Sex Education: Jika Anak Bertanya Seks

Pernahkah kamu menghadapi pertanyaan  yang cenderung kritis seputar pendidikan seks dari seorang anak? Umumnya anak akan bertanya kepada orang tua tetapi tidak menutup kemungkinan pada om, tante, saudara, tetangga, kamu. Untuk itu sebaiknya bersiap jika sewaktu-waktu ditanya seputar pendidikan seks kepada kita. Gambar diambil disini.

Mari kita melakukan sedikit simulasi untuk seorang anak, Adi 3 tahun dengan pertanyaan:

Adi : “Om, kenapa sih kalo pipis berdiri? mama pipisnya jongkok?”
Om : “Karena om itu laki-lali dan Mama itu perempuan”
Adi : “Memang apa bedanya?”
Om : ….

Simulasi Kedua untuk Ida 6 tahun dengan pertanyaan:

Ida: “Ih, om perutnya gendut deh kaya Mama. Mau punya ade ya om?
Om : “perut om emang gendut karena banyak makan tapi didalam ga ada adenya.
Ida: “Apa bedanya? kan sama-sama gendut. Memangnya adeknya datang dari mana?
Om :”…..

Simulasi ketiga untuk Ira 10 tahun dengan pertanyaan:

Ira : “tante darimana sih?”
Tante : “Baru dari warung beli pembalut/ softex”
Ira : “Emang buat apa pake pembalut?”
Tante : “Pembalut hanya untuk yang menstruasi, Ida kan belum mens”
Ira : “Memangnya menstruasi itu apa?”
Tante : “….

Simulasi Keempat untuk Ari 13 tahun dengan pertanyaan:
Ari : “Om, apa sih gunanya kondom dan bagaimana makenya?”
Om : “…

Apakah kamu bisa membantu saya untuk menjawabnya, sekalian itung-itung belajar jadi Bapak/ Ibu. Mohon dibantu dijawab ya, bim salabim jadi apa prok prok prok 😀

3 thoughts on “Sex Education: Jika Anak Bertanya Seks

  1. *jawaban buat adi 3tahun..
    Om : karena emang gitu aturanya,masalahnya klo m2h pi2snya berdiri nanti dikira om yang lagi pi2s..

    *jawaban bt ida 6 thn..
    Om : bedanya kalo cowok gak bisa hamil yg bs hamil cm cwek,,adeknya datang dari surga..

    *jawaban bt ira 10th..
    Tante : menstruasi itu waktu dimana seorang cewek jadi mutant yang penuh dengan emosi dan siap memangsa apapun didepanya (gw bkn cwe jadi gak bisa njelasin itu/bs dbilang itulah yg gw tau klo cwe lg mens..hehehehe)

    *jawaban bt ari 13thn..
    Om : kondom itu salah satu alat kontrasepsi buat cowo,itu gunanya buat mencegah kehamilan dan cara makenya nanti klo km udah gede om kasih tau,lagian klo km pake skrg mau bt apa ?trus kondomnya juga gak bakal pas,pasti kegedean,,hehehehe

  2. *jawaban buat adi 3tahun..
    Om : kamu kok tahu bedanya?? ngintip mama pipis ya?? dan sekarang ngintipin om??? anak kurangajar… teplok….

    =========================================

    hehehehehehe

  3. *jawaban buat adi 3 th :
    Om : karena mama itu wanita, dan om pria…tau lah pria lbh suka terburu2 dan wanita lebih kalem

    *jawaban buat ida 6 th
    Om : karena mama pnya apa yg disebut rahim jadi bisa hamil klo om kan ga pnya, mau ditaruh dmna nanti dede ny coba…hehe

    *jawaban buat ira 10 th
    tante : mentruasi itu datang ketika wanita siap untuk menjadi wanita yang sesungguhnya

    * jawaban buat ari 13 th
    Om : kondom itu alat kontrasepsi dan dipake klo udh nikah, contohnya mama sama papa kamu, fungsinya spya ortu kamu pnya uang yg cukup utk membiayai sekolah setinggi mungkin…klo ortumu pnya anak byk biayanya dibagi2 per jumlah adik2 mu dunk…jadi makin sedikit biaya buat sekolah km ^ ^

    ==================================================

    Terimakasih untuk jawabannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s