Stress Pasca Operasi Sesar

Mbak, saya sakit lambung pasca operasi sesar. Sakit ini semakin membuat saya stress berat.  Jika kumat saya berpikiran mau mati dan ketakutan sendiri. Kemarin saya sakit diperut bagian kiri hingga ke punggung. Setelah kedokter spesialis, sekarang ada terasa terbakar di ulu hati, seperti begerak-gerak juga. Obat yang saya minum Propepsa sebelum makan dan Tilidon sesudah makan. Sebenarnya saya sakit apa? bagaimana supaya tidak stres?  Terimakasih

Melahirkan adalah peristiwa yang paling membahagiakan, rasanya lengkap setelah seorang wanita bisa melahirkan seorang anak ke dunia. Akan ada suara tangisan bayi mungil. Apakah peristiwa itu membahagiakan? ya, tetapi rasa khawatir dan pengaruh hormonal justru seringkali membuat wanita yang habis melahirkan mengalami stress berat.

Seperti yang kita ketahui bersama, jika seseorang mengalami stress maka jumlah asam lambung akan meningkat pesat, dilanjutkan dengan rasa perih dan terbakar di ulu hati dan bahkan sampai nyeri ke punggung. Sakitnya luar biasa. Apa yang sudah diberikan oleh dokter sudah benar. Propepsa mengandung bahan aktif Sucralfate 500mg yang  dapat melapisi mucosa/ dinding lambung sehingga mengurangi rasa perih. Tilidon mengandung bahan aktif Domperidone yang berguna untuk  mengobati dyspepsia accompanied by delayed gastric emptying, esophageal reflux & esophagitis.

Lantas bagaimana mencegah stress itu datang?
Pertama hadapi proses ini dengan tenang dan cukup istirahat. Saya tahu seorang ibu pasti punya banyak keinginan untuk bayinya, so don’t thing to much. Jika kita tenang dan rileks maka asam lambung akan menurun dan nafas lebih teratur, tidak mudah marah/ menangis, tidak ngamuk hehehe.

Kedua, Kita bukan wanita super yang kuat. Justru setelah melahirkan dibutuh suppot dari suami dan keluarga dekat. Katakan apa yang menjadi kekhawatiran kita, jangan disimpan sendiri. Komunikasikan dengan suami kalo kita buth perhatian, kasih sayang dan kerjasama untuk mengurus buah hati seperti sesi curhat gitu dech dan dilanjtkan dengan pembagian tugas antara istri dan suami.

Ketiga, setelah luka operasi sesar sembuh maka kita wajib melakukan perawatan tubuh seperti salon atau spa. Creambath, luur, massage, body slimming program. Gunanya biar lebih rileks dan badan kembali bugar.

So, kita pergi ke salon yukk 🙂

One thought on “Stress Pasca Operasi Sesar

  1. wah ribet juga ternyata jadi seorang perempuan,..yah mba,… banyak hal yg perlu dilakukan,.
    sekedar informasi nih,.. cara pengobatan sehabis sesar,.. dengan menggunakan obat herbal, slahkan lihat info selengkapnya,… trimakasih,..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s