Mengobati Keloid Setelah Luka Bakar

beautiful face

Saya habis kena air panas 8 bulan yang lalu, 40% dari tubuh saya. Sekarang bekasnya menghitam agak merah tua dan itupun sangat gatal banget. Sama dokter dikasih resep suntik injeksi Trilac udah dua kali suntikan kok tetep aja masih gatal ya… Gimana ya solusinya.

Peristiwa diatas memang dapat dialami siapa saja. Saran saya yang pertama apabila mengalami luka bakar apakah itu kena air panas, minyak goreng, luka kena knalpot, dll, hal yang pertama dilakukan adalah mendinginkan luka bakarnya dengan disiram dengan air mineral, jika tidak ada gunakan air mengalir. Setelah itu jangan diobati sendiri apalagi pake obat yang salah seperti dikasih odol, kecap, olesin minyak. Wah itu salah banget, segera ke dokter untuk pertolongan lebih lanjut karena kita tidak tahu derajat luka bakarnya sudah sampai tingkat berapa.

Jika sudah ke dokter, gunakan obat dan salep sesuai aturan pakai. Obat tablet untuk diminum biasanya digunakan untuk mencegah infeksi, mempercepat keringnya luka. Salep yang diberikan salep biasanya ada antibiotiknya atau biar lukanya cepat kering.

Setelah sembuh, sebaiknya periksa ke dokter lagi untuk diberikan obat agar bekas lukanya tidak menimbulkan bekas seperti diberikan krim agar lukanya samar atau dicek lagi untuk mengetahui apakah punya faktor bawaan keloid.

Kebetulan saya juga punya faktor genetik pembawa keloid. Setiap ada luka yang lebar atau dalam maka permukaan bekas luka akan timbul bekas berwarna merah murah dan lama kelamaan merah menghitam. Bentuknya tipis dan lama kelamaan menonjol. Itu adalah keloid.

Biasanya, keloid baru akan muncul setelah luka sembuh dan kering sekitar 1-2 bulan. Untuk itu segeralah periksa ke dokter, semakin cepat ditangani semakin banyak kemungkinan untuk sembuh kembali. Pengobatannya masih dengan pemberian suntikan yang mengandung Triamcinolone. Mereknya banyak seperti Injeksi Trilac, Kenacort injection, dll.

Perlu diingat semakin luas permukaan keloid yang harus disembuhkan maka perlu beberapa kali atau belasan kali disuntik agar sembuh seperti sedia kala. Jika baru dua kali tentu saja belum kelihatan sembuhnya. Ingat ya, penyuntikan tidak boleh dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh dokter. Dosisnya juga harus tepat. Penyuntikan memang agak sakit mungkin agak nyeri…. tahan aja ya yang penting akan sembuh sedia kala.

Setahu saya setiap luka keloid pasti gatal (pengalaman pribadi hehehe) karena keloid ingin tumbuh dan membesar. Mohon jangan digaruk apalagi sampai terluka malah akan semakin cepat besarnya pertumbuhan luka keloid. semoga cepat sembuh ya.

 

 

 

Jangan Mengobati Sakit Gonorrhea Sendiri

fairy_chimneys

Mba Rina mau bertanya soal penyakit gonorhe karna </em>baru2 ini saya terkena pnyakit tersebut…tapi baru semalam saya minum obat amoxicillin kaplet dengan 500mg dosis 3g sekali minum..terus sekarang sudah agak mendingan gak keluar nanah lagi..nah pertanyaan saya..berapa kali saya harus minum amoxicillin tsb apa cukup sekali apa selama 7 hari dengan dosis yang sama…. Makasih

Petikan pertanyaan diatas membuat saya risau karena saya sering menjumpai orang yang tidak punya kompetensi berusaha mengobati penyakitnya sendiri hanya berbekal googling atau tanya temen lalu beli obat sendiri tanpa tahu cara minum obatnya, dosisnya berapa dan tidak tahu apakah obatnya sudah tepat apa belum *geleng-geleng kepala*.

Penyakit Gonorrhea atau penyakit kencing nanah adalah penyakit seksual yang menular dari Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra. Untuk tipe pengobatan penyakitnya ini memang sering kali diberikan pengobatan Antibiotik. Namun perlu diingat setiap pasien memiliki riwayat kesehatan yang berbeda-beda, satu obat belum tentu manjur untuk semua orang. Ada beberapa orang yang tidak bisa terkena antibiotik penisilin (seperti Amoxcillin) untuk itu diperlukan pemeriksaan lebih detail ke dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin.

Jangan coba diobati sendiri karena tidak selamanya antiobtik penisilin tepat untuk semua pasien. Bahkan bila perlu dokter akan memberikan obat tambahan lain atau pemberian antibiotik golongan lain yang lebih ampuh untuk mempercepat kesembuhan. Ingat ya, setelah 1-2 minggu setelah pengobatan sebaiknya diperiksakan lagi ke dokter untuk memastikan Neisseria gonorrhoeae sudah benar-benar sembuh. Sehingga pengobatannya tuntas dan tuntas karena jika tidak bisa timbul kambuhan lagi.

So, mulai sekarang stop mengobati diri sendiri, segeralah pergi ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Tidak perlu takut dan malu daripada menyesal penis/ vaginanya sudah bernanah dan bau.

 

Gemuk Bukan Berarti Hamil

independent-girl

Memiliki badan yang berisi bukan berarti hamil namun tetap saja ada buat beberapa orang yang salah sangka. Bukan berniat menyakiti sih namun malunya itu loh, seperti kejadian berikut ini :

Anisa : Bang, beli rujak ya seporsi! (sambil menyiapkan uang Rp 10.000)
Abang rujak : iya (sambil mengiris aneka buah-buahan. Setelah selesai diberikan kepada Anisa)
Anisa : Abang, kok rujaknya ga pake nanas sih.
Abang rujak : Jangan neng, nanti keguguran kalo makan nanas
Anisa : @#$%^&*(!@#$^&^
Anisa : Saya ga hamil

Ada juga kali ya, apa karena salah kostum atau emang badannya berisi. Situasinya lagi di dalam bus transjakarta yang sedang padat-padatnya ditengah rush hours pagi hari.
Anisa sedang asyik mendengarkan lagu di handphonenya pake earphone. tiba-tiba ada seorang mas muda kantoran menepuk pundak Anisa.

Anisa : Apa ada apa ya?
Mas muda : Sini duduk aja disini (sambil berdiri memberikan tempat duduknya untuk Anisa)
Anisa : Oh ga apa-apa berdiri aja.
Mas muda : Ibu hamil duduk aja
Anisa : @#$%^&*(!@#$^&^
Anisa : Saya ga hamil
Mas muda : tapikan….(sambil melihat perut dan membuat huruf D diperut)
Anisa : Saya ga hamil
Anisa : (sambil berkata dalam hati mulai besok gw ga mau pake baju ini)

 

Apa kamu pernah mengalami hal-hal seperti ini karena badanmu sedikit berisi?