Inget Sumpah Apoteker

Belum lama ini saya lagi diskusi sama teman saya yang baru lulus Apoteker. Dia bercerita bagaimana prosesi sumpah Apoteker.  Meskipun kita farmasis/ apoteker yang beda zaman namun sumpah profesi apoteker masih sama, bedanya hanya dress code aja kalo dulu saya hanya pake kebaya sekarang sudah pake jas Apoteker. Sumpah Apotekernya masih sama, sebagai berikut :

Saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan prikemanusiaan terutama dalam bidang kesehatan. Saya akan merahasiakan segala yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan keilmuan saya sebagai apoteker. Sekalipun diancam, saya tidak akan mempergunakan pengetahuan kefarmasian saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan hukum perikemanusiaan.

 

Saya akan menjalankan tugas saya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan martabat dan tradisi luhur jabatan kefarmasian, dalam menunaikan kewajiban saya, saya akan berikhtiar dengan sungguh- sungguh supaya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kebangsaan, kesukuan, politik kepartaian atau kedudukan sosial. Saya ikrarkan janji ini dengan sungguh-sungguh dan dengan penuh keinsyafan.
 

Selamat untuk apoteker yang baru, yang baru aja dapet kerjaan baru baik itu di Apotek, rumah sakit, industri farmasi, distribusi farmasi, dll.

Just ask your pharmacist

One thought on “Inget Sumpah Apoteker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s