Pembobolan Kartu Kredit Niaga

Kartu kredit Niaga saya belum lama ini dijebol oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab. Dompet yang berisi kartu kredit tersebut masih rapi di dompet saya  namun disaat yang bersamaan ada 17 transaksi yang mencurigakan dengan mata uang Australia yang total pembelanjaannya sampai batas limit kredit kartu untuk pembelajaan online. Kasus Fraud ini membuat saya bingung dan panik.

Hal yang pertama saya lakukan adalah menelpon customer service untuk minta di-block kartu kredit kemudian membuat surat sanggahan yang menyatakan bahwa saya tidak pernah melakukan transaksi tersebut. Setelah itu menunggu 45 hari untuk melakukan investigasi dan pencocokan data. Setelah itu jika memang transaksi tersebut bukan milik saya maka akan dihapus dari sistem dan tidak ada pembayaran.

Sampai sekarang masih dalam proses penyelesaian dan masih ada beberapa transaksi yang belum dihapus dari sistem. Kita hendaknya aktif untuk bertanya, mencari informasi terbaru dan jangan hanya menunggu 45 hari dengan pasif.

Saran saya untuk mencegah hal tersebut tidak terulang kembali hendaknya setiap kali pembayaran dengan kartu kredit harus didepan mata kepala sendiri. Jangan memberi kartu kepada pelayan untuk digesek sendiri. Bisa jadi semua informasi kartu kredit kita diambil datanya.

Kedua, berhati hati terhadap pembelanjaan dengan transaksi online. Pastikan tempat berbelanja online tersebut terjamin tingkat keamanannya. Terakhir, tutup 3 digit terakhir di belakang kartu kredit untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

3 thoughts on “Pembobolan Kartu Kredit Niaga

  1. Halo mbak. Papa saya jg mengalami faktor serupa. Terjadi 3 transaksi,dan yg paling tinggi adalah beli hp seharga 8juta. Dan papa saya langsung menyadarinya krn menerima sms laporan dr transaksi tsb. Hal yg aneh adalah kartu kredit tsb tersimpan rapi di dlm lemari. Dan papa saya kebetulan berada di dekat rumah pulang untuk mengcheck dan kartu tsb ada. Hingga kini masi diproses. Tp sepertinya pihak danamon tetap bersikeras dan mungkin akan melalui jalur hukum. Huff.. semoga urusan mbak cepet selesai yah.

  2. waduh, sedemikian parahnya kasus fraud ini 😦
    smoga masalahnya bisa terselesaikan ya mbak

    ========================================

    Update : masalahnya bertambah. dari 17 transaksi baru 15 yang dinyatakan selesai dan dihapuskan. Sisanya masih ada 2 transaksi lagi.

    Yang membuat menyebalkan adalah 2 transaksi tersebut didebetkan ke kartu kredit saya yang baru. Padahal kartu tersebut tidak pernah saya aktivasi. Setalah saya compalin ke Customer service ternyata kartu kredit saya yang baru sudah diaktifkan oleh bank Niaga sendiri tanpa persetujuan saya. Kini kartu tersebut sudah saya blokir. Terasa janggal memang, kartu kredit saya blokir tanpa pernah diaktivasi.
    Semoga masalah ini cepat selesai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s