Perencanaan Keuangan dengan Uang Pertanggungan 1 Milyar

Akhirnya saya memiliki youtube channel sendiri dengan nama yang sama seperti di blog ini, tukangobatbersahaja. Kunjungi dan nonton video lengkapnya disini  ya… Pada video pertama ini saya mengangkat kisah nyata tentang pentingnya perencanaan keuangan pada ibu saya.

Beberapa tahun yang lalu saat ibu saya masih sehat dan bugar saya selalu menunda-nunda untuk memberikan program perlindungan asuransi untuk ibu saya, sampai akhirnya ibu mengalami sakit kritis, yaitu stroke. Saya menyesal sekali mengapa saat itu saya menunda, jika saja ibu sudah ikut sejak awal pastinya semua biaya sakit kritis pengobatan ibu pasti tercover.

Singkat kata, dalam beberapa bulan mukzijat terjadi pada ibu, dengan tekad dan semangat yang sangat tinggi, beliau menjalanani pengobatan dokter, terapi, nutrisi dan lainnya. Puji Tuhan, akhirnya beliau sudah sehat kembali dan beraktivitas seperti sedia kala.

Tanpa menyia-nyiakan banyak waktu lagi, saya putuskan untuk segera mengikutsertakan ibu dalam program perlindungan asuransi jiwa. Ternyata prosesnya tidak semudah itu, karena ibu sudah punya riwayat sakit dan faktor usia maka ibu perlu beberapa kali medical check up untuk memastikan bahwa beliau benar-benar sehat dan dapat ikut serta program ini… disinilah saya baru menyadari bahwa pentingnya sebuah program perlindungan jiwa diambil saat kita masih muda, sehat dan kuat karena kalau kita sudah sakit maka semahal apapun perlindungan yang kita ambil tidak akan diberikan oleh pihak asuransi. Proteksi itu diumpamakan seperti punya payung yang bisa dipakai sewaktu-waktu hujan turun.

Lantas apa manfaatnya ikut serta dalam program perlindungan jiwa pada ibu yang sudah tua dan nyaman? setiap orang pasti punya rencana jangka panjang terhadap keluarga dan anak-anaknya namun resiko kehidupan pasti akan terjadi dalam hidup (seperti meninggal dan sakit). Ibu mempunyai alasan yang sangat mulai mengapa beliau mau untuk mengikuti program asuransi jiwa dengan memiiki uang pertanggungan sebesar 1 Milyar adalah untuk :

1. Membantu merawat orang yang orang-orang yang dikasihi, untuk anak-anak dan keluarga.
2. Membantu dalam menangani atau menyelesaikan hutang-hutang (bila ada)
3. Membantu menciptakan sumber pendapatan/ tabungan
4. Membantu mencapai tujuan jangka panjang keluarga.

Setiap keluarga pasti punya tujuan jangka panjang seperti menyekolahkan anak sampai ke perguruan tinggi, mendirikan tempat ibadah, beramal kepada sebuah yayasan atau gereja. Beberapa keluarga juga telah mempersiapkan legacy/ waris untuk diteruskan kepada generasi berikutnya kepada anak dan cucu mereka dengan menggunakan uang pertanggungan dan memastikan proses trasisi ini berjalan dengan baik.

Kalau ibu saya saja yang sudah tua, sudah merencanakan perencanaan keuangan untuk keluarga apalagi kita yang masih muda, masih sehat, tentunya dengan biaya yang masih relatif terjangkau diusia muda.

Ayo mulai sekarang, hidup sehat dan Mapan secara finasial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s