Mengobati Keloid Setelah Luka Bakar

beautiful face

Saya habis kena air panas 8 bulan yang lalu, 40% dari tubuh saya. Sekarang bekasnya menghitam agak merah tua dan itupun sangat gatal banget. Sama dokter dikasih resep suntik injeksi Trilac udah dua kali suntikan kok tetep aja masih gatal ya… Gimana ya solusinya.

Peristiwa diatas memang dapat dialami siapa saja. Saran saya yang pertama apabila mengalami luka bakar apakah itu kena air panas, minyak goreng, luka kena knalpot, dll, hal yang pertama dilakukan adalah mendinginkan luka bakarnya dengan disiram dengan air mineral, jika tidak ada gunakan air mengalir. Setelah itu jangan diobati sendiri apalagi pake obat yang salah seperti dikasih odol, kecap, olesin minyak. Wah itu salah banget, segera ke dokter untuk pertolongan lebih lanjut karena kita tidak tahu derajat luka bakarnya sudah sampai tingkat berapa.

Jika sudah ke dokter, gunakan obat dan salep sesuai aturan pakai. Obat tablet untuk diminum biasanya digunakan untuk mencegah infeksi, mempercepat keringnya luka. Salep yang diberikan salep biasanya ada antibiotiknya atau biar lukanya cepat kering.

Setelah sembuh, sebaiknya periksa ke dokter lagi untuk diberikan obat agar bekas lukanya tidak menimbulkan bekas seperti diberikan krim agar lukanya samar atau dicek lagi untuk mengetahui apakah punya faktor bawaan keloid.

Kebetulan saya juga punya faktor genetik pembawa keloid. Setiap ada luka yang lebar atau dalam maka permukaan bekas luka akan timbul bekas berwarna merah murah dan lama kelamaan merah menghitam. Bentuknya tipis dan lama kelamaan menonjol. Itu adalah keloid.

Biasanya, keloid baru akan muncul setelah luka sembuh dan kering sekitar 1-2 bulan. Untuk itu segeralah periksa ke dokter, semakin cepat ditangani semakin banyak kemungkinan untuk sembuh kembali. Pengobatannya masih dengan pemberian suntikan yang mengandung Triamcinolone. Mereknya banyak seperti Injeksi Trilac, Kenacort injection, dll.

Perlu diingat semakin luas permukaan keloid yang harus disembuhkan maka perlu beberapa kali atau belasan kali disuntik agar sembuh seperti sedia kala. Jika baru dua kali tentu saja belum kelihatan sembuhnya. Ingat ya, penyuntikan tidak boleh dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh dokter. Dosisnya juga harus tepat. Penyuntikan memang agak sakit mungkin agak nyeri…. tahan aja ya yang penting akan sembuh sedia kala.

Setahu saya setiap luka keloid pasti gatal (pengalaman pribadi hehehe) karena keloid ingin tumbuh dan membesar. Mohon jangan digaruk apalagi sampai terluka malah akan semakin cepat besarnya pertumbuhan luka keloid. semoga cepat sembuh ya.

 

 

 

2 thoughts on “Mengobati Keloid Setelah Luka Bakar

  1. Bisa saya tanya lebih lanjut? Saya punya keloid seluas luka bakar saya, yaitu 20%, sudah lama saya mencari tahu banyak pengobatan tapi belum ada yang pas sampai sekarang

    ================================================

    Silakan saja bertanya lebih lanjut.
    Apakah sudah pernah disuntik dengan triamcinolone, injeksi kortikosteroid? Mohon infonya.
    Secara umum penyuntikan berguna untuk mengurangi inflamasi. Silakan ke dokter kuit untuk pemerjiksaan lebih lanjut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s