Deteksi Dini kanker Payudara – Spot It Yourself

Akhirnya setelah melalui perjalanan panjang, hari Rabu 21 November 2012 lalu, bertempat di kantor pusat Yayasan Kanker Indonesia didaerah Menteng, kami melakukan peluncuran Interactive Mobile Application yang pertama di Indonesia dan dunia untuk deteksi dini kanker payudara, dengan tagline “Spot It Yourself”. Videonya juga dapat lihat di Youtube disini

Acara dimulai dengan pemutaran video dan sharing pengalaman saya Rina Susanti pemenang The + project, Rob Flecther – Philips Indonesia, Prof. Nila Moeloek – Yayasan Kanker Indonesia, Aswindaru Rinenggo – Project Leader Healthcare. Gabungan antara ide, expertise, innovation dan founding menghasilkan kolaborasi yang indah untuk meningkatkan akses kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Thanks buat Philips,YKI, JWT, Fleishman DDB yang telah merealisasikan mimpi ini menjadi nyata.

Ide ini sudah lama ada sekitar  2010, lebih tepatnya saat saya menyadari ada benjolan dipayudara. Saat itu saya mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi yang tepat kemana saya harus berobat, dimana Rumah Sakit atau tempat untuk memeriksakan diri, bagaimana cara memeriksa yang benar, berapa biaya dipersiapkan, adakah tempat yang dapat memeriksakan deteksi dini dengan harga terjangkau, dll.

Saya berharap tidak ada lagi yang merasakan kebingungan sepert saya waktu itu. Kini, dengan adanya interactive mobile application ini maka semua masyarakat yang memiliki smart handphone (Android, Blackberry IOS, Symbian),  dapat segera mendownload aplikasi ini dan mendapatkan informasi dari sumber yang tepat dan  terpercaya. Selain itu dapat berkonsultasi langsung dengan dokter ahli dari YKI dan terjaga kerahasiannya.

Dibulan November 2012 ini baru handphone Android dan Blackberry touch series yang dapat mendowload aplikasi tersebut disini http://bit.ly/spotityourself. Untuk Symbian, OS Ipad dan Iphone segera menyusul dibulan Desember 2012. Ada banyak informasi didalamnya seperti bagaimana caranya SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri), Kapan saat yang tepat memeriksa, apa bedanya tumor dan kanker, dan mash banyak lagi lainnya.

Project ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya deteksi dini terhadap kanker payudara di Indonesia. Saya bersyukur mengetahui sejak dini adanya benjolan dipayudara yang ternyata ada tumor jinak dan segera dioperasi. Kalau saya sampai terlambat maka biaya yang saya keluarkan akan semakin besar dan peluang kesembuhan lebih kecil. Bukan tidak mungkin kalo sampai terlambat tumor ini bisa menjadi kanker yang berbahaya. Untuk itu penting sekali untuk sebuah deteksi dini, Lebih Dini Lebih Baik.

Sampaikan pesan itu kepada semua perempuan baik teman, sahabat, teman kantor, keluarga, pacar, istri agar dapat mendownload aplikasi yang bermanfaat ini secara gratis. Bukan hanya perempuan saja karena laki-laki juga bisa  terkena kanker payudara meskipun jumlahnya sedikit.

Mari kita lebih peduli lagi terhadap tubuh ini dan tingkatkan kesadaran untuk selalu memeriksan payudara sendiri (SADARI) setiap bulan pada saat 7-10 hari setelah menstruasi selesai. Periksakan karena Lebih Dini Lebih Baik. So, tunggu apa lagi! Spot it Yourself.

4 thoughts on “Deteksi Dini kanker Payudara – Spot It Yourself

  1. Saya reblog ya tulisan ini dengan sedikit penyuntingan dalam blog saya.
    Terima kasih… you rock!

    =================================

    Silakan 😀
    Terimakasih, semoga informasi ini bisa disebarkan lebih banyak kepada perempuan di Indonesia.

  2. Pingback: Spot It Yourself: aplikasi mobile deteksi dini kanker payudara. « sugar and spice and everything nice

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s