Mengatasi Anak Yang Kelebihan Berat Badan

Anak saya 9 tahun dengan BB 40kg  dan tinggi 130cm termasuk anak yang obesitas. Apakah ada cara agar berat badannya normal namun tidak diet ketat karena masih usia pertumbuhan. Mohon jawaban. Terimakasih

Untuk anak dimasa pertumbuhan  memang tidak bisa dilakukan diet ketat karena masih dalam usia pertumbuhan tetapi kalo didiamkan maka akan semakin naik berat badan. Kelebihan berat badan akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang  dan  rasa percaya diri si anak.Gambar diambil disini.

Saran saya sebaiknya orang tua  mengajak anak untuk berobat ke dokter ahli gizi, dokter spesilalis Gizi klinik. Dokter spesialis gizi dapat membantu membuat program penurunan berat badan dan olah raga yang tepat sehingga anak biasa tetap tumbuh maksimal.

Selain itu sara saya agar anak juga memiliki aktivitas fisik yang dapat membakar kalori lebih baik seperti ikut futsal, sepakbola, berenang, aktivitas sport lainnya. Dia tidak merasa terbebani untuk menurunkan berat badan dan sekaligus membuatnya senang.

Orang tua juga harus ikut berperan untuk menjaga asupan makanan selama dirumah. Jangan pernah melarang anak untuk makan tetapi beri pengertian, semua makanan boleh dimakan tetapi porsinya tidak banyak. Makanlah dalam porsi kecil tetapi lebih sering (sehari 4-5 x sehari) dari pada makan hanya 2 x sehari.

Katakan pada anaknya, “Mama ingin kamu sehat dan energik!”, bukan mama ingin kamu  kurus dan ga boleh makan ini itu. Bila perlu ajari mengenai metabolisme tubuh, pencernaan, kerja jantung yang susah kalo kamu kelebihan berat badan. Tentunya dengan bahasa yag mudah dimengerti anak.

Semoga menjadi anak yang sehat 😀

One thought on “Mengatasi Anak Yang Kelebihan Berat Badan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s