Pemulihan Pasca Operasi FAM

pemeriksaan payudara

Salam kenal dan semoga kita selalu dlm lindungan Allah mbak. Saya baru kemaren habis jalani operasi pada payudara karna di dignosa ada FAM di payudara sebelah kiri saya,sebenar nyaa benjolan nya udah lama tp baru beberapa bln ini terasa nyeri,dokter nyaranin spy cepat di operasi,yg saya takut kan pemulihan setelah operasi,saya takut kali bila lukanya terinfeksi,yg ingin saya tanyakan gmn cara nya merawat lukanya,antioksidan itu apakah nama obat nya atau apa??makasih ya mbak..

Terimakasih sudah mengambil keputusan yang tepat dengan melakukan operasi. Meskipun FAM tidak terlalu berbahaya memang sebaiknya segera dioperasi agar tidak semakin membesar dan tidak nyeri.

Pemulihan pasca operasi sama pentingnya dengan operasi itu sendiri. Jangan sampai karena ketidaktahuan malah pasca operasi jadi infeksi. Untuk menghindari hal tersebut, setelah operasi wajib untuk kontrol dan konsultasi ke doktr 1-2 minggu sekali. Gunanya apa? pertama untuk mengetahui kondisi luka operasi. Pastikan agar lukanya segera kering dengan pemberian tablet dan atau salep antibiotik, anti inflamasi atau lainnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Kedua, penanganan yang tepat tatkala membuka perban pasca operasi agar tidak terjadi masuknya kuman yang dapat menyebabkan infeksi atau pembengkakan. Menghindari terjadinya keloid dan masih banyak lagi.

Kita tidak perlu khawatir berlebihan, dengan memeriksakan diri selama 2-3 bulan kedepan dengan rutin mengunjungi/konsultasi ke dokter maka akan terpantau kemajuan kesehatan pasca operasi . Sampaikan semua keluhan yang kamu rasakan misalnya gatal, bengkak, atau bahkan nyeri. Nanti akan diberikan obat yang sesuai. Mengkonsumsi antioksidan juga boleh saja karena dapat merangsang atau mempercepat proses regenerasi kulit. Antioksidan yang umum digunakan adalah Vitamin E dengan dosis 200 – 400 IU perhari. Makan sayur, buah-buahan, kurangi makanan laut dan menjaga pola makan sehat agar luka cepat kering. Semoga cepat sembuh dan dapat beraktivitas kembali. Terimakasih.

3 Replies to “Pemulihan Pasca Operasi FAM”

  1. Saya sudah melakukan operasi fam di payudara.
    Permasalahannya adalah luka saya yg tak kunjung kering. Sudah 2 minggu. Saya hrs bagaimana?

    ======================================

    Saran saya habis ini segera ke dokter lagi untuk diperiksa lukanya. nanti akan diberikan obat agar lukanya cepat kering.
    Biasanya memang 1-2 minggu setelah operasi perlu ke dokter untuk periksa jahita atau di cek lagi apakah sudah kering atau ada infeksi.
    Segera ya ke dokter!. terimakasih

Leave a comment