Susah BAB Tapi Tidak Tahu Solusinya

combo-new-orleans

Mbak, saya itu orangnya susah BAB, paling lancar ya 2-3 hari sekali bisa keluar BAB nya, itupun kalo pagi2 sempet olahraga lari2 kecil sebelum sarapan. Masalahnya jarang sempet olahraganya hehehe

kondisi kesehatan saya:
a. saya punya penyakit maag, pernah dikasi lansoprazole juga sama dokter (kalo gasalah, itu buat usus bukan mbak?) nah ada hubungannya gak ya mbak?
b. saya suka minum madu mbak. padahal katanya madu baik utk pencernaan. -saya jarang makan sayur (padahal suka T.T) maklum anak kos 🙂
c. saya ga suka buah mbak  cuma doyan pisang sama jeruk aja.
d. saya ga bisa gemuk T.T cacingan juga nggak kok tapi. ada hubungannya gak ya kira2? saat ini umur saya 20-an, bb 40 tinggi 150cm… badan saya emang pendek, keturunan. Jadi mbak, solusinya gimana ya? apa beli enzim atau vegeblend aja? pengen nyoba yogurt, tapi takut lambung ga kuat hehehe. Tks

Pertanyaan diatas membuat saya tergelitik untuk mengangkatnya dalam postingan minggu ini. Mungkin banyak yang mengalami hal seperti diatas, sudah tahu susah buang air besar dan sebenarnya juga sudah tahu solusinya tetapi berusaha mencari jalan lain yang instan yang sudah tahu hasilnya tidak akan memuaskan.

Pada dasarnya untuk sembuh dari susah buang air besar sangat mudah, jawabannya perbaiki pola makan dan pola hidupmu. Pertama mulai sekarang rajinlah unutk berolah raga. Itu hukunya wajib. Tidak perlu ke gym dan pusat ke buagar yang berbiaya tinggi. Cukup jalan kaki rutin setiap pagi. Satu tips dari saya, biasakanlah jalan kemanapun kamu sempat. Bisa dari rumah kost menuju kampus, dari parkiran mobil ke kantor, menuju halte terdekat, berangkat 15 menit pagi untuk jalan kaki (hemat ongkos ojeklah). Diawal memang terasa berat banget, keringetanlah tetapi hasil yang didapat adalah sehat dan hugar.

Siapa bilang untuk menjadikan pola hidup sehat harus mahal. Pilihlah makanan sehat yang sesuai bujet. Tidak perlu beli sayuran organik yang mahal jika tidak ada bujet. Pilihlah yang sesuai kebutuhan.  Sayuran yang sehat tersedia limpah ruah dipasar pagi. Sayuran juga ga mahal. Beli berbagai varian sayuran ditambah juga  kacang-kacangan (merah, hijau) baik untuk kesehatan.

Buahnya tentu tidak perlu anggur, pear, kiwi, apel australia yang mahalnya selangit. Cukup pepaya, pisang, jambu, mangga. Sekilonya hanya 8-10 ribu saja.  Beli aja di pasar induk.

So, tidak perlu minum obat ini itu agar bisa BAB lancar nati malah ketergantungan, mulailah dengan makan dan minum dengan benar. Oh iya, saya juga kurus so what gitu loh? yang penting sehat dan kuat. Saya selalu jalan terus setiap hari. Buat apa gemuk kalo sakitan. Terimakasih

4 thoughts on “Susah BAB Tapi Tidak Tahu Solusinya

  1. perkenal nama sy seperti yg tercantum di atas,sy seorang mahasiswa mba umur sy yah msh 23thn keluhan sy,dlu wkt sm sy sempat terkena tifus (curhat dunk mah) dan skrg dah mw selesai di diagnosa lg kna tifus.yg parahx sy sering mkn buah pisah tp dah sebulan sy gk pup,skrg tiap kali mkn,mknx terasa sampai di ulu hati rasax gk enak bgt,kl qt baring ke kanan atau kiri sktx minta ampun.minta solusix

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s