Antara Daycare dan Babysitter

children

Ada banyak alasan setiap keluarga yang telah memiliki anak untuk menentukan pola asuh terlebih jika kedua orang tuanya sama-sama bekerja. Memilih antara daycare dan babysitter tidak mudah, tergantung kondisi lingkungan, biaya, lokasi tempat tinggal, dan fakotr penting lainnya.

Meskipun di daycare harganya relatif mahal, ada biaya overtime jika terlambat menjemput dan perlu waktu lebih untuk antar jemput dari tempat tinggal ke daycare atau sebaliknya, saya tetap memilih daycare. Daycare bukan hanya sekedar menitipkan anak untuk makan sehat  dan tidur secara teratur saja,  disana anak berada ditangan pola pengasuhan yang lebih berpengalaman, ada kurikulum/ program, report harian si anak, melatih gerakan motorik dan nilai edukasi seperti adanya kelas musik, gerak lagu, pengenalan bahasa (Inggris-Indonesia). Hal ini belum saya dapatkan jika saya memilih babysitter.

Yang saya perhatikan anak di daycare akan menjadi lebih mandiri karena disana mereka tidak ditangani oleh satu guru untuk satu anak tetapi beberapa anak dan dalam bentuk kelas/ group, sementara anak dalam pengasuhan babysitter akan cenderung lebih dekat dengan pengasuh, lebih bergantung dan bahkan lebih dekat daripada orangtuanya.

Dengan adanya babysitter, anak akan terpenuhi semua kebutuhannya sehingga kurang bertanggung jawab dengan diri sendiri, sementara anak di daycare sejak kecil meraka diajari untuk bertanggung jawab dengan makan dan minum sendiri, membereskan mainan sendiri setelah selesai bermain dan lebih bertanggung jawab dengan barang pribadi.

Kemudian anak di daycare lebih mudah bersosialisasi/ adaptasi dengan lingkungan. Saya merasakan betul perbedaannya, anak saya tidak hanya mengenal orang tua dan keluarga dekatnya saja tetapi kepada semua orang lebih mudah bersosialisasi.

So, apakah sependapat dengan saya? ayo suarakan pendapatmu.

 

One thought on “Antara Daycare dan Babysitter

  1. kalau saya lebih senang day care karena yang jelas sudah ada manageman yang mengatur, dan dalam satu hari kita titip kan anak kita, sudah terplaning maau ngaapai aja..
    ini sangat beda dengan babysitter yang cenderung lebih pada hal-hal yang kurang terencana

    ===========================================================================

    terimakasih sharingnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s