Mengobati Vaginismus

couple

Istri saya mengalami vaginismus. Sebelum melahirkan masih keluar cairan lubrikan tetapi setelah melahirkan tidak lagi. Selalu terasa perih, panas dan tidak nyaman saat berhubungan padahal sudah pake pelumas berbagai merek.

Pertanyaannya: Bagaimana agar cairan vagina bisa keluar lagi secara alami sehingga tidak perih lagi? Jikapun harus pake pelumas buatan, apa harus pelumasnya dimasukan lemari es biar dingin? Mohon bantuannya agar kami dapat menikmati kembali hubungan seks yang nyaman. Terimakasih

Selamat ya untuk kelahiran anaknya, semoga menjadi anak yang membanggakan dan senantiasa sehat. Setelah melahirkan bagian reproduksi (rahim) memang mengalami fase adaptasi, dimana pengaruh hormon dan pikiran berpengaruh kedalamnya. Perlu waktu setidaknya 3-6 bulan untuk seorang perempuan kembali normal setelah melahirkan.

Jika terasa sakit saat berhungan seks kembali artinya istrimu belum siap untuk kembali berhubungan seks. Cobalah jalin komunikasi kembali dengan istri, mengajaknya berbicara dari hati ke hati. Bisa jadi ini karena perasan malu (tubuh yang berubah), pengaruh psikis (stress, kurang istirahat setelah melahirkan, terlalu lelah, dll). Rasa sakit yang terjadi karena pelumas alami belum cukup dan sudah terjadi penetrasi sehingga terasa nyeri. Saran saya cobalah juga lakukan foreplay atau pemanasan yang lebih lama. Tunggu istrimu agar dia benar-benar siap dan tidak perlu memaksa.

Setelah melahirkan, saran saya suami mengambil bagian yang besar dalam mengurus anak. Lakukan semua yang suami bisa selain menyusui seperti mengganti popok, menidurkan bayi, memberinya makan, menggendong dikala malam hari, membeli kubutuhan bayi di supermarket, mengantar anak ke dokter. Hal seperti ini akan membuat pekerjaan istri tidak terlalu capek sehingga dia bisa sedikit rileks.

Bagaimana caranya agar bisa keluar cairan lubrikasi alami dari vagina? pertama mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti daging merah, ikan, susu, telur dan kacang-kacangan. Perlu diketahui bahwa seks tidak hanya sekedar penetrasi penis ke vagina, coba cara yang lain seperti woman on top, istri yang melakukan masturbasi, merangsang dengan jari yang bersih ke dalam vagina, berlatih senam kegel. Ciptakanlah hubungan rumah tangga yang harmonis, ubah suasana kamar yang romantis, hangat dan tambahan aroma terapi bila perlu.

Boleh saja menggunakan lubrikan buatan tapi carilah yang berbahan dasar air “water sehingga tidak lengket dan lebih nyaman. Efek dingin di pelumas sudah ada dari pelumasnya dari bahan dasar air sehingga tidak perlu dimasukan kedalam lemari pendingin

Kuncinya adalah komunikasi yang baik dengan pasangan, jangan terburu-buru ya.  Semoga informasi ini bermanfaat dan bila perlu konsultasikanlah masalah ini dengan tenaga profesiaonal seperti dokter spesialis kandungan atau seksolog  untuk mendapat perawatan yang lebih detail.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s