Jangan Minum Dexamethasone Sembarangan

pills

Seorang teman apoteker saya hanya bisa mengelus dada pada seorang pasien laki-laki di apotek tempatnya bekerja.

Pasien       : Mbak, ada dexamethasone ?
Apoteker   : Ada. Apa bapak tahu ini buat apa? Dexamethasone itu obat buat infamasi atau peradangan, seperti nyeri pada persendian dan peradangan dibagian tubuh.
Pasien      : Itu salah, yang bener tuh ni obat buat menambah nafsu makan dan badan tambah seger. Lagian saya itu udah minum bertahun-tahun ga masalah. Emang kenapa?
Apoteker   : Maaf itu salah. Berbahaya loh efek samping Dexamethasone, Liver dan tulang bapak bisa terganggu dalam jangka panjang. (udah sedikit emosi).
Pasien      : Saya tuh udah pake bertahun-tahun lamanya tapi ga pernah kenapa-napa sampai hari ini. Kalo urusan hidup mati itu ada ditangan Tuhan.
Apoteker   : Pak, bukanlah ebih baik mencegah daripada diobati setelah sudah parah. Bagaiman kalo saya tambahkan suplemen berisi kunyit untuk perbaikan fungí hati ya pak.
Pasien     : Ga usah. Mahal
Apoteker : geleng-geleng sambil ngelus dada.

Ternyata masih banyak yang merasa lebih pintar dan sok pintar dari ahlinya obat. Jangan sampe ya kamu salah satunya ya. Minum Dexamethasone sesuai aturan pakai dan diminum setelah makan.  Dexamethasone bukan obat Dewa.

Pemakaian Dexamethasone dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan efek samping yang sangat merugikan seperti : badan terasa letih lesu lemas, gangguan pola tidur, iritasi lambung, sakit kepala, moody, menurunkan kekebalan/ daya tahan tubuh, pengeroposan tulang nyeri persendian dan tulang dan menurunkan fungsi jaringan limfa. semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Jangan Minum Dexamethasone Sembarangan

  1. Apakah cetirizine trmasuk obat dexamethosan ?

    ==================================

    Jawabannya tidak.
    Dexamethasone obat anti inflamasi golongan Glucocorticoids.
    Cetirizine obat antihistamine golongan second-generation antihistamine, biasanya untuk mengobati alergi dan gatal.

  2. Saya sakit asma. Ketika ke dokter umum di puskesmas atau ke mantri, saya selalu diresepkan obat ini. Sedih rasanya. Karena saya merasakan dampak buruk dari Dexamethasone ini. Moody, salah satunya.
    Sekarang saya hampir tidak pernah lagi mengonsumsi obat tsb.
    Saya mengganti obat telan dengan obat hisap (inhaler), seperti Seretide.

    ===================================================================

    Saran saya coba konsultasi dengan dokter specialist Paru untuk mengetahui terapi pengobatan yang lebih tepat untuk hal ini. Semoga diberikan alternatif yang lebih baik

  3. Reblogged this on Hai, Kiki! and commented:
    Nggak sedikit orang yang mengerti kesehatan. Sekalinya, (sok) ngerti, ngototnya minta ampun. Lebih-lebih daripada yang ahlinya. Obat Dexamethasone, salah satu obat yang memberikan efek jangka panjang buruk bagi tubuh. Oleh sebab itu, memperhatikan semua unsur yang akan dimasukkan ke dalam tubuh adalah sikap yang bijak.

    =============================================

    Terimakasih untuk opini nya.
    Saya sangat setuju, sudah belasan tahun saya berkecimpung didunia kesehatan, memamng banyak yang merasa ilmunya paling hebat dan bersuarba paling landing. Biasanya itu baru pintar. Kalo pintar betulan biasanya rendah hati dan bersikap profesional.

  4. dexamethasone dampaknya sangat bahaya jika tidak sesuai aturan mengkonsumsinya..
    usia saya 30 tahun, saya pribadi mengkonsumsi obat itu sudah bartahun tahun, akhirnya mata saya jadi ga bisa lihat jelas pandangan berkabut,,saya cek kedokter mata, saya kena katarak karena mengkomsumsi obat dexamethasone..atau disebut obat seteroid,, alhasil saya dioperasi mata di awal juli 2017.

    untungnya saya ada BPJS, dan sampe skrng badan sya masih terasa nyeri..masih ada efek sampingnya…dan saya sudah tidak mau mengkonsumsi lagi. berhentinya juga bertahap,… mungkin saya orang yg kena katarak karena obat dexamethasone.

    =======================================

    Terimakasih untuk sharing dan pengalamannya.
    Semoga jadi pembelajaran untuk semua agar tidak ada yang salah lagi mengkonsumsi obat.
    Selalu ingat minum obat harus dengan pengawasan tenaga medis. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s