat bermanfaat.

    Wassalam
    Hasnul Suhami

    ————————————–

    Kabarnya baik.
    Terimakasih pujiannya, semoga blog ini tambah bermanfaat buat yang membutuhkan. Terimakasih.

  64. salam kenal mbak Rina,
    mbak mau nanya nih, katanya Tasly danshen plus capsule antara lain dapat MENGKIKIS PENYEMPITAN dan melebarkankan arteri koroner shg meningkatkan sirkulasi darah di pembuluh koroner ??
    mungkin mbak Rina tahu obat spt ini ?? . Saya ada penyempitan 90% siapa tahu dg minum obat bisa sembuh sehingga tidak perlu tindakan invasif/pasang pen.
    Sudah 1 bulan ini ini saya dikasih obat dokter ; plavix, ascardia, beta one dan isdn.
    dalam jangka waktu lama apa efeknya terhadap ginjal, liver dll.
    terima kasih.

  65. Salam Kenal Mbak Rina,
    aku juga suka membaca, apa saja.
    Blog saya isinya kebanyakan malah klipping bacaan yg menurut saya menarik dan pantas diabadikan karena yang dibahas bersifat tidak usang…

    Saya akan sering berkunjung kesini

    ======================================

    Terimakasih ๐Ÿ˜€
    Saya tunggu kedatangannya lagi. tks

  66. saLam kenaL…
    Sy haryo jurusan Farmasi jg
    jadi sm…..
    hehe
    hobi sy jg mbaca…
    ehh sm Lg
    he
    mba mw tny:gmn cr penggunaan suppo yg benar??
    Thnx

  67. saLam kenaL mba…
    sy jg jurusan farmasi dr Univ Swasta di Jogja
    mba mw tny:gmn cara penggunaan suppo yang tepat???
    thnx

  68. saLam kenaL…
    sy jg jurusan farmasi dg hobi suka membaca
    koq sama??
    hhee
    mba mw tny:gmn cr pemakaian suppo yg tepat?
    Thnx

  69. Salam kenal mbak.. :). Oya, apa aja sih obat yang termasuk mood stabilizer?trus, harganya brp y? Trima kasih..

    ============ =========================================

    Mood stabilizer merupakan obat keras dan harus dengan resep dokter.
    Sebaiknya kalo cuma moody biasa cukup dengan spa/ creambath/ lulur/ massange setiap 2 minggu. Itu cukup

  70. Sy mau menawarkan obat malaria ARTERAKINE dg harga Rp. 800.000,-/pak blm termasuk ppn 10% dan ongkos kirim.
    stok yg ada saat ini tinggal 50 pak dan msh bisa continue. 1 Pak = 40 kaplet.
    Bagi yg membthkan silahkan kontek saya di 0818-078-16xxx

    ========================================

    Terimakasih

  71. Salam kenal รยชยชรยชยช mbak.
    Makasih banฦดak sรผฯ‘ฮฑh โ™ยชรผ menjawab pertanyaan saya.
    Senang rasa ฯ€ฮณฮฌ ฮ‘ฯ‘ฮฌ seseorang ฦ”ยชฮฎะฑ โ™ยชรผ berbagi obat
    Mampir dong mbak ke YM ku.
    ฮคhฮฑรฑkyฯƒรน

    =================================

    Sama-sama mas Yoko ๐Ÿ™‚
    Saya jarang YM-an tetapi kalo konsultasi saya online terus.
    Tetap sehat dan semangat!

  72. Mbak Rina, pertama saya ucapkan selamat & sukses atas blognya yang ramai dibaca orang. Kedua, maafkan jika saya agak lancang berkomentar. Membaca profilnya, mbak Rina ini seorang lulusan pendidikan tinggi farmasi dan bukan lulusan pendidikan tinggi kedokteran. Menurut saya, seharusnya mbak Rina tidak memberikan opini atas terapi pengobatan yang harus dilakukan seseorang atas suatu penyakit, karena itu jelas bukan wewenang mbak Rina. Akan jauh lebih baik jika mbak Rina membantu masyarakat mengenali berbagai macam jenis obat yang mereka terima dari dokternya, berikut dengan kandungan obat-obatannya, dan mungkin efek samping jangka pendek dan jangka panjangnya.

    Bukannya saya tidak menghargai upaya mbak Rina atau meremehkan Anda, tetapi begitu banyak risiko yang harus ditempuh seseorang ketika dia mulai memasukkan sebutir antibiotik ke dalam mulutnya. Saya belajar dari pengalaman sendiri yang pernah keracunan antibiotik dan berdampak sampai sekarang. Dokter yang memberikan resepnya sudah menerima ganjaran perbuatannya, namun itu tidak berarti pemberian antibiotika menjadi lebih hati-hati di Indonesia.

    Negara ini, bersama dengan negara seperti Vietnam dan Filipina tercatat sebagai salah satu negara yang paling sembarangan dalam pengelolaan antibiotikanya. Bahkan beberapa jenis bakteri di sini sudah kebal total terhadap beberapa jenis antibiotika – sementara di negara lain belum. Ujung-ujungnya, orang sakit malah bertambah sakit. Saya yakin mbak Rina mampu berpikir sedikit lebih jauh – dampak buruk, belum tentu muncul dalam waktu cepat.

    Mengenai Mika Hakkinen, dia baik-baik saja. Kami seringkali bersua & bercengkerama sewaktu dia masih aktif di F1, seperti di Monza, Suzuka, Sepang, Spa, dsb. Kini agak sulit menemuinya, karena dia sangat menikmati masa pensiunnya sebagai seorang pakar dunia balap dan masih sangat setia kepada Mercedes-Benz. Sesekali dia masih balapan di seri DTM dan beberapa kali ikut menonton F1 bersama keluarga. Hidupnya pun masih sama seperti dulu: Sangat sederhana & bersahaja. Sekadar info saja, rumahnya di Monaco itu kontrakan, bukan milik sendiri. Sehari-harinya ia hanya mengendarai Peugeot, sementara Mercedes A-Klasse hadiah dari MB digunakan istrinya. Ia lebih memilih menabung untuk membiayai hidup anak dan anak-anak yatim asuhannya.

    Sekali lagi, maaf karena komentar saya lancang. Terima kasih & sukses selalu.

    ==========================================

    Dear Buttercup,

    Terimakasih untuk masukan yang telah diberikan. Saya dengan rendah hati menerima semua kritikan yang disampaikan. Kalo blog ini bisa dibaca oleh banyak orang berarti setidaknya ada manfaat yang telah dirasakan pembaca setia. Blog khusus yang fokus untuk masalah kesehatan memang belum banyak di Indonesia.Untuk itu sayapun juga mengajak lebih banyak blog dokter-dokter yang mau melakukan pelayanan kepada masyarakat seperti saya untuk konsultasi online dan edukasi atas penyakit dan pengobatan.

    Mengenai tulisan saya yang sekiranya mengganggu kenyamanan sebuah profesi saya mohon maaf, tidak ada maksud untuk mengambil ladang pekerjaan. Seharusnya kita tidak mengkotak-kotak sebuah job desk pekerjaan profesi kesehatan melainkan bersatu padu untuk memberikan sebanyak-banyaknya informasi yang benar kepada masyarakat. Peran farmasis/ apoteker dimasyarakat bukan hanya untuk menginformasikan jenis obat, efek samping, nama bahan aktif tetapi lebih daripada itu. Kami bukanlah mbak manis yang ada di apotek untuk memberikan obat kepada pasien hehehe.

    Kompetensi Farmasi pada hakikatnya adalah pelayanan Pharmaceutical care kepada masyarakat. Pharmaceutical care is the responsible provision of drug therapy for the purpose of achieving de elimination or reduction of a patient’s symptomatology; arresting or slowing of a disease process; or preventing a disease or symptomatology. Jadi boleh-boleh saja Farmasis memberikan saran atas suatu terapi pengobatan, justru disitulah letak kompetensi kami. Amat disayangkan peranan Farmasi di Indonesia sangat kecil (dikecilkan) bahkan tidak ada orang yang bertanya kepada farmasis padahal di luar negeri selalu ada slogan “Ask your Pharmacist”.

    Semoga kiranya informasi ini menambah wawasan dan pemahaman yang benar mengenai posisi farmasi dimasyarakat. Saya berterimakasih untuk masukan yang telah diberikan. Terimakasih untuk sedah menginspirasi saya untuk membuat sebuah tulisan.

    I love Mika Hakkinen ๐Ÿ˜€

    • sangat setuju dengan pernyataan mbak Rina.
      anyway now I can see how humble you are than most of others with profession in Indonesia I knew. Maaf kata, sedikit sekali kita menemukan dokter di Indonesia yang mempunyai kwalitas seorang dokter tanpa dengan cepat mengambil kesimpulan seseorang itu menderita sakit apa (pengalaman pribadi dan keluarga menjadi fact disini, contoh : salah menilai penyakit shg obat hampir membunuh ayah saya, kematian keponakan saya karena salah penilaian penyakit dari dokter dan banyak lagi)

      dan maaf juga tidak semua Pharmacist benar-benar memahami profesinya dan ilmu yang dipelajarinya…(kesalahan seorang pharmacist memberi obat penganti pernah terjadi pada keluarga kami). saya rasa tidak salah seorang mbak Rina memberikan pengetahuannya dan info2nya karena hal ini paling susah didapatkan dari seorang dokter (kecuali itu pun kenal sangat dekat sekali yagh?) dan saya percaya ilmu yang didapat dari bangku kuliah dan pengetahuan dari luar yang terus dicarinya juga tidak sembarangan dan sangat susah dipelajari sama susahnya seorang dokter kuliah.

      hey… kalo saya sakit biasa (bukan berat serius), I will walk to wall green and ask the pharmacist what should I get instead of go to the my regular Doctor, they would suggest me some list I could take and I will be fine…. and I believe many others agree to this too. saya sangat mendukung tulisan2 mbak Rina, nasehat dan laen2nya juga…keseimbangan itu dibutuhkan karena harus saling mendukung dan memperhatikan untuk membangun sebuah bangsa yang pintar. Go Rina!

      =============================================================================

      Terimakasih untuk dukungan dan semangat untuk saya terus menulis dan berbagi.
      Sebenarnya tidak mudah mudah untuk saya mengerjakan ini, masih saja ada yang tidak setuju atau tidak sependapat dengan yang saya lakukan. Lebih banyak orang awam menilai profesi Farmasis/ apoteker hanya memberikan obat ke pasein dari Apotek atau orang belakang layar.

      Dengan memberikan kami ruang untuk maju dan bermanfaat untuk sesama maka Indonesia kan lebih baik. Tidak perlu dengan tindakan spektakuler yang penuh tepuk tangan dan penghargaan, cukup dengan sebuah tulisan. Tulisan yang keluar dari hati dan semnagt untuk berbagi. Thanks Jessica ๐Ÿ˜€

  73. seneng bnget ktmu blog ne,,,bsa tau bnyak informasi…
    btw tentng mario teguh,,,sma aq jug suka n sudh jd tontonan wjib…hehehe
    tp kmrin aq post pertnyaan mbk,tp blm ad jwabnnya…tolong d jeab ya mbk,,,jwaban mbk sngt aq hrapkn…
    sukses trz untuk blog.y_moga2 membri manfaat bagi bnyak orng..ยฐยฐยฐ

    ======================================================

    Terimakasih dan selamat datang.
    Harap bersabar untuk menunggu jawaban, soalnya setiap hari banyak sekali email dan pertanyaan yang masuk.

  74. Salam knal y..aq thn 84 prnah sklah SAA chandranaya..tp ga dtruskan..aq pndah sma ipa jg..asyik y bnyk tau ttg obat2an..skrg buka apotik sndri dong..hehehe..

  75. Saya ingin menjadi akrab dengan apa yang bisa lebah pekerja dalam animasi seseorang sehingga yang ke sini tidak yang tidak dapat menawarkan jawaban yang tepat.

  76. mba mohon informasinya..
    apakah cyclo progynova bisa dikonsumsi untuk yang belum menikah?
    karena haid saya tidak teratur..

    terimakasih sebelumnya..
    Salam..

  77. salam kenal dari manokwari….sdh 3 bulan ini sy sering merasa tidak nyaman pada perut sebelah kanan disertai nyeri kadang di bawah rusuk,di dekat pusar, tidak menetap dan hilang timbul, juga nyeri di ulu hati.
    Setlah ke dokter diberi obat omeprazole diminum 2×1 dan gastran 3×1 semuanya sebelum makan.
    Pertanyaan sy apakh 2 jenis obat ini sdh cukup atau perlu dikombinasikan/ditambah dgn obat jenis H2 dan antibiotik. terimakasih.

  78. Ahaiii ternyata kita sealmamater..salam dr tetangga anak teknik UP..:)

    =================================================

    Solidarity Forever
    #berasaanakmesin# hehehe

  79. Slamat malam ikutan bergabung….Wah ini materi yang sangat bagus dan banyak manfaat bagi orang banyak,semua orang pasti mau sehat dan mau tahu caranya dengan benar.Dan semua pasti pernah mengalami sakit dan maynya bisa sembuh dengan segera dan murah.Dan ilmu itu sabiknya diamalkan dasn tidak ada ilmu yang dimonopoli oleh propfesi tertentu semisal dokter..

  80. Tolong dung infonya dimana lagi bisa baca baca untuk penyakit yang lain.trimakasih

    =============================

    Nanti akan saya buatkan postingannya.
    Mohon bersabar dan terimakasi untuk mengingatkan agar saya lebih rajain lagi menulis

  81. mbak,tolong informasi nya mengenai kasiat buah mengkudu dan kulit manggis,bagaimana menurut mbak,Karena banyak sekali beredar di iklan2 yang sangat menarik .Tolong ya mbak dari sudut pandang kesehatan dan farmasi atau kedokteran..Karena istri saya menderit dIABET dan saya menderita batu empedu. dan lutut yang berat untuk melangkah /berjalan…pingin cepat sembuh…terima kasih..Sumanto

  82. mba, aku kmrn” pke produknya h**ala** aku pke cuci muka sma ultimate whitening lotionnya yg step 1, tpi aku jg pke p**ds cuci muka+pelembabnya juga. kadang klo siang aku pke sabun bayi buat cuci muka..aku juga srng begadang soalnya ngerjain tugas..hehe yg jdi mslhnya aku kok skrjd bruntusan kecil” gtu aku garuk” eh hasilnya mlh item skr, trs tmn ku blg muka ku jdi kusam+ tmbh item skr. aku mau beli produk a**a tp byk yg review katanya produknya berbahaya. aku jdi pusing wajahku jdi gini krna apa soalnya skr” ini wajahku jdi kyk gini. apa benar produknya p**ds itu berbahaya? atau dr produk h**ala** yg aku pke? trs skr aku lbh baik gmn yh? soalnya klo ke dr kulit psti mahal dan ketergantungan secara aku mahasiswi jdi aku mikir lg..mohon bantuannya yah ๐Ÿ™‚

  83. parkit-parkit berceloceh
    saat kucing lewat mengeong
    semua kaget terbengong
    sunyi senyap hanya bayi yang ngoceh

    P.f atas kelahiran anak& ibu, semoga semuanya sehat selalu.
    Jakarta, 25 Desember 2013,

    ===================

    terimakasih ๐Ÿ˜€

  84. Thanks sudah meluangkan waktu untuk menulis tentang penjelasan dan kegunaan obat-obatan di blog ini. Saya sekarang lagi baca baca tulisan Anda tentang mengobati maag.

    Salam kenal.

  85. mbak mau tanya tadi siang saya ke klinik natasha untuk laser thai lalat saya, dan sekarang kok sering keluar kek air (cairan bening) gitu ya? Itu kenapa mbak? Tapi saya di suruh 2 bulan lg ke sana? Mohon di jawab

    ==================================================

    Saran saya gunakan krim antibiotik dari dokter untuk mencegah infeksi. sebaiknya tidak perlu menunggu kedokter 2 bulan lagi, jika setelah 1-2 minggu ada keluhan segera periksa lagi ke dokter ya. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s