Aneurysmal Bone Cyst : Sakit Ditelapak Kaki Ternyata Tumor

Aneurysmal Bone Cyst

Saya ingin mensharingkan pengalaman pasien laki-laki berusia 25 tahun yang mengalami sakit Aneurysmal Bone Cyst atau disingkat ABC pada telapak kaki kanan. Bagi yang tidak tahu apa penyakit ABC bisa dibaca disini atau dalam bahasa Indonesia disini.

Semua orang pasti pernah mengalami salah satu kejadian seperti terjatuh, terpleset dari tangga, cedera karena main bola/ futsal atau terjatuh dari motor. Awalnya pasien juga hanya mengalami jatuh terpleset dari tangga, ya tidak ada yang spesial. Kemudian pengobatan dimulai dengan dipijat saja dan karena tidak terlalu sakit pengobatan dihentikan.

Selang beberapa bulan, telapak kaki kanan terasa sakit dan nyeri. Gejala yang dirasakan seperti kaki keseleo, susah berjalan, sulit untuk menapak. Karena tak kunjung sembuh dicobalah ke dokter lagi, kemudian di rongent tapi katanya ga apa-apa, dan hanya diberikan obat penahan sakit.

Kemudian berobat lagi ke dokter orthopedi  di rumah sakit ternama dan hasil diagnosanya hanya menunjukkan sakit di Achilles Tendon. Biasanya ini terjadi pada atlet yang cedera pada otot kaki. Sudah diobati tetapi tidak sembuh-sembuh. Lantas mencoba ke terapi alternatif untuk dipijat berkail-kali dan tidak membuahkan hasil. Kaki tetap sakit untuk menapak dan berjalan.

Setelah lelah dan jenuh sudah berobat kesana-kesini dan tidak mendapatkan diagnosa di telapak kaki yang tepat, maka dengan keyakinan mencari pengobatan di Rumah Sakit Cipto Manggunkusumo Kencana. Saya pribadi sangat merekomendasikan RSCM Kencana karena pelayanannya, kualitas, modern, dan tentunya dengan perjanjian. Kualitasnya sangat sepadan dengan harganya.

Sebelumnya dibuatkan janji dengan dokter profesional foot & ankle spesialist, dr. Ihsan Oesman, Sp.OT. Beliau sangat ramah dan profesional. Singkatnya akhirnya diketahui bahwa penyakit ini adalah  penyakit ABC, Aneurysmal Bone Cyst. Memang penyakit ini cukup langka dengan tingkat prevalensinya yang kecil, sekitar hanya 1-6% dari semua tumor tulang primer. Biasanya untuk mendiagnosa penyakit perlu serangkaian test seperti test darah, rongent kaki, dada dan MRI untuk dapat menegakkan mendiagnosa penyakit ini.

Setelah diketahui diagnosa penyakitnya, dokter menyarankan untuk berobat di RSCM Umum dengan BPJS. Singkatnya, saat ini pasien telah menjalani proses operasi, bagian yang berisi tumor diambil  kemudian bagian yang kosong diisi dengan tulang sintetik. Hasil patologi anatomi menujukkan penyakitnya jenis tumor jinak ( ABC with GCT).

Dalam pemilihan tindakan pengobatan dapat dilakukan beberapa cara seperti steam cell, bone graft / cangkok tulang baik dari jaringan tubuh sendiri (kaki, pelvic), donor atau bahan sintetik buatan untuk pengisian tulang. Kini pasien sudah dalam masa pemulihan dan diharapkan dalam semester depan dapat beraktivitas seperti sediakala.

Dari kasus ini ada beberpa yang dapat menjadi bahan edukasi.  Pertama, penyakit ini terjadi bukan karena jatuh dari tangga dan keseleo tetapi karena malformasi vaskular dalam tulang. So sekecil apapun trauma jatuh yang pernah kamu alami jangan pernah diremehkan karena itu ada pertanda gejala sebuah penyakit.

Kedua, jangan berhenti berjuang untuk mendapatkan kesembuhan. Meskipun sudah lelah, tetaplah mencari second or third opinion dari dokter untuk mendapatkan menegakkan diagnosa dan mencari cara pengobatan yang tepat dan tuntas.

 

 

2 thoughts on “Aneurysmal Bone Cyst : Sakit Ditelapak Kaki Ternyata Tumor

  1. Penyakit tersebut diderita oleh anak saya yang berumur 6 tahun pada tulang pundaknya.
    mohon infonya, pengobatan apa yang sebaiknya dilakukan?

    =====================================================

    Saran saya sebaiknya anak bapak punya BPJS Kesehatan untuk memudahkan pembiayaan pengobatan.
    Untuk pengobatan, dimulai dari pemeriksaan di Puskesmas terdekat kemudian minta rujukan ke Faskes selanjutnya yaitu rumah sakit umum daerah atau rumah sakit swasta yang memiliki rekanan BPJS.

    Pemeriksaan menyeluruh akan dilakukan seperti cek darah, rontgent, MRI untuk mengecek sampai sejauh mana sudah menyebar dipundak. Selanjutnya jika semua hasil kesehatan lengkapn dan baik maka bisa dilakukan pembedahan untuk pengobatan. Selanjutnya setelah proses operasi akan dilanjutkan dengan rehabilitate media untuk memulihkan. Segeralah berobat dan jangan terlambat. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s