Mual Muntah Karena Alergi Udang

Saya sangat menderita sekali akibat alergi terhadap seafood, terutama udang, cumi, kepiting. Alergi ini sudah diderita sejak dulu. Penderitaan atas alergi ini akan membawa saya ke depresi (apa ya nama yang tepat?) manakala saya harus menghadiri undangan suatu acara, apapun itu, karena selalu ketakutan saat harus menikmati hidangan. Pernah malah yang punya hajat terkesan tersinggung hanya karena saya bertanya: “Maaf, ini pake udang gak yah?” padahal kalimat berikutnya yang belum sempat terucap: “saya alergi seafood” tapi sudah telanjur tersinggung.

Beberapa kali sudah ke dokter (tapi sepertinya salah arah karena tidak tahu spesialisasi apa yang harusnya saya datangi!), tapi tidak membuat saya lega, karena jawabannya selalu sama: “hindari! masih banyak makanan lain”. Haaah??? Saya ini depresi karena alergi saya. Pertanyaan saya:
1. Apa benar alergi tidak dapat disembuhkan?
2. Dokter spesialis apa yang tepat untuk saya datangi?
3. Adakah obat bebas yang dapat saya konsumsi, setidaknya saat saya harus menghadiri undangan acara?

Reaksi alergi yang muncul: muntah-muntah sampai perut terasa kram dan tidak akan berhenti sebelum isi lambung habis (sepertinya sih begitu). Makanya saya akan merasa malu jika di undangan acara yang saya datangi saya bakal muntah-muntah. Muntah akan terjadi kira-kira setelah suapan ke 5-6, langsung mual dan tidak dapat ditahan. Inilah yang membuat saya depresi saat menerima undangan. Mohon penjelesan dan solusinya. Terima kasih banyak.

Beberapa orang memang menderita alergi baik yang disebabkan oleh makanan, minuman, benda, musim, cuaca tertentu. Jika sudah mengetahui jenis alergi yang diderita, saran terbaik adalah menghindari diri dari pemicunya. Misalnya alergi seafood tertentu seperti udang, maka jalan termudah mencegah alergi adalah tidak makan makanan mengandung udang. Gambar diambil disini.

Jangan menyepelekan alergi karena reaksi alergi bisa bermacam-macam dari yang ringan sampai kematian. Reaksi alergi yang dapat terjadi seperti : asma ( sesak nafas, batuk -batuk), Rinitis (bersin, hidung gatal, pilek, hidung tersumbat), Lupus Eritematosus Sistemik (LES), Urticaria (gatal, bentol, kulit kemerahan) , penurunan imunitas tubuh, alergi obat tertentu (NSAID, bisa terjadi Steven Johnson syndrome).  Saya pernah melihat sendiri teman saya yang kena Steven Johnson karena  alergi obat Carbamazapine 😥 😥

Penyakit alergi pada dasarnya dapat disembuhkan asalkan mendapat pengobatan yang tepat, kepatuhan pasien dan merubah pola hidup menjauhi pemicu allergen.  Pengobatan secara umum dapat dilakukan dengan pemberian Antihistamines dan Antiallergics. Perlu juga dilakukan allergen test dan test darah untuk mengetahui daya tahan/ imunitas tubuh ( seperti  pemeriksaan Immunoglobulin- IgE, Immunoglobulin (IgA, IgG, IgM), Immunoglobulin A (IgA). Periksakan ke dokter ya.

Kemana berobatnya? mungkin banyak yang tidak tahu kemana dokter yang tepat untuk kasus alergi. Saya menyarankan untuk berobat ke dokter spesialis penyakit dalam, sub bagian Alergi-Immunologi Klinik. Berobat ke Rumah Sakit yang ada dokter dengan gelar belakangnya Sp.PD-KAI.

Pengobatan alergi tidak cukup hanya seminggu saja, perlu waktu yang panjang karena berkaitan dengan imunitas tubuh dan selama pengobatan harus dipantau dengan dokter, jadi tidak ada obat bebas yang dapat dibeli ditoko obat atau apotek. Semua pengobatan  harus dengan resep dokter. Untuk itu segeralah berobat ke dokter Sp. PD-KAI. Semoga cepat sembuh

Mengatasi Rambut Kering dan Rontok

Sepertinya niat untuk memanjangkan rambut ditahun ini agak terganggu dengan masalah rambut.  Rambut saya bergelombang dan  cukup tebal namun cenderung  kaku, kasar,  megar, frizz 😥 :cry:. Saya sudah mencoba beberapa produk untuk menjinakan rambut ini dan hasilnya kurang maksimal.

Sampai akhirnya memilih produk premium baru mempan, Loreal Elvive Smooth intense  (bukan promosi produk). Memang produknya bagus meskipun harus merogoh kantong lebih dalam. Smooth intense baik digunakan untuk rambut kaku seperti rambut saya. Hasilnya sesuai dengan harganya. Gambar diambil disini.

Masalah kedua yang muncul adalah kerontokan.  Mungkin banyak yang tidak menyadari kalo stress dan cuaca juga mempengaruhi kondisi rambut. Sayapun baru ngeh baru-baru ini, makanya posting hehehe. Udara Jakarta yang panas membuat hawa tubuh ikut menghangat. Ibarat pohon jati yang meranggas untuk mengurangi penguapan, rambut  saya yang tebal juga beradaptasi dimusim kemarau ini dengan merontokan helaian rambutnya untuk mengurangi penguapan dan menjaga kelembaban.

Saran saya jika kamu merasakan kulit kepala terasa panas sebaiknya setiap hari dipagi/ sore hari dapat mencuci rambut (bukan di-shampo-in) cukup disiram air saja untuk mendinginkan kulit kepala. Selain itu, kita juga boleh menggunakan teh yang sudah didiamkan semalaman untuk disiram ke rambut yang rontok. Setelah itu pijat-pijat sebentar, diamkan 30 menit dan berbilas dengan air biasa. Semoga bermanfaat. It’s work on me 😀

Nambah dikit lagi boleh ya….

Kalo rontoknya parah banget,  sebaiknya mengkonsumsi asupan supplemen Zinc yang  diminum 2-3 x seminggu. Selain itu bisa juga dengan Pantogar (bukan iklan produk). Kenapa Pantogar? karena didalamnya mengandung Thiamine nitrate 60 mg, Ca d-pantothenate 60 mg, medicinal yeast 100 mg, l-cystine 20 mg, keratin 20 mg, PABA 20 mg yang dapat mencegah  rambut rontok, perubahan  struktur rambut, rambut telah rusak oleh sinar matahari dan radiasi UV, mencegah rambut beruban, juga gangguan pertumbuhan kuku.

Sayangi rambutmu, rawat dengan baik ya *elus-elus rambut*

The “+” Project : Ide Untuk Akses Layanan Kesehatan

Saya merasa cukup beruntung karena selama ini banyak tinggal di daerah-daerah di Indonesia yang kaya warna. Sorong, sebuah kota kecil di ujung Barat Papua merupakan salah satu kota favorit yang pernah saya singgahi semasa kecil. Tempat yang indah ini menghadirkan kehidupan kota yang begitu kontras dengan sebagian daerahnya yang masih liar dan belum tersentuh teknologi maju. Salah satu hal yang saya ingat sewaktu tinggal disana adalah saat keluarga saya dikunjungi oleh sepasang suami istri yang sedang menunggu kelahiran anak pertama mereka. Gambar diambil disini.

Kata Ibu saya, mereka ini adalah sepasang keluarga muda dari Pulau Jawa yang ingin membangun sebuah keluarga dengan menjadi transmigran. Tapi, seperti yang sudah kita ketahui, kehidupan sebagai transmigran memang berat. Untuk mencapai tempat tinggalnya, mereka butuh naik mobil selama berjam-jam sampai ke pinggiran Kabupaten Sorong. Akses terhadap fasilitas kesehatan disana juga sangat sulit. Jangankan rumah sakit, di tempat ini, bahkan Puskesmas saja tidak ada. Karena itulah, keluarga yang sedang menanti kelahiran anak mereka ini pun kemudian tinggal di rumah kami sampai bayinya lahir dan sudah cukup besar untuk pulang kembali ke daerah transmigrasi.

Bagi banyak orang-orang yang hidup di kota besar, tentu hal seperti ini tidak pernah menjadi sebuah masalah. Namun, bagi mereka yang tinggal di tempat-tempat terpencil yang tersebar di seluruh Indonesia, langkanya fasilitas kesehatan merupakan sesuatu yang sangat serius. Kondisi geografis Indonesia yang sangat beragam memang merupakan kendala besar yang menyebabkan ketidakmerataan akses layanan kesehatan di negara ini. Selain itu, belum tertatanya jaminan kesehatan untuk masyarakat, tingginya biaya pengobatan, dan rendahnya kemampuan untuk membayar biaya pengobatan membuat jalan menuju sehat makin sulit bagi mereka yang tidak punya banyak uang.

Ini membuat saya memikirkan nasib para warga Indonesia yang tinggal di daerah perbatasan, pegunungan, pulau-pulau kecil, pedesaan yang masih sangat sederhana, maupun wilayah pesisir miskin. Di daerah-daerah ini, tak jarang kita temukan minimnya infrastruktur vital seperti jalan raya dan listrik. Apa yang terjadi jika apabila orang-orang yang tinggal di daerah-daerah ini jatuh sakit? Bagaimana dengan para lansia yang sudah mulai sakit-sakitan? Apakah mereka mendapatkan hak untuk mendapat layanan kesehatan yang terjangkau meskipun sudah tidak bekerja lagi.

Apakah akses layanan kesehatan yang baik hanya tersedia bagi mereka yang tinggal di kota besar? Tidak juga. Dimanapun, penyediaan layanan kesehatan dapat menjadi tantangan tersendiri. Bahkan ketika sudah tinggal di kota besarpun, sering kali kita dihadapkan dengan tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Hal ini membuat pengobatan menjadi sangat terbatas dan tidak terjangkau bagi kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Pemerintah dalam hal ini sudah membuat program-program yang memberikan kemudahan akses layanan kesehatan bagi masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah. Kita pasti tahu sudah pernah mendengar tentang beragamnya sistem jaminan sosial. Ada Jamsostek untuk tenaga kerja swasta, ASKES dan Taspen untuk Pegawai negeri, dan ASABRI untuk TNI/ Polri. Sementara itu, untuk masyarakat yang kurang mampu, ada JamKesMas dan JamKesDa. Apakah itu semua cukup? Lagi-lagi tidak. Tetap saja masih banyak masyarakat yang belum bisa memperoleh hak dasarnya terhadap layanan kesehatan yang dapat diakses. Karena itu, semoga saja janji pemerintah dengan adanya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) I dan II akan segera terealisasi.

Tapi, rasanya salah kalau kita berpikir bahwa pekerjaan rumah yang menumpuk seputar keterbatasan akses layanan kesehatan ini hanya merupakan masalah pemerintah. Semua kendala yang dihadapi oleh bangsa ini adalah pekerjaan rumah bersama dan bukan semata-mata tugas dan tanggung jawab dinas kesehatan, tenaga medis, dan Puskesmas. Semua orang sebenarnya dapat turut berpartisipasi untuk mendekatkan layanan kesehatan yang terjangkau pada semua penduduk Indonesia yang membutuhkan.

Sebagai warga negara kita juga dapat andil untuk membantu. Sebenarnya, hal-hal luar biasa terkadang hanya dimulai dengan sebuah gagasan atau ide yang sederhana. Sekarang, coba pikirkan apa yang dapat kita lakukan untuk membantu lebih banyak orang mendapatkan akses layanan kesehatan yang lebih baik. Misalnya, untuk daerah terpencil kita dapat menjangkau penduduk dengan mendirikan klinik terapung yang dilengkapi kapal ambulans berisi peralatan medis, obat-obatan, dan sarana komunikasi yang memadai untuk membantu daerah-daerah yang tidak tersentuh oleh puskesmas maupun puskesmas pembantu.


Apabila contoh tersebut terlalu sulit, kamu  bisa membantu dengan menyebarkan informasi kesehatan dan pengetahuan bagi desa-desa terpencil yang jauh dari akses layanan kesehatan. Punya ide untuk membuat perpustakaan sehat? Tentunya, masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap pengetahuan mendasar tentang kesehatan dapat sangat terbantu apabila buku-buku dan majalah tentang kesehatan tersedia di daerah mereka. Gambar diambil disini.

Bagi para ibu hamil, kita dapat membuat kalender edukasi dengan berbagai informasi kehamilan dan gambar-gambar yang dapat menambah wawasan dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan, terutama terkait kesehatan ibu hamil dan bayinya. Ingin mensosialisikan tanaman berkhasiat asal Indonesia? Bantu ciptakan tradisi “Rumah Sehat” dengan penanaman TOGA ( tanaman obat untuk keluarga), pelestarian tanaman obat, serta mengedukasi masyarakat mengenai manfaat tanaman obat dan memanfaatkan lingkungan untuk meningkatkan kesehatan keluarga. Bahkan generasi muda pun dapat berbagi dengan masyarakat yang kurang mampu di sekitar rumah, baik dengan menyediakan bantuan kesehatan atau pelatihan keahlian untuk P3K.

Saya yakin kita semua pasti memiliki sebuah ide-ide segar yang dapat digunakan untuk membantu lebih banyak orang agar dapat memperoleh akses layanan kesehatan yang lebih baik. Gagasan yang kamu punya pun tidak harus muluk-muluk. Siapa tahu saja, idemu yang sebenarnya sangat sederhana pada akhirnya dapat menimbulkan dampak positif yang luas.

Sebagai bagian dari usaha untuk meningkatkan akses layanan kesehatan di Indonesia, Philips menggelar sebuah kompetisi yang disebut The “+” Project. Dalam kompetisi ini, siapapun dapat menyampaikan idenya untuk memaksimalkan akses layanan kesehatan di Indonesia. Di akhir program, mereka yang memiliki ide terbaik akan dibantu oleh Philips Indonesia untuk mewujudkan programnya. Jadi, kita tidak hanya dapat bicara, tapi juga dapat mewujudkan ide tersebut menjadi langkah nyata. Supaya lebih semangat, setiap minggunya Philips akan memberikan hadiah bagi ide terbaik. Tidak ada batasan dalam memasukkan ide. Setiap orang bebas berpartisipasi dan berkontribusi dalam mewujudkan akses layanan kesehatan yang lebih baik di Indonesia.

Kalau kamu tertarik untuk berkontribusi demi peningkatan akses layanan kesehatan yang lebih baik di Indonesia, kunjungi websitenya di http://philips.co.id/plus . Pilih tantangan yang kamu inginkan dan berikan ringkasan idenya, maksimal 1000 kata. Jika ada, materi pendukung berupa foto atau video bisa ditambahkan. Mekanisme kompetisi selengkapnya bisa dibaca disini atau langsung kesini untuk mengirimkan ide mengenai akses layanan kesehatan.

Jangan takut untuk menyatakan idemu meski itu sangat sederhana. Mulailah berkontribusi bagi bangsa meski hanya dimulai dari sebuah gagasan. Mari berbagi untuk sesama dan merealisasikan mimpi untuk Indonesia yang lebih sehat!

900.000 : Menuju Satu Juta Hits

Beberapa bulan lalu saya mendapat email singkat dari seorang pembaca. Email itu membuat saya terharu dan merasa menjadi orang yang paling berbahagia dan menemukan tujuan hidup ini. Berbagi dan berguna bagi orang lain dengan menulis. Isi email itu seperti ini:

Salam kenal mbak Rina, blog ini bagus banget sangat berguna bagi orang awam seperti saya.
Nanang

Saya tidak kenal siapa pembaca ini dan bagaimana dia tahu blog saya ini *miracle of google*, yang perlu saya tahu bahwa dengan tulisan yang sederhana ini dapat membantu orang awam yang membutuhkan informasi kesehatan dan obat.

Memang tidak mudah untuk  menulis postingan tentang obat secara rutin selama lebih dari 3 tahun ini. Sayapun pernah mengalami kebosanan tetapi saya bersyukur ada banyaknya pertanyaan/ komentar yang masuk sehingga saya tidak pernah kehabisan ide dan inspirasi untuk terus menulis.

Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa saya menulis angka 900.000? sebenarnya itu ide saat ulang tahun kedua blog ini, saat itu blog statnya baru 200.000-an. Kayanya keren kalo punya cerita perjalanan memiliki blog stats lebih dari sejuta. Maka dimulailah postingan  3 ribu samapai 9 ribu ini. Memang sih cuma angka doang but it’s me a lot for me and a good achievement.

Menuju sejuta hits di tukangobatbersahaja.com

Apa Bedanya Notifikasi Kosmetika dan Registrasi POM?

Mbak Saya pengguna produk  TULL JYE Cream Big A. Sesuai saran mbak Rina harus periksa nomor registrasi, disitu tertulis Nomor registrasi : CL 1004503665.  Lalu ketika saya saya sy meng-klik tulisan Notifikasi Kosmetika Online di Menu Utama Badan POM dan mengetikkan kata tull jye di situ tertera POM NA 47110101080. Kok beda ya? yang ingin sy tanyakan :
1. Apa yang dimaksud dengan Notifikasi Kosmetika Online?
2. Masih baik & aman kah produk tull jye sy?
Terima Kasih banyak, Mba..

Untuk membuat sebuah produk kosmetik maka produk tersebut harus di daftarkan ke Badan POM. Ada serangkaian proses panjang yang biasanya disebut proses registrasi produk. Umumnya bisa berlangsung 1- 3 tahun tergantung produknya. Kok lama sekali? tentu karena untuk keluar nomor registrasinya perlu banyak dokumen, validasi, formula, stabilitas produk, dan kandungan bahan tersebut aman atau tidak, lolos uji dan sebagainya. Kalo sudah keluar nomor registrasinya akan diberi barcode. Inget huruf depannya saja. Kalo CD artinya Cosmetic Dalam Negeri. CL artinya Cosmetic dari Luar negeri.

Continue reading “Apa Bedanya Notifikasi Kosmetika dan Registrasi POM?”

Floral Masterpiece

I realized beside medicine my passion is a flower
Flower give me energy to think and creative
More journey to make  one masterpieces
From seed to florist to personal hand bouquet

Tukang Obat Bersahaja: Annual Report 2011

Today Mr. WordPress sent annual report for Tukang Obat Bersahaja 2011 in blogging. It’s a good achievement that i have Crunchy numbers. He said, London Olympic Stadium holds 80,000 people. This blog was viewed about 480,000 times in 2011. If it were competing at London Olympic Stadium, it would take about 6 sold-out events for that many people to see it.

In 2011, there were 81 new posts, growing the total archive of this blog to 480 posts. There were 105 pictures uploaded, taking up a total of 8mb. That’s about 2 pictures per week.

The busiest day of the year was September 13th with 2,219 views. The most popular post that day was Penarikan Produk Kosmetik Mengandung Merkuri dan Hidrokuinon. Thanks Mr. WordPress for your support 😀