Nama – Nama Vitamin B

pills

Banyak yang bingung dengan istilah Viatamin B komplek. Kok banyak banget ada B1, 2, 3, dst. Kadang juga ada yang bertanya Sianokobalamin itu vitamin apa? Biar tidak lupa lagi saya tulis disini semoga kita tidak bingung dengan istilah-istilahnya.

Vitamin B1 disebut juga Thiamine
Vitamin B2 disebut juga Riboflavin
Vitamin B3 disebut juga Niacin/ Niacinamide
Vitamin B5 disebut juga Pantothenic Acid
Vitamin B6 disebut juga Pyridoxine HCl
Vitamin B7 disebut juga Biotin
Vitamin B9 disebut juga Folic acid
Vitamin B12 disebut juga Cyanocobalamin

Ada yang mau tanya istilah yang lain? dipersilakan ­čśÇ

Obat Kutu Rambut Yang Aman

Hair treatment

akyu juga kutuan. Sama mamah akyu udah dikasih peditox 1-3 kali. Tapi tetep aja masih ada (mungkin krn jangka waktu yang panjang) tp mamahku udah g mw ngasih soalnya takut keracunan.. Tapi shampoo pembasmi kutu itu apa? peditox?

Pertanyaan diatas membuat saya tergelitik untuk angkat bicara. Sebagai orang yang berpengalaman dibidang dunia silicone, saya pernah mempresentasikan untuk mengembangkan obat kutu yang aman di Indonesia. Namun sayang, hal itu malah menjadi tertawaan dan dianggap tidak penting. Gambar diambil disini.

Menurut mereka tidak ada pasar untuk obat kutu rambut di Indonesia. Kutu hanya penyakit untuk orang kampung (pedesaan), pendidikan rendah, mereka yang jarang keramas serta tingkat higienis yang rendah. Padahal saya sudah menjelaskan dari sudut pandang yang lain tapi tetap saja argumentasi tidak diterima.

Menurut saya, kutu dapat menyerang siapa saja. Tidak perduli kamu lulusan universitas dengan predikat terbaik, kamu kaya raya dan tinggal didaerah elit,  keramas 3 x sehari, mandi lebih dari 2x seharipun, seseorang dapat terkena kutu rambut. Bagaimana caranya? sangat cepat dan tanpa kita sadari.

Saya ambil contoh yang mudah. Misalnya kita punya anak usia sekolah. Setiap hari bergaul dengan teman sekelas, bisa saja dia tertular dari temannya atau bahkan dari asisten rumah tangga. Anak inipun dapat menulari ayah ibunya di rumah. Juga tetangga kiri kanan.

Sewaktu saya kecil, saya pernah kena kutu sehabis main dari rumah teman. Akhirnya serumah saya jadi ketularan hehehe. Setiap siang sering pake serit ( sejenis comb, sisir halus) untuk mengambil kutu dan telur kutu.

Sampai saat ini saya masih memiliki mimpi untuk merealisasikan membuat obat kutu yang aman di Indonesia. Orang awam hanya tahu obat kutu ya Peditox padahal peditox adalah insektisida, sejenis obat pembasmi serangga yang mengandung bahan aktif DDT (dichlorodiphenyltrichloroethane). Bayangkan itu ada dikepala, tentu tidak aman untuk kepala.

Saya tahu sampai saat ini belum ada saat ini belum ada shampo aman yang secara khusus untuk membunuh kutu rambut. Belum ada yang mau menggarap. Saya berharap semoga postingan ini dibaca untuk mereka yang tertarik mengembangkan obat kutu yang aman di Indonesia baik itu untuk industri skala kecil mapun besar. Untuk Indonesia yang sehat dan bebas kutu.

Masih Seputar Menghilangkan Silikon di Penis

stock-photo-men-s-sexual-health

Bulan ini banyak keyword yang merujuk ke blog ini mengenai memperbesar ukuran penis, menghilangkan suntikan silikon dipenis dan ukuran penis. Sepertinya banyak pria yang tidak percaya diri dengan ukuran alat vitalnya.

Maraknya iklan memperbesar ukuran penis dengan cara yang salah membuat saya semakin prihatin. Lebih banyak pria yang berkonsultasi kepada saya karena menghadapi efek samping dari cara-cara pembesaran yang salah.

Buat semua pria yang membaca postingan ini, mohon jangan menyuntikan apapun kedalam penismu. DILARANG KERAS. Jangan tertipu lagi dengan minyak bulus, kolagen, silikon, ramuan asli, dll. Tidak ada satupun teknik atau cara memperbesar ukuran penis yang bersifat permanen. Hasilnya hanya sementara dan setelah itu menderita, gatal, perih, ngilu, bengkak dan meradang. So ingatlah akan bahaya dari efek samping penggunaannya. Safe your penis dan increase your confident.

Jika sudah terlanjur segera periksakan diri ke dokter spesialis bedah. Minta rujukan untuk pengobatan dan tindakan medis. Jangan tunggu sampai terlambat!

Hallelujah

Saya lagi suka dengerin lagu Hallelujah versi anak ajaib dari brazil yaitu Jotta featuring Michely Manuely. Berhubung saya tidak tahu artinya, pake bahasa inggris saja liriknya. Let’s sing

i heard there was a secret chord
that david played and it pleased the lord
but you don’t really care for music, do you
well it goes like this the fourth, the fifth
the minor fall and the major lift
the baffled king composing hallelujah

hallelujah…

well your faith was strong but you needed proof
you saw her bathing on the roof
her beauty and the moonlight overthrew you
she tied you to her kitchen chair
she broke your throne and she cut your hair
and from your lips she drew the hallelujah

hallelujah…

baby i’ve been here before
i’ve seen this room and i’ve walked this floor
i used to live alone before i knew you
i’ve seen your flag on the marble arch
but love is not a victory march
it’s a cold and it’s a broken hallelujah

hallelujah…

well there was a time when you let me know
what’s really going on below
but now you never show that to me do you
but remember when i moved in you
and the holy dove was moving too
and every breath we drew was hallelujah

well, maybe there’s a god above
but all i’ve ever learned from love
was how to shoot somebody who outdrew you
it’s not a cry that you hear at night
it’s not somebody who’s seen the light
it’s a cold and it’s a broken hallelujah

hallelujah…

Reaksi-Reaksi Alergi Pada Tubuh

Reaksi alergi setiap orang berbeda-beda, ada yang hanya gatal, kemerahan, bentol dan bengkak. Hal itu bisa disebabkan alergi debu, makan seafood, udara dingin, dll. Kali ini saya ingin sharing mengenai salah seorang teman saya yang memiliki begitu banyak reaksi terhadap alergen disekitarnya. Seperti dibawah ini:

Saya dari kecil udah alergi gatel-gatel (eksim). Awalnya cuma alergi debu, sampai bingung diobatin apa-apa tetap ga sembuh. Dibawa ke dokter ilang habis itu kalo udah ya kambuh lagi, sampai coba- coba berbagai cara dari di rendem air panas belerang lah, di kompres sirih, singkong, tapi ga mempan. Sampai pernah waktu kecil di paksa minum jamu-jamu aneh yg pahit banget tapi tetep aja ga ilang. Lama-lama akhirnya ngejalar ke alergi sea food setiap makan tanggan langsung gatel-gatel.

Namun seiring waktu alergi yg tadinya di kaki ilang waktu SMP tinggal di tanggan, SMU kelas 1 mulai hilang, tapi menjelang kelas 2 smu karena pindah sekolah dan sekolah mewajibkan pakai kerudung akhirnya pakai peniti, karena gesekan peniti di leher lama lama menimbulkan reaksi gatal, nggak sadar di garuk lalu jadi ber-air. Anehnya mulut lama2 bengkak mata juga gatal dan berair di lekukan tangan siku dan ketiak juga gatal, lama lama makin parah.

Biasanya pakai kalung imitasi nggak gatal ini mendadak menimbulkan reaksi alergi baru bentol2 yang sangat gatal dan kecil kecil membentuk lingkaran seperti bekas kalung yang di pakai, akhirnya ke dokter alergi di cirebon, di situ saya di diagnosa mengidap alergi nikel (logam), dan dari situ juga saya tau bahwa alergi saya di turunkan dari ibu saya yang mengidap asma, tapi sebelnya dokternya bilang nggak bisa sembuh dan memiliki indikasi untuk bertambah parah.

Mendenger itu akhirnya pasrah dan sejak itu menghindari logam, akhirnya udah di obati dan ya memang tetep nggak sembuh padahal juga menghindari logam, dan alergi gatal itu pun muncul di tempat tempat tertentu dan hilang , setelah hilang di tempat tertentu muncul lg di tempat lain pada waktu yang lama mungkin bulanan dan menjadi parah.

Kalo sembuh ya pas ke dokter kulit aja, tp kambuh lg juga, waktu kuliah mulai membaik alergi kulitnya tapi sempat kena bronkitis dan kambuh kambuhan gara gara di kos pakai kipas angin. setiap kesentor kipas angin batuk batuk rasanya gatel parah, lama lama dada sakit dan badan panas pas periksa ternyata bronkitis, akhirnya di obatin sembuh nggak pernah kambuh tapi kalo kesentor kipas angin pas tidur tetep aja masih batuk – batuk, selimut berdebu juga.

Ketika semester 3 mulai ada gejala baru setiap abis makan kerang malam hari wajah mulai bentol kecil – kecil, padahal sebelumnya nggak pernah kejadian kayak gitu, ama – lama bentol kecil jadi besar dan pagi harinya bengkak wajah udah ga berbentuk, susah ngomong gara – gara mulut juga bengkak, akhirnya pagi pagi ke ugd, baru pertama itu saya di suntik gara – gara alergi dan baru bener bner kempes kembali ke wajah semula dalam waktu 3 hari.

Sejak itu saya menghapus nama kerang dari menu makanan saya, setelahnya mulai alergi kosmetik seperti deodoran, kalo deodoran selain dov* ketiak gatal – gatal, shampo juga kalo pakai yg warnanya keruh setelah kering ujung2nya saat nyentuh kulit bikin reaksi gatal yang berujung gatal berair, kalau pakai eyeshadow juga kelopak mata gatal berair, minum teh juga, akhir – akhir ini malah kerasa agak sesak , kadang kadang walau jarang malam kalo lagi tidur suka batuk batuk ga jelas sebabnya tapi kalo di minumin air ilang gatalnya, ini udah berbulan-bulan rasanya tenggorokan ada lendir tapi nggak batuk-batuk setiap saat, cuma saat tertentu dan sangat jarang.
Allergy_skin_testing
Akhirnya pas tau di rumah sakit di jogja ada klinik alergi akhirnya saya tes alergi lumayan mahal si hampir 300rb , tanggan di tusuk – tusuk di tetesin semacam cairan – cairan ekstrak2 penyebab alergi alhasil tanggan merah merah hampir semua alergi tanggan juga merah merah -.-, tapi jadi tau , biasanya dokter kulit bilang nggak bisa sembuh ini tumben bilang bisa sembuh , saya jd semangat, akhirnya ini atas saran sedang menjalani terapi obat berbulan – bulan, tp nggak papa saya bakal disiplin asal sembuh, oh ya saya pernah coba propolis kok tp nggak berpengaruh apa – apa, mungkin apa karena sudah parah sekali juga nggak tau.

Mengetahui sharing diatas membuat saya ingin mengarisbawahi beberapa hal. Pertama bahwa alergi adalah bukan penyakit yang tidak bisa disembuhkan namun penyakit yang dapat dikendalikan. Asalkan kita mengenali jenis alerginya apa saja dan patuh untuk menghindari alergen tersebut. Gambar diambil disini.

Mungkin tidak semua orang ngeh bahwa dirinya menderita alergi, dikira hanya gatal digigit serangga atau iritasi saja. Untuk itu saran saya cobalah untuk melakukan test alergi. Kenapa? dari situ kita tahu alergen apa saja yang dapat membuat kita menjadi alergi.

Dengan test tersebut dapat diketahui apakah reaksi alergi dikarenakan suhu, bulu binatang, partikel debu, asap, jenis antibiotik tertentu (seperti tetrasiklin, penicillin), serbuk sari, logam seperti perhiasan (logam; emas, nikel, besi, steel, dll), jenis bahan karet, makanan laut (seafood), lactose, dll. List alergi dapat dilihat disini.

Penjelasan lebih lengkap juga dapat dibaca disini mengenai apa definisi alergi, kenapa alergi bisa terjadi, fakto apa saja yang membuat alergi timbul sampai metode test alergi dan penyembuhan. Khusu untuk penyembuhan yang terpenting adalah menhindari diri dari alergen dan melakukan imunoterapi agar kadar imunoglobulin didalam tubuh menjadi seimbang sehingga reaksi alergi dapat ditekan. Terimakasih

Bisakah Maag Membuat Ulu Hati Sakit?

stomach-with-ulcer

Bisakah maag kronis/gerd membuat uluh hati seblh kanan slalu sakit. Sudah tes lab hasil pungsi liver normal dan tdk ada hepatitis. Mohon pencerahannya. tmksh mba

Tentu saja bisa. Ketika terjadi refluk (naiknya cairan lambung ke atas) maka cairan asam tersebut akan mengikis esofagus (daerah dekat ulu hati) sehingga terasa panas dan perih diulu hati. Untuk itu kendalikan tubuh agar reluk tidak terjadi.
Caranya dengan istirahat cukup, jauhi stress, kurangi aktivitas berlebih, makan dalamporsi kecil tapi sering dan kurangi makanan pedas, asam, bersantan. Konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam Gastroeneterologi (Sp.PD., KGEH).  Semoga cepat sembuh dan dapat beraktivitas kembali.